Sumatra Barat

10 Restoran & Tempat Makan di Pariaman yang Paling Enak

Inilah Daftar Tempat Makan dan Restoran Terbaik di Pariaman. Ketika Berkunjung, Anda Wajib Mecicipi Beragam Kuliner Khas yang paling enak dari Pariaman.

Jika mendengar nama Kota Pariaman, maka yang terlintas di dalam benak adalah berbagai sajian kuliner yang kaya akan rempah-rempah. Namun, jangan sampai keliru menyebut Kota Pariaman sebagai nama lain dari Padang Pariaman. Kota Pariaman merupakan wilayah pemekaran dari Kabupaten Padang Pariaman.

Berdasarkan letak geografisnya, Kota Pariaman berada di pantai barat Sumatera dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Oleh karena itu, Kota Pariaman memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa. Selain wisata bahari, kekayaan kuliner di kota ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Sajian kuliner di Kota Pariaman sangat beragam. Sebagaimana karakteristik kuliner khas Sumatera Barat pada umumnya, kuliner di Kota Pariaman juga memiliki karakteristik kuliner dengan rempah yang melimpah dan kuah santan yang menggugah selera. Untuk menikmati kekayaan rasa kuliner khas Kota Pariaman, berikut rekomendasi restoran & rumah makan yang wajib Anda kunjungi!

1. Rumah Makan Pondok Lasuang

Rumah Makan Pondok Lasuang

Image Credit: Indonesia.travlr.com

Apabila Anda ingin merasakan sensasi makan di rumah makan dengan pemandangan alam nan indah, maka Rumah Makan Pondok Lasuang wajib Anda kunjungi. Rumah Makan Pondok Lasuang terletak di tepi sawah, sehingga Anda akan dimanjakan dengan kesejukan hamparan sawah dan embusan angin sepoi-sepoi.

Menu spesial di Rumah Makan Pondok Lasuang adalah telur barendo yang lezat dan renyah. Telur barendo adalah olahan telur dengan racikan bumbu yang khas. Telur barendo digoreng di atas minyak panas, sehingga menghasilkan penggiran telur yang menyerupai barendo yang berarti renda dalam bahasa Indonesia.

Menu lain yang juga bisa Anda nikmati adalah dendeng batokok lado ijo, ikan bakar, burung dara goreng, dan sebagainya. Cita rasa masakan khas Sumatera Barat akan Anda peroleh di setiap gigitan makanan di restoran ini!

Lokasi: Pakasai, Kec. Pariaman Timur, Kota Pariaman.

2. Tamally Ko Cafe n Resto

Tamally Ko Cafe n Resto

Image Credit: Tamally-ko-cafe.business.site

Tamally Ko Cafe n Resto adalah adalah tempat makan sekaligus tempat yang nyaman untuk menghabiskan banyak waktu bersama teman atau keluarga. Secara konsep, tempat ini adalah cafe yang bisa dijadikan tempat nongkrong paling asyik sekaligus tempat untuk membuat perut Anda kenyang.

Di tempat ini, tersedia berbagai menu mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Sementara itu, aneka nasi goreng menjadi menu favorit di Tamally Ko Cafe n Resto. Tersedia berbagai varian nasi goreng, antara lain nasi goreng padang, nasi goreng kebuli, nasi goreng Tamally Ko, dan nasi goreng pete.

BACA JUGA:  10 Restoran dan Tempat Makan di Sawahlunto yang Paling Enak

Selain nasi goreng, makanan ringan juga bisa Anda cicipi di sini, seperti cinnamon pop, cireng Tamlly Ko, nugget jasuke, rujak cireng, dan samosa ayam. Semua itu bisa Anda nikmati dengan harga yang relatif terjangkau.

Lokasi: Jl. Mawar, Kampung Baru, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

3. Pondok Lesehan Joyo Makmur

Pondok Lesehan Joyo Makmur

Image Credit: Foursquare.com

Tempat makan selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pondok Lesehan Joyo Makmur. Sesuai namanya, tempat ini memang menawarkan sensasi makan dengan cara lesehan. Namun bagi Anda yang tidak terbiasa makan lesehan, pemilik Pondok Lesehan Joyo Makmur juga menyediakan meja dan kursi yang bisa Anda gunakan.

Pondok Lesehan Joyo Makmur sudah berdiri sejak lama, akan tetapi soal kualitas rasa tidak perlu diragukan lagi. Pemilik Pondok lesehan Joyo Makmur senantiasa menjaga cita rasa setiap masakannya, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk datang ke tempat ini.

Jika Anda datang ke Pondok Lesehan Joyo Makmur, maka jangan lewatkan menu pecel lelenya. Racikan bumbu pecel lele di tempat ini sangat istimewa. Ikan lele yang digunakan juga besar dan dibandrol dengan harga yang bersahabat. Selain itu, tersedia ragam menu lainnya yang bisa Anda nikmati, seperti olahan seafood, mie, soto, dan sebagainya.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi, Kampung Gadang, Kec. Pariaman Timur, Kota Pariaman.

4. Rumah Makan Pincalang

Rumah Makan Pincalang

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Rumah Makan Pincalang adalah salah satu restoran yang terkenal di Pariaman. Restoran ini terletak di bibir Pantai Pauh, sehingga pemandangan yang akan Anda dapatkan adalah hamparan laut yang indah. Sembari menikmati pesona laut, Anda juga bisa menikmati lezatnya olahan seafood di restoran ini.

Menu yang tersedia adalah menu-menu seafood yang mana bahan dasarnya merupakan hasil tangkapan para nelayan tradisional di wilayah setempat. Gulai kepala ikan kakap adalah menu andalan di restoran ini. Selain itu, menu-menu lainnya yang tidak kalah enak adalah gulai ikan kakap, asam padeh, dan ada pula olahan ayam goreng.

Setelah merasakan kelezatan menu makanan di restoran ini, Anda juga bisa mengabadikan momen kebersamaan bersama keluarga atau teman di tempat ini. Anda bisa memilih spot foto terbaik dengan latar belakang hamparan laut yang menawan.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Solok yang Murah & Enak

Lokasi: Pauh Barat, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

5. Pondok Ikan Bakar Lubuk Arai 3

Pondok Ikan Bakar Lubuk Arai 3

Image Credit: Pondokikanbakarlubukarai3.business.site

Selain di Rumah Makan Pincalang, restoran Pondok Ikan Bakar Lubuk Arai 3 juga menawarkan menu seafood yang menggoyang lidah. Menu andalan di tempat ini adalah ikan bakar. Ikan yang digunakan adalah ikan yang masih segar, sehingga meningkatkan kelezatan rasa ikan bakar di restoran ini.

Selain ikan bakar yang menjadi favorit para pengunjung, sambalado khas Pondok Ikan Bakar Lubuk Arai 3 juga menjadi menu andalan. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke Kota Pariaman, restoran ini tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl. Siti Manggopoh, Apar, Kec. Pariaman Utara, Kota Pariaman.

6. Discovery Cafe & Resto

Discovery Cafe & Resto

Image Credit: Tripadvisor.co

Discovery Cafe & Resto mengusung konsep yang sama seperti Tamally Ko Cafe n Resto, yakni menggabungkan konsep cafe dan resto di satu tempat yang sama. Dilihat dari bangunannya, tempat ini memiliki desain bangunan yang cukup mewah. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir keluar uang banyak karena menunya dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Di restoran ini, lidah Anda akan dimanjakan dengan makanan yang bervariasi mulai dari masakan khas Sumatera Barat hingga masakan yang berasal dari luar negeri. Mulai dari menu nila krispi lado hijau hingga nasi goreng omelet.

Discovery Cafe & Resto juga sering mengadakan berbagai penawaran menarik, terlebih saat bulan Ramadhan. Ada banyak paket-paket menarik yang bisa Anda dapatkan jika ingin buka bersama di sini. Jangan lupa untuk melakukan reservasi pada jauh hari sebelum kehabisan tempat, ya!

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.Kav. 6-7, Cimparuh, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

7. Restaurant Muda Mudi

Restaurant Muda Mudi

Image Credit: Restaurant-muda-mudi.business.site

Restoran yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu ini memiliki kualitas cita rasa yang tidak berubah sampai sekarang. Jika Anda datang ke Restaurant Muda Mudi, Anda akan diajak untuk bernostalgia karena bangunan restoran ini masih tetap dipertahankan seperti kali pertama restoran ini dibangun.

Menu yang menjadi favorit para pelanggannya adalah tahu kecap. Perpaduan tahu goreng dengan sambal kecap yang nikmat siap-siap menggoyang lidah Anda. Ada juga menu lainnya, seperti martabak mesir, mie rebus/goreng, bistik kentang, gado-gado tahu, gado-gado mie, gado-gado kentang, soto, dan sate. Selain itu, tersedia juga aneka jus buah yang bisa dipesan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pasaman Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Pahlawan No.10, Kp. Jawa I, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

8. Warung Nasi Sala Lauak “Elli”

Warung Nasi Sala Lauak “Elli”

Image Credit: Warung-nasi-sek-elli.business.site

Warung Nasi Sala Lauak “Elli” adalah restoran selanjutnya yang wajib Anda kunjungi. Menu yang wajib Anda cicipi di tempat ini adalah masakan khas Pariaman, yaitu nasi sek. Nama nasi sek merupakan akronim dari nasi seribu kenyang. Nasi sek disajikan dengan sala lauak yang menggugah selera.

Konsep Warung Nasi Sala Lauak “Elli” juga sangat unik. Warung yang didirikan mirip seperti warteg, sehingga kesan tradisionalnya sangat kuat. Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk mencicipi kelezatan masakan khas Pariaman yang satu ini.

Lokasi: Pasar, Jl. SM. Abidin No.78, Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

9. Katupek Gulai Tunjang Balai Baru

Katupek Gulai Tunjang Balai Baru

Image Credit: Kompasiana.com

Katupek Gulai Tunjang Balai Baru bisa menjadi pilihan Anda untuk sarapan pagi. Katupek gulai tunjang di tempat ini memiliki cita rasa yang khas, sehingga banyak orang-orang yang menyukai menu ini.

Katupek gulai tunjang merupakan gulai yang dibuat dengan bahan dasar kaki sapi. Selain itu, hal spesial lainnya adalah campuran cubadak atau nangka muda pada gulainya. Nangka muda direbus hingga empuk, lalu dimasukkan ke dalam gulai yang kaya akan rempah.

Katupek gulai tunjang biasanya dimakan dengan ketupat. Menu lainnya yang disandingkan dengan katupek gulai tunjang adalah sala lauak yang renyah dan gurih.

Lokasi: Balai Kurai Taji, Kec. Pariaman Selatan, Kota Pariaman.

10. Kedai Nasi Pauh Piaman

Kedai Nasi Pauh Piaman

Image Credit: Kompas.com

Rekomendasi restoran selanjutnya adalah Kedai Nasi Pauh Piaman. Sejauh ini, Kedai Nasi Pauh Piaman memiliki beberapa cabang di Indonesia, di antaranya di Jakarta, Padang, Bukittinggi, dan Pekanbaru.

Jika Anda menyukai masakan khas Sumatera Barat, tetapi ragu-ragu untuk memakannya karena tinggi akan kolesterol. Maka, Kedai Nasi Pauh Piaman adalah restoran yang tepat untuk Anda kunjungi. Kedai Nasi Pauh Piaman mengusung konsep masakan padang yang sehat sehingga Anda tidak akan menjumpai jeroan dan daging rendang di restoran ini.

Kedai Nasi Pauh Piaman memiliki slogan The Most Excellence Taste of “Gulai Ikan”. Di restoran ini lidah Anda akan dimanjakan dengan nikmatnya berbagai olahan ikan, terutama gulai ikan sebagai menu andalannya.

Lokasi: Jawi-Jawi I, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

Itulah rekomendasi restoran dan tempat makan di Pariaman yang paling enak. Jika Anda sedang singgah ke daerah ini, Anda bisa menorehkan pengalaman tak terlupakan dengan mencicipi berbagai kuliner khas Sumatera Barat di sana.