Sumatra Barat

10 Restoran & Tempat Makan di Pasaman Barat yang Paling Enak

Pasaman Barat salah satu kabupaten yang dikenal memiliki sajian khas yang memanjakan lidah. Inilah daftar restoran dan tempat makan favorit di Pasaman Barat yang menarik untuk Anda kunjungi.

Indonesia kaya akan tempat pariwisata yang begitu mengagumkan. Terutama di Provinsi Sumatera Barat tepatnya di Pasaman Barat. Pasaman Barat merupakan sebuah kabupaten yang sudah mulai berkembang. Banyak tempat pariwisata yang ada di sana, membuat kabupaten ini telah memikat turis lokal maupun mancanegara.

Selain objek wisata yang begitu menarik, salah satu yang membuat para pelancong tersebut betah untuk tinggal di kabupaten tersebut adalah makanannya yang sangat khas. Oleh sebab itu, tidak heran kalau di tempat tersebut telah berdiri restoran yang begitu terkenal. Beberapa restoran atau tempat makan tersebut menyediakan menu yang tidak dapat mereka temukan di tempat asalnya.

Apabila Anda telah berniat untuk mengunjungi Kabupaten Pasaman Barat sebagai tujuan destinasi wisata, berikut rekomendasi restoran dan tempat makan yang telah banyak didatangi oleh para wisatawan asing maupun lokal. Meskipun tempat makanan ini sangat terkenal, dijamin rasa dari kudapannya mampu memuaskan rasa lapar Anda.

1. Rumah Makan & Restoran Bernama

Rumah Makan & Restoran Bernama

Image Credit: Google Maps (Rumah Makan & Restoran Bernama)

Salah satu tempat makan yang sangat direkomendasikan saat Anda sedang berjalan-jalan ke Sumatera Barat, khususnya daerah Pasaman Barat adalah Rumah Makan & Restoran Bernama. Tempat makan ini telah berdiri 13 tahun lamanya. Prioritas utama yang membuat tempat makanan berdiri hingga saat ini adalah makanan yang enak dan pelayanan yang baik.

Tidak sedikit para pelancong yang datang ke tempat ini karena kenyamanan yang diberikan dari tempatnya yang cukup luas dan berbagai macam pilihan hidangan yang begitu nikmat. Di sini Anda juga bisa memilih meja makan sendiri baik itu dengan kursi maupun lesehan.

Meskipun terdapat banyak sekali makanan yang tersaji di Rumah Makan & Restoran Bernama ini, tidak sedikit orang yang pernah singgah untuk merekomendasikan beberapa menu kegemarannya. Beberapa di antaranya, yakni sate, ikan bakar, es Cianjur, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya memiliki variasi makanan enak yang sangat beragam, namun jangan khawatir dengan harganya karena sangat bersahabat dengan kantong. Apabila ingin mengunjungi tempat makan ini, langsung saja pergi ke Jalan Sudirman Sariak di Kabupaten Pasaman Barat.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman Jambak, Koto Baru, Kec. Luhak Nan Duo, Kab. Pasaman Barat.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pariaman Terbaru & Terhits Dikunjungi

2. Minang Maimbau

Minang Maimbau

Image Credit: Google Maps (Rizz Fozz)

Kuliner Minang memang tidak jauh-jauh dengan tingkat kepedasan yang sangat menggoda selera. Begitu juga dengan hidangan yang berada di Rumah Makan Minang Maimbau yang sangat sangat populer di kalangan para pelancong yang singgah di Kabupaten Pasaman Barat.

Kebanyakan rumah makan yang menjajahkan hidangan mereka akan buka pada pagi hingga sore hari, namun berbeda dengan rumah makan satu ini. Anda bisa menyantap dendeng balado yang sangat terkenal dari sore hari hingga tengah malam. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang gemar berburu makanan di malam hari.

Tidak hanya kudapan dendeng saja yang ada di dalam daftar menunya, namun masih terdapat makanan lain yang bisa Anda pesan. Apabila Anda gemar makan gulai, disarankan untuk memesan satu porsi gulai ayam atau ikan patin yang sangat lezat.

Jika Anda ingin menikmati makanan-makanan di Rumah Makan Minang Maimbau, langsung saja pergi ke Jalan Juanda Ciputat di Kabupaten Pasaman Barat. Untuk harga dari makanan yang tersedia di sana sangat murah dengan kenikmatan yang begitu menggoda.

Lokasi: Jl. Raya Simpang Ampat – Ujung Gading, Lingkuang Aua, Kec. Pasaman, Kab. Pasaman Barat.

3. Sutan Mudo

Sutan Mudo

Image Credit: Google Maps (Rajo Angek)

Apabila Anda menginap di sekitaran Jalan Medan Padang Nagari Panti, terdapat sebuah warung makan yang terkenal dengan nila bakarnya, yakni Sutan Mudo. Tempat yang sangat strategis menjadikan warung makan ini banyak disinggahi baik itu warga lokal maupun para wisatawan.

Tempat makan yang sudah berdiri dari 1995 ini terkenal dengan keramahannya dalam menjamu para tamunya. Selain itu, kudapan yang dihidangkan di atas meja juga sangat lezat. Selain halal, makanan-makanan tersebut juga memiliki harga yang sangat terjangkau.

Lokasi: Jl. Medan Padang, Nagari Panti, Kec. Panti, Kab. Pasaman Barat.

4. Ampera Abak Lubuk Sikaping

Ampera Abak Lubuk Sikaping

Image Credit: Google Maps (kim Tetet)

Ampera Abak Lubuk Sikaping adalah sebuah tempat makan yang sangat banyak disinggahi para pelancong yang datang ke Kabupaten Pasaman Barat. Tempatnya begitu bersih dan sangat nyaman. Selain itu, pelayan yang hendak memanjakan Anda dengan hidangan yang sangat enak juga sangat ramah.

Jangan khawatir akan menu yang ditawarkan oleh rumah makan ini. Sebab, Anda dapat memilih dengan selera Anda saat itu seperti nasi Padang, ayam goreng, nasi goreng, dan masih banyak lainnya. Anda bisa datang ke tempat ini dari pukul 08.00 – 22.00 WIB.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Padang yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Imam Bonjol, Pauah, Kec. Lubuk Sikaping, Kab. Pasaman Barat.

5. Pondok Petaya

Pondok Petaya

Image Credit: Google Maps (Tonisaputra Saputra)

Salah satu tempat makan yang buka hingga malam hari yaitu Rumah Makan Pondok Petaya. Tempat makan satu ini buka hingga 11 malam. Bagi Anda yang hanya memiliki kesempatan malam hari untuk makan di area sekitar di Jalan Padang Mantinggi, langsung saja pesan makanannya di sini.

Terkenal dengan gulai ikan yang sangat khas, membuat warung ini sangat terkenal. Selain itu, Pondok Petaya juga menyediakan beberapa jenis nasi goreng yang dapat dipesan sesuai selera sang pengunjung. Anda dapat dengan mudah menemukan rumah makan ini karena lokasinya yang sangat strategis.

Lokasi: Padang Mantinggi, Kec. Rao, Kab. Pasaman Barat.

6. Sate Ajo

Sate Ajo

Image Credit: Google Maps (hasbi_07)

Apabila Anda ingin sekali makan siang di tepi pantai, sangat disarankan untuk datang ke tempat makan Sate Ajo. Dengan lokasi persis di tepi pantai, pastinya suasana makan siang akan menjadi lebih syahdu dengan suara ombak yang saling menggulung.

Pastinya menu yang disediakan hanya sate, namun dagingnya bisa dipilih sesuai dengan selera, antara daging sapi, kambing, atau ayam. Meskipun hanya bermenu sate Padang pada umumnya, namun jangan ditanya lagi akan kualitas rasanya. Bila Anda tertarik dengan tempat ini, langsung saja kunjungi Sate Ajo di Jalan Panggautan.

Lokasi: Panggautan, Kec. Natal, Kab. Mandailing Natal.

7. Restoran Pasaman PIZZA

Restoran Pasaman PIZZA

Image Credit: Google Maps (kasriadi idris)

Tempat untuk nongkrong bersama keluarga yang sangat tepat ada di Restoran Pasaman PIZZA yang ada di Jalan Lingkuang Aua. Pastinya terkenal dengan makanan ala Italia ini menjadi sebuah pilihan yang menarik untuk menghabiskan waktu liburan Anda dengan datang ke tempat ini.

Varian topping pizza yang berada di tempat ini sangatlah bermacam-macam. Anda dapat datang langsung menuju restoran tersebut, atau langsung order melalui telepon bila malas keluar untuk memesannya.

Lokasi: Lingkuang Aua, Kec. Pasaman, Kab. Pasaman Barat.

8. Bakso Pangsit Solo

Bakso Pangsit Solo

Image Credit: Google Maps (Bakso-Pangsit Solo)

Walapun Sumatera Barat terkenal dengan masakan rendang, ada juga yang berjualan bakso ala-ala Solo. Satu-satunya tempat di Pasaman Barat yang menjual bakso ini dengan berbagai macam pilihan adalah Bakso Pangsit Solo. Tempat warung ini banyak disinggahi oleh pelancong terutama yang berasal dari Pulau Jawa.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Payakumbuh yang Paling Populer

Anda akan memiliki banyak sekali pilihan untuk jenis bakso yang ingin disantap, seperti Bakso Selimut Kabut, Bakso Telur, Bakso Rudal, Mie Ayam Bakso, Mie Ayam Telur, dan lain sebagainya. Untuk minumannya juga sangat bervariatif, baik itu dari kopi-kopian hingga minuman tehnya. Sayangnya warung ini hanya buka hingga pukul 2 siang saja.

Lokasi: Jl. Lintas Ujung Gading, Aia Gadang, Kec. Pasaman, Kab. Pasaman Barat.

9. Pecel dan Cendol Mak Girah

Pecel dan Cendol Mak Girah

Image Credit: Facebook.com @makanmana

Selain bakso, makanan khas Jawa yakni pecel juga dapat Anda temui di sini. Pecel dan Cendol Mak Girah ini dapat Anda temukan di Jalan Koto Baru. Meskipun masih berada di ranah Minang, namun pecel serta cendolnya sangat terkenal di Pasaman Barat.

Pecel yang dihidangkan tidaklah main-main rasanya. Bahkan Anda bisa nagih apabila hanya datang sekali ke tempat makan ini. Selain itu, cendol yang dijadikan menu penutupnya juga sangat manis dan segar. Meskipun makanan dari seberang pulau, harga yang diberikan tidak mahal, alias murah.

Lokasi: Koto Baru, Kec. Luhak Nan Duo, Kab. Pasaman Barat.

10. Kadai Nasi Gulai Basamo

Kadai Nasi Gulai Basamo

Image Credit: Grabfood.com

Salah satu tempat makan paling asik yang ada di Pasaman Barat adalah Kadai Nasi Gulai Basamo. Terletak di pinggir pantai, membuat suasana makan siang akan menjadi menyenangkan. Terutama bila sore hari, Anda juga dapat melihat pemandangan yang sangat luar biasa, yakni sunset.

Warung makan yang berada di Jalan Pantai Sasak Jorong ini memiliki menu gulai yang sangat menggoyang lidah. Tidak heran, banyak sekali warga lokal maupun turis asing yang datang ke tempat ini untuk menikmati hidangan dan panoramanya. Selain itu, pelayan yang menangani juga sangat ramah.

Makanan yang paling populer di sini adalah gulai ikan yang sangat khas. Meskipun nama dari tempat makanan ini bertema gulai, namun masih banyak sekali menu-menu lainnya yang dapat Anda pesan sesuai dengan keinginan. Terlebih lagi, tempat ini melimpah akan makanan lautnya yang sangat beragam.

Meskipun tempat ini terkesan sederhana, namun memberikan suasana mewah dengan latar berupa pantai yang begitu indah. Harga menu-menunya juga sangat murah. Bila Anda sedang berlibur di dekat Pantai Sasak, tempat ini sangat direkomendasikan untuk makan siang bersama keluarga.

Lokasi: Sasak, Kec. Sasak Ranah Pasisie, Kab. Pasaman Barat.

Itulah beberapa restoran dan rumah makan di Pasaman Barat yang sangat terkenal dan sering didatangi oleh para wisatawan asing maupun lokal. Beberapa menu yang tersaji di tempat makan tersebut, memiliki cita rasa yang berbeda dari makanan yang pernah Anda temu pastinya. Oleh sebab itu, bila Anda ingin menghabiskan waktu liburan di Pasaman Barat, langsung saja datangi tempat makan tersebut.