Sumatra Barat

10 Restoran & Tempat Makan di Payakumbuh yang Paling Enak

Inilah daftar tempat makan dan restoran terbaik di Kota Payakumbuh yang layak dikunjungi untuk menikmati kuliner yang khas dan menggugah selera.

Kota Payakumbuh adalah salah satu kota yang terkenal akan wisata kulinernya di Provinsi Sumatra Barat. Kota ini juga terkenal akan hidangannya yang memiliki cita rasa kaya akan rempah-rempah. Jalanan utama kota ini dijadikan sebagai pusat kuliner oleh warga setempat. Oleh sebab itu, kota ini menjadi tujuan utama para pecinta wisata kuliner.

Aneka ragam makanan yang dengan rasa yang lezat menjadikan kota ini ramai di kunjungi wisatawan baik siang hari maupun malam hari. Kota kuliner ini memiliki sejumlah restoran dan tempat makan yang tersebar di seluruh penjuru kota.

Bagi Anda yang akan berlibur ke kota ini, jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang memiliki cita rasa khas. Berikut ulasan restoran dan tempat makan di Payakumbuh yang terkenal enak dan wajib untuk dikunjungi.

1. Pongek “OR” Situjuah

Pongek OR Situjuh

Image Credit: Detik.com

Tempat ini dibangun dengan konsep tradisional dan dan nuansa alam yang sangat indah. Anda akan melihat hamparan sawah hijau yang luas dan tentunya dapat menyejukkan mata.

Pongek merupakan makanan khas Kota Payakumbuh yang terbuat dari nangka muda. Nangka muda ini dimasak dengan santan kelapa dan dicampur dengan berbagai rempah untuk menghasilkan rasa yang begitu nikmat. Pongek bisa disebut juga dengan gulai nangka. Selain pongek terdapat pula menu lainnya yang tak kalah enak, seperti ikan bakar, gulai kambing, aneka olahan sayur, dan lain sebagainya.

Pongek “OR” Situjuah menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat parkir yang luas, toilet, dan juga musholla. Restoran dan Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 untuk hari senin-sabtu, sedangkan hari minggu buka pada pukul 08.30-21.45.

Lokasi: Limbukan, Kec. Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh.

2. Sobat Cafe and Resto

Sobat Cafe and Resto

Image Credit: Google Maps (Riri Novriani)

Sobat Cafe and Resto merupakan tempat makan bertema khas anak muda. Tempat ini memiliki desain yang modern, simple, dan kekinian. Terdapat pula beberapa spot foto unik dan menarik yang instagramable. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-23.00 untuk hari senin-sabtu, dan buka mulai pukul 11.00-23.00 untuk hari minggu.

Sobat Cafe and Resto menyediakan menu makanan dan minum yang beragam. Diantaranya yaitu ayam cabe hijau, kwetiau, steak hotplate, ayam rica-rica, sop buah, aneka macam kopi, dan lain sebagainya. Menu yang disajikan di tempat ini dibandrol dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Pariaman yang Murah & Enak

Menyediakan tempat yang luas dan nyaman, terdapat pula fasilitas berupa mushalla, wifi, toilet, dan area parkir. Sobat Cafe and Resto sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengerjakan tugas maupun tempat nongkrong bersama teman dan keluarga.

Lokasi: Jl. Ade Irma Suryani, Labuh Baru, Kec. Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

3. Moreno Resto and Café

Moreno Resto and Cafe

Image Credit: Google Maps (MORENO Resto & Café)

Moreno Resto and Cafe mulai didirikan pada tahun 2016. Restoran dan cafe ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 sampai dengan pukul 23.00. Moreno Resto and Cafe terkenal dengan menu sefoodnya yang lezat menggugah selera.

Selain seafood, restoran dan cafe ini juga menyediakan aneka olahan mie, nasi goreng, daging, ayam, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat juga aneka macam kopi seperti latte, espresso, moccacino, cappucino, maupun ameracano. Kopi yang disajikan disinisi sudah dibuat dengan menggunakan mesin pembuat kopi otomatis.

Moreno Resto and Cafe menyediakan tempat yang luas dan nyaman, cocok digunakan untuk berkumpul dengan teman maupun keluarga. Cita rasa makanan yang enak dan lezat dengan harga yang terjangkau, menjadikan tempat ini selalu ramai oleh pengunjung.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta, Balai Nan Duo, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

4. Restourant Minang Asli

Restourant Minang Asli

Image Credit: Google Maps (Einfuhlung Channel)

Seperti namanya, Restourant Minang Asli menyediakan menu masakan khas minang terbaik dan otentik. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 12.00 sampai dengan pukul 23.00.

Menu paling favorit di restoran ini yaitu dendengnya yang menggugah selera. Selain itu, Restaurant Minang Asli juga menyajikan menu soto padang, sop buntut, ayam goreng, ayam pop, rendang, dan lain sebagainya. Restoran ini sangat terkenal dengan cita rasa makanannya yang gurih, pedas, manis, dan kaya rempah-rempah.

Bagi Anda yang berlibur ke Kota Payakumbuh, wajib untuk mencicipi masakan di resoran ini. Anda akan mendapatkan sensasi kenikmatan yang membuat ketagihan. Aneka kuliner di restoran ini dibandrol dengan harga yang ramah di kantong para wisatawan.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.96, Parik Rantang, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

5. Martabak Mesir H. Wan

Martabak Mesir H. Wan

Image Credit: Instagram.com @adivanchilimintwiz

Martabak Mesir H.Wan merupakan salah satu kedai martabak yang paling fenomenal dari Kota Payakumbuh. Kedai ini buka mulai pukul 16.00-01.00 untuk hari biasa, dan buka mulai 16.00-03.00 untuk hari libur.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Sawahlunto yang Paling Populer

Rasa lezat dan nikmat martabak, menjadikan tempat ini ramai dikunjungi para wisatawan. Setiap harinya tempat ini menghabiskan 1000 butir telur dan pada saat hari libur bisa menghabiskan hingga 1500 butir telur.

Komposisi martabak yang dibuat di tempat ini sama seperti martabak lainnya, yang membedakan hanya takarannya saja. Untuk satu porsi martabak dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau yaitu, Rp 15.000. Selain martabak, di tempat ini juga menjual cane, sate padang, dan aneka macam jus.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.237, Bulakan Balai Kandih, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

6. Rumah Makan Sari Rasa

Rumah Makan Sari Rasa

Image Credit: Google Maps (Rumah Makan Restoran Sari Rasa)

Bagi Anda yang ingin menikmati masakan khas minang, Rumah Makan Sari Rasa menjadi pilihan yang tepat. Rumah makan ini telah dibangun sejak tahun 2007. Rumah makan ini memiliki tempat yang nyaman dengan fasilitas berupa tempat parkir, musholla, dan juga toilet yang bersih.

Rumah Makan Sari Rasa menyediakan berbagai macam menu yang tentunya dapat membuat siapapun ketagihan. Menunya yaitu dendeng, sup buntut, sop tulang, rendang, olahan bebek, ayam pop, gulai ikan, dan lain sebagainya.

Rumah Makan Sari Rasa merupakan salah satu tempat makan favorit yang selalu ramai pengunjung. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 21.30.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.203, Bulakan Balai Kandih, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

7. Bakinco Resto

Image Credit: Google Maps (Gusra Tarmizi)

Bakinco Resto merupakan restoran dengan tema outdoor dan indoor yang memiliki suasa nyaman dan teduh. Restoran ini juga menyediakan sarana olahraga untuk anak kecil, seperti kolam renang. Anda bisa mengajak sang buah hati untuk menikmati makanan dan fasilitas Bakinco Resto saat berkunjung ke Kota Payakumbuh.

Bakinco Resto memberi larangan untuk tidak membawa makanan dan minuman dari luar. Sebab, restoran ini sudah menyediakan aneka macam snack, makanan berat, dan minuman yang lezat. Diantaranya yaitu ayam penyet, bakinco, aneka olahan mie, nasi goreng, kentang goreng, pisang goreng, dan lain sebagainya.

Restoran ini telah dibangun sejak tahun 2012 dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti mushalla, toilet, dan area parkir yang luas. Kuliner yang ada di Bakinco Resto dibandrol dengan harga yang terjangkau. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 22.00.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Padang yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. M. Syafei, Koto Tangah, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

8. Tara Cafe and Resto

Tara Cafe and Resto

Image Credit: Zomato.com

Tara Cafe and Resto terkenal dengan landscape dan desainnya yang unik dan menarik. Tempat makan ini telah dibangun sejak tahun 2015 dan memiliki 2 lantai. Hidangannya yang enak dan kaya akan rempah-rempah, menjadikan Tara Cafe and Resto banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Cafe dan restoran ini menyajikan aneka macam menu dan dibandrol dengan harga yang terjangkau. Tempat makan ini menyediakan beragam fasilitas seperti kolam renang, toilet, mushalla, dan area parkir luas. Tara Cafe and Resto buka setiap hari mulai pukul 08.00-23.00.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta, Balai Nan Duo, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

9. Bubur Ayam Jakarta

Bubur Ayam Jakarta

Image Credit: Google Maps (BUBUR AYAM JAKARTA)

Bubur Ayam Jakarta merupakan tempat makan yang menyediakan aneka sarapan pagi yang enak dan murah. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 12.00. Menu utama di tempat makan ini yaitu bubur ayam terbaik dengan resep yang khas.

Selain bubur, Bubur Ayam Jakarta juga menyediakan menu makanan berat maupun ringan dan minuman yang tak kalah enak dan murah. diantaranya yaitu nasi uduk, mendoan, gado-gado, soto, lupis, jus, aneka kopi, dan lain sebagainya.

Bubur Ayam Jakarta menjadi pilihan yang cocok untuk menu sarapan saat berada di Kota Payakumbuh. Tempat makan ini selalu ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun para wisatawan.

Lokasi: Jl. Jeruk No.3, Labuh Basilang, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

10. Rumah Makan Asia Baru

Rumah Makan Asia Baru

Image Credit: Google Maps (bintang kegelapan)

Rumah Makan Asia Baru merupakan rumah makan tertua yang ada di Kota Payakumbuh yang telah berdiri kurang lebih 30 tahun. Rumah makan ini menyediakan masakan khas minang dan terkenal dengan rempah-rempahnya yang melimpah. Rumah Makan Asia Baru buka setiap hari mulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 22.00.

Rumah makan tradisional ini menyediakan tempat 2 lantai yang bersih dan nyaman. Menu yang disajikan disini sama seperti halnya rumah makan padang lainnya, seperti dendeng, rendang, dan lain sebagainya. Rumah Makan Asia Baru merupakan salah satu rumah makan khas minang yang paling terkenal di kota ini.

Rumah makan legendaris satu ini sangat cocok dijadikan untuk tempat bersantai bersama keluarga maupun teman. Selain rasa makanannya yang begitu menggoyang lidah, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.1, Parik Rantang, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

Itulah rekomendasi restoran dan rumah makan di Kota Payakumbuh yang paling enak. Harga makanan yang terjangkau dengan kualitas rasa masakan yang tinggi membuat siapapun akan ketagihan untuk kembali ke kota ini