Lampung

10 Restoran & Tempat Makan di Pesawaran yang Paling Enak

Ingin mencoba kegiatan kulineran di Pesawaran? Inilah daftar restoran dan tempat makan terbaik di Pesawaran yang bisa dijadikan referensi untuk memenuhi keinginan wisata kuliner Anda.

Pesawaran merupakan kabupaten yang terletak di provinsi lampung. Lokasinya bersebelahan langsung dengan area ibu kota sehingga sering disebut sebagai daerah penyangga. Sebelum berdiri menjadi kabupaten, Pesawaran adalah bagian dari Lampung timur. Setelah pemekaran, kabupaten ini terbentuk dengan beberapa kabupaten.

Secara umum, daerah ini lebih dikenal dengan pertanian dan perkebunan serta produk agraris lainnya. Anda akan menemukan berbagai pasar tradisional hingga modern yang menawarkan produk lokal. Selain itu, Pesawaran juga mengalami perkembangan terkait wisata. Hal ini terjadi karena tempat dan destinasi baru bermunculan terutama untuk penduduk setempat.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa tempat makan dan restoran menarik. Beberapa dari mereka menyajikan kuliner yang umum tetapi cita rasanya sangat lezat. Tidak heran banyak orang berkunjung ingin mencoba. Sebagian yang lain adalah konsep rumah makan dan cafe serta menu-menu pilihan. Anda akan disuguhkan dengan racikan bumbu dan bahan yang dipadu menjadi kuliner. Berikut daftar tempat makan dan restoran favorit di Pesawaran untuk menikmati sajian dengan cita rasa khas.

1. Saung Desa

Image Credit: Google Maps (Christ Violita Ariyanti)

Salah satu tempat makan yang direkomendasikan di Pesawaran adalah Saung Desa. Namanya cukup menarik dan mudah diingat. Saat Anda tiba di lokasi tersebut, tempat ini memiliki tampilan yang khas. Sepertinya pemilik ingin memberikan kesan berbeda sejak awal masuk hingga mulai memesan dan menikmati hidangan.

Menu yang ada di tempat ini beragam. Anda bisa mencoba masakan yang reguler seperti ayam dan ikan. Meskipun tampak tidak spesial, Anda akan terkejut saat makanan tersebut masuk ke mulut. Rasanya sangat lezat sehingga seolah ingin makan terus. Inilah uang membuat rumah makan Saung Desa menjadi populer.

Bagi turis atau pengunjung luar daerah, mereka wajib datang ke tempat ini. Lokasinya mudah dijangkau dan strategis. Anda cukup menggunakan map digital lalu muncul alamat Saung Desa. Selain itu, rumah makan mendapat review dan bintang yang baik dari sebuah website internasional yang menunjukkan reputasi tempat ini.

Lokasi: Kec. Gedong Tataan, Kab. Pesawaran.

2. Raja Gurame

Raja Gurame

Image Credit: Google Maps (Dwi Noviana)

Anda baru berkunjung ke Pesawaran dan bingung mencari tempat makan yang nyaman. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah Raja gurame. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini menyediakan menu-menu berbahan dasar ikan. Anda bisa mencoba beberapa menu baru dengan citarasa khas masakan lokal.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Way Kanan yang Terkenal Enak & Wajib Dicoba

Restoran ini cocok untuk makan siang karena menu tersebut. Anda sebaiknya datang lebih awal jika tidak ingin kehabisan tempat. Tentu saja, orang akan berdatangan menjelang siang hingga sore hari. Kondisi ini menunjukkan bahwa Raja Gurame adalah tempat makan yang terkenal.

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani No.129, Sukaraja, Kec. Gedong Tataan, Kab. Pesawaran.

3. Pindang Maranjat Riu

Pindang Maranjat Riu

Image Credit: Google Maps (Johannes Widodo)

Tempat makan selanjutnya adalah Pindang Maranjat Riu. Berkunjung ke Pesawaran tanpa ke lokasi tersebut jelas belum lengkap. Anda akan menemukan berbagai menu yang menggugah selera. Selain itu, ada juga makanan lokal dengan bumbu khas.

Anda bisa berkunjung di siang hari atau menjelang sore. Rumah makan ini selalu ramai jadi pastikan tidak berada di jam sibuk. Jika memang sedang ramai, Anda tetap dilayani dan menerima pesanan dengan cepat. Pemilik sudah memperhitungkan situasi tersebut.

Selanjutnya, lokasi juga strategis. Anda bisa datang dari arah mana saja. Cek peta terlebih dahulu untuk memastikan jarak. Setelah itu, Anda cukup datang dan segera mencoba menu dari Pindang Maranjat Riu.

Lokasi: Jl. Pramuka, Rajabasa, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung.

4. Bakso Sonhaji Sonny

Bakso Sonhaji Sonny

Image Credit: Google Maps (Jadmiko Wijayadi)

Makanan bakso bisa ditemukan dimana saja termasuk di Pesawaran. Dari ribuan outlet dan rumah makan dengan menu utama bakso, ada satu yang menarik perhatian yaitu bakso Sonhaji. Sekilas, Anda tidak melihat perbedaan dari jenis bakso lainnya.

Tempat makan ini selalu ramai terutama di jam istirahat dan makan siang. Orang rela antri untuk memesan dan makan bakso disini. Anda pasti penasaran dan mencobanya. Bakso tersebut menggunakan campuran daging asli dan kuah yang nikmat. Anda tidak akan berhenti saat makan. Citarasa menjadi senjata utama tempat ini untuk bertahan dan sudah terbukti.

Lokasi: Pejambon, Kec. Negeri Katon, Kab. Pesawaran.

5. Pempek 123

Pempek 123

Image Credit: Google Maps (Priagung U)

Makan pempek di Pesawaran mungkin terdengar aneh. Akan tetapi, hal tersebut sudah biasa apalagi di Pempek 123. Semua orang mengetahui lokasi tersebut karena terkenal dengan menu pempek asli yang tidak pernah berubah sejak dulu.

Tempat ini menjadi langganan wara lokal dan pengunjung yang sering ke Pesawaran. Jika Anda adalah turis atau pendatang baru, coba datang ke Pempek 123 dan memesan menunya. Setelah itu, Anda makan dan rasakan sendiri mengapa hidangan di tempat ini direkomendasikan oleh banyak orang.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Tanggamus yang Paling Enak

Pempek tersebut menggunakan bumbu dan bahan berkualitas tinggi. Pemilik berusaha mempertahankan resep yang ada hingga tetap sama. Selain itu, mereka juga menambah beberapa menu lain dan hidangan pelengkap.

Lokasi: Jl. Ikan Belanak No.15, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

6. Sop Ayam Kampung Pak Wo

Sop Ayam Kampung Pak Wo

Image Credit: Google Maps (kakak Zack)

Lampung termasuk daerah dengan pendatang dari jawa yang banyak. Hal ini terjadi beberapa tahun lalu saat program transmigrasi. Hingga kini, berbagai warung makan dengan menu khas jawa juga masih tersedia. Beberapa dari mereka sudah menyesuaikan diri dengan masyarakat setempat. Contohnya adalah Soto Ayam Pak Wo.

Menu utama adalah soto dengan campuran ayam kampung asli. Soto ini memiliki citarasa yang khas apalagi dimakan saat siang hari. Anda akan merasakan perbedaan dengan soto ayam yang lain. Pemilik mempunyai cara tersendiri agar ayam untuk bahan soto tidak keras sehingga mudah dicerna.

Selain soto, ada juga beberapa hidangan pelengkap. Selanjutnya, tempat ini juga memberikan opsi untuk membungkus sehingga pengunjung bisa makan di rumah. Anda bebas memilih apapun sebagai tambahan soto ayam tersebut.

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani, Sukaraja, Kec. Gedong Tataan, Kab. Pesawaran.

7. Jumbo Kakap

Jumbo Kakap

Image Credit: Google Maps (budi nurcahyo)

Tempat makan berikutnya adalah Jumbo Kakap. Namanya menyesuaikan dengan menu utama berbahan dasar ikan kakap. Anda dapat memesan beberapa menu yang lain dari bahan yang sama. Inilah tempat yang pas jika ingin mencoba masakan kakap di Pesawaran.

Selain ikan, mayoritas menu adalah seafood. Pengunjung bisa memesan menu seperti kepiting, cumi, udang, dan sebagainya. Makanan tersebut disajikan dengan variasi menarik. Tentu saja, Anda perlu bersabar sedikit untuk menunggu dihidangkan.

Jumbo Kakap bukan sekedar rumah makan yang baru berdiri. Mereka yang sering berkunjung ke Pesawaran dan warga lokal pasti mengenal tempat ini. Lokasinya juga mudah dicapai termasuk sudah tersedia di peta digital.

Lokasi: Jl. Ikan Sepat No.42, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

8. RM Aka

RM Aka

Image Credit: Google Maps (awan ganesha)

Di Pesawaran, Anda juga bisa mencoba rumah makan dengan sistem prasmanan. Meskipun bukan sesuatu yang baru, konsep seperti ini selalu menarik untuk dicoba. Tempatnya bernama RM Aka atau Aka Express.

Selain cara prasmanan atau mengambil sendiri, pengunjung juga diberikan berbagai macam menu. Mereka bisa memilih langsung termasuk berapa banyak porsi yang diinginkan. Inilah yang membuat rumah makan tersebut sangat direkomendasikan jika Anda ingin makan sesuatu yang cepat dan lezat.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Lampung Terbaru & Terhits Dikunjungi

Keuntungan lain adalah harga terjangkau. Untuk hal ini, Anda mungkin sedikit terkejut ketika ingin membayar. Semua menu dan makanan yang dihidangkan memiliki harga terjangkau bahkan beberapa termasuk rumah. Jika memang tidak memiliki waktu untuk makan di tempat lain, rumah makan ini memberikan solusi.

Lokasi: Jl. ZA. Pagar Alam No.1, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung.

9. Pandan Wangi Restaurant

Pandan Wangi Restaurant

Image Credit: Google Maps (ikung forumproperti)

Salah satu restoran terbaik di Pesawaran adalah Pandan Wangi lokasinya menjadi bagian dari sebuah hotel. Banyak pengunjung yang makan disini adalah tamu. Tentu saja, restoran terbuka untuk umum.

Anda bisa memesan beberapa menu dari makanan lokal, eropa, asia, dan lainnya. Mereka yang bekerja di restoran ini sudah berpengalaman dalam membuat berbagai masakan. Selain itu, pengunjung tidak perlu ragu jika memang membutuhkan sesuatu. Mereka akan sigap memberikan bahkan menambahkan secara gratis.

Restoran ini akan sibuk di pagi dan siang serta malam menjelang jam makan. Anda mungkin menemukan pengunjung yang datang secara rombongan. Restoran memiliki kerjasama dengan berbagai pihak sehingga sering dijadikan rujukan tempat makan. Bagi yang baru berkunjung Pesawaran, tempat ini sangat cocok sebelum mencoba wisata kuliner yang lain.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.175, Gulak Galik, Kec. Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung.

10. El’s Coffee House

El’s Coffee House

Image Credit: Google Maps (Ka Jit The)

Bagi mereka yang suka kopi, tempat yang cocok untuk menikmati berbagai variasi menu kopi adalah El’s Coffee House. Saat masuk pertama kali, pengunjung akan disuguhkan dengan tata ruang yang rapi dan serasi. Gaya pengaturan ini bertujuan agar suasana lebih nyaman serta mudah bergerak jika ingin menuju satu tempat.

Menu kopi masih menjadi Andalan di tempat ini. Anda bisa memesan langsung dan tunggu order diselesaikan. Selain kopi, ada juga beberapa menu untuk camilan atau makanan ringan yang cocok sebagai teman bersama kopi yang baru saja dihidangkan. Jika ingin request khusus, Anda sebaiknya bertanya langsung ke barista.

Tempat ini terbuka untuk siapapun. Lokasinya strategis dan mudah dijangkau bahkan dari luas tampak mencolok. Anda tidak perlu rishi saat datang sendirian karena ada spot tertentu yang memang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menikmati tanpa diganggu. Beberapa layanan penunjang lain juga tersedia agar minum kopi lebih bermakna.

Lokasi: Jl. Salim Batubara No.134A, Kupang Teba, Kec. Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung.

Nama Pesawaran mulai dikenal luas karena daerah ini mulai berbenah. Pariwisata dan produk agraris ditingkatkan untuk menunjang ekonomi. Selain itu, berbagai tempat makan baru atau yang sudah eksis di Pesawaran mulai dipromosikan terutama yang memiliki citarasa khas dan menu terbaik.