Sumatra Selatan

10 Restoran & Tempat Makan di Prabumulih yang Paling Enak

Prabumulih menawarkan beragam wisata kuliner dan tempat makan yang menyajikan makanan khas yang terkenal enak paling favorit dikunjungi wisatawan.

Kota Prabumulih di Provinsi Sumatra Selatan memiliki banyak sajian kuliner bercita rasa tinggi yang disajikan dengan tampilan yang menarik. Wisata kuliner Prabumulih paling populer antara lain Pempek, Pindang Tulang, Tahok Tutok, Mie Awek dan lain-lain. Semuanya dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan dan dipilih dari bahan terbaik.

Terdapat banyak tempat makan maupun restoran yang menyediakan beragam menu kuliner khas Prabumulih. Jika bisa memilih tempat yang tepat maka hasrat berwisata kuliner tidak akan mengecewakan. Jadi restoran atau tempat makan menjadi faktor penting dalam berwisata kuliner.

Hal-hal yang membuat seseorang puas berkunjung ke sebuah restoran maupun tempat makan adalah pelayanan yang baik dari pengelola, fasilitas, kebersihan, harga yang terjangkau dan rasa makanan yang enak. Diantara semuanya, faktor makanan enak ini yang paling penting bagi setiap orang. Berikut daftar restoran dan tempat makan di Prabumulih yang paling enak dan memuaskan.

1. Kedai Pempek 71

Kedai Pempek 71

Image Credit: Kulinerprabu.blogspot.com

Salah satu kuliner yang tidak boleh terlewat saat berkunjung ke Prabumulih adalah pempek. Tempat yang direkomendasikan untuk merasakan pempek yang enak dan murah adalah Kedai Pempek 71. Waktu operasional kedai ini mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap senin hingga Sabtu.

Beragam jenis pempek tersedia seperti pempek kapal selam, pempek telur, lenjer, kulit, otak-otak, tekwan dan lain-lain. Harganya sangat murah, untuk pempek lenjer dijual dengan harga 10,000 rupiah, pempek ukuran kecil seharga 1,500 rupiah dan pempek kapal selam dihargai 10,000 rupiah.

Cukanya yang tidak berbau menyengat dan rasanya pas, ditambah pempeknya yang enak menyatu dalam lidah. Produk olahan terjamin kehalalannya dan dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, sehingga aman bagi tubuh. Tempat bersih dan pelayanan ramah senantiasa diutamakan untuk membuat pengunjung puas.

Lokasi: Jl. Bangu, Tugu Kecil, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

2. Pondok Kelapo

Pondok Kelapo

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Tempat makan ini memiliki desain yang unik yaitu berupa gazebo atau saung yang bahan utamanya dari batang kelapa. Di setiap sisi ada tambahan hiasan untuk mempercantik tampilan saung yang dibuat. Setiap pengunjung bebas memilih lokasi yang disukai sesuai dengan selera masing-masing.

Ada banyak saung atau gazebo yang disediakan. Setiap tempat memberikan kesan privat untuk pengunjung supaya tidak terganggu pengunjung lain saat bersantap ria. Tempatnya juga sangat luas dan bersih dengan nuansa klasik yang menentramkan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Lubuklinggau yang Paling Populer

Pondok Kelapo dibuka mulai jam 10.00 WIB dan tutup pukul 21.00 WIB. Menu yang disediakan sangat bervariasi diantaranya berbagai olahan udang, kepiting, cumi, ikan bawal, kakap, dan olahan seafood lainnya. Dijamin masakannya sangat enak dan membuat ketagihan.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

3. Rumah Makan Mbak Yati

Rumah Makan Mbak Yati

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Rumah makan ini terkenal di Prabumulih. Dominasi menu bakaran menjadi andalan di Rumah Makan Mbak Yati. Tempatnya mudah diakses, apalagi dari Prabumulih menuju ke Baturaja.

Tempatnya cocok untuk makan bersama keluarga sambil bersantai dengan menu pindang dan terong goreng yang membuat lidah bergoyang. Tempat ini buka mulai jam 08.00 WIB dan sangat ramai pada jam makan siang.

Pengunjung bisa memilih makan dengan cara lesehan atau menggunakan kursi. Semua sudut ditata dengan rapi dan terlihat bersih setiap saat.

Lokasi: Jl. Talang Jimar, Sukaraja, Kec. Prabumulih Selatan, Kota Prabumulih.

4. Bakso Tiga Dara

Bakso Tiga Dara

Image Credit: Kulinerprabu.blogspot.com

Tempat keempat yaitu Bakso Tiga Dara. Tempat ini menjadi idola warga Prabumulih untuk merasakan sensasi makan bakso dengan berbagai ukuran, mulai dari jumbo hingga biasa. Rasanya yang enak membuat lidah tak berhenti mengunyah, bahkan bisa dipastikan akan menambah porsi lagi.

Harganya sangat terjangkau dan tempatnya juga sangat bersih. Banyak wisatawan yang sengaja mengagendakan untuk bersantap kuliner di tempat ini. Pembuatan bakso dipilih dari daging sapi terbaik dengan mie yang berkualitas.

Bakso Tiga Dara dikenal juga dengan Bakso Solo. Hal ini bukan disebabkan karena pemiliknya berasal dari Solo, tetapi karena kebiasaan warga sekitar yang menyebut demikian.

Lokasi: Jl. Urip Sumodiharjo, Kec. Prabumulih Utara, Kota Prabumulih.

5. Kantin Ova

Kantin Ova

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Kantin Ova tergolong tempat makan sederhana, tetapi banyak dikunjungi para wisatawan. Terdapat beraneka macam menu masakan yang lezat dan enak di lidah. Selain itu ciri khas Kantin Ova adalah nasinya sangat pulen.

Salah satu menu populer di tempat ini adalah Pindang Tulang. Adapula sambal balado dan olahan lain yang harus dicoba saat berkunjung ke tempat ini.

Lokasinya yang strategis juga menjadi kelebihan tersendiri dari Kantin Ova. Setelah seharian berwisata di Prabumulih, letih dahaga akan terobati dengan mengisi perut dari berbagai sajian yang ditawarkan.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Palembang yang Paling Hits

Lokasi: Desa Tebat Agung, Kec. Rambang Dangku Kota. Prabumulih.

6. Mie Awek

Mie Awek

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Tempat makan bernama Mie Awek ini memang spesial menjajakan makanan khas Prabumulih yaitu Mie Awek. Tempatnya cukup mudah diakses oleh siapa saja. Selain nyaman untuk makan di tempat, juga asyik digunakan sebagai tempat ngobrol santai.

Tempat ini berdiri sejak lama dan masih ramai pembeli hingga sekarang. Cita rasa terbaik yang masih dijaga hingga saat ini menjadi keistimewaan tersendiri dari tempat makan Mie Awek ini.

Warung Mie Awek buka setiap hari dari jam 08.00 WIB sampai 23.00 WIB. Menu yang ditawarkan meliputi mie pangsit, bihun, mie goreng dan lain-lain. Harganya sangat murah, dan penjual sangat mengutamakan kepuasan dari pengunjung.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Tugu Kecil, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

7. Restoran Cahaya

Restoran Cahaya

Image Credit: Foursquare.com

Restoran Cahaya ini menghadirkan menu chinesee food yang menggoda. Ada banyak varian menu yang bisa dipilih oleh wisatawan sesuai dengan selera masing-masing.

Masakan yang disajikan pasti akan menggugah selera dan membuat siapapun ingin sesegera mungkin menyantap. Ditambah lagi minuman segar yang disajikan sebagai teman makan bersama keluarga atau teman.

Restoran ini buka jam 08.30 WIB, sehingga bisa dijadikan referensi untuk sarapan atau persiapan makan siang. Harganya sangat bersahabat dan tidak akan membuat kantong jebol.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.349, Wonosari, Kec. Prabumulih Utara, Kota Prabumulih.

8. Resto Lombok Ijo

Resto Lombok Ijo

Image Credit: Tripifyapp.com

Restoran Lombok Ijo buka setiap hari senin hingga minggu mulai pukul 09.30 WIB hingga 21.45 WIB. Letaknya di pusat Kota Prabumulih membuatnya mudah diakses dengan oleh wisatawan.

Tempatnya sangat luas, bisa dimanfaatkan untuk agenda pribadi maupun agenda kumpul keluarga atau rapat kantor. Setiap sudut restoran selalu diusahakan tampak bersih oleh pengelola. Selain itu, ada berbagai macam fasilitas penunjang diantaranya tempat parkir yang luas, mushola dan fasilitas lain.

Menu yang disajikan meliputi menu khas Prabumulih dan menu khas Indonesia lain seperti nasi ikan seluang, nasi ikan bawal, ayam goreng, beragam sayur, sop iga, pindang dan sambal. Tak ketinggalan minuman favorit pengunjung bisa dipesan seperti jus jambu, jus semangka, lemon tea, dan minuman segar lain yang bisa menghilangkan dahaga.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Lahat yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.14, Tugu Kecil, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

9. Kedai Mie Manalagi

Kedai Mie Manalagi

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Tempat makan yang terkenal selanjutnya yaitu Kedai Mie Manalagi. Tempatnya cukup minimalis tetapi bisa menampung hampir 20 orang di dalam kedai. Kedai ini sangat ramai, apalagi ketika jam makan siang tiba. Terkadang antrian mengular hingga ke luar kedai.

Harga satu porsi mie hanya seharga 15,000 rupiah saja. Tetapi jika tidak sanggup makan satu porsi penuh, bisa memesan lebih sedikit dengan harga 10,000 rupiah. Satu porsi ini berisi satu mangkung hampir penuh, dan ini sangat cocok untuk orang-orang yang hobi makan dan penggemar mie. Perut keroncongan akan segera sirna dengan memakannya hingga habis.

Soal rasa, jangan ditanya lagi. Rasanya sangat enak dan lezat di mulut. Bumbu mienya diolah dengan takaran yang pas sehingga rasa yang dihasilkan juga sangat mantap. Tak heran jika nama kedai ini adalah Manalagi, karena mie yang disajikan membuat siapa saja ingin menambah lagi dan lagi.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Kec. Prabumulih Utara, Kota Prabumulih.

10. Kampung Cemara

Image Credit: Foursquare.com

Rumah makan Kampung Cemara memiliki banyak fasilitas yang diberikan, seperti tempat parkir yang luas, mushola, tempat makan lesehan serta tempat makan dengan meja bundar dan kursi. Selain itu,

berbagai pernak-pernik tertempel cantik di tiap sudut. Ada pula kolam ikan yang dibuat untuk menambah kesan segar dan indah pada rumah makan.

Fasilitas lain yang tak kalah penting adalah ruang serba guna yang bisa dipesan untuk acara reuni, rapat, kumpul keluarga atau syukuran. Bagi para wisatawan, tempat ini bisa menjadi alternatif untuk mencari suasana baru sambil mengistirahatkan badan dan mengisi perut setelah beberapa jam mengunjungi objek wisata di Prabumulih.

Beragam menu lezat yang bisa dipilih antara lain pindang, aneka paket masakan cumi, udang, paket masakan ikan, paket sapi lada hitam, dan paket ayam kampung. Sedangkan untuk minumannya bisa memilih aneka jus dan berbagai jenis lain. Semuanya dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Pelayanan yang diberikan juga sangat baik dan ramah.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Griya Asri No.10, Tugu Kecil, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

Itulah daftar restoran dan tempat makan di Prabumulih yang paling enak dan memuaskan dalam berbagai hal. Setiap wisatawan akan dimanjakan dengan kuliner khas Prabumulih yang enak dan lezat. Di samping itu, restoran dan tempat makan di atas memberikan pelayanan yang paripurna untuk pengunjung sehingga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.