Aceh

10 Restoran & Tempat Makan di Sabang yang Paling Enak

Sabang ternyata menyimpan wisata kuliner yang tidak kalah menarik dengan Aceh. Inilah daftar restoran dan tempat makan di Kota Sabang untuk menikmati sajian kuliner lezat.

Sabang terletak di wilayah paling timur Sumatera dan termasuk dalam provinsi Aceh. Disana banyak penduduk muslim yang tinggal, sehingga banyak orang yang menganggap Sabang sebagai daerah yang tertutup. Padahal disana terdapat berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Hal yang tidak boleh dilupakan ketika sedang berkunjung ke Sabang adalah makanan lokalnya, sebab Anda tidak akan menemukan cita rasanya yang khas di tempat lain. Karena kebanyakan penduduknya beragama Islam, Anda tidak perlu khawatir mengenai kehalalan makanan yang disajikan di restoran atau tempat makannya.

Apabila Anda berniat untuk mengunjungi Sabang dalam waktu dekat dan ingin melakukan wisata kuliner disana, berikut merupakan rekomendasi tempat makan dan destinasi kuliner yang wajib Anda kunjungi. Jangan khawatir mengenai rasa dan harga, Anda akan mendapatkan pengalaman kuliner terbaik ketika berkunjung ke Sabang.

1. Warung Kopi Aci

Warung Kopi Aci

Image Credit: Google Maps (Mira Maisura)

Wilayah Aceh memiliki kopi khas yang tidak bisa Anda temukan di daerah lain, sebab rasanya unik karena ditanam di tanah Aceh. Salah satu jenis kopi yang sebaiknya Anda coba ketika berkunjung ke Sabang adalah kopi ulee kareng, yang terkenal dan memiliki banyak cabang.

Cabang utama warung kopi ini ada di daerah Banda Aceh dan Aceh Besar, namun jika Anda mengunjungi Sabang, Anda bisa mampir di salah satu warung kopi cabang yang ada disana. Warung kopi ini sudah dirintis sejak tahun 1960-an, namun baru mulai ramai pada tahun 1990-an karena banyaknya mahasiswa yang mampir.

Di warung kopi ini Anda tidak hanya bisa minum kopi saja, ada berbagai hidangan yang bisa Anda pesan sembari menikmati malam. Makanan yang direkomendasikan adalah ayam bakar dan nasi bebek, serta camilan ringan seperti roti bakar dan martabak. Harganya tergolong murah, selain itu tempatnya nyaman dengan tempat duduk yang luas.

Lokasi: Jl. Malahayati, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

2. Mie Pangsit Dinasty

Mie Pangsit Dinasty

Image Credit: Safariwisata.co.id

Kalau Anda menyukai olahan mie, maka berkunjung ke Mie Pangsit Dinasty harus Anda lakukan ketika berkunjung ke Sabang. Berlokasi di pusat kota, Anda bisa menikmati semangkuk mie pangsit atau mi ayam yang menjadi hidangan wajib ketika mampir di rumah makan tersebut.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Berbeda dengan mi ayam atau pangsit lainnya, mi pangsit di rumah makan ini dibuat sendiri oleh pemiliknya dan diberi kuah bening. Karena dibuat menggunakan resep khusus, mi tersebut dapat menyerap kuah kaldu dengan sempurna, sehingga memberikan cita rasa yang lembut dan sedap.

Sedangkan untuk tambahan ayamnya, ia dimasak sedemikian rupa sehingga sesuai dengan lidah masyarakat setempat. Rasanya tidak terlalu manis maupun asin, karena ayam dimasak sampai lembut dan bisa langsung dipisahkan dengan tulangnya. Anda bisa berkunjung ke rumah makan ini dari sore hari sampai malam hari.

Lokasi: Jl. Perdagangan, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

3. Baso Bang Wan

Baso Bang Wan

Image Credit: Mywonderwhy.bogspot.com

Kalau Anda ingin menikmati olahan laut khas Sabang, berkunjung ke Baso Bang Wan banyak direkomendasikan oleh wisatawan. Disana Anda bisa menikmati berbagai olahan bakso dan seafood. Yang terkenal adalah sate gurita yang menjadi makanan seafood wajib yang harus dicoba ketika mampir ke Sabang.

Sate tersebut terbuat dari gurita segar, yang dimasak dengan lembut sehingga mudah dikonsumsi oleh pelanggan. Campuran bumbu yang digunakan pun meresap sampai ke dalam, karena bumbu yang digunakan merupakan rempah pilihan yang bisa membuat cita rasa sate gurita semakin sedap.

Bumbu yang digunakan adalah bumbu kacang, bawang merah dan putih, serta cabe rawit. Kedai Baso Bang Wang buka pada sore hari hingga malam hari, jadi pastikan Anda berkunjung sesuai dengan jam operasionalnya. Harganya cukup terjangkau, jadi tidak akan menghabiskan budget yang telah Anda persiapkan.

Lokasi: Kuta Ateueh, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

4. Mie Bang Mandra

Mie Bang Mandra

Image Credit: Nusantaranews.Net

Olahan mi lain yang wajib Anda coba ketika mengunjungi Sabang adalah mi pingsun. Mi ini adalah mi yang dimasak dan dihidangkan dengan beragam seafood, mulai dari ikan, udang, hingga cumi-cumi. Sehingga satu porsinya cukup mengenyangkan Anda.

Selain diberi tambahan seafood, Anda juga bisa memilih topping dan sayuran yang digunakan untuk mi pingsun ini. Rasanya enak karena semua bahan makanan dapat berpadu dengan baik. Harganya juga terjangkau, sekitar 10 ribu rupiah untuk tiap porsinya.

Sebenarnya nama rumah makan Mie Bang Mandra merupakan nama yang diberikan oleh pelanggan. Penjual mi pingsun di kedai makanan tersebut mirip dengan artis Mandra, sehingga nama asli dari rumah makan ini kemudian diubah menjadi Mie Bang Mandra. Pergantian nama tersebut juga membuatnya makin ramai dikunjungi pelanggan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Singkil Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

5. Kedai Kopi Pantai Jaya

Kedai Kopi Pantai Jaya

Image Credit: Google Maps (Junizar 1969)

Kalau Anda berkunjung ke Sabang dan ingin minum kopi sambil menikmati pemandangan, maka mampir di Kedai Kopi Panrai Jaya bisa Anda lakukan. Kedai kopi ini cukup legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1980-an dan terus berkembang sejak saat itu.

Menu kopi yang bisa Anda nikmati adalah kopi tangsi, takengon, dan juga kopi sangli. Ketika jenis kopi tersebut disajikan sesuai dengan selera pelanggan, Anda bisa memesannya dalam bentuk kopi susu, kopi sanget, atau kopi hitam. Anda juga bisa memesan makanan pendamping sembari melihat pemandangan alam disana.

Jika Anda ingin membawa pulang kopi tersebut sebagai oleh-oleh, Anda bisa membelinya dalam bentuk kemasan. Dijual dalam hitungan kilogram, untuk satu bungkusnya hanya dibanderol harga 55 ribu rupiah, dan Anda bisa membawa pulang satu kilogram kopi khas Sabang untuk dinikmati di rumah.

Lokasi: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang.

6. Kedai Mie Sedap

Kedai Mie Sedap

Image Credit: Google Maps (Sahibul Izar)

Walaupun namanya terdengar seperti mi instan yang populer di Indonesia, namun mi sedap yang satu ini bukan mi instan, melainkan mi yang dibuat sendiri oleh pemilik kedai. Resep yang digunakan juga merupakan resep turun temurun, sehingga cita rasanya tidak berubah.

Mi sedap dibuat dari campuran terigu, telur, dan tidak menggunakan bahan pengawet apapun. Biasanya mi sedap hanya dijual sekali saja agar bisa habis dan tidak tersisa. Nantinya mi in akan diolah dengan ikan serta seledri dan ditambahkan dengan kaldu ayam.

Jika Anda ingin berkunjung ke Kedai Mie Sedap, anda bisa datang setiap hari dari pukul 8 pagi sampai 12 siang. Kedai akan tutup untuk beristirahat dan menyiapkan mi untuk penjualan setelahnya, yakni di pukul 7 malam hingga tutup di jam 10. Kedai ini juga tutup di hari Minggu, jadi pastikan Anda tidak datang pada hari tersebut.

Lokasi: Jl. Perdagangan, Kuta Barat, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

7. Rujak 0 Kilometer

Rujak 0 Kilometer

Image Credit: Facebook.com @alex.chandra.77

Kalau berkunjung ke tempat wisata nol kilometer, jangan lupa untuk mampir ke Kedai Rujak 0 Kilometer. Disana Anda bisa mencicipi rujak khas Sabang yang tidak bisa Anda temukan di kota lain. Rujak di tempat ini juga berbeda dengan rujak pada umumnya, baik dari susunan buah atau penggunaan sambalnya.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Subulussalam yang Murah & Enak

Buah khusus yang kemudian ditambahkan di rujak ini adalah rujak rumbia. Buah tersebut akan digerus halus dan dicampurkan dengan sambal untuk rujak. Tambahan yang tidak boleh dilupakan adalah penggunaan gula aren dan cabai. Walaupun rasa sambalnya agak sepat, namun akan nikmat jika dikonsumsi dengan buahnya.

Anda juga bisa menikmati rujak ini sambil menikmati pemandangan alam di sekitar nol kilometer Sabang. Karena dekat dengan pantai, angin akan bertiup lembut, sehingga menambah syahdu suasana. Kadang gerombolan monyet akan muncul dibalik pepohonan di dekat sana.

Lokasi: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

8. Toko Pulau Baru

Toko Pulau Baru

Image Credit: Facebook.com @dishindonesia

Walaupun namanya Toko Pulau Baru, namun toko ini sebenarnya merupakan kedai makanan yang cukup terkenal di Sabang. Menu yang paling sering direkomendasikan oleh pelanggan adalah mie jalak. Mie ini merupakan olahan mi yang dicampur dengan tauge, daun bawang, dan ikan.

Harganya juga terjangkau, hanya sekitar 10 ribu rupiah untuk satu porsi dan bisa ditambah topping telur jika Anda mau. Kedai ini buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 12 siang, kemudian buka kembali jam 5 sore hingga 10 malam.

Lokasi: Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

9. Kedai Makan Murah Raya

Kedai Makan Murah Raya

Image Credit: Google Maps (Sugianto Sentosa)

Kalau budget berwisata kuliner Anda tipis, Anda bisa mampir ke Murah Raya, sebab kedai tersebut menjual berbagai hidangan dengan harga yang cukup terjangkau. Terletak di pusat kota, Anda bisa menjangkaunya dengan mudah.

Menu makanan yang dijual bervariasi, dari sayuran, nasi, olahan ayam, ikan dan lainnya. Menunya kebanyakan makanan umum dan nasional, walaupun Anda tetap bisa mencicipi beberapa olahan lokal. Rumah makan ini banyak dipilih wisatawan yang masih asing untuk mencicipi rasa makanan lokal.

Lokasi: Jl. Perdagangan No.52, Kuta Barat, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

10. Taman Kuliner Sabang

Taman Kuliner Sabang

Image Credit: Google Maps (Yogi Gustaman)

Anda bisa berkunjung ke Pulau Weh sekaligus menikmati berbagai hidangan lokal di Taman Kuliner Sabang. Konsepnya mirip dengan pujasera, sehingga banyak penduduk lokal yang melepas penat di tempat ini sembari menikmati pemandangan alam.

Sebagai tempat nongkrong anak muda, tentunya harga yang ditawarkan untuk makanan di tempat ini cukup terjangkau. Tempatnya rapi dan tertata, sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata dan kuliner sekaligus.

Lokasi: Kota Bawah Barat, Kec. Sukakarya, Kota Sabang.

Itulah rekomendasi tempat makan dan retoran terbaik di Sabang, Aceh, yang bisa Anda kunjungi. Jika berkunjung ke Sabang jangan lupa mencicipi kuliner khas Aceh yang enak dan sedap.