Sumatra Barat

10 Restoran dan Tempat Makan di Sawahlunto yang Paling Enak

Sawahlunto menjadi daerah yang wajib dikunjungi karena keindahan destinasi wisatanya yang memukau. Selain itu, ada beragam pilihan tempat makan dan restoran di Sawahlunto yang siap melengkapi wisata kulineran Anda.

Sawahlunto merupakan salah satu kota yang berada di Sumatera Barat. Provinsi ini sangat terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah sehingga mendapatkan penghargaan Wonderful Indonesia Tourism Award.

Dari banyaknya kota di Sumatera Barat, tempat yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi adalah kota Sawahlunto. Kota ini sangat terkenal dengan adanya bekas tambang batubara yang kemudian menjadi daya Tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Nilai sejarah yang membuat mereka penasaran tentu saja membuat kota ini memiliki daya Tarik tersendiri.

Kota kecil yang berjarak 95 km dari Padang ini selain memiliki keindahan wisata, juga terdapat banyak pilihan tempat makan di Sawahlunto yang wajib dicoba untuk memanjakan lidah.

1. Warung Lontong Pical atau Pecel Dela Surya

Warung Lontong Pical atau Pecel Dela Surya

Image Credit: Kompas.com

Warung pecel ini sangat terkenal di kota Sawahlunto. Lokasinya yang berada di dekat tambang batubara, sering menjadi rujukan pegawai di sana untuk menikmati sarapan sebelum memulai pekerjaan beratnya saat perusahaan batu bara Ombilin masih beroperasi dulu.

Warung pecel ini telah berdiri sejak tahun 70 an dan sangat ramai dikunjungi baik dari masyarakat Sawahlunto sendiri maupun wisatawan yang datang. Warung lontong pical ini merupakan salah satu kuliner legendaris yang memiliki cita rasa tidak berubah hingga sekarang.

Apabila mendatangi tempat makan yang satu ini, maka jangan kaget dengan suara sirine yang sering terdengar. Hal itu merupakan tanda mulainya bekerja pada perusahaan tambang batu bara pada zaman dulu.

Kedai ini telah dikelola oleh generasi kedua. Ciri khas dari lontong pical ini adalah penggunaan mie kuning yang harus ada di dalam pecelnya. Rumah makan ini buka dari pagi hingga sore hari. untuk harga yang ditawarkan sendiri yaitu Rp 10.000 per porsi.

Lokasi: Jl. Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

2. Rumah Makan Dendeng Batokok

Rumah Makan Dendeng Batokok

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Dendeng Batokok merupakan salah satu makanan wajib yang harus Anda coba ketika mengunjungi kota Sawahlunto. Sebenarnya rumah makan ini tidak hanya menyediakan menu dendeng batokok saja tetapi ada pula berbagai macam varian menu lainnya, tetapi dendeng inilah yang paling digemari oleh para pengunjung.

Dendeng ini terasa sangat nikmat karena menggunakan bumbu yang istimewa serta cara pembuatannya yang unik. Sebelum dimasak, daging dendeng akan dipukul-pukul kemudian dimarinasi dengan bumbu selama 6 jam lalu dikeringkan dengan cara diasap 4 jam. Setelah itu dibakar dan disiram dengan minyak kelapa.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Bukittinggi yang Murah & Enak

Rumah makan ini buka dari pagi hingga malam. Apabila kalian ingin mengganjal perut atau makan siang, tempat ini sangat cocok untuk menjadi tujuan. Untuk satu porsi dendeng dengan nasi dibandrol dengan harga kurang lebih Rp 18.000.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Muaro Kalaban, Kec. Silungkang, Kota Sawahlunto.

3. Soto Urang Awak

Soto Urang Awak

Image Credit: Twitter.com @syamkoto

Bagi Anda yang lagi pengen seger-seger dan sedang berada di daerah Muaro Kalaban maka tempat ini cocok untuk dikunjungi. Rumah makan yang menjual soto padang ini telah dikenal banyak orang.

Soto yang ada di sini merupakan soto padang. Satu porsi soto terdiri dari daging yang sudah digoreng kemudian dipotong-potong, mie bihun, dan juga kentang rebus. Selain itu terdapat pula menu lain seperti sop tunjang dan sop sumsum.

Harga menu disini dibanderol mulai dari Rp 25.000 untuk satu porsi soto padangnya. Sedangkan untuk sop sumsum dan tunjang harga satu porsinya Rp 65.000 sudah sekalian nasi. Tidak terlalu mahal bukan? Jika Anda sedang mengunjungi Sawahlunto jangan lupa sempatkan mampir di rumah makan ini.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera No.184, Muaro Kalaban, Kec. Silungkang, Kota Sawah Lunto.

4. Rumah Makan Ira

Rumah Makan Ira

Image Credit: Rm-ira.business.site

Tempat ini cocok untuk Anda yang gemar masakan padang. Ada banyak sekali pilihan lauk yang ditawarkan di rumah makan ini, tinggal pilih sesuai keinginan. Tetapi seperti rumah makan pada biasanya di kota Sawahlunto, dendeng batokok tetap merupakan menu paling favorit di restoran ini.

Rasa yang lezat serta bumbu rempah yang berlimbah menjadikan makanan padang merupakan salah satu makanan terenak yang bikin ketagihan. Memang masakan padang telah banyak dijumpai bahkan di kota lain, akan tetapi masakan yang berasal dari orang padang asli tentu saja memiliki cita rasa yang lebih otentik.

Apabila Anda berkunjung ke daerah Sawahlunto, sempatkan untuk mampir di rumah makan ini. Harganya juga tidak terlalu mahal, pas dikantong.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Muaro Kalaban, Kec. Silungkang, Kota Sawah Lunto.

5. Rumah Makan Pondok Selohan

Rumah Makan Pondok Selohan

Image Credit: Picuki.com @pondokselohan

Restoran dengan menu utama berupa sop dan soto ini cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin makan dengan suasana alam di sekitarnya. Tempat makan ini dikelilingi oleh tebing dan bukit sehingga bisa membuat mata rileks.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Padang Panjang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Restoran ini berada 80 km dari arah kota Padang. Sop panas akan sangat nikmat dimakan di tengah area perbukitan dengan angin yang semilir. Isi dari sop maupun soto disini berupa daging sapi yang masih fresh dengan kuah yang direbus bersamaan tulang-tulang sapi sehingga menghasilkan kaldu lezat.

Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat makan ini untuk menghilangkan lapar. Bahkan dalam satu hari bisa mencapai 750 pengunjung dan menghabiskan 12 kg daging serta 25 kg tulang.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Muaro Kalaban, Kec. Silungkang, Kota Sawahlunto.

6. Ayam Kaget Lado Ijo

Ayam Kaget Lado Ijo

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Selain rasa makanan yang enak serta beragam, tempat makan yang nyaman merupakan salah satu target pengunjung untuk mendatanginya. Dengan tempat yang bersih dan nyaman, tentu saja akan membuat pengunjung lebih menikmati makanannya.

Tempat makan yang bisa Anda kunjungi di kota Sawahlunto karena hal tersebut salah satunya yaitu ayam kaget lado ijo. Makanannya yang enak pastinya akan memanjakan lidah orang yang makan di sini. Tempat ini juga cocok apabila ingin bertemu teman sambil ngobrol.

Lokasi: Jl. A. Yani No. 279, Pasar, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

7. Es Cendol Tape dan Durian Silungkang

Es Cendol Tape dan Durian Silungkang

Image Credit: Usemayjourney.wordpress.com

Cuaca yang panas tentu saja cocok apabila minum yang segar-segar. Di kota Sawahlunto ini juga terdapat es cendol legendaris yang enak dan tentunya wajib dicoba.

Ada dua pilihan yang bisa Anda nikmati ketika mau memesan es cendol ini. Bisa menggunakan tape atau pun durian sesuai selera. Lokasinya memang di pinggir jalan, tetapi untuk rasa tidak perlu diragukan lagi.

Lokasi: Muaro Kalaban, Kec. Silungkang, Kota Sawahlunto.

8. Cafe di Atas Gerbong Kereta Api

Image Credit: Topsatu.com

Bagi Anda yang baru mengetahui tempat ini, tentu saja sangat menarik perhatian untuk dikunjungi bukan. Tempat makan yang masih berada di pusat kota Sawahlunto ini memiliki desain masa kini yang cocok untuk kumpul bersama teman ataupun keluarga.

Tempat makan yang satu ini sebenarnya memiliki nama Restoran Mak Intam, tetapi lebih sering dijuluki kafe di atas gerbong kereta api. Tempat ini menyediakan spot foto yang menarik. Letaknya yang berada di atas gerbong kereta membuat kita mendapatkan sensasi baru untuk menikmati suatu hidangan.

BACA JUGA:  6 Wisata Pantai di Pariaman yang Paling Hits

Menu yang disediakan di tempat ini sangat beraneka ragam dari mulai makanan berat seperti nasi goreng, ayam, dan mie. Selain makanan berat terdapat pula snack bagi Anda yang sudah kenyang dan hanya ingin menghabiskan waktu untuk sekedar ngobrol saja. Berbagai minuman dan jus juga tersedia di kafe ini.

Kafe ini memiliki 2 gerbong dengan perpaduan warna dan lampu yang cantik. Apabila ingin mengunjungi tempat ini, maka lebih baik waktu sore atau malam karena akan lebih terasa keindahan lampu kelap-kelip di sana.

Lokasi: Kampung Teleng, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

9. Resto Steak Qosyif

Resto Steak Qosyif

Image Credit: Business.google.com (Okta Febriadi)

Bagi Anda penggemar steak dan sedang ingin memakannya di kota Sawahlunto, restoran ini menjadi salah satu rekomendasi untuk dikunjungi. Selain banyak rumah makan khas padang di daerah ini, makanan lain juga dapat ditemukan di Sawahlunto salah satunya steak.

Restoran ini menyajikan berbagai macam steak dari daging ayam dan daging sapi. Rasa yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi. Daging steak yang disajikan di atas hotplate tentu saja sangat nikmat dengan siraman sausnya yang kental.

Selain dengan berbagai macam menu steaknya, restoran ini juga juga menyediakan berbagai macam makanan dengan nasi. Ayam penyet dan nasi goreng juga menjadi menu favorit pengunjung yang datang selain stekanya.

Jika sedang bosan dengan makanan padang, maka tempat ini cocok untuk dikunjungi. Terkadang memang beberapa orang tidak terlalu menyukai makanan khas padang. Oleh karena itu tempat makan ini bisa menjadi salah satu solusinya.

Lokasi: Jl. Ratin Datuak Rajo Kuaso, Talawi Hilir, Kec. Talawi, Kota Sawahlunto.

10. Saung Idang Cafe

Saung Idang Cafe

Image Credit: Petanews.com

Namanya memang kafe, tetapi makanan yang disediakan disini beraneka ragam seperti pada restoran padang yang kerap dijumpai di Sawahlunto. Mengambil tema masa kini dalam desainnya tidak mengurangi rasa enak dalam setiap sajian masakannya.

Saung Idang café terletak 1 km dari balaikota. Letaknya yang masih di pusat kota tentu saja akan mudah untuk dikunjungi. Makanan yang menjadi kegemaran para wisatawan yang hadir yaitu dendeng batokoknya. Jika mengunjungi daerah Sawahlunto, memang dendeng batokok lah makanan yang paling terkenal dan dicari.

Lokasi: Durian I, Kec. Barangin, Kota Sawah Lunto.

Itulah rekomendasi restoran dan tempat makan di Sawahlunto yang terkenal dengan menu enak. Jika mengunjungi kota ini, jangan lupa sempatkan untuk mencicipi makanan dari restoran-restoran di atas. Bila berlibur memang akan terasa kurang apabila belum menjelajahi wisata kuliner di kota tujuan yang telah disambangi.