Sumatra Utara

10 Restoran & Tempat Makan di Sibolga yang Paling Enak

Inilah Dereten Tempat Makan dan Restoran Terbaik di Sibolga yang Terkenal Enak untuk Anda Singgahi. Makanan khas yang berbaur dengan budaya menjadi andalan kota Sibolga.

Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing yang mampu menggaet banyak pengunjung dari luar daerah untuk menyambanginya, termasuk salah satunya adalah kota di Pulau Sumatera yakni Kota Sibolga. Kotamadya yang terletak di pesisir barat Provinsi Sumatera Utara ini termasuk salah satu kota terkecil di tanah air.

Meski terbilang memiliki wilayah yang kecil, Kota Sibolga memiliki segudang tempat wisata bahari yang menjadi magnet tersendiri bagi para pelancong lokal maupun dari luar kota. Mengunjungi tempat wisata memang menjadi salah satu cara untuk mengenal kota kecil ini. Namun masih ada cara lain yakni dengan mencicipi aneka kuliner khas dari daerah setempat.

Beragam jenis olahan kuliner yang ditawarkan di Kota Sibolga memang didominasi oleh olahan laut. Namun, masih banyak juga jenis hidangan lain dengan cita rasa khas Sibolga yang wajib untuk dicicipi. Ingin mengunjungi Kota Sibolga? Berikut adalah sejumlah tempat makan dan restoran yang wajib Anda kunjungi di Sibolga.

1. Ikan Bakar Sari Laut

Ikan Bakar Sari Laut Sibolga

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Lelah bermain di pantai, jangan terburu-buru pulang terlebih dahulu. Mampirlah ke rumah makan Ikan Bakar Sari Laut cabang Sibolga untuk mencicipi berbagai jenis hidangan laut yang diolah dengan bumbu-bumbu bercita rasa khas.

Menu andalan di tempat makan yang satu ini adalah ikan bakar yang dipadukan dengan sambal kecap dengan rasa pedas, asam, dan asin yang menyatu dengan lembutnya daging ikan bakar. Tempat makan Ikan Bakar Sari Laut ini selalu ramai dengan pengunjung jadi usahakan datang sekitar jam enam sore supaya tidak mengantri.

Bagi pengunjung yang takut dengan zat karsinogen yang berasal pembakaran ikan, pengunjung bisa meminta ikan untuk dibakar dengan dibalut daun pisang terlebih dahulu. Disamping itu pengunjung juga tidak perlu merogoh kocek terlalu besar untuk bisa menikmati kelezatan hidangan laut khas Sibolga.

Lokasi: Jl. S.Parman No.70, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

2. Rumah Makan Tapian Nauli

Rumah Makan Tapian Nauli

Image Credit: Dcatqueen.com

Rasanya tidak akan lengkap jika berwisata ke Sibolga tanpa mencicipi kuliner khasnya. Sebagai daerah yang terletak di pesisir Provinsi Sumatera Utara, tidak heran jika kuliner di kota ini

didominasi oleh hidangan dari olahan laut termasuk diantaranya adalah panggang pacak. Hidangan ini juga menjadi salah satu menu andalan dari Rumah Makan Tapian Nauli.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Simalungun Terbaru & Terhits Dikunjungi

Sekilas, panggang pacak terlihat seperti ikan yang dipanggang pada umumnya. Namun perbedaannya baru akan terasa begitu potongan dagingnya masuk ke dalam mulut. Gurihnya kelapa dan rasa asam dari jeruk limau merupakan kunci utama yang membedakan ikan panggang dari Tapian Nauli dengan ikan panggang lainnya.

Rumah Makan Tapian Nauli ini tidak hanya menjadi langganan masyarakat lokal namun juga para pejabat. Pemilik rumah makan yang pernah menyabet juara pertama wisata kuliner ini juga tidak mematok harga yang terlalu tinggi. Bahkan satu porsi panggang pacak dengan ukuran sebesar telapak tangan orang dewasa saja hanya dibandrol dengan harga sekitar 12.000 rupiah.

Lokasi: Jl. Sibolga-Barus No.40, Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah.

3. Mie Gomak

Mie Gomak

Image Credit: Konfrontasi.com

Mengunjungi kota yang mayoritas penduduknya adalah Batak Toba tidak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner andalannya, yakni mie gomak. Hidangan yang satu ini sebenarnya tidak hanya terkenal di Kota Sibolga saja, namun juga di daerah Tapanuli, Siantar, Balie, Labuhan Batu, hingga ke Parapat.

Olahan mie khas dari Sibolga ini bisa didapatkan dengan mudah di warung pinggir jalan. Yang menarik dari mie yang hampir menyerupai mie Aceh ini adalah cara mengolahnya yang masih menggunakan tungku api tradisional. Para pedagang masih menggunakan cara ini untuk menjaga cita rasa dan rempah-rempah bisa menyerap sempurna ke dalam mie.

Lokasi: Jl. Bangau No.46, Aek Manis, Kec. Sibolga Selatan, Kota Sibolga.

4. Rumah Makan Thamrin

Rumah Makan Thamrin

Image Credit: Tripadvisor.co

Lelah berkeliling Kota Sibolga dan ingin bersantap siang bersama keluarga? Rumah Makan Thamrin bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena Kota Sibolga berada di pesisir barat Provinsi Sumatera Utara, tidak heran jika rumah makan yang satu ini terkenal dengan olahan lautnya.

Salah satu menu andalan di Rumah Makan Thamrin adalah kepiting bumbu yang dimasak dengan bumbu-bumbu andalan rumah makan ini. Selain kepiting, masih banyak menu lain yang tak kalah lezatnya. Porsi yang disajikan cukup besar dan pengolahannya juga cukup cepat sehingga pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama.

Disamping itu ada dua tempat yang bisa dipilih oleh pengunjung yakni ruangan ber-AC di mana pengunjung tidak diperbolehkan untuk merokok dan ruangan khusus merokok. Hal ini diterapkan untuk membuat pengunjung selalu merasa nyaman saat menyantap hidangan yang dipesan.

Lokasi: Jl. MH. Thamrin No.5, Kota Beringin, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Jambi yang Paling Enak

5. Restoran Pak Nas

Restoran Pak Nas

Image Credit: 2pos.asia

Meski Kota Sibolga memiliki wilayah yang terbilang kecil, namun banyak sekali tempat makan yang siap menggoyang lidah para pengunjung termasuk salah satu diantaranya adalah Restoran Pak Nas. Menu makanan yang ditawarkan sangat bervariasi. Jadi bagi pengunjung yang alergi terhadap olahan ikan masih bisa menikmati hidangan lainnya yang tak kalah lezat.

Salah satu menu andalan di Restoran Pak Nas adalah sop daging kerbau. Kabarnya cita rasa sop yang satu ini sudah sangat melegenda jadi sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Selain itu gulai ikan di restoran ini juga memiliki banyak penggemarnya karena memiliki rasa yang sangat nikmat dan kuah yang kaya akan rempah.

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso No.40, Kota Beringin, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

6. Nasi Tue

Nasi Tue

Image Credit: Tribunnews.com

Jika sebelumnya adalah jenis-jenis makanan berat dan olahan laut khas dari Kota Sibolga, maka yang satu ini adalah jenis penganan tradisional yang menjadi satu diantara sekian banyak kuliner tradisional khas Sibolga, yakni Nasi Tue.

Nasi Tue memang menjadi jajanan tradisional yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Sibolga. Dulu, makanan yang satu ini kerap disajikan di acara pernikahan, untuk berbuka puasa, dan acara-acara adat lainnya. Meski bernama Nasi Tue, makanan ini sama sekali tidak terbuat dari beras nasi, melainkan dari beras ketan.

Selain beras ketan, Nasi Tue dibuat dengan tambahan daging durian, santan, gula pasir, gula merah, garma, serta daun pandan. Jadi tidak heran jika rasa Nasi Tue cenderung manis dan legit. Makanan ringan yang satu ini sangat mudah didapatkan. Biasanya dijajakan di sepanjang jalan Kota Sibolga dengan harga yang relatif murah.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.14, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

7. Martabak Mesir Simpang Lima

Martabak Mesir Simpang Lima

Image Credit: Foursquare.com @haspan k.

Kota Sibolga dikenal sebagai kota kecil di Provinsi Sumatera Utara yang dihuni oleh penduduk dari berbagai suku. Meski demikian, kota ini terbilang sangat aman. Selain itu, Sibolga juga memiliki banyak sekali tempat kuliner yang tak kalah dari kota-kota besar lainnya dan salah satunya adalah Martabak Mesir Simpang Lima.

Sekilas, martabak telur yang disajikan di tempat makan Martabak Mesir Simpang Lima ini sama seperti martabak pada umumnya. Bedanya martabak di tempat ini memiliki rasa gurih yang khas ditambah dengan kuah acar dari campuran kecap, cabai rawit, tomat, dan bawang bombay. Tidak hanya lezat, harganya juga terbilang cukup terjangkau bagi semua kalangan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tapanuli Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Horas, Kec. Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

8. Birhu Café

Birhu Café

Image Credit: Facebook.com @BirhuCafe

Ingin bersantap bersama keluarga atau rekan sambil bersantai bersama? Birhu Café yang berada di Kota Sibolga ini bisa menjadi pilihan Anda yang tepat. Konsep bangunan café ini sendiri terlihat cukup unik karena dirancang sedemikian rupa hingga terlihat seperti selancar.

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan di Birhu Café juga sangat beragam. Dilengkapi dengan pelayanan yang ramah serta tempat yang nyaman, bersantai sambil bersantap bersama teman maupun keluarga di Birhu Café akan semakin mengasyikkan.

Lokasi: Jl. Sutoyo No.20 (Depan Halte Ampera), Huta Tonga Tonga, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga.

9. Kedai Nasi Mis Munin

Kedai Nasi Mis Munin

Image Credit: Rm-mis-munin.business.site

Bagi yang pertama kali berkunjung ke Kota Sibolga mungkin penasaran dengan kuliner apa saja yang terkenal di kota terkecil di Sumatera Utara ini. Mengingat bahwa Sibolga terletak di pesisir pantai, wajar jika mayoritas kuliner yang ditawarkan mengandung olahan dari laut. Salah satu rumah makan yang menyajikan olahan laut dengan cita rasa yang khas adalah Kedai Nasi Mis Munin.

Menu andalan di Kedai Nasi Mis Munin yang wajib dicoba bagi yang pertama kali menyambangi Kota Sibolga adalah gulai ikan dan ikan panggang pacak yang bisa menggugah selera makan. Harga per porsinya pun cukup terjangkau dan pelayanannya juga sangat memuaskan sehingga cocok untuk menjadi tempat bersantap bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Raya Negara KM.9, Sarilamak, Kab. Lima Puluh Kota, Sibolga.

10. Rumah Makan Medan Seafood

Rumah Makan Medan Seafood

Image Credit: Maps.google.com @glenn kardiman

Dari namanya sudah jelas bahwa Rumah Makan Medan Seafood menawarkan berbagai hidangan yang terbuat dari ikan, lobster, udang, dan olahan laut lainnya. Tempat makan yang satu ini bisa dibilang yang terbaik di Kota Sibolga karena hidangan yang disajikan terbuat dari bahan baku yang masih segar.

Di rumah makan ini pengunjung bisa memiliki ikan yang masih hidup dan jenis ikan apa yang ingin disantap yang nantinya akan diolah langsung oleh koki handal di rumah makan tersebut. Dari segi harga, menu yang ditawarkan tidak terlalu mahal dan cocok untuk menjadi tempat untuk menikmati makan siang bersama keluarga maupun rekan kerja.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.27, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

Kota Sibolga merupakan kota yang terletak di pesisir Sumatera Utara. Jadi, tidak heran jika di sepanjang jalan banyak sekali ditemukan tempat makan yang menawarkan olahan laut. Rekomendasi tempat makan di atas bisa menjadi referensi untuk mencicipi kuliner khas saat berkunjung ke Kota Sibolga.