Sumatra Barat

10 Restoran & Tempat Makan di Solok yang Paling Enak

Solok terkenal dengan beragam kulinernya yang lezat menggugah selera. Inilah daftar restoran dan tempat makan terbaik di Solok yang paling enak.

Kota Solok di Sumatra Barat sudah lama menjadi destinasi wisata alam dan kuliner bagi wisatawan. Pilihan wisata kulinernya meliputi palai, pangek sasau, ampiang dadiah dan gulai ayam hitam. Selain itu masih banyak lagi pilihan kuliner yang tak kalah menggoda lidah untuk disantap. Ada banyak tempat makan yang menyajikan menu kuliner khas Kota Solok.

Masing-masing menghadirkan nuansa yang berbeda dengan sajian yang menarik. Selain menarik, menu yang ditawarkan juga banyak dan enak. Tak jarang pengunjung memesan lebih dari satu porsi untuk memenuhi hasrat wisata kulinernya. Hal menarik saat berwisata kuliner adalah, sebagian besar wisatawan memilih restoran dengan kriteria tertentu untuk melengkapi kepuasan.

Kriteria tersebut meliputi kebersihan tempat, pelayanan terbaik, fasilitas penunjang serta kelezatan makanan. Uniknya,kriteria kelezatan makan menjadi hal utama. Berikut daftar restoran dan tempat makan favorit di Solok yang bisa menjadi referensi kulineran Anda.

1. Rumah Makan Kalio Baluik

Kalio dan Palai Baluik

Image Credit: Rumah-makan-kalio-baluik.business.site

Rumah makan yang menghadirkan makanan khas Solok ini berdiri sejak tahun 1998. Menu utamanya kalio baluik atau gulai kental dengan bahan dasar belut. Untuk menambah sedap makanan biasanya diberi campuran daun mangkuk atau daun kasambi. Rempah-rempah yang digunakan sangat banyak dan beragam.

Rumah Makan Kalio Baluik buka dari jam 09.00 – 21.00 WIB. Berada di tempat yang cukup strategis dan gampang dijangkau wisatawan. Tempatnya cukup besar, nyaman, sejuk dan senantiasa dijaga kebersihannya. Selain itu lahan parkirnya tidak terlalu sempit, sehingga cukup untuk beberapa kendaraan.

Tak kalah penting adalah pelayanan yang ramah dan baik selalu ditunjukkan untuk memberikan kepuasan pada pengunjung yang datang. Rumah makan ini cocok dikunjungi saat makan siang dengan menu andalan yaitu kalio baluik. Bisa juga dikunjungi di saat sarapan atau makan malam.

Lokasi: Jl. Raya Solok-Padang, Koto Baru, Kec. Kubung, Kota Solok.

2. Lapau Nasi Bunga Raya

Lapau Nasi Bunga Raya

Image Credit: Google Maps (Auto Samba)

Rumah makan ini lain daripada yang lain. Mulai dibuka dari jam 15.00 WIB sampai 23.00 WIB. Tempat ini berdiri sejak tahun 2014 dan sekarang masih ramai pengunjung. Meskipun buka sore hari, tapi pengunjung selalu menantikan sambal dan nasi yang masih segar saat sore tiba. Makanan di rumah makan ini terkenal enak dan nikmat.

BACA JUGA:  8 Tempat Wisata di Kepulauan Mentawai Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempatnya luas dan disediakan banyak meja dan kursi. Tak perlu khawatir dengan tempat parkirnya, karena Lapau Nasi Bunga Raya juga menyediakan tempat parkir yang luas bagi pengunjung.

Diantara menu yang spesial adalah usus dan ikan nila bakar. Namun, ada juga menu bakaran lain yang tak kalah menggoda lidah. Aromanya sangat sedap di hidung dan harganya pas di kantong. Di sana pengunjung akan dilayani dengan ramah dan baik.

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Moh. Yamin Sh, Ps. Pandan Air Mati, Kec. Tanjung Harapan, Kota Solok.

3. D’ Relazion Restaurant

Image Credit: Google Maps (Nesta Enggra)

Jika wisatawan atau pengunjung lain ingin merasakan nuansa berbeda saat berada di Solok, maka D’ Relazion Restaurant bisa jadi jawaban. Menu yang ditawarkan bukan hanya menu khas Solok dan Indonesia secara umum, tetapi juga menu kuliner luar negeri.

Desain tempatnya yang modern berpadu dengan warna yang serasi dan indah membuat restoran ini nyaman untuk dikunjungi. Pengunjung dengan jiwa seni yang tinggi bisa memanfaatkannya untuk mengeksplor keindahan tempat dengan jepretan kamera.

Makanannya sangat enak dan harganya terjangkau. Ada banyak fasilitas yang disediakan bagi pengunjung, diantaranya tempat parkir yang luas, space untuk berfoto, ruang terbuka untuk bermain anak-anak.

Lokasi: Jl. Dr. Hamka, Kampai Tabu Karambia, Kec. Lubuk Sikarah, Kota Solok.

4. Rumah Makan Kayu Aro

Rumah Makan Kayu Aro

Image Credit: Google Maps (Evi Hekasari)

Kayu Aro terletak di pinggir jalan raya yang sangat strategis. Rumah makan ini menyajikan makanan khas minang seperti ikan gulai, ikan asampadeh, gulai tunjang, ikan bakar, sup daging serta ayam gulai. Adapula menu lain yang tidak kalah enak.

Setiap menu yang disajikan hanya dibandrol dengan harga kurang lebih 15,000 rupiah. Menu paling populer yaitu gulai tunjang. Gulai tunjang terbuat dari tunjang atau menurut bahasa sekitar berarti kikil sapi. Teksturnya yang kenyal berpadu dengan kuah gulai yang lezat akan memanjakan lidah pengunjung.

Wisatawan bisa memanfaatkan tempat ini untuk berwisata kuliner dan istirahat sejenak dari perjalanan wisata alam. Tempatnya sangat luas dan bersih bagi pengunjung.

Lokasi: Jl. lintas Solok – Padang, Batang Barus, Kec. Gunung Talang, Kota Solok.

5. Restoran Warna Baru

Restoran Warna Baru

Image Credit: Google Maps (Hadi Prayitno)

Restoran Warna Baru banyak memberikan menu khas Minangkabau dengan harga kurang lebih 2,000 rupiah. Rasanya sudah pasti sangat enak dan aromanya sedap. Setiap menu yang dipesan pasti memuaskan wisata kuliner dari wisatawan.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Sijunjung yang Murah & Enak

Areanya sangat luas, bahkan jika pengunjung menghendaki lesehan dengan area yang lebih luas bisa disiapkan. Pelayanannya juga diberikan dengan baik dan memuaskan. Untuk akses menuju Warna Baru sangat mudah, karena terletak di pinggir jalan raya.

Destinasi wisata yang berdekatan dengan tempat ini adalah Danau Diatas. Pemandangan indah tempat wisata itu bisa dinikmati di Restoran Warna Baru.

Lokasi: Jl. Padang – Alahan Panjang, Kec. Lembah Gumanti, Kota Solok.

6. The Mami House

The Mami House

Image Credit: Google Maps (Mami Hotel & Restaurant)

Kombinasi antara makanan enak dan tempat nyaman ada di The Mami House. Restoran ini menghadirkan desain interior yang indah sehingga menambah nyaman pengunjung. Menu yang disajikan lumayan lengkap dengan harga yang terjangkau. Selain makan, wisatawan juga bisa menginap di tempat yang tidak jauh dari restoran ini.

Fasilitas yang diberikan selain parkiran yang luas juga meeting hall untuk agenda pertemuan atau gathering keluarga dan rekan kerja. Sebuah paket lengkap untuk para wisatawan.

Lokasi: Kp. Jawa, Kec. Tanjung Harapan, Kota Solok.

7. Rumah Makan Pangek Ikan Sasau

Rumah Makan Pangek Ikan Sasau

Image Credit: Google Maps (Kurarider)

Rumah Makan Pangek Ikan Sasau memiliki menu andalan yaitu Ikan Sasau yang merupakan ikan khas dari Danau Singkarak. Makanan ini bercita rasa asam pedas dan terasa lebih segar karena tidak menggunakan santan serta dimasak dengan bumbunya minimalis.

Proses pembuatannya menggunakan campuran yang unik, yaitu cacahan ubi kayu dan nangka. Rasa asamnya berasal dari ceremai bukan asam kandis. Meskipun tanpa santan, tetap kental karena dimasak sangat lama dengan api kecil,

Menu utama ini terasa enak dan empuk karena proses memasaknya yang lama tadi. Pembungkusnya menggunakan daun pisang supaya beraroma wangi, ditambah lagi bau kemangi dan kunyit semakin semerbak.

Lokasi: Danau, Kec.  X Koto Singkarak, Kota Solok.

8. Pondok Salero

Pondok Salero

Image Credit: Google Maps (ahmad budiman)

Rumah Makan Pondok Salero berada di pinggir jalan raya sehingga mudah diakses oleh pengunjung. Wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai rest area disamping untuk berwisata kuliner.

Banyak tempat makan di Solok yang menawarkan menu minang, tak terkecuali tempat ini. Olahan seperti gulai ikan, ikan patin asampadeh, tunjang tersaji dan gulai ayam hadir dengan tampilan yang menggugah selera. Harga yang ditawarkan kurang lebih 15,000 per porsinya.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Sijunjung yang Paling Enak

Selain harga yang terjangkau, tempatnya juga relatif luas dan bersih. Menu paling banyak dicari adalah sambal lado asam, gulai ayam kampung dan gulai tunjang. Terdapat objek wisata yang bisa dijangkau dengan mudah dari tempat ini. Dengan demikian setelah perut kenyang bisa langsung melanjutkan agenda wisata.

Lokasi: Jl. Raya Solok – Padang, Koto Gaek Guguak, Kec. Gunung Talang, Kota Solok.

9. Sobat Coffee and Resto

Sobat Coffee and Resto Solok

Image Credit: google Maps (Riri Novriani)

Tempat makan yang asyik banyak dijumpai di Solok salah satunya di Sobat Coffe and Resto. Buka mulai jam 12.00 WIB hingga jam 23.00 WIB setiap senin hingga minggu. Tempatnya yang dominan kayu, mulai dari meja, kursi dan berbagai pernak-perniknya membuat restoran ini semakin memberikan kesan yang unik.

Tempat yang cocok dikunjungi remaja serta keluarga yang ingin menikmati akhir pekan bersama. Meskipun terlihat minimalis, tapi tempat ini sangat nyaman untuk bersantai dan berbincang dengan anggota keluarga maupun sahabat. Selain itu, cocok juga untuk membicarakan hal penting seperti rapat maupun project-project bersama.

Menu makanannya banyak dan enak. Selain makanan, disediakan pula minuman dingin maupun panas untuk menemani waktu makan para pengunjung di restoran tersebut. Bagi penggemar kopi, ada menu kopi dengan berbagai varian rasa yang bisa dicoba.

Lokasi: Simpang Rumbio, Kec. Lubuk Sikarah, Kota Solok.

10. Ayam Presto Lado Hijau

Ayam Presto Lado Hijau

Image Credit: Facebook.com (Ayam Presto Lado Hijau)

Tempat makan dengan menu utama ayam presto lado hijau ini buka setiap hari mulai jam 09.00 WIB hingga 18.00 WIB. Areanya luas serta pelayanannya juga baik. ditambah lagi ada banyak fasilitas yang tersedia.

Selain ayam presto, tersedia pula olahan lain dengan bumbu khas lado hijau seperti ikan lele lado hijau dan ikan nila lado hijau. Harganya sangat bersahabat, hanya 16,000 rupiah untuk satu porsinya. Lumuran lado hijau ini sangat menggiurkan dan melambai-lambai untuk segera disantap. Rasa lado hijau cocok untuk orang yang tidak begitu suka pedas.

Untuk minumannya terdapat menu spesial yaitu es noni cream yang dijual hanya seharga 12,000 rupiah saja. Rumah makan ini bisa jadi alternatif bagi wisatawan untuk menikmati olahan lain berbumbu lado hijau ketika berkunjung ke Solok. Dijamin wisatawan akan puas dengan rasa lezat yang diberikan.

Lokasi: Jl. Aditia Warman, Nan Balimo, Kec. Tanjung Harapan, Kota Solok.

Itulah beberapa restoran dan tempat makan terbaik di Solok yang terkenal enak dan populer di kalangan wisatawan serta warga sekitar. Beragam olahan dari Solok yang enak, tersaji dalam tampilan menarik dan bumbu yang pas. Tempat makan di atas memberikan pelayanan terbaik untuk memuaskan pengunjung. Fasilitasnya juga lengkap, tempatnya nyaman dan senantiasa dijaga kebersihannya.