10 Restoran & Tempat Makan di Tanggamus yang Paling Enak

10 Restoran & Tempat Makan di Tanggamus yang Paling Enak

Tanggamus memiliki banyak restoran dan tempat makan untuk menikmati kuliner yang menggugah selera. Tidak hanya makanan tradisional, menu makanan kekinian pun turut disajikan.

Tanggamus adalah salah satu kabupaten yang berada di Lampung. Wilayah tersebut terkenal karena kaya akan budaya dan keseniannya. Masyarakat Tanggamus sangat menjaga warisan seni budaya dari leluhur tersebut agar tetap lestari dan bisa diketahui oleh anak cucu. Keindahan alam Tanggamus sangatlah lengkap. Mulai dari pantai hingga gunung dapat ditelusuri untuk memanjakan mata. Nama Tanggamus berasal dari nama gunung yaitu Gunung Tanggamus yang berada di wilayah ini dan kini dijadikan destinasi wisata.

Tidak hanya mengagumi keindahan alamnya, para wisatawan juga bisa menikmati kuliner lezat di Tanggamus ini. Beragam kuliner bisa ditemukan di tempat makan yang ada di wilayah ini. Kabupaten Tanggamus letaknya berdekatan langsung dengan Teluk Semangka, hal tersebutlah yang membuat ragam kulinernya semakin bervariasi. Berikut daftar restoran dan tempat makan favorit di Tanggamus yang menarik Anda kunjungi.

1. Rumah Makan Sego Lestari

Sego Lestari Pantai Terbaya
Image Credit: Google Maps (ozy qirbhy)

Rumah makan ini letaknya di pinggir pantai sehingga menjadi ciri khas unik tersendiri dibanding rumah makan lainnya. Hidangan yang tersediapun beragam mulai dari ikan simba, lele, mas, selar, udang goreng tepung, udang saos pedas, sate kambing, gulai ayam kampung, gulai tunjang kikil, dan menu lainnya.

Selain hidangan utama yang menggoda, sambal rumah makan ini sangat unik yaitu Sambal Matah Pete Teri Medan. Gabungan pete, teri medan, potongan cabai rawit hijau dan merah dicampur menjadi satu hingga menjadi sambal matah pedas yang segar. Sambal ini paling pas disantap dengan ikan dan nasi hangat.

Rumah makan Sego Lestari ini terletak di Terbaya, kabupaten Tanggamus. Letaknya yang di tepi pantai membuat tempat ini menjadi incaran wisatawan khususnya yang berkunjung ke pantai. Menyantap hidangan lezat restoran ini dengan pemandangan pantai secara langsung akan menambah selera makan para pengunjung.

Lokasi: Jl. Ir. Haji Juanda No.pantai, Terbaya, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus.

2. Sarang Seafood

Sarang Seafood
Image Credit: Google Maps (Fabianus Wiradi)

Sesuai dengan namanya, rumah maka ini menyediakan berbagai macam hidangan seafood. Olahan seafood yang bermacam-macam akan memuaskan lapar siapa saja yang berkunjung. Menu andalan di tempat ini yaitu cumi goreng tepung, cumi asam manis, ikan bakar serta sambal pedasnya yang sering kali membuat ketagihan.

Selain olahan makanan laut, rumah makan ini juga menyediakan bebek goreng, ayam bakar, ayam goreng, ikan lele serta menu sayuran sebagai pelengkap. Rumah makan yang terletak di Terbaya, Kota Agung – kabupaten Tanggamus selalu ramai pengunjung sebab harganya terjangkau dan isi setiap hidangan cukup banyak.

Rumah makan ini buka 24 jam, jadi bisa menikmati hidangan di sini setiap saat. Ada baiknya berkunjung ketika malam karena bisa menimati makanan selagi hangat dan saat udara cukup dingin. Namun jangan datang terlalu larut agar tidak kehabisan makanan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.123, Terbaya, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus.

3. Rumah Makan Saung Kuring

Rumah Makan Saung Kuring
Image Credit: Google Maps (Riskon Patria)

Bersantai bersaama keluarga sambil menikmati makan siang paling tepat jika dihabiskan di Saung Kuring. Seperti namanya, pengunjung dapat menikmati hidangannya di saung-saung yang berdiri kokoh di kawasan rumah makan ini. Tak perlu khawatir kehabisan tempat, karena saung yang disediakan cukup banyak sehingga mampu menampung beberapa rombongan sekaligus.

Menu yang ditawarkan juga beragam, mulai dari ikan bakar, lalapan cah kangkung, sop gurami dan berbagai es yang menyegarkan. Suasana asri dan nyaman bak di desa pribadi membuat rumah makan ini menjadi tujuan para wisatawan yang menginginkan ketenangan saat makan. Rumah Makan Saung Kuring berada di Gisting, kabupaten Tanggamus.

Lokasi: Jl. Kota Agung – Balimbing No.8, Banjarmanis, Kec. Gisting, Kab. Tanggamus.

4. Ratu Kuring

Ratu Kuring
Image Credit: Google Maps (Oppa Ogre-Chan)

Restoran ini berada dalam satu kawasan dengan sebuah hotel. Ratu Kuring merupakan salah satu restoran yang berada di Gisting, kabupaten Tanggamus. Tempatnya yang nyaman dan bersih menjadikan tempat ini sebagai pilihan pengunjung untuk menikmati santapan saat jam makan dengan leluasa.

Makanan yang dihidangkan cukup beragam mulai dari berbagai olahan ikan seperti gurame, ikan mas, ikan nila, ayam bakar, tahu tempe goreng, serta berbagai olahan sayur yang tak kalah lezat. Restoran yang didominasi dengan bambu dan lesehan ini memberikan suasana nyaman nan asri karena ada beberapa tumbuhan hijau sehingga pengunjung bisa menikmati hidangan dengan nuansa desa.

Lokasi: Jl. Raya Gisting, Banjarmanis, Kec. Gisting, Kab. Tanggamus.

5. Ayam Bakar Mas Pendek

Ayam Bakar Mas Pendek
Image Credit: Cookpad.com

Rumah makan ini menjadi tempat favorit bagi penggemar santapan yang prosesnya dibakar. Menu ayam kampung bakar adalah hidangan andalan di rumah makan ini. Bumbunya yang meresap pada daging ayam bisa menimbulkan rasa pedas, manis dan gurih ketika disantap.

Ayam Bakar Mas Pendek tidak hanya menyediakan menu ayam bakar saja, namun juga menghidangkan menu lain seperti bebek bakar, semur basur, ikan mas, pecel lele, tempe penyet serta sayur asem. Rumah makan yang terletak di Campang, kabupaten Tanggamus ini memiliki area parkir cukup luas dan tempat makan yang cukup bersih sehingga memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Lokasi: Campang, Kec. Gisting, Kab. Tanggamus.

6. Bakso Sony Gisting

Bakso Sony Gisting
Image Credit: Google Maps (Farel Ardiansyah)

Puas berjalan-jalan di Tanggamus paling pas menikmati bakso dengan kuahnya yang segar. Salah satu tempat makan bakso lezat yang patut dicoba yaitu Bakso Sony Ginting. Adapun menu special di tempat ini yaitu Bakso Iga Sapi. Potongan iga sapi dalam bakso daging disajikan dengan ukuran yang lumayan besar.

Selain Bakso Iga Sapi, tersedia pula bakso daging, bakso ikan, sop buah, aneka jus dan teh. Uniknya sop buah di tempat ini bisa ditambah dengan durian sehingga menciptakan cita rasa yang bervariasi. Oleh karena itu, menu tersebut wajib dipesan sebagai santapan segar setelah memakan bakso atau mie ayam.

Bakso Sony Ginting ini terletak di Gisting Bawah, kabupaten Tanggamus. Selain itu, bakso ini memiliki banyak cabang yang tersebar hingga ke seluruh pelosok Lampung. Maka tak heran jika sering menemukan tempat makan ini dimana-mana.

Lokasi: Jl. Kota Agung – Balimbing No.16, Gisting Bawah, Kec. Gisting, Kab. Tanggamus.

7. Warkop Sakti Cafe

Warkop Sakti Cafe
Image Credit: Google Maps (Warkop Sakti)

Meskipun bernama warkop namun tempat ini lebih mirip dengan cafe. Cafe ini mempunyai interior yang cantik dan sangat tepat dijadikan spot berfoto. Tempat dan suasananya juga nyaman sehingga cocok dijadikan tempat untuk berkumpul bersama kerabat.

Selain tempat yang bagus dan trendy, menu makanan di tempat ini juga bisa memanjakan lidah para pengunjungnya. Menu yang disajikan beragam mulai dari makanan berat hingga camilan seperti nasi goreng, seblak, siomay, jamur crispy dan hidangan lainnya. Warkop Sakti ini berada samping jalan raya yang strategis yaitu di Gisting, kabupaten Tanggamus.

Lokasi: Jl. Raya Gisting No.blok 12, Lanbauw, Kec. Gisting, Kab. Tanggamus.

8. Rumah Makan Satiyem

Rumah Makan Satiyem
Image Credit: Google Maps (Akun Rino)

Sempatkan singgah ke Rumah Makan Satiyem ketika berada di kawasan Tanggamus. Rumah makan yang berada di Gisting Atas, kecamatan Gisting menyajikan berbagai menu masakan rumahan yang super lezat.

Pecel ayam kecap merupakan menu andalan rumah makan ini. Bumbu pecel yang khas membuat para pengunjung rela kembali untuk menikmatinya. Selain pecel ayam bakar ada juga pecel sayur, ayam bakar, gulai ikan mas, rendang jengkol, pepes ikan dan sajian lainnya.

Rumah Makan Satiyem ini sudah berdiri puluhan tahun yang lalu, maka tak heran jika tempat ini memiliki banyak penggemar. Tidak hanya itu, menu makanan di rumah makan ini dibanderol dengan harga yang ramah di kantong sehingga semua kalangan bisa menikmati lezatnya makanan di Rumah Makan Satiyem.

Lokasi: Jl. Raya Gisting Atas No.Blok 9, Lanbauw, Kec. Gisting, Kab. Tanggamus.

9. Lesehan Pak Cik

Lesehan Pak Cik
Image Credit: Google Maps (Rian Car Wash)

Rumah makan di Tanggamus yang patut dikunjungi berikutnya yaitu Lesehan Pak Cik. Rumah makan ini menyediakan berbagai menu khas rumahan sehingga mengingatkan masakan ibu. Uniknya menu yang disajikan tempat ini masih segar karena bahan masakan dibeli atau diganti setiap hari.

Menu favorit di tempat ini yaitu Sop Ikan Marlin dengan kuah dan ikan yang menyegarkan. Selain Sop Ikan Marlin, ada juga kwetiaw, udang dan cumi asam manis, ayam bakar, bebek bakar dan aneka olahan sayur yang menggugah nafsu makan. Lokasi rumah makan ini berada di tengah kota tepatnya di Pasar Madang, Kota Agung kabupaten Tanggamus.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda, Ps. Madang, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus.

10. Rumah Makan Pondok Bambu

Rumah Makan Pondok Bambu
Image Credit: Google Maps (EB Sulistio)

Rumah makan yang terletak di Kota Agung, kabupaten Tanggamus ini menyediakan berbagai olahan seperti seafood, ayam dan sayuran segar. Selain itu, tersedia pula kopi Lampung yang patut dipesan ketika ke sini. Menu andalan di rumah makan ini yaitu sop ikan nibung atau ikan marlin. Empuknya daging ikan nibung, irisan tomat dan kuah ikan yang segar sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat.

Selain olahan sup ikan, tersedia pula ikan bakar, ayam bakar serta beberapa olahan menu sayuran lain yang tak kalah menggoda. Sebut saja sayur asem, sop ayam dan sayur lodeh. Bertandang ke kabupaten Tanggamus kurang lengkap jika tak mampir kesini, sebab rumah makan ini memiliki suasana rindang dan asri sehingga dapat membuat para pengunjungnya merasa menikmati hidangan rumahan.

Lokasi: Kuripan, Kec. Kota Agung, Kab. Tanggamus.

Itulah kesepuluh restoran dan tempat makan yang ada di Tanggamus, Lampung. Beberapa tempat yang telah disebutkan di atas dapat dijadikan referensi untuk mengisi perut saat jam makan atau hanya sekadar icip-icip dan beristirahat menghilangkan lelah. Maka catat dan masukkan dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di kabupaten Tanggamus.