Kepulauan Riau

10 Restoran & Tempat Makan di Tanjung Pinang yang Paling Enak

Inilah Rekomendasi Tempat Makan dan Restoran Terbaik di Tanjung Pinang. Makanan khas yang berbaur dengan segala macam budaya menjadi andalan kota Tanjung Pinang.

Kepulauan Riau merupakan tempat liburan yang wajib Anda kunjungi saat ingin menghabiskan waktu bersama keluarga. Karena di sana terdapat banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Keindahan yang sangat memukau juga bisa Anda temukan di Kepulauan Riau, terutama di Tanjung Pinang.

Selain memiliki tempat wisata yang begitu berkesan dengan panorama alam yang mempesona, Tanjung Pinang juga merupakan sebuah tempat yang memiliki ratusan bahkan ribuan orang yang berasal dari mana-mana. Sehingga di sana mudah untuk memperoleh sebuah budaya yang bercampur menjadi suatu keanekaragaman yang begitu indah, terutama masakan-masakan yang khas.

Aneka kuliner yang telah bercampur dari berbagai budaya merupakan sebuah andalan yang ada di Tanjung Pinang. Banyaknya variasi makanan yang khas terdapat di kota industri tersebut. Setiap restoran atau rumah makan yang berdiri memiliki kuliner yang menjadi andalan mereka. Berikut daftar tempat makan terbaik di Tanjung Pinang yang wajib untuk disinggahi.

1. Nasi Lemak Gesek

Nasi Lemak Gesek

Image Credit: Instagram.com @jessieying_chavenshopjkt

Nasi Lemak merupakan makanan yang sangat kental dengan budaya Melayu. Banyaknya warga Melayu di Kepulauan Riau yang bermukim di sini, membuat makanan satu ini sangat mudah untuk dijumpai khususnya di Tanjung Pinang.

Nasi Lemak yang paling populer di Ibu Kota Kepulauan Riau ini berlokasi di Jalan Gesek yakni Nasi Lemak Gesek. Rasanya yang sangat khas dengan Melayunya membuat warung makan ini banyak sekali pengunjungnya baik itu orang setempat maupun para pelancong yang ingin mengisi perut mereka.

Selain itu, rumah makan yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun ini memiliki banyak sekali varian nasi lemak yang dapat Anda pesan, antara lain ikan, ayam, dan paling banyak diminati adalah otak-otaknya dengan campuran cumi-cumi dan daging ikan.

Lokasi: Jl. Gesek km 21, Bintan, Kota Tanjung Pinang.

2. Akau Potong Lembu

Akau Potong Lembu

Image Credit: Getlost.id

Tanjung Pinang merupakan surganya kuliner yang sangat melimpah. Bila Anda sedang ingin berbagai macam hidangan khas melayu, makanan Cina, serta nusantara, coba kunjungilah Akau Potong Lembu.

Terutama bagi Anda yang gemar sekali traveling pada malam hari, tempat ini sangat cocok. Karena semakin malam, akan semakin banyak orang yang menjajahkan makanan-makanan yang sanggat menggoyang lidah.

Berada di Jalan Kamboja, berbagai macam toko kuliner akan siap memanjakan perut Anda. Mulai seafood yang paling terkenal hingga Chinese Food-nya yang sangat menggiurkan telah berjajar di sepanjang jalan.

BACA JUGA:  13 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Potong Lembu, Kemboja, Akau, Kec. Tanjung Pinang Barat, Kota Tanjung Pinang.

3. Restoran Bumi Maitri

Restoran Bumi Maitri

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Salah satu restoran yang terdapat di Tanjung Pinang yang menyediakan berbagai macam masakan sehat adalah Restoran Bumi Maitri. Khususnya bagi seorang vegetarian, tempat makan ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Karena semua bahan masakan terbuat dari sayur-sayuran yang sangat menyehatkan.

Restoran Bumi Maitri merupakan salah satu tempat makan yang memiliki tatanan yang sangat rapi. Anda juga dapat mengambil makannya secara prasmanan. Meskipun restoran ini berkonsep Negeri Tirai Bambu, bagi yang beragama Muslim jangan khawatir, karena kudapan di sini halal.

Lokasi: Jl. Ir. Sutami, No.168, Tanjung Pinang Timur, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang.

4. Restoran Ria-Ria

Restoran Ria-Ria

Image Credit: Batam.tribunnews.com

Bila Anda alergi dengan masakan laut, mungkin Restoran Ria-Ria menjadi pilihan yang bagus untuk dicoba. Rumah makan ini memiliki masakan yang sangat khas, yakni ayam rica-ricanya yang begitu menggoda lidah.

Yang paling menarik pada Restoran Ria-Ria adalah tempatnya yang begitu asri dengan konsep pedesaan bumi parahyangan. Sehingga untuk para pengunjung yang datang ke tempat ini, pastinya akan merasakan kenyamanan yang begitu kental dengan adat Sunda.

Lokasi: Kemboja, Kec. Tanjung Pinang Barat, Kota Tanjung Pinang.

5. Rumah Makan Mie Tarempa

Rumah Makan Mie Tarempa

Image Credit: Kompas.com

Tanjung Pinang memiliki sebuah makanan yang sangat khas, yaitu Mie Tarempa. Sebagai daerah surganya seafood, Rumah Makan Mie Tarempa menyediakan mie yang mengandalkan ikan tongkol sebagai campurannya.

Selain itu, Rumah Makan Mie Tarempa menyediakan 3 jenis pilihan yang dapat Anda makan atau bawa pulang, yakni mie kuah, kering, dan sedikit berkuah. Kebanyakan para pengunjung di warung ini sering memesan mie dengan tingkat kepedasan yang super, namun bagi Anda yang tidak gemar pedas, cukup pesan dengan acar cabai hijau yang terpisah.

Bila tertarik dengan kuliner satu ini, Anda cukup datang ke Jalan Panjaitan tepatnya di KM 7 untuk menemukan rumah makan ini. Pastinya harganya sangat bersahabat dengan kantong para pengunjung dengan rasa yang menggoyang lidah.

Lokasi: Jl. D.I Panjaitan KM.7, Melayu Kota Piring, Kec. Tanjung Pinang Timur, Kota Tanjung Pinang.

6. Laluna Tarempa

Laluna Tarempa

Image Credit: Maps.google.com @mardi saintz

Restoran dan cafe Laluna Tarempa merupakan sebuah tempat yang pas untuk Anda yang sedang berlibur dan ingin mengisi perut. Menu utama di restoran ini adalah ikan asapnya yang menggugah selera. Salah satunya yaitu ikan asap cabe garam adalah sebuah ikan tongkol asap yang sudah ditumbuk dan ditaburi cabai hijau yang segar dan pedas.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Natuna Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Selain itu, Anda juga dapat mencoba asapan tongkol ini dengan jenis sambal dabu-dabu yang sangat segar. Rasa dari kedua masakan ini tidak jauh berbeda dengan cabai hijaunya, namun sangat khas dengan rasa serainya.

Pastinya kedua jenis kuliner tersebut sangat menggugah selera makan Anda terutama di siang hari. Selain ikan asap yang menjadi andalan dari restoran ini, masih ada banyak pilihan makanan lainnya yang bisa Anda pilih bersama keluarga, seperti bakso, lempa, nasi pulut kuning, dan sebagainya.

Harga dari hidangan-hidangan yang tersaji di Laluna Tarempa sangatlah terjangkau. Bahkan pada siang atau sore hari, banyaknya orang yang mampir ke tempat ini untuk menyantap makan siang mereka baik itu karyawan kantoran maupun pelajar berseragam. Selain murah, rasanya juga pas dengan lidah orang Indonesia.

Lokasi: Ruko Lavinca, Jl. Tengku Sulung No.1, Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam.

7. Mie Lendir Pak Soemardi

Mie Lendir Pak Soemardi

Image Credit: Pinangpaleo.com

Belum sah kalau liburan atau jalan-jalan Anda ke Tanjung Pinang bila tidak mampir ke Mie Lendir Pak Soeamdi yang berada di Jalan Bintan. Pasalnya warung makan ini sudah ada sejak tahun 1986. Terkenalnya mie lendir yang ada di sini adalah resep yang sudah turun temurun dan super nikmat.

Alasan lain mengapa rumah makan ini banyak dikunjungi selain rasanya yang sangat enak adalah tempat yang strategis dari Pelabuhan Sri Bintan Pura. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencari warung mie ini. Pastinya mudah ditemukan karena berlokasi dengan salah satu jalan yang memiliki toko berjajar di sepanjang bahu jalan.

Akan tetapi, untuk menyantap mie lendir yang khas dari Tanjung Pinang ini datanglah pagi-pagi sekitar pukul 6 hingga 12 siang. Sebab tempat ini sudah kehabisan stok di siang hari.

Mie Lendir Pak Soemardi merupakan satu-satunya warung kudapan berbahan dasar mie dengan campuran rempah-rempah yang begitu menggoda.

Kuahnya yang begitu kendal dengan campuran gula merah dan saus kacang akan menambah selera Anda. Porsi yang sangat pas dan harga yang bersahabat menjadi nilai tambah dari tempat makan satu ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Bintan, Kec. Tanjung Pinang Kota, Kota Tanjung Pinang.

8. Restoran Surya Indah

Restoran Surya Indah

Image Credit: Foursquare.com @kaleb n.

Seafood merupakan kuliner yang banyak ditemui di Kepulauan Riau, terutama di Tanjung Pinang. Salah satu restoran yang terkenal adalah Surya Indah. Tempat ini menyediakan berbagai macam masakan laut yang sangat nikmat tentunya.

Selain seafood yang sangat enak, yang menjadi perhatian dari tempat makan ini adalah lokasinya yang berada dekat dengan Sungai Sei menjadi sebuah nilai tambah yang memperlihatkan panorama alamnya yang begitu mempesona.

Sotong asam adalah menu rahasia dari tempat ini. Gurih yang berpadu dengan kerenyahan dari sotong menjadi kunci dari kudapan ini. Selain itu terdapat banyak sekali menu yang dapat Anda pilih. Bahan-bahan yang digunakan juga masih segar, bahkan harus menangkapnya terlebih dahulu dari kolam ikannya.

Lokasi: Jl. Sei Jang Laut No.5, Tanjung Ayun Sakti, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang.

9. Sei Enam

Sei Enam

Image Credit: Burpple.com

Salah satu restoran yang sudah berdiri lebih dari 30 di Tanjung Pinang adalah Sei Enam. Lamanya tempat makan tersebut berdiri merupakan sebuah bukti kalau tempat ini sangat layak dan wajib untuk dikunjungi.

Berbagai macam olahan seafood dapat Anda temukan di sini. Selain itu pemandangan dari Sungai Sei akan menambah kenikmatan saat menyantap makanan di tempat ini. Menariknya lagi, Restoran Sei Enam memiliki jenis pilihan masakan nusantara dan Cina.

Lokasi: Jl. Usman Harun, Kec. Tanjung Pinang Barat, Kota Tanjung Pinang.

10. Medan Kwang

Medan Kwang

Image Credit: Foursquare.com @aneng c.

Salah satu tempat makan yang harus Anda kunjungi karena mempunyai keunikan dari masakannya adalah Medan Kwang. Meskipun menyandang kota Medan, namun Anda dapat menemui warung ini di Tanjung Pinang.

Menu uniknya yaitu, mie ayam seafoodnya yang begitu memanjakan lidah. Masakan yang berbahan dasar mie tersebut terbuat dari bahan alami dan dibuat oleh sang pemilik restoran ini, Pak Kwang.

Seperti halnya mie pangsit, yang membedakan adalah tambahan dari bermacam-macam seafood menjadi sebuah perpaduan yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain. Selain mie ayam seafood, terdapat pula olahan masakan lain yang berbahan dasar mie, seperti pangsit kuah, kwetiaw, mi poh, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Komp. Srijaya Abadi Blok.G No.4. Samping Lucky Plaza, Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam.

Itulah daftar tempat makan atau restoran terbaik di Tanjung Pinang yang sangat terkenal karena cita rasanya yang begitu menggoda. Saat Anda sedang berlibur ke Kepulauan Riau, sangat disarankan untuk segera mengisi perut di tempat-tempat tersebut.