Sumatra Utara

10 Restoran & Tempat Makan di Tebing Tinggi yang Paling Enak

Tebing Tinggi memiliki beragam kuliner yang tentunya dengan keunikan tersendiri. Inilah daftar restoran dan tempat makan di Tebing Tinggi yang menarik dikunjungi untuk merasakan kuliner lezat.

Sumatera Utara memang menyimpan banyak pesona wisata yang tersebar di berbagai daerah, termasuk di Tebing Tinggi. Ketika Anda berwisata di daerah ini, jangan lupa untuk merasakan lezatnya berbagai sajian kuliner yang khas. Walaupun Anda menjumpai makanan yang sama di daerah yang berlainan, cita rasanya pasti berbeda, karena setiap daerah mempunyai teknik pembuatan dan resep masing-masing.

Tempat ini merupakan pilihan yang tepat jika Anda termasuk pecinta kuliner nusantara. Sebab, di Tebing Tinggi tersedia berbagai makanan yang belum tentu ada di daerah lain di Indonesia. Apabila ada, pastilah terdapat perbedaan pada beberapa aspek. Di samping Anda bisa merasakan aneka masakan nusantara, wisata kuliner juga bisa menambah wawasan tentang jenis-jenis masakan di berbagai daerah.

Kini terdapat beberapa rumah makan yang eksis di kalangan anak muda dan memiliki sejarah tersendiri, sehingga bisa terus melegenda sampai sekarang. Anda dapat mencoba ragam kuliner, baik di rumah makan yang masih sederhana ataupun yang sudah menggunakan konsep restoran modern di Tebing Tinggi.

1. Rumah Makan Khas Batak Ale Alenta

Rumah Makan Khas Batak Ale Alenta

Image Credit: Instagram.com @robin_kartolo

Seperti dengan nama rumah makan ini, menu yang disajikan yaitu berbagai jenis masakan khas dari suku Batak. Berbagai sajian kuliner yang ada memiliki cita rasa khas. Selain makanan, di sini juga tersedia aneka minuman. Anda bisa memesan minuman dingin maupun panas, sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda ingin minum minuman softdrink, di sini juga sudah tersedia.

Pihak rumah makan tidak hanya memperhatikan menu yang disajikan kepada para pengunjung. Di samping itu, mereka juga selalu memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan. Hal tersebut penting dilakukan supaya pelanggan merasa puas, sehingga bisa kembali mengunjunginya atau mungkin menyarankan kepada teman untuk berkunjung di sini.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Lubuk Raya, Kec. Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi.

2. Mie Rebus Bang Tambi

Mie Rebus Bang Tambi

Image Credit: Facebook.com @riama.sitanggang.7

Tempat makan yang satu ini merupakan tempat yang melegenda, karena sudah ada sejak sekitar 45 tahun yang lalu. Menu yang disajikan di sini yaitu mie rebus, yang oleh warga setempat dikenal dengan nama mie keling. Sebutan ini disematkan karena resep yang digunakan untuk memasak menggunakan resep dari orang keturunan India dan selalu turun-temurun.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Labuhanbatu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Rumah makan ini bahkan juga menggunakan pelayan yang masih keturunan India. Sajian mie rebus di sini dihidangkan ketika masih hangat dan rasanya begitu gurih. Kuah dari mie rebus memiliki tekstur yang kental dan warna yang agak kecokelatan. Kuah yang digunakan diberi bumbu dan dilengkapi dengan kulit dan kepala udang. Daging udang dijadikan topping mie rebus.

Lokasi: Jl. M.H. Thamrin No.125y, Bandar Sono, Kec. Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi.

3. Pondok Bakso Mataram

Pondok Bakso Mataram

Image Credit: Instagram.com @fadillah_hanum93

Sajian bakso memang sangat mudah Anda jumpai baik di daerah pedalaman maupun kota-kota besar, mulai dari yang berukuran sangat kecil hingga yang khusus dibuat dengan ukuran yang sangat besar. Pondok bakso mataram ini menyajikan berbagai jenis bakso yang bisa Anda cicipi. Selain bakso, pondok makan ini juga menyajikan aneka seafood seperti ikan, cumi, dan lainnya.

Nama dari setiap menunya pun cukup unik, yaitu bakso semar mendem, bakso petruk, bakso bagong, bahkan ada juga bakso yang dibuat sate. Selain menu makanan, di sini juga tersedia minuman. Di sini, terong belanda bahkan juga dibuat jus. Anda bisa mencobanya ketika Anda berkunjung di sini. Pondok makan ini buka sejak pukul 11.00 siang dan tutup pukul 22.00 malam.

Lokasi: Jl. Prof. Doktor Hamka, No.7, Bajenis, Durian, Kec. Tebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi.

4. Pondok Bagelen

Pundok Bagelan

Image Credit: Google Maps (Ira Silalahi)

Pondok Bagelen dikenal dengan sajian kuliner ikan bakarnya yang lezat dan memiliki cita rasa yang sangat khas. Rasa khas tersebut tercipta dari olahan bumbu yang diaplikasikan pada ikan sebelum dibakar. Anda pasti ingin kembali merasakan ikan bakar tersebut setelah Anda sekali mencobanya. Bahkan, Presiden Indonesia yang ke-6 juga pernah menikmati sajian ikan bakar ini.

Terdapat berbagai jenis ikan yang diolah menjadi ikan bakar. Sehingga harganya pun juga beragam, bergantung pada jenis ikan beserta ukurannya. Pemilik pondok bagelen ini memiliki resep rahasia dengan bumbu yang dibuat khusus, sehingga sensasi sajian menu ini tidak akan Anda rasakan ketika Anda merasakan menu ikan bakar di restoran lain atau di daerah yang lain.

Lokasi: Jl. Deblod Sundoro No.21, Rambung, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

5. Restoran Iga-Iga Bakso

Restoran Iga-Iga Bakso

Image Credit: Google Maps (Akhmad Fahmi Ridwan)

Restoran ini menawarkan menu iga yang diolah menjadi bakso. Selain diolah menjadi bakso, iga tersebut juga dibuat sajian menu yang lain, misalnya iga penyet. Walaupun demikian, Anda juga tetap bisa memesan menu lain selain iga, yaitu ayam penyet maupun bebek penyet. Restoran iga-iga bakso ini lokasinya berhadapan dengan pusat perbelanjaan besar, yaitu Ramayana.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Mandailing Natal yang Paling Populer

Jika Anda termasuk orang yang menyukai makanan pedas, restoran ini sangat cocok untuk Anda coba. Berbagai sajian menu di tempat ini terkenal dengan sambal yang pedasnya sangat nikmat. Apabila Anda berwisata bersama rombongan keluarga atau kolega, tempat ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena kapasitas ruangan dan desainnya mencukupi untuk beberapa orang.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Tanjung Marulak Hilir, Kec. Rambutan, Kota Tebing Tinggi.

6. Warung Bebek Pawito

Warung Bebek Pawito

Image Credit: Google Maps (Ayu Lesiana)

Warung bebek pawito letaknya berseberangan dengan Rumah Sakit Umum yang ada di Kumpulan Pane. Sesuai dengan namanya, warung makan ini memang menjadikan bebek sebagai menu andalan. Anda bisa mencoba bebek goreng dengan cabe ijo dilengkapi dengan jus terong belanda. Sajian tersebut sangat nikmat disantap bersama nasi putih yang masih hangat.

Bagi Anda yang berencana datang di warung bebek pawito ini, Anda juga bisa melakukan reservasi terlebih dahulu. Jika Anda membawa kendaraan sendiri, baik roda dua maupun roda empat, Anda tak perlu khawatir, sebab di sini tersedia lahan parkir yang cukup luas. Kapasitas ruangan di warung ini juga lumayan, sehingga bisa digunakan untuk acara/perkumpulan tertentu.

Lokasi: Bandar Utama, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

7. Restoran India

Restoran India

Image Credit: Facebook.com @mis bakti

Anda pasti sudah bisa mengetahui menu yang disajikan di restoran ini hanya dengan mengetahui namanya. Restoran ini memang menyajikan beragam masakan India, dan yang paling menjadi sajian favorit pelanggan tidak lain adalah martabak mesir. Selain martabak mesir, di sini Anda juga bisa memesan menu lain, yaitu roti cane atau aneka seafood yang tentunya tak kalah sedap.

Di samping menu tersebut, di sini juga menyajikan kopi susu yang cukup unik. Keunikan ini terletak pada campuran susu yang digunakan. Jika biasanya susu yang digunakan menggunakan olahan susu sapi, sajian kopi susu di restoran ini justru menggunakan susu yang berasal dari kambing. Bagi Anda pecinta minuman kopi, Anda harus mencoba sajian kopi susu yang satu ini.

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani No.46, Pasar Baru, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

8. Rumah Makan BPK Dalinta Jumpa

Rumah Makan BPK Dalinta Jumpa

Image Credit: Instagram.com @herryswu

BPK merupakan kependekan dari Babi Panggang Karo. Karena menunya yang demikian, maka tidak semua orang bisa berkunjung di tempat ini. Walaupun demikian, rumah makan ini tidak pernah sepi dari pengunjung, terutama di siang hari. Sehingga jika Anda ingin mencoba untuk merasakan sajian menu di rumah makan ini bisa sedikit bersabar dan rela untuk mengantri.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tapanuli Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tidak semua daerah di Indonesia memiliki sajian olahan daging babi seperti ini, melainkan hanya di tempat-tempat tertentu. Berhubung Anda sedang berada di kawasan Tebing Tinggi, Anda bisa sembari menikmati sajian menu yang khas dari rumah makan BPK Dalinta Jumpa. Ramai pengunjung di siang hari menunjukkan bahwa menu makanan di sini cocok disantap di siang hari.

Lokasi: Jl. Medan-Pematang Siantar No.12, Lubuk Raya, Kec. Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi.

9. Experience Cafe and Resto

Experience Coffee and Resto

Image Credit: Instagram.com @baimovic14

Tempat makan ini merupakan resto sekaligus kafe, sehingga suasana yang ada di tempat ini cukup santai. Desain bangunan yang diaplikasikan yaitu menggunakan gaya khas coffe shop. Sedangkan bagian interiornya didekorasi menggunakan kayu yang nampak klasik dan cukup etnik. Pada bagian dindingnya diberikan hiasan berupa gitar yang diletakkan langsung di dinding.

Salah satu menu yang menjadi favorit pelanggan yaitu ayam lada hitam. Untuk harga dari setiap menu di kafe ini cukup terjangkau. Experience Cafe and Resto dibuka setiap hari pada jam 10.00 pagi dan tutup pada jam 12 malam. Tempat makan ini sangat terkenal di kalangan anak muda, sebab desain bangunan yang diterapkan memang sangat membuat nyaman untuk nongkrong.

Lokasi: Jl. Prof. H.M Yamin, Tanjung Marulak Hilir, Kec. Rambutan, Kota Tebing Tinggi.

10. Rumah Vegge

Rumah Vegge

Image Credit: Instagram.com @rumah_vegge

Nama “Vegge” pada rumah makan ini merupakan singkatan dari vegetarian food. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian menu yang disajikan berasal dari sayuran. Selain sayuran, di sini juga menyediakan makanan ringan dan olahan daging. Bahan yang digunakan ada dua jenis yaitu buatan sendiri dan buatan pabrik. Rumah makan ini buka setiap hari dari jam 07.00-14.00.

Rumah Vegge menyediakan berbagai pelayanan yang maksimal bagi para pelanggan yang berkunjung. Di tempat ini Anda juga bisa melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum datang untuk menikmati hidangannya. Selain itu, Anda juga bisa memesan catering. Kapasitasnya juga mencukupi jika Anda berwisata bersama rombongan, sehingga tempat ini bisa menjadi pilihan.

Lokasi: Jl. Veteran No.36, Tebing Tinggi Lama, Kec. Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

Berbagai tempat makan dan restoran di Tebing Tinggi bisa Anda pilih untuk sejenak beristirahat setelah Anda mengeksplor tempat wisata yang menarik di kabupaten ini. Menu yang disajikan di setiap rumah makan memiliki rasa yang lezat dan khas, serta bisa menumbuhkan selera makan Anda.