10 Restoran & Tempat Makan di Way Kanan yang Paling Enak

10 Restoran & Tempat Makan di Way Kanan yang Paling Enak

Way Kanan merupakan daerah transit yang menyediakan beragam kuliner yang bikin ketagihan. Inilah rekomendasi tempat makan dan restoran favorit di Way Kanan untuk mencicipi sajian lezat.

Kabupaten Way Kanan menjadi salah satu daerah transit atau persinggahan yang terletak di Provinsi Lampung. Banyaknya pengunjung atau pelancong yang berada di kabupaten ini membuat masyarakat disana berbondong-bondong membuka usaha kuliner. Kuliner yang mereka jual mulai dari kuliner khas Lampung, khas Minang, Khas Jawa, maupun kuliner khas Way Kanan sendiri.

Kuliner yang tersedia di Way Kanan terkenal dengan harganya yang terjangkau dan tidak menguras kantong Anda. Anda dapat dengan mudah melihat berbagai macam kuliner yang berjejer di sepanjang jalan. Mulai dari restoran, rumah makan, kedai, warung, maupun para pedagang kaki lima yang menyediakan banyak ragam kuliner.

Banyaknya kuliner yang tersedia di kabupaten ini, mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya. Sebab itu, menjadi keharusan bagi Anda untuk mengetahui beberapa rekomendasi restoran dan tempat makan di Way Kanan yang paling populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan.

1. Angkringan OI

Angkringan OI
Image Credit: Google Maps (Mr. AFT Moderat)

Tempat makan satu ini terletak di pinggir jalan dan menjadi salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai daerah. Angkringan OI atau angkringan orang Indonesia ini menjadi salah satu favorit di Way Kanan karena menyajikan menu hidangan yang bervariasi. Bagi Anda yang rindu masakan khas Pulau Jawa Anda dapat mengunjungi angkringan satu ini.

Angkringan OI menjual aneka ragam makanan khas Yogyakarta yang dipadukan dengan menu minuman tradisional. Disini Anda dapat menikmati hidangan olahan keong, sate yang terbuat dari hati, olahan usus, ampela, telur puyuh, dan hidangan khas lainnya. anda juga dapat memesan minuman sebagai pelengkap seperti susu jahe merah, wedang jahe, dan minuman lainnya yang menyehatkan.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi angkringan OI, Anda tidak membutuhkan budget yang banyak. Sebab dengan membawa uang Rp. 30.000 Anda sudah dapat mencicipi lezatnya masakan Yogyakarta beserta minumannya. Sebab itu, tempat makan ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki budget terbatas.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Sidoarjo, Kec. Blambangan Umpu, Kab. Way Kanan.

2. Restoran Simpang Setia

Restoran Simpang Setia
Image Credit: Google Maps (marine arir)

Restoran simpang setia merupakan salah satu tempat makan khas padang di Way Kanan yang buka selama 24 jam setiap harinya. Rumah makan ini terkenal akan rasa makanan yang pedas dan kaya akan rempah-rempah seperti halnya masakan padang pada umumnya. Yang menjadi pembeda dengan masakan padang lainnya adalah rasanya yang dapat membuat nagih terus.

Restoran simpang setia menyediakan beberapa menu seperti sop tulang, rendang, udang goreng dengan pelengkap sambal pete, dan lain sebagainya. Anda akan disuguhi banyak menu yang tentunya wajib Anda coba. Di tempat makan ini juga menjual kerupuk kulit yang sangat cocok untuk menemani hidangan Anda.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, Kec. Way Tuba, Kab. Way Kanan.

3. Warung Makan Mbak Sri

Warung Makan Mbak Sri
Image Credit: Google Maps (Anika Daliman)

Warung makan Mbak Sri sangat populer di Kabupaten Way Kanan. Sebab, tempat ini menjual berbagai hidangan dengan rasa yang enak dan sangat ramah dikantong. Bagi pelancong dengan minim budget, warung makan ini cocok dikunjungi untuk menghilangkan rasa lapar. Meskipun hanya sebuah warung, tetapi rasa masakannya sangat nikmat dan membuat Anda ketagihan.

Menu yang paling favorit dan menjadi andalan warung makan Mbak Sri adalah pindang tulang. Hidangan ini merupakan olahan ikan pindang yang disiram dan direndam dengan kuah santan. Warung makan Mbak Sri menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat uang Anda saat berlibur di Way Kanan.

Lokasi: Jl. Lintas Tengah Sumatera, Kec. Way Tuba, Kab. Way Kanan.

4. RM Salero Minang

RM Salero Minang
Image Credit: Google Maps (keizha channel Dika)

Rumah makan salero minang menjadi salah satu tempat makan di Way Kanan yang bisa Anda kunjungi kapanpun saja. Sebab, rumah makan ini buka setiap hari selama 24 jam. Bagi Anda yang suka melakukan perjalanan pada malam hari, rumah makan ini cocok dikunjungi untuk mengisi kekosongan perut Anda.

Rumah makan ini menyediakan fasilitas berupa pesan antar yang dapat semakin mempermudah para konsumen untuk mencicipi hidangannya. Selain itu, rumah makan ini juga menyediakan area parkir yang sangat luas, toilet, dan juga mushola yang bersih. Selain itu, suasana nyaman dan tentram dapat membuat Anda semakin menikmati hidangan yang Anda makan.

Menu andalan rumah makan salero minang yaitu bakso dengan kuah kaldunya yang yang sangat terasa. Selain itu, terdapat pula menu khas minang lainnya yang tentunya bervariasi dan dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera No.16, Kec. Way Tuba, Kab. Way Kanan.

5. Warung Kongkow Baradatu

Warung Kongkow Baradatu
Image Credit: Google Maps (Abdi Tohiri)

Meskipun dinamai dengan warung, tetapi tempat makan satu ini memiliki desain tempat yang instagramable. Pihak pengelola warung memberikan kesan nyaman dan trendy sehingga banyak para pelanggan yang mengunjungi warung kongkow baradatu. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga malam hari, tepatnya pukul 22.00.

Warung kongkow baradatu yang terletak di Way Kanan ini memiliki banyak menu makanan berat maupun ringan yang lezat. selain itu terdapat pula hidangan menyegarkan yang menjadi menu utama paling diminati, yaitu menu ice cream sandwich. Ice cream sandwich merupakan ice cream yang diletakkan di roti dan dilipat menjadi dua.

Lokasi: Setia Negara, Kec. Baradatu, Kab. Way Kanan.

6. R.M. Fajar

R.M. Fajar
Image Credit: Google Maps (Jaya Purnama)

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kabupaten Way Kanan dan sampai di Kabupaten Way Kanan pada waktu malam hari dan tidak sempat untuk melakukan aktivitas makan malam, Anda tidak perlu khawatir. Di Kabupaten Way Kanan terdapat rumah makan yang buka setiap harinya selama 24 jam. Rumah makan ini menyajikan hidangan larut malam.

Rumah makan fajar memiliki menu masakan yang halal, jadi Anda tidak perlu khawatir makanan tersebut adalah makanan yang tidak halal. Rumah makan ini memiliki Tempat yang nyaman dan dapat menjadi tempat beristirahat yang pas. Pasalnya rumah makan ini memiliki pemandangan aliran sungai umpu. Menu masakan yang disajikan sangat enak dan membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Negeri Baru, Kec. Blambangan Umpu, Kab. Way Kanan.

7. Rumah Makan Lesehan Biru Lintas Sumatera

Rumah Makan Lesehan Biru Lintas Sumatera
Image Credit: Google Maps (Mu’adz Mukhadasin)

Satu lagi tempat makan yang buka 24 jam setiap harinya yakni rumah makan lesehan biru lintas Sumatera. Walaupun bukanya selama 24 jam, makanan yang disajikan terjamin kualitasnya dan makanan di rumah makan lesehan biru lintas Sumatera ini semuanya halal.

Pelayanan yang diberikan sangat ramah. Fasilitas seperti toilet, mushola, dan meja kursi tempat makannya selalu dijaga kebersihannya. Rumah makan ini memiliki halaman parkir yang cukup luas. Sesuai namanya, rumah makan ini memiliki tempat untuk lesehan. Menu masakan yang disediakan oleh rumah makan lesehan biru lintas Sumatera ini banyak variasinya dan rasanya pun enak-enak.

Lokasi: Kelurahan Bumiratu, Kec. Blambangan Umpu, Kab. Way Kanan.

8. Rumah Makan Ngawi

Rumah Makan Ngawi
Image Credit: Google Maps (Kiki Azis)

Tempat makan di Kabupaten Way Kanan selanjutnya ada, rumah makan Ngawi. Rumah makan Ngawi merupakan tempat makan sekaligus tempat para supir bus dan truk beristirahat. Walaupun begitu, tempat makan ini cukup nyaman, dan memiliki fasilitas toilet yang bersih. Lapangan parkir rumah makan ini cukup luas. Pelayan yang bekerja di rumah makan Ngawi ini ramah-ramah.

Rumah makan ini selalu menjadi tempat menginap bagi para pengendara dari luar provinsi, hal ini dikarenakan rumah makan Ngawi ini buka 24 jam setiap harinya. Tak hanya waktu bukanya saja yang menjadikan rumah makan ini tempat menginap bagi para supir, tetapi rumah makan ini memiliki tempat yang nyaman untuk bersantai.

Lokasi: Kec. Way Tuba, Kab. Way Kanan.

9. RM Pancoran Mas

RM Pancoran Mas
Image Credit: Rmpancoranmas.business.site

Rumah makan pancoran mas ini memiliki banyak opsi untuk Anda pilih, Anda dapat makan di tempat, bawa pulang, pesan antar, atau juga bisa antar tanpa bertemu. Rumah makan ini menjalani aturan protokol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah, seperti harus mengenakan masker, sebelum masuk kedalam rumah makan Anda akan diukur terlebih dahulu suhu tubuhnya.

Peraturan itu tidak hanya dilakukan untuk para pengunjung saja, tetapi para staf yang bekerja di rumah makan pancoran mas ini juga menjalankan peraturan protokol kesehatan dari pemerintah. Rumah makan ini memiliki tempat yang nyaman dan toilet yang bersih. Rumah makan ini menyediakan menu makanan untuk makan siang dan juga makan malam.

Rumah makan yang buka setiap harinya selama 24 jam ini memiliki menu makanan yang bervariasi dan enak-enak. Walaupun buka selama 24 jam, menu makanan yang disajikan tetap terjaga dan terjamin kebersihannya.

Lokasi: Tanjung Raja Sakti, Kec. Blambangan Umpu, Kab. Way Kanan.

10. Rumah Makan Teteh Way Kanan

Rumah Makan Teteh Way Kanan
Image Credit: Google Maps (PECANDU SASTRA)

Rumah makan di Kabupaten Way Kanan yang satu ini terkenal dengan menu sop kikilnya. Sop kikil yang dihidangkan sangat menggugah selera dengan rasanya yang nampol. Ada juga menu ayam chicken yang tak kalah enaknya dengan menu hidangan sebelumnya. Bumbu yang diberikan sangat terasa dan ayamnya sangat enak.

Di tempat makan ini tidak hanya memiliki dua hidangan tadi saja, tetapi masih banyak hidangan lainnya yang rasanya tidak kalah enak. Walau begitu harga dari masakan rumah makan teteh ini dapat tergolong murah. Rumah makan teteh ini buka setiap hari mulai pukul 08.39 sampai pukul 22.00.

Lokasi: Kec. Blambangan Umpu, Kab. Way Kanan.

Itulah deretan restoran dan tempat makan di Way Kanan yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang atau sudah berada di kabupaten ini. Pengelola restoran dan rumah makan pastinya berupaya memberikan tempat yang nyaman dan juga hidangan yang enak dan berkualitas.