Aceh

15 Tempat Wisata di Aceh Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Terbaik & Populer di Aceh Barat, Provinsi Aceh. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan Saat Liburan atau pun Akhir Pekan.

Siapa yang tidak tahu Aceh, kota berjuluk Serambi Mekah ini memang memiliki banyak keunikan yang membuatnya berbeda dengan daerah lain. Apalagi jika Anda mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke Aceh jangan lupa untuk berkunjung ke wilayah barat Aceh yang menyimpan banyak keindahan alam yang dapat membuatmu terpesona.

Berikut ini ada 15 tempat wisata di Aceh Barat yang dirangkum untuk memberikan Anda pilihan terbaik ketika ingin mengisi liburan.

1. Tugu Kupiah Teuku Umar

Tugu Kupiah Teuku Umar

Image Credit: Acehinfo.com

Jalan-jalan ke Aceh Barat tentu akan banyak menawarkan wisata sejarah sekaligus wisara religi yang dijamin akan memuaskan. Salah satu wisata yang terkenal di sana adalah Tugu Kupiah Teuku Umar. Teuku Umar Johan adalah pahlawan nasional, disinilah tempat gugurnya pahlawan nasional kebanggaan orang Aceh Barat. Tepatnya di Kecamatan Johan Pahlawan, tempat ini adalah saksi biksu gugurnya beliau. Kecamatan Johan Pahlawan terletak tak jauh dari pusat kota Meulaboh.

Untuk mengenang jasa-jasa beliau, didirikanlah tugu kupiah sebagai penghormatan abadi masyarakat Aceh dan Nusantara terhadap jasa-jasa beliau pada kemerdekaan NKRI.

Lokasi: Desa Kuta Padang, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

2. Pantai Lhok Geudong

Pantai Lhok Geudong

Image Credit: Cheria-travel.com

Melipir sejenak ke wisata alam yang pasti akan membuat kita segar kembali. Salah satu wisata pantai terbaik yang ada di Aceh Barat adalah Pantai Lhok Geudong. Suasana alam yang di tawarkan pantai satu ini tak pernah gagal memikat hati para wisatawan. Pantai Lhok Geudong memang menghadap langsung ke Samudra Hindia, sehingga membuat pemandangan yang ada sangat indah. Deretan pepohonan yang ada di bibir pantai akan membuat suasana pantai semakin teduh.

Waktu terbaik di sini memang saat senja, pemandangan matahari terbenam di sini patut diacungi jempol. Suasana tenang dan damai menyatu dengan deburan ombak akan membuatmu betah dan tak ingin pulang saja.

Lokasi: Desa Suak Ribee, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

3. Pantai Suak Ribee

Pantai Suak Ribee

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Aceh Barat juga punya wisata pantai yang menarik loh, namanya adalah Pantai Suak Ribee. Pantai ini tidak memiliki pasir pantai, namun hanya diisioleh rerumputan hijau yang membuatnya Nampak seperti danau. Unik banget kan, pemandangan laut di sini sudah tidak perlu diragukan lagi, pohon- pohon kelapa dan pepohonan lainnya berjejer dan tumbuh di bibir pantai tersebut, membuat suasana menjadi rindang dan nyaman.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Jika berkunjung ke sini jangan lupa untuk membeli kopi terbaliknya, tak sulit untuk menemui kopi ini, karena di sepanjang pantai Anda akan menemukan banyak penjual yang menjajakan kopi terbalik ini dengan kisaran harga yang murah meriah.

Lokasi: Jl. Iskandar Muda, Suak Ribee, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

4. Pantai Lhok Bubon

Pantai Lhok Bubon

Image Credit: Mi.com

Selanjutnya ada wisata pantai cantik di Lhok Bubon. Air laut yang sangat jernih bisa memukau siapapun yang melihat, masih ditambah lagi dengan pasir putih yang terbentang luas tak bertepi keindahan alam yang mempesona ini pasti akan membuatmu sejenak lupa dengan masalah pekerjaan atau masalah hidup lainnya.

Jika datang ke sini jangan lupa untuk menikmati sajian makanan lautnya dengan rasa khas rempah- rempah masyarakat Aceh. Untuk bisa sampai ke pantai ini Anda harus menempuh jarak sekitar 8 km dari pusat kota yaitu Meulaboh.

Lokasi: Lhok Bubon, Kec. Samatiga, Kab. Aceh Barat.

5. Danau Geunang Geudong

Danau Geunang Geudong

Image Credit: Flickr.com

Siapa yang suka dengan wisata danau? ternyata Aceh Barat juga memiliki wisata danau yang cantik. Danau Geunang Geudong memiliki luas kurang lebih 7 Ha dan meliputi 3 desa yang ada di wilayah tersebut. Terbayang kan betapa luasnya danau ini.

Tempat satu ini cocok untuk Anda yang sedang mencari ketenangan, Anda bisa mancing atau sekedar membaca buku untuk measakan ketenangan dan kedamaian yang ditawarkan danau satu ini.

Lokasi: Putim, Kec. Kaway XVI, Kab. Aceh Barat.

6. Lebok Pineu

Lebok Pineu

Image Credit: Tanohmirah.wordpress.com

Selain wisata religi dan wisata sejarah yang banyak di Aceh Barat, Anda juga bisa menemukan banyak wisata alama di sini, salah satunya adalah Lebok Pineu. Lebok Pineu adalah sejeni anak sungai yang memiliki aliran cukup deras, yang mengesankannya lagi anak sungai ini memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan. Wisata Lebok Pineu berada di Desa Tanoh Mirah, Aceh Barat.

Untuk bisa sampai ke sini siap-siap untuk nyasar-nyasar ya, karena pasti akan banyak sekali jalan yang asing disana, Anda bisa mencoba bertanya pada masyarakat setempat agar tidak tersesat.

Lokasi: Tanoh Mirah ,Kec. Sungai Mas, Kab. Aceh Barat.

7. Pantai Ujung Batee

Pantai Ujung Batee

Image Credit: Indonesiakaya.com

Selanjutnya masih ada wisata pantai yang sayang sekali jika dilewatkan. Namanya adalah Pantai Ujung Bate. Pantai ini adalah salah satu pantai terbaik di Aceh Barat. Pantai ini memang masih belum banyak diketahui orang luar, jadi jangan kaget jika Anda datang ke sini dan menemukan suasana yang sepi. Suasana sepi ini tentu cocok untuk Anda yang sedang mencari kedamaian dan menghindari keramaian.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Simeulue Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Untuk bisa sampai ke pantai cantik ini Anda harus menempuh jarak sekitar 17 meter dengan kendaraan roda dua. Sepanjang perjalanan Anda juga akan menemukan pemandangan yang tidak membosankan.

Lokasi: Neuheun, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar.

8. Krueng Tutut

Krueng Tutut

Image Credit: Hargatiket.net

Mendengar namanya saja pasti sudah membuatmu penasaran bukan ? lokasi wisata satu ini memang bisa dikatakan sebagai wisata paling indah yang ada di Aceh Barat. Keindahannya sudah terdengar di telinga para traveller Indonesia. Wisata Krueng Tutut ini berada di Gampong Tutut, Desa Tanoh Mirah..

Dari atas bukit Anda akan melihat pemandangan air yang biru dan membuatmu tak sabar ingin berenang di dalamnya. Di bawah rimbunnya pepohonan, serasa sedang berenang di kolam renang pulau pribadi sambil ditemani cuitan burung yang saling sahut menyahut.

Lokasi: Desa Tanoh Mirah, Kec. Sungai Mas, Kab. Aceh Barat.

9. Pantai Lanaga

Pantai Lanaga

Image Credit: Cheria-travel.com

Masih ingin ke wisata pantai, jangan khawatir Aceh Barat memiliki banyak stok deretan nama pantai yang tak akan habis untuk Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Lanaga, pantai satu ini berjarak cukup dekat dari Meulaboh, hanyak sekitar 5 km saja, jadi untuk Anda yang tidak punya watu panjang di Aceh Barat, namun ingin merasakan wisata pantainya, pantai Lanaga adalah pilhan yang tepat.

Disini Anda juga akan menemukan banyak olahraga air yang pastinya seru dan sayang sekali untuk di lewatkan. Ada jet langit, banana boat, dan semacamnya.

Lokasi: Peunaga Rayeuk, Kec. Meureubo, Kab. Aceh Barat.

10. Makam Pahlawan Teuku Umar

Image Credit: Sitasentris.wordpress.com

Selanjutnya mari sejenak kita berwisata sejarah di salah satu makam pahlawan nasional Indonesia yaitu Teuku Umar. Makam Teuku Umar tak pernah sepi pengunjung, setiap harinya pasti akan selalu ramai oleh pengunjung, baik dari dalam daerah Aceh maupun dari luar Aceh.

Di dalam lokasi makam terdapat suatu pohon besar yang mengeluarkan air secara terus menerus dan tak pernah berhenti. Makam Teuku Umar memiliki suasana yang sangat adem, menenangkan, dan udara yang masih sangat alami.

Lokasi: Desa Mugo Rayuek, Kec. Panton Reu, Kab. Aceh Barat.

11. Pulau Gosong

Image Credit: Tourdejava.net

Dari namanya saja pasti sudah bisa membuat pengunjung tertarik, Pulau Gosong adalah suatu pulau yang terbentuk dari tumpukan pasir yang terbawa arus dan tertimbun menempel pada karang-karang. Sehingga akhirnya terbentuklah suatu pulau kecil. Untuk dapat ke pulau ini Anda membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 35 menit dengan menggunakan boat atau perahu motor.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Banda Aceh Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Desa Mugo Rayuek, Kec. Panton Reu, Kab. Aceh Barat.

12. Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan

Image Credit: Visitacehdarussalam.blogspot.com

Tak habis- habis memang wisata pantai yang ada di Aceh Barat ini. banyak pantai yang bisa Anda kunjungi salah satunya adalah pantai Pusong Sangkalan ini. pantai satu ini sering menjadi tempat surfing para wisatawan. ombak di pantai ini memang tergolong bagus untuk mereka yang ingin latihan surfing ataupun baru belajar surfing.

Masyarakat setempat memberi julukan pantai satu ini dengan pantai Bali, selain sering dipakai untuk surfing, pantai ini memiliki keindahan alam seperti pantai yang ada di pulau dewata Bali.

Lokasi: Telaga Tujuh, Kec. Langsa Barat, Kota Langs.

13. Pantai Batee Puteeh

Pantai Batee Puteeh

Image Credit: Hikayatbanda.com

Siapa yang belum puas untuk wisata pantai di Aceh Barat? wah beruntung sekali, masih bayak list pantai yang bisa Anda datangi di sini, salah satunya adalah pantai Batee Puteeh yang ada di Desa Suak Ujong Kalak.

Pantai ini hanya berjarak 3 km dari pusat kota Meulaboh, jadi Anda tak perlu susah- susah mencarinya. Jarak pantai yang dekat akan membuatmu mudah menemukannya. Pantai ini di dominasi dengan pantai pasir putih dan air laut yang biru dan segar, ketika ke sini Anda akan menemukan ketenangan.

Lokasi: Ujung Batee Puteh, Beureunut, Kec. Seulimeum, Kab. Aceh Besar.

14. Persawahan Suak Sigadeng

Persawahan Suak Sigadeng

Image Credit: Jejaktrip.com

Ingin mendapatkan foto- foto kece yang bernuansa alam selain di pantai, Anda bisa mencoba berkunjung ke persawahan suak sigadang yang ada di kecamatan Johan Pahlawan, di sini terdapat banyak spot foto keren yang di dominasi latar belakang persawahan yang hijau dan menyejukkan.

Lokasi: Suak Sigadeng, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

15. Pantai Ujung Karang

Pantai Ujung Karang

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Terakhir ada pantai ujung karang yang bisa menutup perjalanan wisatamu di Aceh Barat. Pantai yang menawarkan pesona alam panai berpadu dengan kesegaran minum air kelapa di pinggir pantai adalah kenikmatan yang tidak bisa Anda tolak.

Lokasi: Desa Suak Indrapuri, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Aceh Barat yang paling hits dikujungi. Daftar destinasi wisata sepertinya sudah lebih dari cukup untuk membawa Anda jalan-jalan menjelajah di Aceh Barat. Satu dua hari rasanya masih kurang, Anda harus liburan selama satu pekan penuh untuk bisa menjelajahi banyak wisata alam yang ada di Aceh Barat. Selamat liburan!