Aceh

15 Tempat Wisata di Aceh Barat Daya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Aceh? Periksa Daftar Tempat Wisata Favorit di Aceh Barat Daya. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Paling Populer Dikunjungi Saat Liburan.

Aceh Barat Daya memiliki ibukota bernama Blang Pidie. Kota ini memiliki luas sekitar 1.491 KM2 dengan panorama indah dan menyejukkan. Sebagian besar wilayah masih berupa dataran tinggi dan perairan yang membuat wilayah ini cukup subur dan bersinergi. Tidak hanya itu saja, ada beberapa lokasi tambang yang kini menjadi indah dan memesona.

Dahulu, banyak orang mengatakan bahwa hasil tambang akan membuat lahan menjadi rusak. Namun setelah puluhan tahun rupanya menjadi sebuah tempat yang unik dan menarik. Berikut ini 15 tempat wisata di Aceh Barat Daya yang bisa Anda kunjungi saat liburan nanti.

1. Pantai Lhok Geudung

Pantai Lhok Geudung

Image Credit: Cheria-travel.com

Hamparan pasir putih yang membuat pantai nampak anggun dan luar biasa. Pengelolaan pantai ini sudah cukup modern sehingga banyak rumah makan yang menyajikan ragam kuliner lezat. Beragam kenikmatan tersebut tersaji dalam bentuk yang rapi dan bersih.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas umum yang cukup terawat dengan baik seperti tempat parkir, toilet, ruang ganti atau kamar mandi, dan tempat duduk. Jika Anda ingin ke tengah laut bisa sewa kapal untuk sekedar berkeliling atau sejenak memancing di tengah laut. Tentu akan menjadi moment langka yang berharga.

Lokasi: Desa Suak Indra Puri, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

2. Pantai Ujung Karang

Pantai Ujung Karang

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Berikut ini adalah salah satu pantai yang masih perawan dan belum banyak orang yang tahu. Sesuai dengan namanya, hal menarik dari pantai ini tentu saja batu karang yang bewarna hijau agak gelap berpadu dengan air laut yang sangat bening sehingga terlihat agak kebiruan.

Cocok bagi Anda yang suka diving atau snorkeling karena bibir pantai agar dalam. Dibanding dengan pasir putihnya, area batu karang lebih dominan sehingga banyak spot dalam yang cocok untuk menyelam.

Lokasi: Desa Suak Indrapuri, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

3. Pantai Kasih

Pantai Kasih

Image Credit: Limakaki.com

Suasana pantai di tempat ini sangat syahdu nan romantis. Pantas saja jika namanya adalah Pantai Kasih karena banyak pasangan yang memadu kasih di tempat ini. Selain panoramanya yang indah, ombak yang ada di pantai ini juga cukup besar terutama pada siang hari. Bagi Anda yang suka berselancar maka bisa mengadu kebolehan dengan papan selancar yang Anda bawa dari rumah.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Banda Aceh yang Paling Enak

Meski sudah cukup terkenal dan dikelola secara modern namun pantai ini belum menyediakan papan selancar untuk disewakan. Maklum, papan selancar memang cukup mahal sehingga belum banyak orang yang menyewakan.

Lokasi: Kedai Susoh, Kec. Susoh, Kab. Aceh Barat Daya.

4. Pantai Lhok Bubon

Pantai Lhok Bubon

Image Credit: Wikiwand.com

Berbeda dengan konsep pantai lainnya, tempat ini menjadi pusat jual beli ikan segar yang baru ditangkap. Tidak heran jika harga ikan di pantai ini lebih murah jika dibanding harga ikan di pasar. Apabila ingin makan langsung yang sudah matang maka tinggal pilih rumah makan di sekitar pantai.

Banyak menu pilihan seperti goreng atau bakar, semua tersaji secara lengkap plus dengan harga yang aman dikantong. Fasilitas yang ada di pantai ini juga cukup lengkap seperti mushola, toliet dan ruang ganti.

Lokasi: Lhok Bubon, Kec. Samatiga, Kab. Aceh Barat.

5. Pantai Suak Ribee

Pantai Suak Ribee

Image Credit: Pariwisataku.com

Suasana pantai di tempat ini sangat cocok untuk bersantai, terutama sambil ngopi khas Aceh. Konon kopi aceh di pantai ini sangat enak dan lezat. Plus dengan tambahan panorama asri dari sebuah pantai yang indah dan eksotis. Tentu akan menambah nikmat rasa kopi yang sedang Anda icip.

Seduhan kopi hangat dengan sentuhan gelombang dan angin pantai tentu akan membuat suasana semakin hangat. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata yang satu ini terletak di Jl. Iskandar Muda, Suek Ribee Kecamatan Johan Pahlawan.

Lokasi: Desa Suak Ribee, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

6. Danau Geunang Geudang

Danau Geunang Geudang

Image Credit: Wisatakita.com

Sebuah danau indah dengan panorama alam yang sangat memukau. Danau ini memiliki cekungan raksasa, tidak heran jika luasnya bisa membuat sebuah apartemen atau perkampungan. Sesuai dengan namanya, Geunang Geudang memiliki makna genangan yang besar. Genangan ini tentu saja mengarah pada air yang ada di tengah danau.

Dengan hamparan air yang cukup luas tumbuh tanaman air yang sangat indah. Tentu akan sangat memukau jika dapat melihat pemandangan indah ini sambil menikmati hujan atau senja. Destinasi wisata yang satu ini letaknya hanya sekitar 20 Km saja dari arah pusat Kota Meulaboh.

Lokasi: Putim, Kec. Kaway XVI, Kab. Aceh Barat.

7. Pulau Gosong Sangkalan

Pulau Gosong Sangkalan

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Sebuah pulau indah yang sempat tersapu tsunami ini akhirnya muncul kembali. Meski wujud dan bentuknya sudah tidak seluas semula namun nilai eksotisnya tetap saja terasa. Banyak pemandangan indah yang bisa Anda temui di pulau tak berpenghuni ini. Sayangnya, pulau yang indah ini hanya bisa dikunjungi saat air laut agak surut.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Jaya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika sedang pasang maka lokasi pantai ini akan nampak sangat kecil, bahkan nyaris tidak akan nampak. Luasnya yang hanya 1 hektar ini dapat membuat terlena karena sangat indah. Uniknya di sekitar pulau ada gradasi warna yang membuat pesona pulau lebih eksotis.

Lokasi: Sangkalan, Kec. susoh, Kab. Aceh Barat Daya.

8. Makam Pahlawan Teuku Umar

Makam Pahlawan Teuku Umar

Image Credit: Sitasentris.wordpress.com

Makam pahlawan nasional ini menjadi saksi bisu adanya perjuangan para pahlawan yang gugur saat perang. Kota yang menjadi tempat pemakaman suami dari Cut Nyak Dien ini juga memberikan semangat dan wawasan religi yang sangat kuat. Pesan dan keseriusan kedua pahlawan tersebut juga membawa nama Aceh menjadi wilayah istimewa hingga akhirnya berubah nama menjadi Nangroe Aceh Darussalam.

Lokasi: Gle Raya Tameh Uteun Mugo, Gampong, Mugo Rayeuk, Kec. Panton Reu, Kab. Aceh Barat.

9. Museum Kopiah Meukeutop

Museum Kopiah Meukeutop

Image Credit: Tempatwisataunik.com

Salah satu museum yang unik dan sarat makna ialah museum ini. Tempat ini sengaja dibangun oleh penduduk lokal guna mengenang jasa Teuku Umar sebagai pahlawan yang gagah berani melawan Belanda hingga ajal. Situs ini juga sebanrnya tempat pertempuran tersebut terjadi.

Dalam museum terdapat relief perjuangan Teuku Umar hingga Belanda membunuhnya. Uniknya, kopiah besar yang sering dipakai Teuku Umar diletakkan di tengah museum dan ukurannya cukup besar.

Lokasi: Desa Suak Indrapuri, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat.

10. Pemandian Putroe Ijo

Pemandian Putroe Ijo

Image Credit: Ayookdolan.blogspot.com

Berikutnya ada sebuah pemandian umum berupa sungai indah yang berjajar batu kali bewarna putih. Sekilas mirip dengan batu kapur hanya saja garis dan coraknya agak berbeda. Tempat ini cukup terawat dengan baik sehingga para pengunjung akan nyaman dan betah berada di wisata ini.

Fasilitas yang ada juga sudah tersedia dengan baik seperti toilet, ruang ganti dan beragam kuliner. Anda juga dapat menyewa ban atau bebek karet untuk berenang. Cocok dijadikan destinasi wisata keluarga karena debit airnya cukup aman dan tidak terlalu deras.

Lokasi: Gampong Alue Seulaseh, Kec. Jeumpa, Kab. Aceh Barat Daya.

11. Gua Seumancang Kuta Tinggi

Gua Seumancang Kuta Tinggi

Image Credit: Travel.detik.com

Ukuran gua ini tidak terlalu besar namun dapat memberikan pesona yang luar biasa. Layaknya sebuah gua pada umumnya, baik siang maupun malam gua ini tetap gelap. Meski demikian gua ini tidak banyak kelelawar seperti pada gua lain yang biasanya ada binatang gelap ini.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Nagan Raya Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Desa Babahlung Kemukiman Kuta Tinggi, Kec. Blangpidie, Kab. Aceh Barat Daya.

12. Taman Laut Ujung Manggeng

Taman Laut Ujung Manggeng

Image Credit: Jurnaljejak.blogspot.com

Sebuah destinasi wisata yang agak mewah dan mahal. Taman laut ini memberikan pesona dan view yang tidak kalah dengan pulau tak berpenghuni lainnya. Setidaknya butuh biaya sekitar Rp. 60.000,- hingga Rp. 100.000,- dengan durasi perjalanan lebih dari 3 jam jika lewat jalur darat.

Taman hijau yang berpadu dengan pantai pasir putih menjadi sebuah pemandangan langka yang jarang Anda dapatkan di kota besar seperti Jakarta atau Bogor.

Lokasi: Sejahtera, Kec. Manggeng, Kab. Aceh Barat Daya.

13. Pemandian Krueng Baru

Pemandian Krueng Baru

Image Credit: Ayookdolan.blogspot.com

Sebenarnya pemandian masih menjadi sebuah perdebatan apakah sebuah sungai atau hanya genangan air layaknya danau. Yang jelas, destinasi wisata yang satu ini memiliki pesona alam yang sangat indah. Tidak hanya airnya saja yang akan membuat Anda ingin berenang, namun sejuk dan segarnya alam di sekitar lokasi menjadi sebuah view yang mengejutkan.

Lokasi ini cukup dekat dengan pusat kota, yakni sekitar 27 Km saja. Apabila ditempuh dengan jalur darat hanya butuh waktu 40 menit saja.

Lokasi: Jl. Pemuda, Meunasah Sukon, Kec. Lembah Sabil, Kab. Aceh Barat Daya.

14. Pantai Jilbab

Pantai Jilbab

Image Credit: Tagar.id

Salah satu view terbaik untuk melihat Pulau Gosong dari jarak tertentu. Pantai ini juga yang menjadi penghubung utama untuk dapat mencapai pulau tersebut. Tidak heran jika pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Terutama pada saat liburan atau akhir pekan, akan sangat padat.

Di tiap sudut pantai ada sebuah payung teduh plus dengan tempat duduk yang cukup terawat. Tidak salah jika Anda memilih pantai ini sebagai destinasi wisata tujuan saat liburan tiba. Jaraknya yang hanya sekitar 4 Km saja dari pusat kota mudah dijangkau dengan kendaraan umum, bahkan hingga sore hari masih ada.

Lokasi: Kedai Susoh, Kec. Susoh, Kab. Aceh Barat Daya.

15. Pantai Wisata Ujong Ketapang

Pantai Wisata Ujong Ketapang

Image Credit: Travel.detik.com

Berikutnya ada sebuah pantai indah yang memiliki pesona alam eksotis. Meski sudah ditata secara modern, namun alam pantai ini tetap perawan seolah belum ada manusia yang menjangkau. Tidak heran jika area pantai selalu bersih dari sampah. Tentu saja sebagai pengunjung Anda juga wajib menjaga kebersihan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Jangan sampai alam indah tersebut rusak begitu saja hanya dengan banyaknya sampah.

Lokasi: Sejahtera, Kec. Manggeng, Kab.n Aceh Barat Daya.

Itulah 15 tempat wisata di Aceh Barat Daya yang patut Anda kunjungi saat liburan. Menjadwal agenda liburan dengan menetukan destinasi wisata tentu akan membuat hari libur menjadi lebih tertata. Dengan demikian, liburan Anda akan lebih bermakna dan penuh dengan moment bahagia.