Aceh

15 Tempat Wisata di Aceh Jaya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik & Populer di Aceh Jaya, Provinsi Aceh. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan atau Akhir Pekan.

Musim liburan sudah hampir tiba, bagi Anda yang masih bingung ingin liburan kemana Anda bisa mencoba plesiran di Kabupaten Aceh Jaya. Kabupaten Aceh Jaya adalah suatu daerah yang berada di Provinsi Aceh, memiliki garis pantai sekitar 160 m2 membuat Aceh Jaya mempunyai banyak sekali destinasi wisata bahari dan wisata alam dengan pesona yang indah.

Untuk Anda yang sedang ingin liburan dengan benar-benar merasakan sensasi alam Anda bisa mencoba datang ke Aceh Jaya. Berikut ulasan 15 tempat wisata di Aceh Jaya yang bisa coba Anda kunjungi.

1. Pantai Pasie Saka

Pantai Pasie Saka

Image Credit: Tempatwisata.pro

Aceh Jaya memang memiliki wisata bahari dan wisata alam seperti pantai yang tak terhitung jumlahnya. Saking banyaknya mungkin Anda akan kesulitan mengunjunginya jika hanya punya waktu berkunjung selama satu hari saja. Pantai Pasie Saka atau dalam bahasa setempat adalah pantai pasir gula memang memiliki banyak pasir pantai yang putih dan sangat lembut seperti gula, jadi jika kakimu terkena pasir pantai maka yang terasa adalah lembutnya saja.

Sayangnya Anda tidak boleh berenang disini karena ombak di Pantai Saka terkadang bisa tinggi sewaktu-waktu.

Lokasi: Babah Nipah, Jeumpheuk, Kec. Sampoiniet, Kab. Aceh Jaya.

2. Pantai Rigaih

Pantai Rigaih

Image Credit: Wego.co.id

Selanjutnya ada Pantai Rigaih, salah satu pantai favorit yang ada di Aceh Jaya. Terletak di Desa Rigaih dan Desa Batee Tutong membuat pantai satu ini menjadi daya tarik utama di wilayah tersebut. Selain itu, pantai ini banyak dijadikan untuk rest area bagi para wisatawan yang ingin beristirahat sejenak.

Pantai Rigaih memberikan pemandangan laut biru berpadu dengan pasir putih sepanjang garis pantainya. Anda sudah bisa melihat keindahan pantai satu ini dari kejauhan. Banyak aktivitas olahraga laut yang bisa Anda lakukan seperti memancing, diving ataupun snorkling. Ombak di pantai ini memang bagus untuk belajar snorkling bagi para pemula

Lokasi: Lhok Buya, Kec. Setia Bakti, Kab. Aceh Jaya.

3. Pulau Keluang

Pulau Keluang

Image Credit: Tanahnusantara.com

Istirahat sejenak dari pantai, Anda bisa mencoba wisata di salah satu pulau yang ada di Aceh Jaya, pulau ini memiliki jarak yang tidak jauh. Pulau Keluang sendiri terbentuk sudah lama bahkan sebelum terbentuknya Aceh Jaya.

Menariknya, berada disini Anda dapat mengeksplor Gua Walet yang dapat dikunjungi ketika air pasang. Di dalam gua, Anda akan disuguhkan berbagai keunikan bebatuan yang terbentuk secara alami.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Nagan Raya Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Gle Jong, Kec. Jaya, Kab. Aceh Jaya.

4. Arung Jeram Sungai Teunom

Arung Jeram Sungai Teunom

Image Credit: Wisatanad.wordpress.com

Untuk menambah keakraban sesama teman atau keluarga, Anda bisa menyelipkan salah satu wisata menyenangkan yaitu arung jeram. Siapa yang tidak suka wisata menantang satu ini. Bagi Anda pecinta rafting dijamin tidak akan kecewa jika mencoba arung jeram Sungai Teunom.

Menelusuri jalur rafting dari Desa Alue atau Desa sarah dengan waktu 2 sampai 3 jam dijamin akan menguras tenagamu sekaligus sangat mengasyikkan. Sungai Teunom dikenal memiliki arus paling kuat dan dahsyat di Provinsi Aceh.

Lokasi: Cot Kuala, Kec. Mane, Kab. Pidie.

5. Puncak Lageun

Puncak Lageun

Image Credit: Acehnews.net

Aceh Jaya juga memiliki destinasi wisata puncak yang bisa coba Anda datangi, namanya Puncak Lageun. Objek wisata satu ini memang menjadi favorit masyarakat Aceh Jaya. Puncak Lageun memberikan pemandangan menarik yang terletak di wilayah Kecamatan Setia Bakti.

Dari atas bukit ini Anda bisa melihat indahnya pemandangan dari dalam tempat yang sediakan seperti gubuk sambil menikmati minuman seperti kopi Aceh, es kelapa muda, dan juga tersedia berbagai makanan. Hal yang paling ditunggu tunggu wisatawan adalah pemandangan lumba-lumba yang melewati laut di bawah Puncak Lageun sambil menanti matahari terbenam.

Lokasi: Lhok Geulumpang, Kec. Setia Bakti, Kab. Aceh Jaya.

6. Danau Laut Nie Pineung Suasa

Danau Laut Nie Pineung Suasa

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Kalau Anda bosan dan ingin merasakan sensasi wisata air selain pantai, Aceh Jaya juga mempunyai satu wisata air andalannya yaitu Danau Laut Nie Pineung Surasa. Anda yang sedang stress dan ingin menghabiskan banyak waktu sendiri tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pengunjung yang datang bisa mencoba menaiki perahu dan mengelilingi danau sambil menghabiskan waktu atau menunggu matahari tenggelam.

Lokasi: Desa Pasi , Kec. Teunom, Kab. Aceh Jaya.

7. Pantai Kuala Dhoi

Pantai Kuala Dhoi

Image Credit: Ajnn.net

Pantai Khuala Dhoi adalah pantai yang berlokasi di Desa Khuala Dhoi yang jaraknya hanya sekitar 12 km dari Kota Calang. Pantai ini juga menjadi wisata favorit bagi masyarakat lokal Aceh Jaya. Pemandangan di pantai satu ini sangat mempesona, Anda akan disajikan pemandangan pantai pasir putih yang benar-benar putih dan hamparan air laut yang biru.

Banyak pula turis asing terutama Jerman yang datang ke pantai ini. Di Pantai Kuala Dhoi memang tinggal satu keluarga asal Jerman yang membangun bungalow. Keindahan pantai satu ini memang sudah setara dengan pantai yang ada di Raja Ampat.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Aceh Besar Terbaru & Terhits Dikunjung

Lokasi: Desa Kuala Dhoe, Kec. Setia Bakti, Kab. Aceh Jaya.

8. Pantai Kuala Merisi

Pantai Kuala Merisi

Image Credit: Abulyatama.ac.id

Selanjutnya ada Pantai Kuala Merisi, salah satu pantai terkenal yang ada di Aceh Jaya. Pantai satu ini terletak cukup jauh dari Kota Calag, namun perjalanan yang jauh akan terbayarkan setelah sampai di tempat tersebut. Di pesisir pantai Kuala Merisi juga terdapat banyak penjual jajanan dari jajanan ringan sampai makanan laut yang segar dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri.

Di sekitar Pantai Kuala Merisi juga sudah terdapat banyak penginapan dengan pelayanan hotel bintang lima. Menginap di sini dengan melihat pemandangan hamparan laut akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengesankan.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Dayah Baro, Kec. Krueng Sabee, Kab. Aceh Jaya.

9. Pulau Reusam

Pulau Reusam

Image Credit: Wartawisata.id

Masih ada pulau lain di Aceh Jaya yang menarik untuk Anda kunjungi, yaitu Pulau Reusam dalam bahasa setempat yang berarti pulau untuk menggelar rapat adat dan memang belum terkekspos seperti Pulau Keluang dan Pulau Tsunami. Namun keindahan pulau ini tidak perlu diragukan lagi.

Pulau satu ini memiliki gugusan bukit hijau yang masih rimbun sehingga membuat suasana tampak asri dan menyatu dengan alam. Sampai sekarang pulau ini juga masih digunakan untuk rapat dalam menentukan hari puasa di bulan Ramadhan. Untuk Anda yang sedang ingin liburan ke pulau yang masih sepi dan asri, rasanya pulau Reusam bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat sekali.

Lokasi: Lhok Timon, Kec. Setia Bakti, Kab. Aceh Jaya.

10. Nisan Meureuhom Daya

Nisan Meureuhom Daya

Image Credit: Cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Bukan Aceh namanya jika tidak memiliki wisata sejarah. Salah satu wisata sejarah yang ada di Aceh Jaya adalah adanya Nisan Meureuhom Daya, makam ini adalah tempat peristirahatan terakhir seorang Raja di Lamno yang dulunya berjuang melawan penjajahan di tanah Aceh.

Tak ada salahnya sesekali berwisata sejarah untuk mengenang perjuangan melawan penjajah untuk membuat negara Indonesia merdeka. Selain makam, terdapat pula benda-benda peninggalan sejarah seperti meriam dan tank milik kolonial Belanda.

Lokasi: Desa Kuala Batee, Kec. Kuala Batee, Kab. Aceh Barat Daya.

11. Puncak Gunung Geurutee

Puncak Gunung Geurutee

Image Credit: Kataomed.com

Aceh Jaya juga memiliki Puncak bukit yang indah dan bisa dijadikan tempat menghabiskan waktu sambil menunggu matahari terbenam, yaitu Puncak Gunung Geurutee. Di puncak ini Anda bisa menyaksikan keindahan gugusan pulau-pulau kecil yang ada di seberang lautan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Puncak yang masih rimbun oleh pohon-pohon hijau ini memberikanmu udara yang segar dan suasana yang masih asri. Di sekitar puncak juga terdapat banyak penjual yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman, utamanya kopi khas Aceh.

Lokasi: Jl. Meulaboh – Banda Aceh, Babah Ie, Kec. Jaya, Kab. Aceh Jaya.

12. Pantai Ujong Gla

Pantai Ujong Gla

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Pantai ini memang tidak selebar dan seluas pantai lain yang ada di Aceh, namun dengan luasnya tersebut sudah bisa membuatmu nyaman dan enggan beranjak pulang saat berada pantai tersebut. Pantai Ujong Gla memiliki pasir yang putih di sepanjang garis pantainya. Selain itu, terdapat pula jejeran pohon kelapa yang siap untuk dijadikan tempat berteduhmu saat terkena terik sinar matahari.

Uniknya, di pantai Ujong Gla sudah diberlakukan halal tourism, jadi untuk kalian yang sedang berpacaran atau belum resmi menjadi muhrim tidak diperbolehkan untuk berwisata di pantai satu ini.

Lokasi: Desa Babah Nipa, Kec. Sampoiniet, Kab. Aceh Jaya.

13. Taman Bunga Aceh

Taman Bunga Aceh

Image Credit: Detik.com

Selain memiliki wisata bahari dan wisata alam yang menyenangkan ternyata Aceh Jaya juga memiliki pesona lain seperti Taman Bunga Aceh yang ada di Kota Calang. Berbagai bunga ada di sini dari lokal sampai mancanegara. Taman bunga di sini tampil berani dengan menampilkan berbagai macam warna-warna cerah yang memanjakan mata pengunjung.

Lokasi: Desa Alue Pit, Kec. Panga, Kab. Aceh Jaya.

14. Kampung Mata Biru Lamno

Kampung Mata Biru Lamno

Image Credit: Kba.one

Destinasi wisata kali ini cukup berbeda dengan wisata lainnya, yah mumpung sedang ada di Aceh Jaya tidak ada salahnya Anda mencoba mengunjungi salah satu kampong unik yang ada yaitu Kampung Mata Biru Lamno.

Kampung ini memiliki keunikan tersendiri, utamanya masyarakat yang mendiami wilayahnya kebanyakan memiliki bola mata berwarna biru.

Lokasi: Desa Alu Pit, Kec. Panga, Kab. Aceh Jaya.

15. Pulau Tsunami

Pulau Tsunami

Image Credit: Duaribuan.wordpress.com

Pulau Tsunami memang baru terbentuk setelah peristiwa bencana tsunami pada tahun 2004 lalu. Pulau ini adalah belahan dari dari Pulau Ujung yang ada di Aceh. Keindahan di sini memang tidak seberapa, namun bisa kita rasakan seberapa dahsyat peristiwa tsunami waktu itu dan membuat kita sadar hanya menjadi makhluk teramat kecil dihadapan Tuhan.

Lokasi: Desa Rumoh Rayeuk, Kec. Langkahan, Kab. Aceh Jaya.

Itulah 15 tempat wisata di Kabupaten Aceh Jaya yang bisa Anda masukkan dalam list tujuan liburan selama berada di Aceh. Jika ingin liburan ke sini usahakan sediakan waktu setidaknya satu minggu agar mempunyai waktu yang cukup senggang untuk menikmati setiap destinasi wisata yang Anda kunjungi.