Aceh

15 Tempat Wisata di Aceh Singkil Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Terbaik di Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Destinasi Wisata Alam & Bahari Terbaru, Kekinian, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Aceh adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata yang sudah terkenal di skala nasional maupun internasional. Salah satu wilayahnya yang bisa Anda kunjungi adalah Aceh Singkil. Daerah ini banyak dikenal orang karena wisata religinya yang kental, namun ternyata Aceh Singkil menyimpan berbagai wisata alam tersembunyi yang belum banyak dikenal orang.

Berikut ini 15 tempat wisata di Kabupaten Aceh Singkil sebagai referensi bagi Anda yang memiliki kesempatan untuk mengunjungi tempat tersebut.

1. Pantai Amandangan

Pantai Amandangan

Image Credit: Wego.co.id

Bagi kalian yang gemar berfoto-foto di alam terbuka atau suka dengan dunia fotografi, pantai satu ini bisa jadi wisata alam yang menyenangkan untuk kita kunjungi, jika Anda beruntung datang di waktu yang tepat Anda bisa berfoto dengan penyu yang singgah di Pantai Amandangan.

Pantai Amandangan berlokasi di Pulau Bangkaru Aceh Singkil, perjalanan untuk ke sini memang tidak mudah, namun lelahnya perjalanan bisa langsung terbayarkan saat Anda tiba di lokasi.

Lokasi: Desa Pulo Sarok, Kec. Singkil, Kab. Aceh Singkil.

2. Pulau Palambak

Pulau Palambak

Image Credit: Pesonaindo.com

Aceh Singkil memang memiliki banyak pulau-pulau kecil yang bisa coba untuk Anda kunjungi. Salah satu pulau indah adalah Pulau Palambak. Pulau ini menawarkan wisata ala Hawaii yang indah dan tidak membosankan. Keindahan alam yang di tawarkan begitu memesona sehingga sulit untuk Anda tolak, pesona pasir putih yang luas membentang dan masih ditambah dengan jejeran pohon kelapa dan rimbunnya pohon-pohon.

Jika ingin menginap sudah tersedia banyak resort penginapan di Pulau Palambak, jadi tidak perlu khawatir lagi jika kemalaman atau enggan pulang.

Lokasi: Pulau Baguk, Kec. Pulau Banyak, Kab. Aceh Singkil.

3. Air Terjun Kedabuhan

Air Terjun Kedabuhan

Image Credit: Acehsingkil.info

Wisata alam seperti air terjun bisa menjadi list tambahan saat Anda berkunjung ke Aceh Singkil. Salah satu air terjun yang terkenal adalah Air Terjun Kadabuhan, air terjun ini memberikanmu sensasi kesegaran yang luar biasa, pasalnya jika Anda datang di waktu yang tepat saat curah air terjun sedang deras-derasnya dapat memanjakan mata Anda.

Anda bisa mandi di kolam bawah air terjun tersebut atau sekedar bermain main air bersama teman dan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Aceh Besar Terbaru & Terhits Dikunjung

Lokasi: Lae Ikan, Kec. Penanggalan, Kota Subulussalam.

4. Pulau Malelo

Pulau Malelo

Image Credit: Rancah.com

Selanjutnya ada Pulau Malelo, destinasi wisata ini adalah salah satu pulau terbaik yang ada di Aceh Singkil. Pulau Malelo memang terkenal dengan keindahan dan pesona alamnya yang membuat siapapun akan terpesona dan enggan untuk beranjak. Pasir putih yang berpadu dengan birunya air laut seolah membuat mata kita beristirahat sejenak dan merasakan kesegaran yang berbeda.

Pulau ini cocok jika dijadikan lokasi foto prewedding untuk Anda yang sedang merencanakan pernikahan, pemandangan alam yang aduhai tidak akan mengecewakan liburan Anda.

Lokasi: Desa Pulo Sarok, Kec. Singkil, Kab. Aceh Singkil.

5. Pulau Asok

Pulau Asok

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Pulau Asok adalah bagian dari gugusan kepulauan yang ada di Aceh Singkil. Pulau Asok memiliki panorama yang tak kalah indah dengan pulau-pulau lainnya yang berada di Aceh Singkil. Pulau ini memang tidak memiliki garis pantai yang lebar seperti pantai-pantai lainnya, namun dengan pasir putih dan deretan pohon kelapa di pesisir pantai ditambah dengan jernihnya air akan membuat Anda tidak tahan untuk bermain air di dalamnya.

Lokasi: Desa Pulo Sarok, Kec. Singkil, Kab. Aceh Singkil.

6. Pulau Tailana

Image Credit: Darigayo.blogspot.com

Masih ada lagi pulau yang ada di Aceh Singkil yang bisa Anda kunjungi, Pulau Tailana adalah pulau yang sudah terkenal keindahannya di Aceh Singkil. Pulau ini masih termasuk juga dari gugusan kepulauan yang ada di Aceh Singkil. Pulau ini cocok untuk Anda yang sedang ingin menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman.

Di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga seperti snorkling, berenang, dan kegiatan menarik lainnya. Spot terbaik di pulau ini adalah saat menyaksikan pemandangan sunset atau sunrise dari bibir pulau.

Lokasi: Pulau Banyak Barat, Kec. Pulau Banyak, Kab. Aceh Singkil.

7. Pulau Lambudung

Pulau Lambudung

Image Credit: Kepulauanbanyak.com

Aceh Singkil memang mempunyai banyak sekali gugusan kepulauan yang indah. Pulau-pulau yang ada di Aceh Singkil juga memberikan keindahan yang berbeda satu sama lainnya. Salah satu pulau indah yang patut Anda eksplor adalah Pulau Lambudung.

Pulau ini terletak di Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil. Spot terbaik di pulau ini adalah menikmati keindahan matahari terbenam yang indah dan tak ada duanya. Pulau ini cocok menjadi tujuan Anda yang sedang menikmati bulan madu.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Nagan Raya Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Pulau Balai, Kec. Pulau Banyak, Kab. Aceh Singkil.

8. Air Terjun Lae Gecih

Image Credit: Meganusantara.info

Setelah mengunjungi pulau-pulau yang eksotis, Anda bisa melipir sejenak ke salah satu destinasi alam nan indah yang ada di Aceh Singkil yaitu Air Terjun Lae Gecih. Air terjun ini memiliki pesona yang luar biasa indahnya. Pemandangan alam yang keren, mulai dari pepohonan yang hijau dan deretan bebatuan membuat keindahan air terjun ini tak diragukan lagi.

Kolam di bawah air terjun sangat jernih dan bisa Anda buat untuk mandi bersama teman-teman. Jangan lupa untuk berswafoto di sekitar air terjun, pemandangan di sekitarnya tak kalah mengagumkannya.

Lokasi: Desa Pangkalan Sulampi, Kec. Suro, Kab. Aceh Singkil.

9. Danau Cingkam

Danau Cingkam

Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Ingin menikmati wisata alam yang masih asri dan damai, Anda bisa coba datang ke salah satu danau cantik yang ada di Aceh Singkil. Danau ini memang masih sepi pengunjung, cocok utnuk Anda yang sedang ingin sendiri dan menghabiskan waktu untuk relaks sejenak. Jika Anda merasa takut sendirian Anda bisa mengajak teman atau kerabat untuk menikmati pemandangan yang ditawarkan.

Danau Cingkam ini memiliki keindahan alam yang memukau dan pemandangan disekitar danau yang masih di dominasi dengan rerumpunan dedaunan pasti akan membuatmu betah. Danau ini berlokasi di Desa Cingkam Solok.

Lokasi: Danau Bungara, Kec. Kota Baharu, Kab. Aceh Singkil.

10. Pulau Lamun

Pulau Lamun

Image Credit: Kumparan.com

Masih banyak lagi gugusan pulau yang ada di Aceh Singkil, salah satunya adalah Pulau Lamun yang ada di Kecamatan Pulau Banyak Barat. Pulau ini terkenal dengan pemandangan biota dan karang bawah lautnya. Jika ke sini jangan lupa untuk snorkling untuk menyaksikan pemadangan bawah lautnya.

Untuk bisa sampai di sini Anda memang harus menggunakan speed boat yang dapat Anda sewa dari pelabuhan terdekat. Datanglah ke sini dengan teman-teman atau dengan orang terdekat agar merasakan liburan yang berkesan di Pulau Lamun.

Lokasi: Haloban, Kec. Pulau Banyak Barat, Kab. Aceh Singkil.

11. Pulau Sikandang

Pulau Sikandang

Image Credit: Twitter.com @SingkilTraveler

Pulau Sikandang adalah tempat yang cocok bagi Anda yang sedang mencari aktivitas dan bosan dengan kegiatan sehari- hari. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di pulau ini seperti berenang, hunting foto, atau berkeliling sejenak menelusuri pulau ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bireuen Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Nah, untuk Anda yang tidak bisa berenang tak perlu khawatir, air di pulau ini cenderung tenang jadi tidak perlu takut akan kesusahan berenang menggunakan pelampung. Walaupun gelombang di sini masih tenang, Anda tetap harus berhati-hati dalam menikmati liburan Bersama keluarga ataupun teman-teman.

Lokasi: Sikandang, Babah Lueng, Kec. Darul Makmur, Kab. Nagan Raya.

12. Air Terjun Lae Petal

Air Terjun Lae Petal

Image Credit: Aceh.tribunnews.com

Masih ingin berwisata ke air terjun? Aceh Singkil Masih mempunyai wisata air keren seperti Air Terjun Lae Petal. Air terjun satu ini berada di bawah seolah–olah letaknya tertutupi oleh gundukan tanah yang ada di kanan kirinya. Air terjun ini berada di tengah hutan jadi untuk sampai ke sini Anda harus mengarahkan tenaga ekstra agar bisa sampai dan menikmati keindahan air terjun lae petal ini. Air terjun satu ini berlokasi di Desa Pangkalan Sulampi.

Lokasi: Desa Pangkalan Sulampi, Kec. Suro, Kab. Aceh Singkil.

13. Waduk SiAnjo-Anjo

Waduk SiAnjo-Anjo

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Ingin bersantai sejenak dan berkumpul dengan masyarakat lokal, Anda bisa mencoba berkunjung ke wisata Waduk Si Anjo-Anjo ini. Waduk ini memiliki pemandangan khas pedesaan yang pastinya akan membuat mata dan hatimu langsung adem seketika. Waduk ini biasanya akan ramai saat sore hari, masyarakat lokal memang senang menghabiskan waktu menunggu adzan maghrib di waduk ini.

Lokasi: Kain Golong, Kec. Simpang Kanan, Kab. Aceh Singkil.

14. Pantai Pabisi

Pantai Pabisi

Image Credit: Pedomanwisata.com

Salah satu pantai yang masih asri dan belum banyak terkena oleh tangan-tangan jahil manusia adalah pantai Pabisi. Pantai nan cantik ini memiliki suasana yang nyaman sekali untuk kegiatan liburan. Anda bisa sekedar berenang atau snorkling menikmati keindahan pemandangan bawah laut di sekitar pantai ini.

Lokasi: Pulo Sarok, Kec. Singkil, Kab. Aceh Singkil.

15. Pulau Bengkaru

Pulau Bengkaru

Image Credit: Ajnn.net

Pulau satu ini bisa dijadikan destinasi wisata pilihan terbaik di Aceh Singkil. Pulau ini memang tidak seluas pulau-pulau lainnya yang ada di Aceh Singkil, namun pesonanya tak kalah indah dibanding pulau lain. Banyak bebatuan yang terdampar di pasir putih yang menambah keindahan di pesisir Pulau. Selain itu, pulau ini mendapat julukan pulau sejuta penyu.

Lokasi: Haloban, Kec. Pulau Banyak Barat, Kab. Aceh Singkil.

Itulah 15 tempat wisata di Aceh Singkil yang dapat Anda kunjungi untuk mengisi liburan. Masih banyak lagi destinasi wisata bahari yang ada di Aceh Singkil. Jika Anda masih ada sisa waktu cobalah mengunjungi destinasi masyarakat lokal sehingga bisa berbaur dan merasakan bagaimana rasanya menjadi masyarakat Aceh Singkil.