Aceh

15 Tempat Wisata di Aceh Tamiang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Aceh Tamiang. Objek Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Aceh.

Destinasi wisata di Aceh Tamiang menjadi perbincangan banyak oleh banyak wisatawan entah itu dari lokal atau pun mancanegara. Dulunya Aceh Tamiang meruapakan bagian dari daerah di Aceh Timur. Namun, setelah beberapa waktu berjalan akhirnya Aceh Tamiang memiliki ibu kota sendiri yakni, Karang Baru yang memilki 12 kecamatan. Aceh Tamiang memiliki sebutan Bumi Muda Sedia.

Aceh Tamiang juga memiliki sumber daya alam di bidang pertambangan yang sangat bagus dan cocok untuk dikembangkan kedepannya. Kabupaten ini berjarak sejauh kurang lebih 130 km dari kota Medan yang juga memiliki banyak pesona pariwisata.

Bagi Anda yang hendak mengunjungi kabupaten ini, berikut ulasan 15 tempat wisata Aceh Tamiang yang paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Pantai Kuala Ketapang

Pantai Kuala Ketapang

Image Credit: Lancangkuning.com

Destinasi wisata yang pertama adalah Pantai Kuala Ketapang. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di Aceh Tamiang yang berlokasi di Kampung Majid Sungai Iyu. Pantai Kuala Ketapang sendiri memiliki ciri khas tersendiri yakni memiliki bibir pantai sepanjang 3 km serta pasir yang kecokelatan.

Tempat wisata ini sangat banyak dikunjungi oleh para rombongan keluarga sehingga sering dikenal bahwa tempat ini ramai untuk liburan keluarga. Bahkan di pantai ini juga tidak terlalu ramai seperti pantai pada umumnya, yang artinya pantai ini cocok untuk menjauhkan keramaian dari perkotaan.

Lokasi: Desa Sungai Iyu, Kec. Bendahara, Kab. Aceh Tamiang.

2. Kuala Paret

Kuala Paret

Image Credit: Wikipedia.org

Tempat selanjutnya adalah Kuala Palet yang berlokasi di daerah Desa Kaloi, Tamiang Hulu. Kuala Paret merupakan destinasi wisata yang masih belum terjamah oleh banyak. Kuala Paret menyuguhkan suara gemuruh dari air sungai yang mengalir sangat deras. Air sungai di Kuala Paret sangatlah jernih.

Sungainya pun membelah dua buah tebing cadas yang membuat kita harus lebih berhati-hati jika berkunjung kesini. Untuk bisa sampai di Kuala Paret akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Kuala Simpang.

Lokasi: Kaloy, Kec. Tamiang Hulu, Kab. Aceh Tamiang.

3. Air Terjun Sangka Pane

Air Terjun Sangka Pane

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Air Terjur Sangke Pane, wisata air yang berlokasi di Desa Pengidam, Kecamatan Bandar Pusaka. Air Terjun ini memiliki keindahan alam yang memukau dan udara yang masih bersih serta kualitas airnya yang bagus. Air Terjun Sangke Pane juga memiliki air yang jernih dan sangat dingin.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Utara Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Pegunjung air terjun ini biasanya berasal dari wisatawan lokal yang berada di kawasan Aceh Tamiang, namun ada beberapa juga wisatawan yang berasal dari luar kota untuk menyeksikan keindahannya. Perjalanan yang harus ditempuh untuk sampai ke Air Terjun Sangke Pane cukuplah jauh yakni berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Aceh Tamiang. Walaupun jarak yang ditempuh lumayan cukup jauh namun, hal ini akan tergantikan dengan keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun Sangke Pane.

Lokasi: Desa Cempega, Kec. Bandar Pusaka, Kab. Aceh Tamiang.

4. Air Terjun Tujuh Tingkat

Air Terjun Tujuh Tingkat

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Air Terjun Tujuh Tingkat berlokasi di kawasan Desa Selamat, Kecamatan Tegullun. Air Terjun Tujuh Tingkat juga tidak kalah dari air terjun lainnya yang ada di Aceh Tamiang, karena wisata air ini menawarkan keindahan dari air terjun yang memiliki tujuh tingkat. Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini biasanya ramai ketika musim libur sudah tiba.

Tempat wisata ini merupakan hasil dari pengelolaan swadaya oleh masyarakat yang menjadi sumber penghasilan utama di desa. Untuk bisa masuk kesini pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000. Di objek wisata ini juga pengunjung bisa bermain air sepuasnya.

Lokasi: Desa Selamat, Kec.Tenggulun. Kab. Aceh Tamiang.

5. Bukit Kerang

Bukit Kerang

Image Credit: Wikipedia.org

Bukit Kerang, tempat wisata ini berlokasi di kawasan Desa Gampong Jabu Labu, Kecamatan Bendahara. Bukit Kerang memiliki asal asul nama dari penemuan hewan moluska, yakni kerang yang tersusun rapi dan indah. Bukit kerang ini terdapat banyak tumpukan dari jutaan kerang dari sisa peradaban manusia purba di Aceh.

Mungkin tempat ini akan sangat cocok dikunjungi untuk study tour penelitian mengenai peradaban prasejarah. Untuk bisa menempuh ke Bukit Karang ini jarak yang harus ditempuh sekitar 30 km dari ibukota kabupaten.

Lokasi: Mesjid Bdh, Kec. Bendahara, Kab. Aceh Tamiang.

6. Pemandian Air Panas Kaloy

Pemandian Air Panas Kaloy

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Tempat wisata berikutnya adalah Pemandian Air Panas Kaloy, objek wisata ini berlokasi di Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu. Pemandian Air ini menawarkan keindahan yang memukau, mulai dari air panas dan pemandangan hijau yang ada di sepanjang aliran sungai. Pengunjung bisa mandi air panas sepuasnya disini.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Banda Aceh yang Paling Enak

Selain itu, air panas di lokasi wisata ini memiliki kandungan belerang dan bisa diyakini menyembuhkan penyakit kulit. Jadi disini pengunjung bisa sekaligus berliburan dan melakukan relaksasi mandi di air panas.

Lokasi: Tualang Niat, Kampung Selamat, Kec.Tenggulun, Kab. Aceh Tamiang.

7. Sungai Gunung Pandan

Sungai Gunung Pandan

Image Credit: Catatanranselijo.blogspot.com

Sungai Gunung Pandan merupakan objek wisata menarik yang berlokasi di Desa Tenggulun, Kecamatan Tenggulan. Sungai Gunung Pandan sendiri memiliki pemandangan alam yang indah dan asri serta pemandian di alam terbuka. Air sungai ini memiliki aliran air yang jernih untuk Anda yang suka bermain air.

Sungai Gunung Pandan sering digunakan untuk melakukan outbound anak pramuka atau pun kegiatan aktivitas luar lainnya. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini ada harus menempuh perjalanan sekitar 2 km dari kawasan perkebunan.

Lokasi: Desa kampung Selamat, Kec. Tenggulun, Aceh Tamiang.

8. Air Terjun Kembar

Air Terjun Kembar

Image Credit: Wisataasyik.com

Air Terjun Kembar ini berlokasi di Kampung Tenggulun, Kecamatan Tenggulu. Objek wisata ini memiliki nama Air Terjun Kembar karena ada dua air terjun yang berdiri sejajar dalam satu tempat. Air Terjun Kembar menyuguhkan objek wisata air yang memiliki pemandangan alam segar di sekelilingnya.

Pengunjung juga bisa bermain air dan mandi di bawah air terjun ini. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini akan membutuhkan jarak kurang lebih 60 km dari ibukota Kabupaten Aceh Tamiang.

Lokasi: Kampong Tenggulun, Kec. Tenggulu, Kab. Aceh Tamiang.

9. Istana Karang

Image Credit: Blast.portalsatu.com

Tempat wisata menarik lainnya adalah Istana Karang yang berlokasi di Desa Tj. Karang, Kecamatan Karang Baru. Istana Karang merupakan sebuah istana peninggalan dari Kerajaan Karang di Aceh Tamiang. Di tempat wisata ini menyuguhkan wisata sejarah dimana di dalam istana yang unik tersebut ada ruangan tembus pandang yang memiliki gendang raksasa seperti bedug.

Lokasi: Tanjung Karang, Kec. Karang Baru, Kab. Aceh Tamiang.

10. Istana Benua Raja

Istana Benua Raja

Image Credit: Detik.com

Istana Benua Raja berlokasi di Desa Benua Raja, Kecamatan Rantau. Istana Benua Raja memiliki jarak yang cukup dekat Istana Karang. Istana Benua Raja sendiri merupakan sebuah bangunan rumah biasa yang memiliki corak arsitektur Belanda yang didominasi oleh warna kuning. Bangunan unik dengan halaman hijau bisa menjadi tujuan tebaik untuk bersantai di akhir pekan.

Lokasi: Benua Raja, Kec. Rantau, Kab. Aceh Tamiang.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Aceh Besar Terbaru & Terhits Dikunjung

11. Gua Walet

Gua Walet

Image Credit: Toptravellingindonesia.blogspot.com

Tempat wisata Gua Walet ini merupakan sebuah gua dari saring burung walet. Sayangnya Gua Walet ini sudah tidak dikelola dan dirawat dengan baik oleh masyarakat. Di tempat wisata ini pengunjung bisa melihat sarang burung walet dari dekat serta melihat burung-burung walet yang berdatangan ke gua-gua ini.

Lokasi: Desa Kaloy, Kec. Tamiang Hulu, Kab. Aceh Tamiang.

12. Gua Pintu Kuari

Gua Pintu Kuari

Image Credit: Kompasiana.com

Objek wisata selanjutnya adalah Gua Pintu Kuari, yang berlokasi di Gampong Selamat, Kecamatan Tenggulun. Gua Pintu Kuari merupakan tempat wisata yang menyimpan situs budaya dan situs pra sejarah di Aceh. Di gua ini ada sebuah ornamen yang memiliki arti bahwa dulunya pernah dijadikan tempat tinggal bagi manusia purba di zaman pra sejarah.

Untuk pengunjung yang ingin mengeskplor tempat wisata ini harus menempuh jarak sekitar 45 km dari ibukota Kabupaten Aceh Tamiang, dan 7 km dari ibu kota Kecamatan.

Lokasi: Desa Selamat, Kec. Tenggulun, Kab. Aceh Tamiang.

13. Tangsar Alur Biak

Tangsar Alur Biak

Image Credit: Lsmpessat.blogspot.com

Tangsar Alur Biak ini merupakan tempat wisata air yang menarik berlokasi di Gampong Bengkelang, Kecamatan Bandar Pusaka. Pengunjung dapat bermain air dan menikmati keindahan alam disekitar permaindian. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini pengunjung harus menempuh jarak sekitar 40 km dari ibukota Aceh Tamiang, dan 10 km dari Kecamatan.

Lokasi: Kampong Bengkelang, Kec. Bandar Pusaka, Kab. Aceh Taming.

14. Wisata Lapangan Golf

Wisata Lapangan Golf

Image Credit: Lentera24.com

Wisata Lapangan Golf, yang berlokasi di Gampong, Kecamatan Rantau. Lapangan Golf ini sebenarnya bukanlah tempat wisata seperti biasanya, karena dibuat secara khusus untuk penggemar Golf. Bagi Anda yang memiliki hobi bermain olahraga eksklusif ini maka Anda dapat temukan dengan mudah saat berkunjung ke Aceh Tamiang.

Untuk pengunjung yang ingin bermain golf harus menempuh jarak kurang lebih 17 km dari ibukota Kabupaten Aceh Tamiang.

Lokasi: Kampung Pertamina, Kec. Rantau, Kab. Aceh Tamiang.

15. Pemandian Dam Kampung Selamat

Pemandian Dam Kampung Selamat

Image Credit: Dialeksis.com

Tempat wisata terakhir adalah Pemandian Dam Kampung Selamat, yang berlokasi di  Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun. Pemandian dam Kampung Selamat memiliki suasana yang sangat nyaman, damai, dan tentram. Objek wisata ini sering dikunjungi pada akhir pekan oleh rombongan keluarga, atau pun dengan teman. Pengunjung bisa bermain air dan mandi di tempat wisata ini.

Lokasi: Kampung Selamat, Kec. Tenggulun, Kab. Aceh Tamiang.

Itulah 15 tempat wisata di Aceh Tamiang yang bisa dijadikan referensi untuk melakukan liburan atau pun perjalanan di Kabupaten ini. Tentunya tempat wisata yang direkomendasikan patut untuk dikunjungi untuk menambah pengalaman traveling Anda.