Aceh

15 Tempat Wisata di Aceh Tenggara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Apa Saja Destinasi Menarik di Aceh? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Aceh Tenggara. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Aceh Tenggara menjadi surga wisata dengan daerah multikultural yang damai. Penduduk daerah sini terdiri dari bermacam suku, ras, dan agama yang semuanya damai tanpa ada konflik. Iklim positif tersebut yang membuat daerah beserta perangkatnya dapat fokus mengembangkan potensi daerah, salah satunya potensi wisata.

Banyak sekali wisata menarik dari mulai wisata alam, wisata sejarah dan budaya, wisata air, dll yang dapat Anda temui di Aceh Tenggara, berikut kami bagikan 15 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika datang ke daerah ini.

1. Wisata Masjid Agung At-Taqwa

Image Credit: Pikiranmerdeka.co

Aceh Tenggara mengangkat wisata halal untuk daerahnya, sebab mayoritas memang penduduknya beragama ini. Suku Alas, suku asli daerah ini juga memiliki tradisi dan adat yang sejalan dengan kultur islami.

Masjid Agung Taqwa menawarkan tempat wisata yang bernuansa islami. Berada di lahan 14.000 hektar untuk masjid, lapangan parkir, dan taman. Msajidnya sendiri dibangun seluas 2677 meter.  Masjid ini memiliki kubah emas dan terawat dengan sangat baik. Selain itu, terdapat lukisan khas budaya suku Alas. Kaligrafi yang dibuat didinding bercat hitam menambah kemegahan dan kemewahan masjid ini. Anda sebagai wisatawan dapat berkunjung ke masjid, atau bermain di daerah taman secara gratis.

Lokasi: Pulo Sanggar, Kec. Babussalam, Kab. Aceh Tenggara.

2. Bukit Ketambe

Bukit Ketambe

Image Credit: Mongabay.co.id

Ketambe adalah destinasi wisata internasional di Aceh Tenggara dengan menawarkan alam liar yang indah sekaligus menenangkan. Anda dapat melakukan ekpedisi petualangan di hutan yang alami dengan fauna dan flora liar. Memiliki luas sekitar 450 hektar Anda dapat menemui orang utan Sumatera di Ketambe. Selain itu Anda juga dapat menemui primata jenis lain seperti kukang (nycticebus coucang), beruk, siamang, kedih, dan monyet ekor panjang.

Selain menikmati kegaitan penjelajahan hutan Ketambe, Anda dapat menikmati arus sungai Alas yang liar untuk rafting. Lokasi bukit Ketambe berada sekitar 25 km dari pusat kota.

Lokasi: Ketambe, Kec. Ketambe. Kab. Aceh Tenggara.

3. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Image Credit: Wikipedia.org

Taman Nasional Gunung Leuser adalah salah satu kawasan cagar alam terbesar di Asia Tenggara yang membanggakan Aceh Tenggara. Taman Nasional ini menjadi sisa habitat terbaik di dunia untuk Gajah Sumatera. Selain itu disini juga hidup fauna yang masuk dalam daftar dilindungi seperti badak Sumatera, harimau Sumatera, orang utan Sumatera, dan tapir.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Aceh yang Paling Hits

Taman Nasional ini memiliki luas sekitar satu juta hektar dengan memiliki dua status berskala global sebagai Cagar Biosfer dan World Heritage ditetapkan oleh World Heritage Commite dan UNESCO. Hutan ini juga menyuplai air bagi empat juta masyarakat Sumatera Utara dan Aceh.

Waktu terbaik berkunjung ada di bulan Juni – Oktober. Tiket masuknya untuk wisata domestik sekitar Rp. 5.000 sementara untuk wisatawan mancanegara Rp. 150.000. Untuk hari libur nasional dan Minggu biasanya tiket berbeda lebih mahal.

Lokasi: Kong Paluh, Kec. Kutapanjang, Kab. Gayo Lues.

4. Bukit Cinta

Bukit Cinta

Image Credit: Wisatakemanaaja.blogspot.com

Bukit Cinta adalah salah satu spot wisata di Aceh Tenggara yang menawarkan pemandangan indah nan romantis sembari menikmati kopi gayo yang nikmat dari atas Bukit. Anda dapat melihat panorama Kota Kutacane dan Sungai Alas yang memikat dari atas bukit.

Nama bukit Cinta ini sendiri berasal dari pengunjung yang didominasi anak muda yang kasmaran. Nama aslinya sendiri adalah Bukit Lawe Sikap. Lokasinya berada di Kecamatan Darul Hasanah, sekitar lima kilometer dari ibukota Aceh Tenggara.

Lokasi: Jl. Bukit Cinta, Kec. Darul Hasanah, Kab. Aceh Tenggara.

5. Air Terjun Gulo

Air Terjun Gulo

Image Credit: Pesonaacehtenggara.blogspot.com

Air Terjun Gulo adalah wisata alam yang bisa Anda kunjungi ketika datang ke Aceh Tenggara. Lokasi ini menawarkan pemandangan indah dan air terjun yang cantik. Namun memang perjalanan menuju lokasi tidak terlalu mudah.

Ada dua pos yang perlu dilewati untuk mencapai destinasi wisata ini. Pertama pertama dapat dijangkau dengan melewati tanjangan yang terjal namun singkat sekitar 10 menit. Atau memilih jalur yang datar tapi memutar dan memakan waktu sekitar 30 menit.

Perjalanan menuju pos kedua juga cukup berat dengan jalan yang berbatu dan menanjak. Disarankan untuk mencapai pos dua dengan jalan kaki sekitar 1 jam atau menggunakan motr tracker untuk bisa lebih cepat. Meskipun sulit, namun semua akan terbalas dengan keindahan alami air terjun Gulo yang memikat. Bagi pencinta alam, tempat ini dapat jadi surga indah yang berkesan!

Lokasi: Desa Gulo, Kec. Darul Hasanah, Kab. Aceh Tenggara.

6. Arung Jeram Sungai Alas

Arung Jeram Sungai Alas

Image Credit: Infokotapalu.com

Bagi Anda pencinta wisata air, arung jeram di Sungai Alas dapat jadi pilihan yang seru. Sungai ini terpanjang di Provinsi Aceh melewati Gunung Leuser dan mengalir hingga Samudera Hindia.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Memiliki arus yang luar biasa membuat Sungai Alas menjadi lokasi arung jeram yang menarik penggemar baik domestik maupun manca negara. Anda juga dapat menginap ditepi sungai Alas sembari membakar ikan menikmati keindahan alam yang cantik dan menenangkan.

Lokasi: Jl. Blangkejeren – Kutacane No.Km, 32, Ketambe, Kec. Ketambe, Kab. Aceh Tenggara.

7. Tugu Benteng Kuta Reh

Tugu Benteng Kuta Reh

Image Credit: Kompasiana.com

Selain menawarkan wisata alam yang indah, Anda juga bisa menikmati wisata sejarah di Aceh Tenggara. Lokasi benteng ada di Kecamatan Bambel. Benteng ini menjadi pengenang tragedi Benteng Kuta Reh yang merupakan bagian dari Perang Aceh-Belanda ratusan tahun yang lalu. Di lokasi ini mati shaid 2.922 rakyat Alas dibantai oleh Belanda

Lokasi: Desa Kutarih, Kec. Babussalam, Kab. Aceh Tenggara.

8. Lawe Gurah

Lawe Gurah

Image Credit: Lintasgayo.co

Masih menawarkan wisata alam yang indah, Aceh Tenggara memiliki Lawe Gurah yang menawarkan pesona rimba yang cantik dan masih alami belum tersentuh tangan-tangan jail. Destinasi ini memiliki panorama alam yang indah lengkap dengan danau, air terjun, air panas, hingga tempat pengamatan flora dan fauna.

Anda dapat menempuh jalur jalan khusus bagi yang menyukai treking sekaligus Anda bisa melihat pemandangan dan kehidupan di menara pandang. Untuk jalur trekingnya sendiri dimulai dari Gurah hingga di sumber mata air panas dekat Sungai Alas. Jarak tempuh jalur treking sekitar 5 km yang biasa ditempuh selama 2 jam.

Sebuah destinasi wisata yang wajib dan cocok untuk para petualang yang pemberani. Anda dapat menemui flora fauna yang masih bebas dan menikmati malam yang hening dan asri dengan berkemah di lokasi Lawe Gurah.

Lokasi: Desa Ketambe, Kec. Ketambe, Kab. Aceh Tenggara.

9. Gua Lawe Sikap

Gua Lawe Sikap

Image Credit: Takengonnews.blogspot.com

Gua Lawe Sikap adalah satu destinasi wisata alam yang letaknya tak jauh dari air terjun sikap. Goa ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang alami dan belum dijamah tangan usil. Untuk mencapai lokasi, Anda hanya perlu menempuh sekitar 5 km dari Kota Kutacane.

Lokasi: Jl. Bukit Cinta, Babussalam, Kec. Babussalam, Kab. Aceh Tenggara.

10. Pemandian Air Panas Uning Sigugur

Pemandian Air Panas Uning Sigugur

Image Credit: News.metro24jam.com

Pemandian air panas Uning Sigugur adalah objek wisata yang miliki air panas dan dikenal dapat memberikan manfaat kesehatan bagi pengunjungnya. Tingkat suhu air bisa mencapai sekitar 80 derajat celcius.

Lokasi: Uning Sigugur, Kec. Babul Rahmah, Kab. Aceh Tenggara.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Aceh Besar Terbaru & Terhits Dikunjung

11. Pantai Goyang

Pantai Goyang

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Tak hanya menawarkan pemandangan alam di hutan, goa, taman, air terjun, Aceh Tenggara juga memiliki wisata pantai. Tentu saja bukan pantai bahari, sebab Aceh Tenggara daerahnya adalah daratan.

Pantai Goyang sebenarnya adalah taman wisata buatan sebagai tempat rekreasi keluarga. Disebut “Goyang” karena riuhnya suara pohon yang sering terdengar.

Lokasi: Desa Mamas, Kec. Darul Hasanah, Kab. Aceh Tenggara.

12. Lawe Gerger

Lawe Gerger

Image Credit: Sembilanbelas.id

Lawe Gerger adalah pemandian belerang satu-satunya di Aceh Tenggara. Lokasinya berada di Gampong Jongar kecamatan Ketambe. Sumber air panas bersumber dari pegunungan Lawe Gerger.

Selain menjadi tempat pemandian air panas, lokasi ini juga menawarkan fasilitas pendukung lain dari mulai area permainan anak, lahan parkir, petugas kebersihan, kolam renang.

Lokasi: Desa Jongar, Kec. Ketambe, Kab. Aceh Tenggara.

13. Waterpark Kutacane

Waterpark Kutacane

Image Credit: Radarindo.co.id

Jika Anda berlibur ke Aceh Tenggara bersama keluarga, Anda dapat mengajak mereka bersenang-senang di taman air waterpark Kutacane. Dibangun oleh pemerintah daerah, waterpark ini berada di sebelah GOR Kabupaten Aceh Tenggara.

Lokasi: Lawe Perbunga, Kec. Babul Makmur, Kab. Aceh Tenggara.

14. Pantai Timur

Pantai Timur

Image Credit: Nusantaranews.co

Pantai Timur adalah pemandian yang terletak di timur Aceh Tenggara, tepatnya di desa Lawe Kinge di kawasan kebun sawit. Pantai Timur ini sebenarnya adalah saluran irigasi untuk mengairi pertanian yang memiliki air yang sangat jernih sehingga menarik perhatian sehingga banyak orang datang untuk mandi dan menikmati kesegaran alam yang sejuk.

Lokasi: Desa Lawe Kinga, Kec. Lawe Bulan, Kab. Aceh Tenggara.

15. Air terjun Sampuran Manuk

Image Credit: mongabay.co.id

Air terjun Sampuran Manuk menjadi tempat wisata alam yang unik. Air terjun ini berada di daerah Lawe Bengkung. Aksesnya memang cukup panjang dan tidak mudah, sebab Anda harus menggunakan perahu motor untuk sampai ke lokasi. Untuk menju Lawe Bengkung sendiri bisa dilalui dari Dewa Salim pipit kemudian melakukan perjalan darat selama tiga jam.

Namun sulit dan jauhnya lokasi ini akan terhapus dengan pemandangan cantik nan indah dari air terjun Sampuran Manuk. Air terjun ini langsung jatuh di Sungai Alas, sebuah air terjun yang unik dan indah. Sangat sayang untuk dilewatkan bagi Anda pencinta wisata alam yang pemberani dan suka berpetualang.

Lokasi: Pasir Belo, Kec. Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Itulah 15 tempat wisata di Aceh Tenggara yang dapat menjadi referensi Anda ketika berlibur di sini. Banyak sekali yang bisa Anda pilih dari mulai wisata alam, wisata keluarga, hingga wisata sejarah. Semua menawarkan keindahan dan keunikan Aceh Tenggara yang akan memukau dan menarik perhatian sehingga membuat liburan kali ini menjadi berkesan. Semoga bermanfaat.