Aceh

15 Tempat Wisata di Aceh Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Aceh? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Aceh Timur Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits untuk Mendapatkan Liburan yang Lebih Berkesan.

Aceh Timur menawarkan banyak sekali tempat wisaya yang sayang jika sampai dilewatkan. Dengan keindahan panorama alam dengan keunikan khas daerahnya, destinasi wisata yang disajikan cocok untuk liburan Anda kali ini.

Meskipun dulu sempat terkenal dengan konflik dari separatis, namun kini sepenuhnya Aceh Timur menjadi daerah yang aman dan bebas ancaman konflik. Jadi tak perlu khawatir untuk menikmati keindahan alamnya yang memukau. Berikut ulasan 15 tempat wisata di Aceh Timur untuk referensi liburan Anda.

1. Air Terjun Terujak/Weh Hilang

Air Terjun Terujak Weh Hilang

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Air terjun ini berada di Kecamatan Serba Jadi. Air Terjun Terujak atau biasa disebut air terjun Weh Hilang merupakan destinasi wisata yang sangat cantik dan cocok bagi Anda pencinta alam. Anda akan menmukan pemandangan air terjun yang sering disebut salah satu surga tersembunyi dari Aceh Timur. Seperti tempat wisata air terjun lain, lokasinya memang cukup sulit diakses. Jalan menuju lokasi penuh tanjakan dan lubang sehingga disarankan menggunakan kendaaran untuk menuju lokasi.

Begitu sampai di area air terjun, Anda masih perlu jalan kaki sepanjang satu kilometer. Di sinilah Anda akan menemukan keindahan alam air terjun yang cantik dengan pemandangan yang menenangkan. Anda juga dapat merasakan kesegaran dari air yang jernih kolam pemandian alami di lokasi air terjun. Keadaan yang masih asri alami membuat liburan Anda menjadi semakin mengesankan k etika berkunjung ke sini. Jangan lupa siapkan bekal dan fisik yang kuat sebelum menuju Air Terjun Terujak.

Lokasi: Terujak, Kec. Serba Jadi, Kab. Aceh Timur.

2. Pemandian Air Panas Terujak

Pemandian Air Panas Terujak

Image Credit: Pidii.info

Lokasinya berada didekat air terjun Terujak. Menawarkan tempat untuk pemandian dengan air panas alami, Anda dapat merasakan kesegaran setelah melewati jalur akses perjalanan yang memang cukup sulit. Pemandian Air Panas Terujak ini biasa juga disebut Lokop Serbe.

Lokasi wisata ini menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan domestik, terutama di hari liburan.

Lokasi: Terujak, Kec, Serbajadi, Kab. Aceh Timur.

3. Wisata Alam Bunin

Wisata Alam Bunin

Image Credit: Mongabay.co.id

Wisaata alam Bunin ini merupakan salah satu mutiara tersembunyi dari Aceh Timur. Lokasinya berada di kaki Kawasan Leuser. Sekitar tiga jam perjalanan dari Kota Langsa dan dua jam perjalanan dari Banda Aceh. Di lokasi ini Anda dapat menemukan hutan dan sungai yang masih alami.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Simeulue Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Di lokasi ini juga terdapat Conservation Response Unit atau CRU untuk Gajah Sumatera. Anda dapat berkemah di sini sekaligus melihat aktivitas gajah-gajah yang sudah jinak. Tentu saja dengan panorama alam peopohonan dan sungai yang sangat cantik. Membuat liburan Anda menjadi sangat berkesan dan menenangkan sebab benar-benar jauh dari keriuhan kota.

Lokasi: Desa Bunin, Kec, Serbajadi, Kab. Aceh Timur.

4. Air Terjun Alue Nyamuk

Air Terjun Alue Nyamuk

Image Credit: Pidii.info

Air terjun Alue Nyamuk menawarkan keindahan wisata alam yang masih asri dengan pemandangan indah. Sangat sayang sekali untuk dilewatkan terutama bagi Anda pencinta wisata alam yang suka berpetualang.

Lokasi air terjun Alue Nyamuk berada di Kecamatan Birem Bayeun, jika berangkat dari ibukota Aceh Timur, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 55 km dengan kendaraan. Meskipun cukup jauh, namun air terjun Alue Nyamuk menawarkan tempat wisata yang strategis dan sangat cantik.

Lokasi: Alue Nyamuk, Kec. Birem Bayeu, Kab. Aceh Timur.

5. Pantai Kuala Beukah

Pantai Kuala Beukah

Image Credit: Twitter.com

Destinasi wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi selama berlibur adalah Pantai Kuala Beukah. Lokasinya berada di Kecamatan Peureulak tepatnya di Desa Paya Lipah. Jika Anda berangkat dari Kabupaten Aceh Timur perlu menempuh perjalanan sekitar 44 km dengan kendaraan.

Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang indah dengan air yang bersih dan bibir pantai yang panjang serta luas. Anda dapat melakukan beragam aktivitas dari mulai berenang, memancing, dan kegiatan pantai lainnya. Dengan ombak Selat Malaka yang lembut dan angin yang hembusannya pelan membuat pantai ini menjadi sangat nyaman dan menenangkan.

Lokasi: Desa Paya Lipah, Kec. Peureulak, Kab. Aceh Timur.

6. Makam Puteri Nurul A’la

Selain menawarkan objek wisata alam yang memukau dengan keindahan bak surgawi, Aceh Timur juga memiliki beberapa wisata religi dan budaya yang dapat Anda kunjungi untuk memperkaya wawasan. Salah satunya adalah Makam Putri Nurul A’la, yaitu putri Sultan Perlak kesebelas yang melanjutkan perjuangan sang ayah untuk menjabat sebagai perdana menteri sekaligus panglima perang yang gagah berani.

Lokasi makam Putri Nurul A’la berada di kecamatan Rantau, sekitar 52 km dari ibukota Aceh Timur. Lokasi makam berada di pinggir sungai Peureulak.

Lokasi: Seumanah Jaya, Kec. Rantau Peureulak, Kab. Aceh Timur.

7. Vihara Murni Sakti

Vihara Murni Sakti

Image Credit: Asppiacehtimur.blogspot.com

Vihara Murni Sakti atau Tepekong Chin Sui Co Su adalah salah satu wihara tertua di Asia Tenggara. Vihara berdiri dari tahun 1880 yang lalu pada masa Kerajaan Idi yang dipimpin oleh Tuanku Chik Bin Guci. Lokasinya berada di Gampung Jawa, kecamatan Idi Rayeuk. Vihara ini menjadi saksi buisu bagaimana wilayah kerajaan Idi saat itu menjadi salah satu kawasan perdagangan di pantai timur sehingga banyak dikunjungi oleh banyak bangsa.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Aceh yang Paling Hits

Tuanku Chik Bin Guci saat itu membangun vihara ini sebagai tempat ibadah bagi mereka orang Tiongkok yang telah menetap. Raja mengijinkan pembangunan tersebut namun dengan syarat saudagar Tiongkok harus membangun sebuah rumah besi untuk kerajaan.

Lokasi: Gampong Jawa, Kec. Kuta Raja, Kota Banda Aceh.

8. Bekas Kerajaan Islam Peureulak/Monisa

Bekas Kerajaan Islam Peureulak Monisa

Image Credit: Evahazmainihz.blogspot.com

Anda dapat melakukan wisata religi lain ketika berkunjung ke Aceh Timur dengan datang ke Bekas Kerjaan Islam Peureulak atau biasa dikenal masyarakat dengan nama MONISA (Monumen Islam Asia Tenggara).

Kerajaan islam Peureulak adalah skerjaan islam pertama di Asia Tenggara yang didirikan di tahun 840 Masehi. Raja pertama kerajaan ini adalah Sultan Akaidin Syared Maulana Abdul AzisSyah.

Anda dapat menyusuri bagaimana berkembangnya islam di masa lalu di Aceh Timur dengan datang ke lokasi ini. Bekas kerajaan ini letaknya sekitar 6 km dari kota Peureulak atau sekitar 26 km dari ibukota Aceh Timur.

Lokasi: Desa Paya Meuligoe, Kec. Peureulak, Kab. Aceh Timur .

9. Wisata Kuliner Mie Aceh

Image Credit: Acehtourism.travel

Masakan khas Aceh selalu memiliki rasa khas yang lezat sebab dipengaruhi oleh beberapa budaya seperti India, China, Arab, Sepanyol, dan Belanda. Begitu pula dengan Mie Aceh, kuliner khas ini sangat kental dengan bumbu dan rempah-rempah, menjadi sajian lezat yang sayang sekali dilewatkan ketika berkunjung ke Aceh Timur.

Cafe terapung adalah salah satu lokasi wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati Mie Aceh yang khas dengan menikmati pemandangan hutan Bakau disekitar. Lokasinya berada di kecamatan Rantau Selamat sekitar 45 km dari ibu kota kabupaten Aceh Timur.

Lokasi: Meunasah Teungoh, Kec. Nurussalam, Kab. Aceh Timur.

10. Pantai Leuge

Pantai Leuge

Image Credit: Travellink-indonesia.com

Pantai Kuala Legue atau biasa juga disebut Pantai Leuge adalah salah satu wisata pantai populer di daerah Aceh Timur. Dengan panjang pantai sekitar 4 km dan pemandangan yang indah, pantai ini sering dianggap sebagai surganya pantai di Aceh Timur. Anda akan merasakan suasana tenang dengan pasir putih yang lembut.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bener Meriah Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Desa Leuge, Kec. Peureulak, Kab. Aceh Timur.

11. Pantai Paya Bili

Pantai Paya Bili

Image Credit: Pidii.info

Pantai ini menawarkan panorama yang indah dengan hembusan angin yang menenangkan. Lokasi Pantia Paya Bili berada di Kecamatan Peudawa sekitar 11 kilometer dari ibukota Aceh Timur. Anda juga bisa menikmati keindahan pantai sambil menikmati air kelapa muda yang dijajakan oleh pedagang setempat.

Lokasi: Desa Paya Bili, Kec. Birem Bayeun, Kab. Aceh Timur.

12. Masjid Agung Darussalihin

Masjid Agung Darussalihin

Image Credit: Singgahkemasjid.blogspot.com

Masjid Agung Darusshalihin adalah salah satu wisata religi yang menawarkan indahnya arsitektur menawan perpaduan Turki dan Arab. Lokasinya berada di pusat kota Idi Rayeuk. Sebagai masjid agung, banyak kegiatan bernuansa islami yang sering di adakan di sini.

Lokasi: Kampung Jawa, Kec. Idi Rayeuk, Kab. Aceh Timur.

13. Pantai Kuala Parek

Pantai Kuala Parek

Image Credit: Seringjalan.com

Pantai Kuala Parek adalah pantai yang menawarkan keindahan pantai alami dengan gugusan batu karang yang eksotis. Lokasinya berada di Kecamatan Sungai Raya tepatnya di Desa Kuala Parek sekitar 12 kilometer dari kecamatan Sungai Raya.

Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan ombah yang tidak besar, sehingga membuat nyaman untuk mandi di air lautnya. Kedalamannya cukup dangkat sehingga tidak terlalu berbahaya untuk mandi di sini.

Anda juga bisa mencari kerang unik yang banyak berada di sekitar pantai, atau sekedar menikmati pemandangan laut dengan pasir putih dan pohonan yang menjorok indah atau melihat biota laut dari atas permukaan sebab airnya jerinih.

Lokasi: Kuala Parek, Kec. Sungai Raya, Kab. Aceh Timur.

14. Pantai Matang Rayeuk

Pantai Matang Rayeuk

Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Pantai Matang Rayeuk menawarkan pemandangan pantai yang luas serta aktivitas dari nelayan-nelayan di Aceh Timur. Lokasinya berada di kota Idi Rayeuk, sekitar 59 km dari kota, Anda dapat menemukan keindahan panorama pantai sekaligus melihat langsung kehidupan sosial warga pinggir pantai di sini. Jika Anda beruntung datang di waktu yang pas Anda juga bisa mendapatkan ikan dari nelayan yang baru berlabuh.

Lokasi: Matang Rayeuk, Kec. Peudawa, Kab. Aceh Timur.

15. Pantai Kuala Geulumpang

Image Credit: Wisatalengkap.com

Pantai Kuala Geulumpang menjadi salah satu tempat wisata pantai lain yang jadi andalan Aceh Timur. Dengan pasir putih lembut dan pemandangan alami yang masih terjaga, membuat wisata di lokasi ini sayang sekali untuk dilewatkan. Lokasinya berada di dekat ibukota Aceh Timur, Idi Rayeuk tepatnya di Kecamatan Julok.

Lokasi: Kuala Parek, Kec. Sungai Raya, Kab. Aceh Timur.

Itulah 15 tempat wisata menarik di Aceh Timur yang dapat Anda kunjungi selama berlibur. Semuanya menawarkan keindahan alami yang cantik dan eksotik. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.