Sumatra Barat

15 Tempat Wisata di Agam Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Jika Berencana Liburan ke Agam, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Agam, Sumatera Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Kota Agam adalah salah satu kota yang ada di wilayah Sumatera Barat. Nama agam sendiri memiliki makna yang berbeda dalam berbagai bahasa. Misalnya, dalam Bahasa Ibrani berarti danau atau rawa. Hal ini serumpun dengan nama agamon yang berarti ilalang atau rumput. Sedangkan dalam Bahasa Minang, Agam berarti sebuah wilayah atau kawasan. Sesuai dengan namanya, Wilayah Agam ini memang memiliki kawasan rawa dan daratan yang subur. Tidak heran jika banyak lokasi indah nan sejuk yang bisa dijadikan tempat asik untuk bercanda bersama sahabat atau keluarga.

Luas wilayah kota ini setidaknya berjumlah 2.232 Km2. Dengan luas yang beitu besar tentu wilayah ini memiliki panorama alam yang indah dan memukau. Banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi selama sepekan karena wilayahnya cukup luas dan tentu memakan waktu cukup lama untuk menghabiskan tiap sudut lokasi.

Menghabiskan waktu bersama orang tercinta tentu akan lebih menyenangkan bukan? Terlebih jika berada di tempat yang menyenangkan seperti Kota Agam di Sumatera Barat ini. Cobalah datang ke 15 tempat wisata di Agam berikut sebagai referensi liburan yang menyenangkan.

1. Air Terjun Langkuik Tamiang

Air Terjun Langkuik Tamiang

Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Bak pemandangan surga, aliran sungai di air terjun ini sangat indah dan memukau. Pasalnya, air terjun ini memiliki debit air yang cukup sedang. Bila masuk musim hujan tidak terlalu deras sehingga bisa menghibur diri dengan cukup baik. Air Terjun Langkuik Tamiang memiliki tinggi 100 meter dengan pancuran air dari seribu sumber.

Jadi, air terjun tersebut tidak hanya berasal dari sungai, namun juga berasal dari tebing batu yang tinggi, kemudian ada aliran air sepanjang 10 meter dengan tumbuhan hijau yang mengitari. Memang layak bahwa air terjun ini disebut sebagai pemandangan surga karena memang sangat indah.

Lokasi: Malalak Barat, Kec. Malalak, Kab. Agam.

2. Air Terjun Gadih Ranti

Air Terjun Gadih Ranti

Image Credit: Minangkabaunews.com

Meski pemandangan di sekitar air terjun ini tidak seindah Air Terjun Langkuik Tamiang namun pesona juga tidak bisa diremehkan begitu saja. Tebing batu dan tumbuhan hijau yang ada di sekitarnya juga cukup menarik. Konon, bagi lelaki yang mandi di bawah air terjun akan bertemu dengan putri jelita. Namanya juga cerita rakyat, jadi ada kemungkinan hal tersebut hanya khayalan belaka.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Payakumbuh Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Nagari Tanjung Sani, Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam.

3. Danau Maninjau

Danau Maninjau

Image Credit: Heikaku.com

Ini adalah salah satu danau yang terkenal di Kota Agam. Danau ini memiliki wilayah yang bagus dan sejuk. Panoramanya sangat indah sehingga siapa saja yang datang akan setuju untuk menginap.

Ada banyak hotel ternama yang bisa Anda kunjungi untuk menginap. Plus dengan harga yang sesuai layanan. Cobalah datang ke danau ini dan nikmati alam yang indah tersebut bersama keluarga. Tentu akan lebih menyenangkan.

Lokasi: Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam.

4. Lawang Park

Lawang Park

Image Credit: Explorewisata.com

Tempat ini dikenal dengan nama Taman Lawang karena memiliki pemandangan yang seperti taman. Berada di ketinggian 1.210 mdpl dengan view danau, bukit dan persawahan. Wilayah yang indah ini bisa Anda masuki dengan biaya masuk sebesar Rp. 20.000,- Mungkin dapat dikatakan mahal, namun fasilitas yang Anda dapat akan sesuai dengan harganya.

Beragam fasilitas yang tersedia diantaranya rumah makan yang nyaman, taman yang luas untuk bermain dan bisa bermain parasut. Hanya saja untuk naik ke parasut ini butuh biaya tambahan untuk bisa menikmatinya.

Lokasi: Jl. Lintas Lawang Park – Ambun Pagi Nagari Lawang, Kab. Agam.

5. Air Terjun Badorai

Air Terjun Badorai

Image Credit: Wisataterbaru.net

Rute untuk sampai ke air terjun ini cukup seram dan berbahaya karena berada di tengah hutan yang belum terjamah manusia. Untuk dapat sampai ke lokasi, Anda harus bersama orang yang sudah ahli dalam menjelajah hutan agar tidak tersesat atau bahaya. Sesuai dengan nilai perjuangan tentu view air terjun ini juga sangat memukau. Setidaknya ada 3 tingkatan air terjun yang akan membuat Anda tak berhenti memuji kebesaran tuhan.

Lokasi: Sungai Pua, Kab. Agam.

6. Ekowisata Lasi

Ekowisata Lasi

Image Credit: Pituluik.com

Berikutnya ada sebuah agrowisata dengan menamakan diri sebagai ekowisata. Selain memberikan wawasan mengenai tanaman, tempat ini juga memberikan informasi mengenai cara perdagangan.

Beberapa tanaman yang ada di kebun ini antara lain buah jeruk, markisa, dan sayur. Selain itu, ada juga lokasi yang asik untuk outbond atau sekedar melakukan trekking. Hamparan hijau, luas dan rapi menjadi ciri khas dari tempat ini.

Lokasi: Kenagarian Lasi, Kec. Candung, Kab. Agam.

7. Pantai Tiku

Pantai Tiku

Image Credit: Doripos.com

Banyak aktivitas nelayan yang transit di pantai ini. Tidak heran jika pada malam dan pagi hari selalu ramai akan banyaknya orang yang hendak berlayar atau sekedar ingin membeli hasil laut. Selain itu, pemandangan yang ada di pantai ini juga sangat indah. Banyak fasilitas yanga di pantai ini seperti toilet, persewaan perahu, dan sewa ban pelampung.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Pesisir Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Agam, Tiku Selatan, Kec. Tanjung Mutiara, Kab. Agam.

8. Masjid Raya Bayur

Masjid Raya Bayur

Image Credit: Wikipedia.org

Berikutnya ada wisata religi di masjid yang indah dan besar seperti Masjid Raya Bayur. Arsitektur dari masjid ini merupakan perpaduan antara budaya Minang dan Thailand. Kemudian pada bagian dekat kubah ada menara kecil yang sangat indah.

Cat bewarna hijau dan putih tetap memberikan kesan megah nan sejuk yang akan membuat orang merasa betah berada di tempat ini. Tidak heran jika banyak orang yang suka datang ke sini guna menghabiskan waktu untuk ibadah atau sekedar selfie.

Lokasi: JL. Lubuk Basung-Bukittinggi, Jorong Kapalo, Koto Nagari Bayua, Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam.

9. Kelok 44

Kelok 44

Image Credit: Soksinews.com

Ini adalah salah satu jalan yang memiliki rute curam dan mengerikan. Jika melewati jalan ini sebaiknya berhati-hati karena dapat memakan banyak korban. Rasakan getaran adrenalin yang bergejolak lebih cepat dari biasanya karena kelokannya sangat tajam dan mengerikan. Kemudian cobalah ambil foto dari berbagai sudut, Anda akan mememukan gambar yang pas dan sesuai dengan keinginan.

Lokasi: Jl. Kelok 44, Kab. Agam.

10. Gunung Marapi

Gunung Marapi

Image Credit: Jelajahiya.blogspot.com

Meski namanya hampir sama dengan gunung yang ada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah namun gunung ini letaknya di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Panorama yang ada di sekitar gunung ini sangat indah dan memukau. Anda dapat melihat kawah dan puncak merapi dengan melewati rute yang tajam dan melelahkan.

Selanjutnya, Anda akan mendapat view yang indah berupa jalanan di antara sawah dan bukit, kemudian ada danau dan laut yang ada di sekitarnya. Sungguh seperti lukisan hidup yang nyata.

Lokasi: Kab. Tanah Datar, Kab. Agam dan Kotamadya Padang Panjang.

11. Benteng Jepang Muko-Muko

Benteng Jepang Muko-Muko

Image Credit: Caretet.com

Salah satu bukti sejarah bahwa dulunya, nusantara pernah dijajah oleh Jepang yakni dengan adanya Benteng Jepang Muko-Muko ini. Sebuah tembok besar yang berfungsi sebagai benteng ini memiliki view yang sangat indah.

Tidak hanya bernilai sejarah saja, namun Anda juga akan mendapat penghargaan berupa indahnya matahari terbenam. Dengan datang ke benteng ini pada sore hari, Anda dapat menyaksikan moleknya matahari yang sedang terbenam.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Padang Lawas Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Muko-Muko, Kec.Tanjung Raya, Kab. Agam.

12. Pantai Bandar Mutiara

Pantai Bandar Mutiara

Image Credit: Infopublik.id

Kota Agam yang terletak di pinggir pulau memiliki wisata pantai yang cukup banyak, salah satunya Pantai Bandar Mutiara ini. Panorama pasir putih dan beningnya air laut sangat indah dan menyejukkan.

Angin yang berhembus mampu melepas rasa gerah dalam tubuh, kemudian hamparan laut yang luas akan membuat hati merasa tenang dan damai. Anda dapat melakukan beragam aktivitas di panti ini antara lain berenang, bermain air atau berlayar dengan perahu kecil.

Lokasi: Tiku Selatan, Kec. Tanjung Mutiara, Kab. Agam.

13. Pantai Ujung Karang

Pantai Ujung Karang

Image Credit: Pesona-minangkabau.blogspot.com

Tidak jauh berbeda dengan kondisi pantai yang ada di wilayah Sumatera, pantai ini juga memberikan panorama yang indah dan memukau. Air lautnya bewarna biru, berasal dari pantulan cahaya dari langit.

Beningnya air pantai membuat Anda bisa melihat beberapa biota laut yang ada di dasar laut. Sangat cantik dan menarik. Biasanya para pengunjung sering menghabiskan waktu sambil duduk santai kemudian menunggu matahari tenggelam perlahan. Sangat anggun dan menyenangkan bukan?

Lokasi: Lubukbasung, Kab. Agam.

14. Bukit Sakura

Bukit Sakura

Image Credit: Prokabar.com

Meski namanya bukit sakura namun di bukit ini tidak ada bunga sakura sama sekali. Hanya saja ada sebuah jenis bunga yang bentuknya mirip sekali dengan bunga sakura. Karena itulah bukit ini dinamakan bukit sakura.

Selain memiliki tumbuhan yang langka dan menarik, bukit ini juga memiliki panorama hutan perawan yang cukup indah. Anda dapat melakukan trekking yang asik bersama sahabat atau para pecinta alam lainnya. Tentu akan menjadi pengalaman lain yang berbeda bukan?

Lokasi: Baringin, Kec. Palembayan, Kab. Agam.

15. Sungai Janiah

Image Credit: Salsazawasa.wordpress.com

Sebuah sungai besar dengan debit air yang cukup deras. Meski demikian aktivitas yang dapat dilakukan di sungai cukup banyak seperti berlayar dengan perahu, berenang atau memancing. Beragam aktivitas tersebut dapat merefresh kepala dan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Dengan melakukan aktivitas yang baik maka tubuh akan merespon dengan cara yang baik. Itulah yang membuat tubuh tetap segar dan berkembang.

Lokasi: Jorong Sungai Janiah, Tabek Panjang, Kec. Baso, Kab. Agam.

Itulah 15 tempat wisata di Agam yang akan membuat Anda terpukau. Cobalah meluangkan waktu bersama sahabat atau keluarga untuk melepas penat. Tentu akan menjadi sebuah moment yang indah jika dapat menghabiskan waktu yang penting bersama orang tercinta. Terutama saat liburan yang hanya memiliki beberapa saat saja. Pastinya, hal tersebut dapat menciptakan suasana yang santai dan romantis bagi pasangan atau keluarga. Semoga liburan Anda menyenangkan.