Sumatra Utara

10 Tempat Wisata di Asahan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Asahan, Sumatera Utara. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Asahan adalah salah satu Kabupaten di Sumatera Utara. Wilayah ini begitu luas dan terbentang pesona alam nan memukau. Siapapun yang gemar traveling, Anda dapat menjadikan Asahan menjadi destinasi terbaik. Cara mengunjungi lokasi terbilang mudah. Anda cukup menggunakan jalan lintas Sumatera dengan waktu tempuh hanya 4 jam saja.

Ketika Anda berkunjungi di kabupaten ini, maka jangan sampe melewatkan 10 tempat wisata di Asahan yang favorit dikunjungi wisatawan:

1. Pansur Napitu

Pansur Napitu

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Destinasi pertama ini berupa pemandian yang lokasinya berada di daerah desa Gunung Berkat, Bandar Pulo. Pemandian bukanlah seperti umumnya. Saat Anda berada disana ketenangan hati dan pikiran langsung terpenuhi. Karena nuansa asri, jernih dan damai memenuhi lokasi pemandian. Hal pertama yang membuat wisatawan takjub yakni kondisi airnya. Air dalam pemandian tersebut sangat jernih. Yang mana warna airnya persis seperti air laut. Warna itu berupa biru jernih tanpa ada kotoran apapun didalamnya. Ketika Anda melihatnya dari permukaan dasar pemandian ikut terlihat jelas.

Kegiatan yang menarik dilakukan di Pansur Napitu adalah berenang ataupun duduk santai di dekat pemandian. Di area sekitar pemadian ini dikelilingi pepohonan nan rimbun. Anda dijamin puas berlama-lama di pemandian yang dalam bahasa Indonesia bermakna pancaran tujuh.

Lokasi: Gunung Berkat, Kec. Bandar Pulau, Kab. Asahan.

2. Danau Kelapa Gading

Danau Kelapa Gading

Image Credit: Prioritas.co.id

Asahan juga menpunyai daerah bernama Kelapa Gading. Nama ini sudah tak asing lagi karena merupakan wilayah perkotaan di Jakarta. Namun Kelapa Gading di Asahan berbeda yang bentuknya berupa danau buatan, dikelilingi pemandangan rindang, serta aneka restoran kekinian ada di sana. Anda akan dimanjakan dengan alam danau yang indah sambil bersantap menu lezat penggugah selera. Apalagi konsep desain restorannya sangat instagramable Anda dijamin enggan pergi terlalu cepat saat tiba di sana.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Binjai yang Paling Enak

Lokasi: Kisaran Naga, Kec. Kisaran Timur, Kab. Asahan.

3. Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot

Image Credit: Indoholidaytourguide.com

Salah satu area wisata yang harus dikunjungi berikutanya yakni air terjun Ponot. Ketinggian air terjun mempunyai ukuran 250 meter. Memang sangat tinggi sekali dibandingkan ukuran umumnya. Maka tidak heran kalau dinobatkan sebagai yang tertinggi di Indonesia. Banyak wisatawan datang ke sana untuk sekedar berfoto atau menikmati keindahan alamnya.

Suasana memang masih asri, dan sejuk dengan ragam pepohonan serta bebatuan indah berjajar rapi. Ditambah lagi deburan air terjun yang sangat fenomenal menjadikan tempat ini semakin eksotik. Anda akan sangat terpuaskan saat sampai di area air terjun tersebut. Pastinya Anda betah berada lama sembari menikmati pesonanya.

Lokasi: Tangga, Sampuran Siarimo, Halado, Kec. Pintu Pohan Merant, Kab. Asahan.

4. Sungai Asahan

Sungai Asahan

Image Credit: Genpi.co

Tempat keempat ini bukanlah sekedar sungai biasa. Seliingnya ditumbuhi aneka tanaman, airnya begitu deras, dan dijadikan spot arung jeram. Bagi Anda penggemar olahraga ekstrem, tempat ini sangat cocok. Mereka yang mengunjungi sungai asahan tujuannya memang untuk arung jeram. Bagi pengunjung pemula jangan khawatir. Spot khusus pemula disediakan. Begitu juga dengan mereka yang telah mahir dalam olahraga ini. Spot untuk mereka juga tersedia. Pokoknya semua hal tentang arung jeram memang sungai Asahan tempatnya. Apalagi sungai tersebut dipakai untuk turnamen arung jeram nasional dan internasional.

Lokasi: Sungai Lama, Kec. Simpang Empat, Kab. Asahan.

5. Wisata Bedeng 7

Wisata Bedeng 7

Image Credit: Portalwisata.co.id

Wisata yang satu ini berupa sungai jernih, indah dan tenang airnya. Meskipun ada pengunjung yang ingin berenang tidaklah masalah. Selain aman karena tidak ada arus kuatnya. Kondisi airnya masih bersih dan alami. Sehingga saat kulit bersentuhan sensasi dingin menyegarkan akan sangat terasa. Selain airnya pesona alam di sini menarik. Deretan pepohonan hijau, jembatan gantung, serta sarang burung raksasa adalah area lain yang siap menggetarkan pengunjung. Spot tersebut sering dipakai untuk kegiatan berselfie bagi pengunjung. Keunikan yang dihadirkan memang tiada duanya. Bahkan tampilannya sangat menawan hati. Karena segalanya terawat dengan baik.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pematangsiantar Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Marjanji Aceh, Kec. Aek Songsongan, Kab. Asahan.

6. Air Terjun Alam Tani

Air Terjun Alam Tani

Image Credit: Wisato.id

Lokasi berikutnya berupa pemandangan air terjun. Ketinggiannya tidak seperti Ponot, akan tetapi ada sisi lain dari tempat ini yang menarik pengunjung. Diantara kucuran deras dari air terjun ini, ternyata menyimpan sebuah keanehan. Goa kecil yang masih kokoh dan utuh terselip dibalik air terjun. Tentu saja ini menjadi hal tak biasa bagi para wisatawan. Meskipun begitu keindahan objek wisata ini berbaur sempurna dengan aneka tanaman hijau subur dan jernihnya air terjun.

Lokasi: Loburrapa, Kec. Aek Songsongan Kab. Asahan.

7. Puncak Galau

Puncak Galau

Image Credit: Merahputih.com

Ketika Anda tiba pada lokasi ini, mata, hati dan pikiran terpuaskan dengan indahnya pesona yang dihadirkan. Kecantikan Asahan dapat Anda lihat dari ketinggian tertentu. Bahkan Anda bisa menikmati sambil duduk tenang sambil memuji kebesaran Tuhan. Pepohonan yang tersusun rapi, membuat mata ini tidak terhenti berkedip. Bahkan lingkungannya sangat mendukung untuk dijadikan area perkemahan. Saat Anda putuskan berkemah, sensasi matahari terbenam dan terbit dapat dinikmati. Keindahannya membuat siapa saja yang berada di sana enggan pulang lebih cepat.

Lokasi: Mekar Marjanji, Kec. Aek Songsongan, Kab. Asahan.

8. Pelabuhan Bagan

Pelabuhan Bagan

Image Credit: Albadr.blog

Ini bukanlah sekedar pelabuhan biasa, pemandangan pantai yang indah dan bersih menjadi daya tarik sendiri. Meskipun pelabuhan, tetapi layak dijadikan wisata. Belum lagi aneka resto kekinian hadir di sana. Dengan konsep resto yang santai, membuat pengunjung bebas menikmati indahnya pantai. Dilengkapi menu aneka sea food yang menggugah selera semakin memantapkan Anda untuk duduk lebih lama di sana. Dari sekian menu, Anda wajib pesan kerang Asahan yang telah diolah memakai bumbu rahasia. Kerang ini merupakan makanan sea food paling utama dan khas dari Asahan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Sibolga yang Paling Populer

Lokasi: Bagan Asahan, Kec. Tanjung Balai, Kab. Asahan.

9. Pantai Simallo

Pantai Simallo

Image Credit: Wisato.id

Pantai Simallo salah satu objek wisata andalan dari Asahan. Pantai ini sangat tidak biasa, bukan berbatasan dengan laut melainkan berada di pinggir sungai Piasa. Letaknya berada tepat dengan aliran sungai Aek Piasa. Lokasi sungai tepat di desa Aek Nagali kecamatan Bandar Pulau. Keindahan pantai ini juga unik, layaknya di luar negeri. Sekelilingnya dipenuhi deretan bebatuan yang sangat curam tersusun sempurna. Serta deretan pohon dan tanaman segar memenuhi area sekitarnya.

Meskipun berdekatan dengan sungai, kondisi fisik airnya sangat jernih, tenang dan menyegarkan. Pengunjung diperbolehkan main air di tepian pantai. Supaya dapat merasakan sensasi air yang menyejukkan. Selain itu pantai ini juga tidak luput untuk tempat selfie. Mengingat panorama sekitar seperti di negara lain.

Lokasi: Aek Nagali, Kec. Bandar Pulau, Kab. Asahan.

10. Waduk Sigura-Gura

Waduk Sigura-Gura

Image Credit: Wikipedia.org

Indah, penuh pesona itulah gambaran pertama yang terlihat saat berada di waduk Sigura-gura. Letak dari bendungan ini tepat di hulu sungai Asahan. Sejauh mata memandang kecantikannya begitu terpancar sempurna. Air waduk terlihat begitu hijau dan jernih. Tampilan air seperti itu tidak lain karena efek aneka pohon hijau dan bukit dengan letaknya melingkupi area waduk.

Saat Anda tiba di waduk ini kepuasan tiada terkira diperoleh. Mau mengabadikan setiap titik pesona pada area sekitar waduk ini diperbolehkan. Pancaran pesona keindahan alamnya memang sangat pantas untuk diabadikan.

Lokasi: Halado, Kec. Pintu Pohan Merant, Kab. Toba Samosir.

Kalau Anda mengunjungi Sumatra Utara, jangan lupa mampir ke 10 pilihan termpat wisata terbaik di Asahan. Anugerah alam nan asri bebas dinikmati di sana. Tidak perlu biaya mahal, tapi kemolekan alam selalu abadi dalam pikiran dan foto Anda. Asahan merupakan bukti nyata dari ciptaan Tuhan yang sangat berharga dan wajib Anda kunjungi saat liburan tiba.