Bangka Belitung

20 Tempat Wisata di Pulau Bangka Terbaru & Terhits Dikunjungi

Apa Saja Destinasi Menarik di Bangka? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Pulau Bangka, Bangka Belitung. Objek Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Pulau Bangka adalah paruh kedua dari dua pulau pembentuk provinsi Bangka Belitung yang dibuat pada tahun 2000. Sama seperti pulau Belitung yang sudah lebih dulu terkenal. Pulau ini juga memiliki banyak sekali pilihan destinasi wisata yang spektakuler. Jenis destinasi wisata yang ditawarkan tentu saja didominasi oleh wisata pantai dengan karakterisitik yang tidak kalah menarik dibandingkan pulau kembarannya.

Keindahan alam di Pulau Bangka ini terdiri dari beragam bentuk objek wisata yang tentu saja layak menjadi referensi Anda dalam memilih tempat liburan menarik. Lebih jelasnya, berikut 20 rekomendasi tempat wisata di Pulau Bangka yang memukau dan tidak akan Anda temukan di tempat lain.

1. Danau Kaolin (Camoi Aek Biru)

Danau Kaolin (C

Lokasi: Jl. Raya Gadung, Ranggas, Kec. Air Gegas, Kab. Bangka Selatan. – Image Credit by Dictio.id

Danau ini merupakan sebuah efek alami dari perubahan warna air jika bertemu dengan unsur tertentu yang terkadang di dalam tanah. Danau terletak pada bekas galian tambang timah yang sangat luas. Setelah timah di daerah ini habis tambang ditinggalkan dan tidak lagi beroperasi. Pada bekas penggalian yang sangat luas tersebut terbentuklah danau dengan penampilan yang sangat menarik.

Danau terletak bersebelahan dengan danau lain yang tidak kalah luas dan memiliki air berwarna hijau. Area pertambangan yang luas membuat lokasi ini dapat dinikmati dari berbagai spot menarik. Kunjungi danau di sore hari untuk mendapatkan pemandangan yang lebih menarik lagi dengan latar matahari terbenam.

2. Gurun Pelawan Namang

Gurun Pelawan Namang

Lokasi: Gurun Pelawan, Kec. Namang, Kab. Bangka Tengah. – Image Credit by Pakettourbelitung.net

Kebanyakan orang Indonesia tidak pernah mengalami suasana gurun pasir yang terkesan begitu jauh karena untuk mencapainya seseorang harus keluar negeri. Tapi Indonesia begitu kaya dengan kondisi alamnya yang begitu indah. Pengalaman berada di gurun dapat ditemukan di Gurun Pelawan Namang yang juga merupakan bekas pertambangan.

Area wisata ini terletak di desa Namang dan sudah mulai populer sebagai destinasi wisata. Menyamakannya dengan destinasi wisata lain rasanya tidak perlu karena area ini memiliki keindahan tersendiri sebagai tempat wisata yang baru berkembang dan masih terbebas dari rekayasa bisnis wisata alam.

3. Pantai Matras

Pantai Matras

Lokasi: Jl. Pantai Matras, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka. – Image Credit by Pesona.travel

Pantai ini merupakan pantai terpanjang di pulau Bangka. Lokasinya ada di Kecamatan Sungai Liat dengan jarak dari Pangkal Pinang sejauh 33 Kilometer. Nikmati pengalaman memandang laut tidak terbatas dengan air yang sangat bagus. Pengalaman berkunjung ke daerah wisata ini akan semakin kuat dengan adanya batu-batu granit yang tersebar di sepanjang pantai. Pasirnya yang halus sangat mengunduh untuk bermain terlebih lagi pantai ini masih bersih dan asli.

4. Pantai Tikus

Pantai Tikus

Lokasi: Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka. – Image Credit by Ksmtour.com

Pantai ini memiliki nama unik karena di area pantai terdapat jalan-jalan setapak yang dulunya disusuri oleh para penambang gelap yang membawa timah untuk dipindahkan dan dijual. Pantai lain berada di kiri kanan pantai ini sehingga mengunjungi tempat ini hampir sama artinya dengan mengunjungi tiga macam tempat wisata sekaligus.

Fasilitas lengkap disediakan di pantai untuk para pengunjung. Di atas bukti di pantai tersebut terdapat juga vihara bernama Vihara Puri Agung. Letakanya di atas bukti membuat Vihara ini menjadi spot terbaik untuk melihat pemandangan Pantai Tikus dari atas.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

5. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Lokasi: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka. – Image Credit by Simphortour.com

Letak pantai ini tidak jauh dari Pantai Matras. Terdapat sebuah resort di daerah pantai ini sehingga pengunjung pantai akan ramai pada waktu tertentu. Pantai memiliki ombak yang tenang dan pasir putih. Pemandangan dan kegiatan wisata yang bisa dilakukan di daerah pantai ini juga sudah cukup lengkap.

Pengunjung bisa memancing, menyelam atau kegiatan lainnya yang sudah tersedia di daerah pantai. Pemandangan di bawah air pantai ini sangat baik karena pantainya bersih dan masih banyak biota laut yang akan menjadi teman pada saat menyelam. Biaya masuk ke pantai ini adalah 25 ribu rupiah.

6. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk

Lokasi: Jl. Penyusuk, Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka. – Image Credit by Flickr.com @Yosse Rizal

Pantai ini terletak di Kecamatan Belinyu. Lokasi pantai berdekatan dengan dua pulau yaitu Pulau Putri dan Pulau Lampu. Suasana pantai di area ini masih alami. Pantai ini memiliki dua versi wisata air. Terdapat pantai yang lebih dangkal dengan ombak tenang yang menjadi tempat berlabuhnya kapal nelayan.

Versi kedua adalah pantai yang lebih dalam dengan bebatuan dan ombak yang besar sehingga cukup berbahaya bagi wisatawan. Pastikan kegiatan menysuri pantai dilakukan dengan cara yang aman dan hati-hati. Pada bagian pantai yang lebih dalam terdapat padang ilalang yang sering dijadikan spot berfoto favorit wisatawan.

7. Pantai Dinding Batu Belinyu

Pantai Dinding Batu Belinyu

Lokasi: Teluk Kelabat, Air Jukung, Kec. Belinyu, Kab. Bangka. – Image Credit by Archiexfood.blogspot.com

Terdapat pantai lain di Kecamatan Belinyu. Pantai ini disebut dengan Pantai Batu. Terdapat batu granit yang sangat besar di pantai ini dengan posisi berdiri tegak. Ukuran batu tersebut mencapai 20 kali 15 meter dengan tebal 5 meter. Terdapat pula beberapa batu lain di area pantai ini yaitu batu pari yang memang memiliki bentuk seperti pari dan Batu Kodok yang berada tidak jauh dari dinding batu. Berfoto di sini sangat menarik terutama jika sudah menemukan spot yang bagus.

8. Pantai Tongaci

Pantai Tongaci

Lokasi: Jl. Laut, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka. – Image Credit by Travelingyuk.com

Pantai ini memiliki posisi sejauh 3 kilometer dari Jalan Raya Sungailiat di Kecamatan Belinyu. Daerah rekreasi ini adalah tempat penangkaran penyu. Pantai ini cocok untuk kegiatan tersebut karena area pantai lebih didominasi oleh pasir putih.

Di sekitar area rekreasi ini sudah tersedia sejumlah fasilitas penginapan sehingga menginap di dekat pantai bukanlah masalah. Untuk sarana berfoto disediakan sebuah tempat yang disebut dengan De Locomotief yang biasanya dihiasi oleh berbagai dekorasi artistik dengan beragam desain yang sangat unik. Tersedia beberapa area rekreasi lain yang tersedia di sekitar pantai.

9. Air Terjun Pait Jaya Muntok

Air Terjun Pait Jaya Muntok

Lokasi: Belo Laut, Kec. Mentok, Kab. Bangka Barat. – Image Credit by Tripzilla.id

Walaupun wisata pantai di pulau Bangka tidak akan pernah membosankan tapi ada baiknya mencoba rekreasi jenis lain sesekali sebagai alternatif. Air Terjun Pait Jaya yang ada di daerah Muntok dapat salah satu pilihan yang sangat baik. Lokasi air terjun masih dekat dengan perkotaan, bahkan masih satu kompleks dengan kawasan perkantoran bupati.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Belitung yang Murah & Enak

Wisata air terjun ini sempat diabaikan tapi belakangan mulai diaktifkan kembali. Air terjun ini diketahui merupakan sebuah tempat yang sudah lama ada dan para pekerja tambang sering beristirahat di sini. Kunjungi area wisata ini untuk merasakan langsung kesegaran suasana di daerah ini.

10. Danau Ampar Red Hill

Danau Ampar Red Hill

Lokasi: Riding Panjang, Kec. Merawang, Kab. Bangka. – Image Credit by Len-diary.com

Bukit merah sesuai dengan namanya merupakan sebuah bukit dengan warna merah. Bukit ini juga masih berhubungan dengan tambang timah. Posisi bukit cukup dekat dengan kota yang Cuma memerlukan waktu 40 perjalanan antara bukti dengan Pangkal Pinang. Bukit ini mengelilingi sebuah danau kaolin yang disebut dengan Danau Ampar.

Dengan mengunjungi tempat ini untuk menemukan dua tempat wisata sekaligus tentu merupakan penawaran yang menarik. Bukit terbentuk dari gundukan tanah yang keras. Untuk melihat danau seseorang harus melewati jalan yang ada di bukit tersebut. Jalan bisa licin pada saat hujan sehingga harus ditempuh dengan hati-hati.

11. Museum Timah Muntok

Museum Timah Muntok

Lokasi: Tanjung, Kec. Mentok, Kab. Bangka Barat. – Image Credit by Mandrapahlawa.blogspot.com

Sebagai bentuk bisnis yang telah membentuk banyak sekali tempat wisata di daerah Bangka dan telah membangun sebagian dari daerah ini pada masa kolonial maka sangat layak jika Museum Timah menjadi salah satu tempat yang perlu dikunjungi ketika datang ke Pulau Bangka. Museum Timah ini juga menjadi wajib dikunjungi karena di Indonesia hanya ada dua museum timah dan merupakan museum timah terbesar di Asia. Di Pangkal Pinang terdapat museum timah lain yang membahas perihal penambangan timah sedangkan pada museum ini dibahas mengenai peleburan timah dan logam.

Gedung museum sendiri merupakan bangunan Belanda yang dimodifikasi menjadi museum. Bangunan ini dibuat pada tahun 1915 dan memiliki bagian galeri, perpusatakaan, kantor dan auditorium.

12. Jembatan Emas Bangka

Jembatan Emas Bangka

Lokasi: Ketapang, Kec. Pangkal Balam, Kota Pangkal Pinang. – Image Credit by Gotransbangka.com

Jembatan Emas di Pulau Bangka dibuat pada tahun 2012. Jembatan ini menghubungkan kota Pangkal Pinang dengan pesisir Bangka. Panjang jembatan adalah 700 meter dengan tampilan yang terlihat megah dengan teknologi khusus sebagai jembatan penyeberangan di atas perlintasan kapal.

13. Batu Belimbing

Batu Belimbing

Lokasi: Tanjung Ketapang, Kec. Bang Toboali, Kab. Bangka Selatan. – Image Credit by Infopromodiskon.com

Bangka tidak pernah kehabisan ide untuk membuat daerah wisata. Batu yang terletak di Kecamatan Toboali ini memiliki bentuk yang mirip dengan belimbing. Posisi batu terletak jauh dari pantai dan memiliki ukuran yang sangat besar. Posisi dan susunan batu juga sangat menarik ditambah dengan bentuknnya yang unik membuat berfoto di batu ini menjadi sesuatu yang wajib.

14. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden

Lokasi: Jl. Raya Pasir Padi – Temberan, Kec. Bukit Inta, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang. – Image Credit by Ksmtour.com

Membuat taman dan area hijau di sebuah kota besar sudah lama menjadi sesuatu yang dianggap wajib dilakukan. Di tengah kota yang sudah diciderai oleh kegiatan penambangan timah tempat ini menjadi sebuah penyegaran untuk suasana di daerah Bangka. Area hutan cukup luas yaitu mencapai 300 hektar. Di area hutan terdapat danau buatan yang bisa digunakan untuk bermain Kayak. Terdapat juga Hutan pinus dan berbagai tumbuhan hutan lain yang ditanam di area besar ini. Tempat wisata ini menyegarkan dan cocok dijadikan sebagai tempat hiburan untuk keluarga.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Belitung yang Paling Terkenal

15. Wisata Mangrove Munjang Kurau Barat

Wisata Mangrove Munjang Kurau Barat

Lokasi: Kurau Barat, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah. – Image Credit by Travelingyuk.com

Sebagai daerah yang dikelilingi oleh pantai, beberapa daerah di Bangka sangat rentan terhadap abrasi. Hutan mangrove dibuat untuk melindungi tempat tersebut dari abrasi. Bentuk hutan yang alami menjadi penyegaran tersendiri bagi setiap orang yang berkunjung ke pulau Bangka. Terdapat sebuah jembatan gantung di dalam hutan ini. Jembatan digunakan untuk menyebrangi sungai yang mengalir diantara hutan.

Posisi jembatan ini cukup tinggi sehingga hal ini bisa menjadi kegiatan yang membutuhkan mental dan memacu adrenalin. Berkeliling di dalam hutan juga dapat dilakukan dengan sarana sungai ini. Sebuah motor boat sewaan dapat digunakan untuk melihat hutan dari dekat.

16. Bukit 7 Sempan

Bukit 7 Sempan

Lokasi: Sempan, Kec. Pemali, Kab. Bangka. – Image Credit by Telusurbangka.blogspot.com

Tidak hanya wisata pantai dan batu-batuan Bangka juga menyediakan bentuk wisata pemandangan alam yang sengaja dibuat sedemikian rupa dengan memanfaatkan daerah perbukitan yang ada di Bangka. Pemandangan yang akan dinikmati di daerah perbukitan ini adalah area hutan Bangka yang cukup luas atau matahari terbenam yang dapat dilihat dari area peninjauan yang dibuat sangat tinggi sehingga hamparan hutan Bangka yang luas menjadi jelas terlihat. Pemandangan ini jarang ditemukan di pulau Bangka sehingga dapat dikatakan sebagai tempat terbaik untuk mencari ketenangan.

17. Bukit Pala

Bukit Pala

Lokasi: Teluk Limau, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat. – Image Credit by Mi.com

Pemandangan di atas bukit bisa memberikan beragam hal. Pemandangan alam perbukitan yang dilihat dari Bukit Pala akan memberikan sebuah penampilan menawan hamparan laut dan pantai di sebuah teluk yang bernama Teluk Limau. Bukit ini merupakan salah satu contoh tempat wisata yang masih asli di pulau Bangka. Akses yang dipenuhi dengan ilalang harus ditempuh untuk mencapai tempat ini. Di atas bukit akan ditemukan berbagai macam tempat yang layak untuk dijadikan tempat berfoto. Salah satunya adalah spot foto sarang burung yang dilengkapi dengan pemandangan spektakuler khas pulau Bangka.

18. Kelekak Community Bangka Belitung

Kelekak Community Bangka Belitung

Lokasi: Sriwijaya, Kec. Girimaya, Kota Pangkal Pinang. – Image Credit by Navaamalee.weebly.com

Mendekati kebudayaan daerah yang dikunjungi juga termasuk ke dalam cara terbaik menikmati wisata ke daerah tertentu. Di Bangka terdapat sebuah komunitas yang disebut dengan Kelekak. Komunitas ini terletak di daerah Hutan di Pulau Bangka dan merupakan tempat seseorang bisa mengenal kebudayaan daerah Bangka.

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di sini mulai dari melihat rumah adat tradisional Bangka, melihat berbagai perlengkapan tradisional, memainkan permainan rakyat, menikmati berbagai makanan khas Bangka dan berbagai hal lainnya. Komunitas ini terlerak di dalam Hutan Taklok Tuatunu yang berjarak sekitar 5 Kilometer dari Pangkal Pinang. Area wisata ini mulai beroperasi dari jam 10 pagi sampai jam 8 malam.

19. Menara Air Minum

Menara Air Minum

Lokasi: Bukit Sari, Kec. Gerunggang, Kota Pangkal Pinang. – Image Credit by Babelreview.co.id

Berfoto di tempat-tempat yang bersejarah merupakan salah satu cara untuk membuat kesan yang luar biasa pada sebuah lokasi kunjungan wisata. Perjalanan ke kawasan timah dapat menjadi menarik karena di kawasan ini terdapat bangunan tua perumahan pekerja tambang timah dan menara air minum yang sangat besar.

Menara dibuat dengan tujuan untuk mengalirkan air minum pada 10 ribu orang yang pada saat itu tinggal di pulau Pangkal Pinang. Menara tua ini sudah dimakan usia tapi masih kokoh sehingga layak dijadikan tempat melihat pemandangan dan berfoto.

20. Masjid Raya Tua Tunu

Masjid Raya Tua Tunu

Lokasi: Jl. Tua Tunu Kel. Tua Tunu Indah, Gerunggang, Kec. Tua Tunu, Kota Pangkal Pinang. – Image Credit by Wonderfulbabel.blogspot.com

Berwisata ke sebuah daerah tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke rumah ibadah terbaik di daerah tersebut. Agama adalah hal yang melekat erat pada kebudayaan orang Indonesia oleh karena itu berbagai bangunan megah untuk berbeda dibuat di berbagai daerah. Di Pangkal Pinang terdapat Mesjid Raya Tua Tunu yang bahkan memiliki lokasi unik di dalam hutan. Area masjid yang luas dan bangunan yang unik membuat masjid ini dapat selalu dijadikan tempat wisata dan beristirahat yang sangat baik.

Daftar objek wisata di atas masih terlalu sedikit jika membandingkan semua hal menarik yang ada di Bangka. Berbagai wisata modern di Pangkal Pinang atau wisata eksotis di berbagai daerah di sekitar hutan dan pantai Bangka sudah terlalu banyak. Bahkan masih ada banyak tempat yang belum tereksplorasi. Untuk menikmati wisata pulau Bangka secara maksimal seseorang mungkin harus menghabiskan satu semester di Pulau Bangka.

Destinasi Wisata di Pulau Bangka sudah tergolong lengkap. Pengunjung yang datang ke area ini bisa menikmati semua jenis hal. Wisata bersama keluarga di berbagai tempat wisata modern dan wisata alam yang ramah untuk anak tersedia di pulau ini. Berbagai tempat yang masih asri dan tenang untuk melepaskan stress juga tersedia. Masih banyak tempat indah di Pulau Bangka yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyepi sejenak dan menikmati keindahan alam Bangka yang tiada duanya. Daerah wisata yang banyak masih belum terkenal sebenarnya merupakan keuntungan tersendiri karena kebebasan untuk menguasai spot foto menjadi mungkin.