Bangka Belitung

10 Tempat Wisata di Bangka Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Terindah dan Terbaik di Bangka Barat, Bangka Belitung. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Buat Anda yang tengah merencanakan liburan bersama keluarga ke Bangka, masukkan juga agenda untuk berkunjung ke Pulau Bangka bagian barat yaitu Kabupaten Bangka Barat yang beribukota Muntok. Jika Anda rajin membaca buku sejarah, tentunya Anda akan tau jika Muntok sendiri adalah kota pengasingan tempat para pahlawan kemerdekaan setelah terjadi agresi militer Negara Belanda pada tahun 1949 di Jogja.

Untuk bisa ke Muntok, Anda harus menempuh waktu 3 jam atau dengan jarak sekitar 138 km. selama 3 jam itu Anda tidak akan menemukan sesuatu yang menarik di jalanan. Tapi kalau nanti memungkinkan Anda bisa singgah ke suatu tempat wisata unik jadi bisa sambil istirahat, makan dan minum.

Bangka Barat mempunyai pesona alam begitu memikat ditambah pantainya unik karena pasirnya memiliki warna putih bersih. Ada juga batu granik yang memiliki berbagai bentuk sehingga menjadikan kabupaten ini punya potensi yang besar untuk menjadi sektor pariwisata. Berikut ulasan 10 tempat wisata di Bangka Barat yang sayang untuk dilewatkan saat liburan.

1. Pesanggrahan Menumbing

Pesanggrahan Menumbing

Image Credit: Radarbangka.co.id

Tempat wisata satu ini sangat wajib untuk dikunjungi ketika Anda berlibur ke Bangka karena ada banyak nilai sejarah terkandung di dalamnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Bangka Barat menjadi tempat pengasingan dan di Pesanggrahan manumbing ini tempatnya. Para pahlawan kemerdekaan Indonesia seperti Soekarno, Moh. Hatta, H. Agus Salim dan beberapa pahlawan kemerdekaan lain diasingkan kesini.

Anda nanti bisa melihat dengan jelas di setiap sudut ruangan bangunan yang sudah ada sejak tahun 1928. Ada ruang tamu, ada aula yang dipakai untuk jadi tempat memenjarakan tokoh bangsa, ada kamar Bung Karno, ada mobil Ford Deluxe dengan plat BN 10 yang sering digunakan Moh. Hatta dulu.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Pulau Bangka Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Tanjung, Kec. Mentok, Kab. Bangka Barat.

2. Pantai Tanjung Kalian

Pantai Tanjung Kalian

Image Credit: Portal.bangkabaratkab.go.id

Untuk bisa tiba ke Pantai Tanjung Kalian, Anda harus menempuh perjalanan 9 km dari pusatnya kota Muntok. Pantai ini menjadi pantai favorit masyarakat sekitar karena disini pengunjung tak hanya bisa menikmati indahnya pantai berpasir kuarsa tapi juga situs bersejarah yang merupakan peninggalan di masa lampau.

Lokasi: Tanjung, Kec. Mentok, Kab. Bangka Barat.

3. Pantai Tanjung Ular

Pantai Tanjung Ular

Image Credit: Wisatamentok.ubb.ac.id

Di Bangka Barat juga ada yang namanya Pantai Tanjung Ular. Pantai ini memiliki keindahan berupa barisan pohon kelapa yang memagari pasir yang terhampar berwarna putih kekuningan. Lautnya pun juga tenang sehingga menjadikan Pantai Tanjung Ular kian mempesona. Pantai ini sendiri secara geografis terletak di wilayah Kecamatan Muntok.

Untuk Anda yang suka diving dan juga snorkeling tentunya akan terpuaskan nanti saat berlibur ke pantai ini. Anda akan melihat terumbu karang yang benar-benar masih terjaga dan jenis biota laut dan ikan yang membuat pantai ini semakin wajib untuk dijelajahi.

Lokasi: Desa Air Putih, Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat.

4. Pantai Batu Rakit

Pantai Batu Rakit

Image Credit: Portal.bangkabaratkab.go.id

Pantai Batu Rakit punya keindahan pantai yang begitu mempesona. Letaknya pun sangat strategis karena hanya berjarak 6 km dari pusatnya Muntok. Fasilitas yang diberikan di pantai ini pun juga lengkap sehingga menjadikan Pantai Batu Rakit sebagai objek wisata yang paling wajib untuk dikunjungi ketika berlibur ke Bangka Barat.

Anda akan menemukan taman bermain untuk anak-anak, ada gazebo untuk beristirahat, lapangan untuk bermain volley pantai, ada juga lapangan gasing, futsal, wc umum, kamar mandi, Amphi Theatre, penginapan serta warung yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman.

Lokasi: Tanjung, Kec. Mentok, Kab. Bangka Barat.

5. Pesanggrahan Muntok

Pesanggrahan Muntok

Image Credit: Cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Selain pesanggrahan Manumbing, ada situs bersejarah yang lain yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Pesanggrahan Muntok. Situs ini juga dikenal dengan nama Wisma Ranggam. Dibangun sejak tahun 1927 oleh Banka Tin Winning yang merupakan perusahaan tambang timah dari Belanda.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Selatan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Bangunan ini sendiri pernah ditempati Soekarno setelah tidak betah tinggal di Manumbing karena suhunya yang dingin. Pesanggrahan Muntok menjadi lokasi serah terima atas Surat Kuasa dikembalikannya Pemerintah Indonesia ke Jogja bulan Juni 1949 yang dilakukan oleh Soekarno kepada Sri Sultan Hamengkubuwono.

Lokasi: Pesanggrahan Ranggam, Kec. Muntok, Kab. Bangka Barat.

6. Aek Ketok

Aek Ketok

Image Credit: Kurio.id

Aak Ketok merupakan objek wisata yang masih baru di Bangka Barat. Objek ini terletak di Kecamatan Muntok. Banyak orang yang datang untuk berwisata di tempat ini karena ingin melihat danaunya yang indah yang merupakan bekas galian timah.

Ada banyak spot foto yang instagrammable dibangun di sudut-sudut danau. Airnya yang biru tentu membuat pemandangan di danau ini terlihat begitu eksotis serta tanah berwarna coklat mengelilinya.

Lokasi: Manjelang, Kec. Mentok, Kab. Bangka Barat.

7. Bukit Pala

Bukit Pala

Image Credit: Duliners.com

Bukit Pala adalah destinasi wisata yang berada di puncak bukit dan berada di kawasan Desa Teluk Limau. Bukit Pala menawarkan keindahan pemandangan yang bisa dilihat dari ketinggian dan latar belakangnya pun pantai dan laut lepas.

Wisata ini juga semakin menarik karena banyak spot foto menarik misalnya spot foto yang bentuknya seperti sarang burung berukuran besar, ada juga gardu pandang yang berbentuk seperti perahu dan masih banyak lagi yang lain.

Lokasi: Teluk Limau, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat.

8. Kelenteng Kong Fuk Miau & Masjid Jami

Image Credit: Mandrapahlawa.blogspot.com

Dua bangunan yang menjadi tempat ibadah di Bangka Barat ini sangat menarik untuk dikunjungi dikarenakan menjadi cermin akan tingginya toleransi umat beragama yang ada di Indonesia. Keduanya juga jadi bangunan beribadah yang paling tua di Bangka. Kelenteng Kong Fuk Miau sendiri dibangun sejak tahun 1800.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Tengah Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Untuk membangunnya sendiri menggunakan dana yang diperoleh dari hasil pekerja tambang timah yang berketurunan Tiongkok. Sementara masjid Jamik dibangun sejak tahun 1883 di masa Pemerintahan Tumenggung Karta Negara II.

Lokasi: Jl. Jend A Yani, No. 1, RT. 003/05, Tanjung, Kec. Mentok, Kab. Bangka Barat.

9. Batu Belah

Batu Belah

Image Credit: Icc-abbeytravel.com

Batu Belah adalah salah satu keajaiban alam yang berada di Manumbing, Kecamatan Muntok. Destinasi wisata ini berupa batu besar bertumpuk jadi satu dan atasnya terlihat seperti buritan kapal. Ada juga alur yang mirip dengan polka atau tempat mengikat terpal yang menjadikan batu ini jadi semakin menarik dan unik.

Batu Belah atau Batu Balai ini punya keunikan tersendiri jadi tak heran jika tempat ini sering menjadi tempat berliburnya para wisatawan lokal maupun luar. Anda bisa pergi ke tempat ini dengan menggunakan mobil ataupun motor karena akses jalannya sangat mudah dijangkau.

Lokasi: Kundi, Kec. Simpangteritip, Kab. Bangka Barat.

10. Pantai Siangau

Pantai Siangau

Image Credit: Ksmtour.com

Dan yang terakhir adalah Pantai Siangau. Pantai ini masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang wajib untuk Anda kunjungi di Bangka Barat karena panoramanya yang begitu menarik. Pantai ini terletak di Desa Teluk Limau. Tak hanya menjadi tempat wisata, tapi tempat ini juga menjadi tempat bagi para nelayan untuk bersandar saat mencari ikan. Banyak pengunjung yang pergi kesini tak hanya karena ingin menikmati keindahan panorama pantainya yang memiliki batu granit berbagai bentuk tapi ada juga karena ingin memborong ikan langsung dari nelayan.

Sayangnya, meskipun memiliki panorama yang begitu indah, masih banyak yang belum mengetahui pantai indah satu ini. Karena airnya masih jernih dan pasirnya pun juga putih yang menjadi penanda jika pantai ini masih belum terjamah dunia luar.

Lokasi: Teluk Limau, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat.

Itulah 10 tempat wisata di Kabupaten Bangka Barat yang menarik untuk Anda kunjungi saat liburan. Beragam pemandangan alam dan bangunan bersejarah bisa menjadi tempat yang pas untuk mendapatkan liburan yang berkesan.