Bangka Belitung

10 Tempat Wisata di Bangka Selatan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Bangka Belitung? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Menarik & Populer di Bangka Selatan Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Liburan Anda yang Lebih Berkesan.

Bangka Selatan merupakan salah satu dari kabupaten yang ada di Provinsi Bangka Belitung. Letaknya sendiri bertasan dengan laut sehingga dipastikan jika daerah ini punya destinasi pantai yang menarik. Tak hanya pantai, ada banyak lagi destinasi yang layak dikunjungi. Bangka Selatan juga dikenal dengan nama Negeri Junjung Besaoh karena terkenal memiliki banyak destinasi wisata. Maksud dari Junjung Besaoh sendiri adalah cerminan dari ikatan kekeluargaan atau juga persaudaraan yang merupakan semboyan di dalam masyarakat Bangka.

Banyak orang yang menjadikan Bangka Selatan sebagai tempat berlibur favorit karena disini Anda bisa menikmati alam yang begitu indah. Anda bisa mengajak serta keluarga Anda sembari mengeksplor wilayah satu ini. Berikut ulasan 10 tempat wisata di Bangka Selatan yang wajib untuk Anda kunjungi.

1. Batu Belimbing

Batu Belimbing

Image Credit: Wisatabangkaselatan.com

Jika Anda ingin melakukan geowisata, ada destinasi wisata di Bangka Selatan yang bernama Batu Belimbing. Letaknya sendiri di Kampung Lalan Pasiban. Dinamakan Batu Belimbing karena di tempat ini memiliki batu granit berukuran raksasa dan bentuknya juga mirip dengan buah belimbing.

Batu granit sendiri terkikis terus menerus karena terkena air hujan dalam kurun waktu ratusan tahun sehingga tepinya yang terkikis membuat pola seperti buah belimbing.

Lokasi: Tanjung Ketapang, Kec. Bang Toboali, Kab. Bangka Selatan.

2. Pantai Kerasak

Pantai Kerasak

Image Credit: Wisatabangkaselatan.com

Ada juga Pantai Kerasak yang sangat wajib untuk Anda kunjungi ketika berlibur ke Bangka Selatan. Pantai ini sendiri berada di Desa Pasir Putih. Pantai Kerasak memberikan keindahan laut yang begitu menakjubkan dan disertai dengan batu granit kokoh yang bisa ditemui dengan mudah pada tepi pantainya.

Meskipun memiliki pemandangan yang indah dan menyejukkan mata, pantai ini tetap memiliki kealamian yang terjaga dan pastinya juga eksotis.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Tengah Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Pasir Putih, Kec. Tukak Sadai, Kab. Bangka Selatan.

3. Pantai Batu Perahu

Pantai Batu Perahu

Image Credit: Wisatabangkaselatan.com

Selain itu, ada Pantai Batu Perahu dimana lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dengan Batu Belimbing. Jadi, jika Anda sedang berlibur ke Batu Belimbing tidak ada salahnya datang ke pantai satu ini. Pantai Batu Perahu tidak mempunyai pasir putih bersih tapi pantai ini tetap bisa menjadi destinasi terbaik untuk berwisata.

Di sepanjang pesisir pantai, Anda akan melihat begitu banyak batu granit yang besar dan berdiri kokoh dan ada juga batu granit berukuran panjang dan besar di tepi pantai sehingga persis seperti perahu.

Lokasi: Tanjung Ketapang, Kec. Toboali, Kab. Bangka Selatan.

4. Bukit Gebang

Bukit Gebang

Image Credit: VenueMagz.com

Destinasi Wisata di Bangka Selatan satu ini bernama Bukit Gebang. Bukit Gebang berada di Desa Nangka. Destinasi satu ini bisa dibilang masih baru di Bangka Selatan tapi sudah banyak dikunjungi wisatawan.

Anda bisa melihat pemandangan yang begitu mempesona dengan hamparan hutan serta perkebunan lada yang dapat menyejukkan mata. Untuk melihat pemandangan ini bisa dilakukan dari atasnya rumah pohon. Anda juga bisa melihat sunset yang begitu indah disini.

Lokasi: Ranggas, Kec. Air Gegas, Kab. Bangka Selatan.

5. Pantai Batu Kodok

Pantai Batu Kodok

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai ini memiliki pemandangan yang mempesona. Ada hiasan batu granit berukuran besar di sekitar pantai. Dinamakan Pantai Batu Kodok karena batu granit yang ada disini mirip seperti kodok atau katak. Letaknya sendiri di kecamatan Toboali. Banyak warga lokal yang datang ke tempat ini untuk mengisi waktu berlibur mereka. Untuk jarak tempuhnya sendiri jika Anda dari pusatnya Kota Toboali Anda bisa menemuh sekitar 1 km atau 15 menit jika Anda menggunakan roda dua dan roda empat. Akses jalan menuju tempat ini sudah beraspal jadi siapapun bisa dengan mudah untuk sampai ke pantai ini.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Pulau Bangka Terbaru & Terhits Dikunjungi

Sesampainya di pantai, Anda akan menemukan pemandangan yang indah. Disini Anda bisa berenang, jalan-jalan, bermain air dan lain-lain. Ada juga warung makanan di sekitar pantai yang menjajakan berbagai makanan khas daerah Toboali jadi Anda bisa menikmati pantai yang indah sambil berwisata kuliner.

Lokasi: Jl. Alising kampung baru, Tanjung Ketapang, Kec.Toboali, Kab. Bangka Selatan.

6. Pulau Kelapan

Pulau Kelapan

Image Credit: Wisatabangkaselatan.com

Ada juga Pulau Kelapan jika ingin berwisata di Bangka Selatan. Pulau ini menawarkan pesona alam bawah laut yang indah jadi sangat cocok untuk Anda yang suka dengan wisata bahari. Ada terumbu karang di dalam laut yang tersebar luas dan bisa Anda nikmati langsung meski dari atas laut karena airnya yang sangat jernih.

Jika Anda ingin berfoto juga ada spot menarik yaitu bangkai kapal yang tenggelam. Pulau satu ini juga bisa dibilang wisata bahari unggulan di Kabupaten Bangka Selatan. Anda bisa melakukan apa saja bahkan snorkeling juga bisa.

Lokasi: Kumbung, Kec. Lepar Pongok, Kab. Bangka Selatan.

7. Pantai Tanjung Kemirai

Pantai Tanjung Kemirai

Image Credit: Darwance-law.blogspot.com

Kembali lagi dengan wisata pantai, di Bangka Selatan memang banyak sekali destinasi pantai yang harus dikunjungi salah satunya Pantai Tanjung Kemirai. Pantai ini berlokasi di Desa Pasir Putih. Berbeda dengan pantai sebelumnya, pantai ini belum dikelola pemerintah sepenuhnya.

Jadi, jika Anda pergi ke tempat ini jangan heran apabila fasilitasnya belum memadai. Meskipun begitu, pantai ini tetap banyak didatangi pengunjung yang ingin melihat kealamian dan keasrian dari pantai. Pemandangannya pun tidak perlu diragukan lagi.

Lokasi: Jl. Pariwisata Pantai Tanjung Kemirai, Pasir Putih, Kec. Tukak Sadai, Kab. Bangka Selatan.

8. Pantai Nek Aji

Pantai Nek Aji

Image Credit: Wisatabangkaselatan.com

Nama dari Pantai Nek Aji sepertinya sudah tidak asing lagi apalagi ditelinga penduduk Toboali, Bangka Selatan. Pantai ini dulunya disebut sebagai Pantai Bhayangkaradikarenakan letaknya berada tepat di belakang Polsek Toboali. Menjelang sore hari, banyak masyarakat yang datang ke tempat ini mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Menikmati keindangan pemandangan pantai di sore memang sangatlah menakjubkan. Anda akan melihat banyak bocah yang bermain sepakbola. Disini bisa dibilang tempatnya berlibur bersama keluarga karena banyak pengunjung yang datang membawa serta rombongan keluarga.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bangka Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Selain bermain, Anda bisa jalan-jalan sembari menyusuri pantai. Pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih, ada juga tumpukan batu granit disekitarnya. Deburan ombak dengan hembusan angin tentunya membuat pengunjung jadi betah untuk berada di Pantai Laut Nek Aji.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Tanjung Ketapang, Kec. Toboali, Kab. Bangka Selatan.

9. Pantai Batu Kapur

Pantai Batu Kapur

Image Credit: Pesona.travel

Bangka Selatan memang dianugerahi dengan potensi pariwisata yang sangat anyak salah satunya Pantai Batu Kapur. Pantai ini menjadi destinasi wisata yang terkenal di Bangka terutama di Bangka Selatan. Untuk tiba ke pantai ini Anda harus menempuh perjalanan sekitar 10 menit jika Anda dari Kota Toboali.

Di pantai ini Anda akan dimanjakan dengan keindahan bebatuan, panorama laut yang begitu indah. Anda juga akan merasakan ombak yang bergelombang bercampur angin yang membuat siapapun betah berkunjung dan bahkan ingin kembali ke pantai ini lagi. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang baik di siang hari atau di sore hari.

Lokasi: Jl. Alising kampung baru, Tanjung Ketapang, Kec. Toboali, Kab. Bangka Selatan.

10. Benteng Toboali

Benteng Toboali

Image Credit: Republika.co.id

Benteng Toboali menjadi destinasi wisata terakhir yang akan dibahas. Lokasi tempat wisata satu ini tidak terlalu jauh sehingga menjadikannya sebagai tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi saat berlibur ke Bangka Selatan. Benteng ini dibangun sejak tahun 1825 silam yang dipayungi dengan pohon yang rimbun.

Anda juga akan melihat pemandangan laut yang cerah serta suara ombak dan angin yang semakin melengkapinya. Benteng ini sudah ada sejak masa penjajanan. Belanda menjadikan benteng Toboali sebagai benteng perlindungan untuk pertambangan timah.

Lokasi: Tanjung Ketapang, Kec. Toboali, Kab. Bangka Selatan.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Bangka Selatan yang populer dikunjungi wisatawan. Semoga bermanfaat!