Jambi

12 Tempat Wisata di Batanghari Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan ke Batanghari? Periksa Daftar Tempat Wisata Favorit di Batanghari, Jambi. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits Paling Populer Dikunjungi Saat Liburan.

Apabila Anda berkunjung ke Provinsi Jambi, maka jangan lupa untuk berkunjung ke Kabupaten Batanghari. Kabupaten ini berada di sebelah timur Provinsi Jambi dengan ibu kota Muara Bulian. Batanghari termasuk salah satu kabupaten dengan laju pertumbuhan penduduk tertinggi di Jambi. Daerah ini juga menyimpan beragam lokasi wisata yang tak hanya indah dan layak untuk dikunjungi ketika bertandang di Provinsi Jambi.

Jika memiliki kesempatan berlibur, berikut 12 tempat wisata di Kabupaten Batanghari yang paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Taman Bunga Talang Bukit

Taman Bunga Talang Bukit

Image Credit: Thejambitimes.com

Kabupaten Batanghari memiliki wisata taman bunga yang tak kalah cantik dibandingkan taman-taman lainnya yakni Taman Bunga Talang Bukit. Taman bunga ini berlokasi di Desa Rantau Puri Kecamatan Muara Bulian, Batanghari. Di tengah lokasi Taman Bunga Talang Bukit terdapat panggung kecil yang digunakan untuk melihat pemandangan Taman Bunga Talang Bukit dari atas.

Sepanjang mata melihat, Anda akan disuguhkan berbagai bunga-bunga cantik yang berwarna-warni dan sejuknya udara sekitar karena dikelilingi oleh pepohonan rindang.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatra No.RT.10, Rantau Puri, Muara Bulian, Kab. Batang Hari.

2. Taman Payung

Taman Payung

Image Credit: Onlinejambi.com

Taman Payung ini berada di Pulau Betung, Kecamatan Pemayung, Batanghari. Seperti namanya, taman ini dihiasi payung-payung berwarna-warni sehingga menambah keragaman warna di taman tersebut. Taman Payung bisa jadi lokasi foto yang elok untuk Anda unggah ke sosial media. Selain itu, akses ke taman payung ini juga terbilang mudah karena sudah memiliki transportasi yang mumpuni.

Lokasi: Pulau Betung, Kec. Pemayung, Kab. Batang Hari.

3. Bukit Ilalang

Bukit Ilalang

Image Credit: Youtube.com (YUKEN Journey)

Bukit Ilalang berada di Desa Sungkai, Kecamatan Bajubang, Batanghari. Bukit ilalang terletak di dataran tinggi dengan udara yang sejuk dan dingin. Ketika sampai di lokasi, Anda akan disambut hamparan luas bukit ilalang yang hijau dan menyejukan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kerinci Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Bunga-bunga ilalang berwarna putih semakin mempercantik pemandangan di Bukit Ilalang ini. Lokasi ini sangat cocok untuk photoshoot keperluan wedding atau pre-wedding. Karena atmosfernya yang romantis.

Lokasi: Desa Sungkai, Kec. Bajubang, Kab. Batang Hari.

4. Taman Remaja Tembesi

Taman Remaja Tembesi

Image Credit: Jambipos-online.com

Taman Remaja Tembesi merupakan ruang terbuka hijau baru yang ada di terletak pada Desa Kampung Baru, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Taman ini cocok untuk Anda yang ingin berekreasi dengan biaya hemat namun tetap nyaman untuk menghilangkan penat bersama keluarga maupun sahabat.

Dari Muara Bulian, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 22 kilometer atau 35 menit untuk bisa sampai ke Taman Remaja Tembesi. Letaknya sangat strategis dan dekat dari pusat kota sehingga mudah ditemukan oleh wisatawan.

Lokasi: Kampung Baru, Kec. Muara Tembesi, Kab. Batang Hari.

5. Sungai Batanghari

Image Credit: Travel.tempo.co

Bertandang ke Provinsi Jambi, maka tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi Sungai Batanghari. Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera dengan panjang mencapai 800 km dan lebar antar 250 hingga 650 meter. Sungai Batanghari selain sebagai lokasi wisata, sungai ini juga jadi penghubung warga yang ingin pergi ke tempat seberang.

Tersedia perahu atau getek motor yang siap mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Namun, jangan lupa menanyakan waktu dan jam-jam yang tersedia di Sungai Batanghari ini karena sebagian dari getek motor tersebut hanya tersedia hingga sore hari.

Lokasi: Sungai Pulai, Kec. Muara Tembesi, Kab. Batang Hari.

6. Danau Puri Indah

Danau Puri Indah

Image Credit: Antaranews.com

Danau Puri Indah merupakan salah satu ikon wisata di Batanghari. Danau Puri Indah ini terletak di Desa Rantau Indah, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari. Untuk meningkatkan pendapatan perkapita wilayah tersebut, warga setempat menggunakan dana desa untuk menjadikan Danau Puri Indah sebagai salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Lokasi Danau Puri Indah ini dekat dengan pusat Kota Muara Bulian yakni hanya 45 menit untuk sampai ke Danau Puri Indah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bungo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Rantau Puri Indah, Kec. Muarabulian Kab. Batanghari.

7. Lapangan Garuda

Image Credit: 18Foto-foto-foto.blogspot.com

Image Credit: 18Foto-foto-foto.blogspot.com

Lapangan Garuda adalah alun-alunnya Kabupaten Batanghari. Di Lapangan Garuda ini warga biasa menghabiskan waktu pagi dan sore hari untuk bersantai atau olahraga bersama keluarga dan sahabat.

Selain sebagai hiburan warga, Lapangan Garuda juga kerap dijadikan panggung acara untuk merayakan ulang tahun Kabupaten Batanghari, festival daerah, hingga acara-acara resmi pemerintah.

Lokasi: Jl. Jend. A. Yani 1, Rengas Condong, Kec. Muara Bulian, Kab. Batang Hari.

8. Pasar Muara Tembesi

Pasar Muara Tembesi

Image Credit: Kajanglako.com

Banyak yang mengatakan bahwa belum lengkap rasanya apabila bepergian ke suatu kota namun tak mengetahui sejarahnya. Pasar Muara Tembesi juga merupakan ikon sejarah di Kabupaten Batanghari.

Dulunya, tempat ini digunakan sebagai pusat pemerintahan Belanda. Hingga kini sisa bangunan dan benda-benda bersejarah di tempat itu masih ada dan dijadikan sebagai cagar budaya. Pasar Muara Tembesi ini terletak di Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari. Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, sebaiknya berkunjung ke tempat ini.

Lokasi: Pasar Muara Tembesi, Kec. Muara Tembesi, Kab. Batang Hari.

9. Tugu Tapa Malenggang Batanghari

Tugu Tapa Malenggang Batanghari

Image Credit: Infobatanghari.wordpress.com

Nama Tugu Tapah Malenggang Batanghari berasal dari jenis ikan di Kabupaten Batanghari yang berperan dalam sejarah terbentuknya Kabupaten Batanghari. Ikan tersebut memiliki ukuran raksasa dengan panjang sekitar 1 meter. Ikan ini bergerak meliuk-liuk saat di air sehingga disebut sebagai Tapa Malenggang.

Ikan tapah ini memiliki cerita panjang di Kabupaten Batanghari sehingga dijadikan ikon kota tersebut. Jangan lupa untuk berfoto dan mengabadikan momen di tugu ini ketika berada mengunjungi Kabupaten Batanghari.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Kec. Muara Bulian, Kab. Batang Hari.

10. Puri Rimbo Bulian

Puri Rimbo Bulian

Image Credit: Halojambi.id

Taman Puri Rimbo Bulian ini seakan hadir layaknya oase untuk warga di Kampung Baru, Kabupaten Batanghari yang minim tempat wisata. Biasanya warga harus menempuh perjalanan puluhan kilometer untuk bisa bersantai dan rekreasi bersama keluarga di pusat kota. Namun, kini semenjak ada Puri Rimbo Bulian, warga tak kesulitan lagi apabila ingin menghabiskan waktu untuk rekreasi. Puri Rimbo Bulian ini dibangun di atas lahan seluas 3 hektar dan baru diresmikan pada tahun 2018.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tanjung Jabung Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Puri Rimbo Bulian merupakan taman edukasi sekaligus tempat wisata keluarga yang asik untuk dikunjungi. Untuk bisa sampai ke Puri Rimbo Bulian, Anda harus melewati jalan TMMD yang berjarak 1 km dari jalan utama menuju Puri Rimbo Bulian yang dipenuhi pemandangan perkebunan warga yang menyejukan. Apabila beruntung, Anda juga akan bertemu dengan sekanan monyet, beruk atau babi hutan yang merupakan hewan endemik di wilayah tersebut.

Lokasi: Jl. Sarolangun – Muara Tembesi, Kampug Baru, Kec. Muara Tembesi, Kab. Batang Hari.

11. Danau Ugo

Image Credit: Kompasiana.com

Danau Ugo terletak di Desa Aur Gading, Kecamatan Bhatin Dua Lusin, Kabupaten Batanghari. Di sini Anda akan melihat panorama Danau Ugo yang menakjubkan. Untuk berkunjung ke Danau Ugo Anda harus melewati jembatan gantung yang terbuat dari besi sebagai jalur alternatif menuju Danau Ugo. Di sepanjang jalan melintasi jembatan, Anda akan menyaksikan pemandangan pepohonan rindang dengan air sungai yang tenang dan tentunya memanjakan mata Anda yang melihatnya.

Danau Ugo terletak di dataran tinggi, sehingga ketika Anda berkunjung ke sana, Anda akan melihat Danau Ugo yang cantik terselimuti kabut dan semakin menambah keeksotisan wisata Danau Ugo.

Lokasi: Aur Gading, Kec. Batin XXIV, Kab. Batang Hari.

12. Danau Biru

Danau Biru

Image Credit: Tempatwisata.pro

Selain Danau Ugo, Kabupaten Batanghari juga memiliki wisata alam lainnya yakni Danau Biru Muara Tembesi. Danau ini terletak di Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari. Dari pusat Kota Muara Bulian, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 22 km atau 30 menit untuk sampai ke Danau Biru Muara Tembesi. Sedangkan apabila Anda dari Kota Jambi, perjalanan yang ditempuh sekitar 100 km. Meski melelahkan, namun rasa capai Anda akan hilang seketika setelah melihat pesona Danau Biru Muara Tembesi.

Lokasi: Muara Tembesi, Kec. Muara Tembesi, Kab. Batanghari.

Itulah 12 tempat wisata di Batanghari yang menarik dan dapat Anda jelajahi ketika liburan tiba. Berkunjung besama kelaurga ataupun teman dekat dapat memberikan pengalaman terbaik dalam berwisata.