Sumatra Utara

12 Tempat Wisata di Batu Bara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Batu Bara, Sumatera Utara. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan atau Akhir Pekan.

Daerah Batu Bara termasuk bagian kabupaten yang berada di Sumatera Utara. Sejak peresmian oleh Kementrian Dalam Negeri di tahun 2007 menjadi kabupaten, pemerintah daerah terus berbenah demi memajukan kehidupan masyarakat setempat.

Upaya yang paling banyak digenjot pemerintah adalah sektor pariwisata. Pemugaran situs bersejarah, pelestarian potensi alam, lautan dan pembuatan area wisata buatan terus dilakukan. Berkat upaya tersebut maka sangat layak memasukkan daerah ini menjadi tujuan berlibur Anda.

Nah, kesempatan kali ini diulas 12 tempat wisata di Batu Bara yang lagi hits dikujungi wisatawan dan dapat menjadi referensi terbaik Anda memilih tempat yang tepat.

1. Wisata Alam Datuk Batu Bara

Wisata Alam Datuk Batu Bara

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Destinasi pertama ini lebih ke arah ekowisata. Karena di sana deretan hutan bakau indah berpadu sempurna dengan area pantai yang bersih. Saat memasuki lokasi ini, pengunjung langsung disuguhi hamparan pasir putih lengkap dengan pintu masuk unik dari kayu. Tulisan penuh estetika terpampang disertai jargon Forest Adventure. Petualangan seru dirasakan pengunjung, melalui indahnya panorama, serta monyet jinak bebas berkeliaran.

Anda dijamin betah, apalagi tiketnya terbilang murah hanya 10 ribu rupiah saja tiap orang sudah termasuk parkir. Perjalanan dari kota Medan hanya membutuhkan 3 jam saja pakai jalur darat, melalui jalan tol.

Lokasi: Kwala Indah, Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara.

2. Pulau Salah Namo

Pulau Salah Namo

Image Credit: Wartawisata.id

Pulau ini sangat menggoda hati, dengan aneka bebatuan merah di pinggir pulau, serta pantulan warna air yang indah tak biasa. Tiap wisatawan akan takjub dibuatnya. Apalagi biota laut seperti ikan-ikan terlihat jelas. Sehingga bagi para penghobi snorkeling sangat menggoda sekali untuk melihat area bawah laut yang elok.

Pengelolaan pulau ini kini lebih bersifat pribadi. Sehingga berbagai fasilitas lengkap tersedia, seperti penginapan eksotik, sarana snorkeling, dan perlengkapan lainnya. Biaya yang dibebankan ke pengunjung senilai 400 ribu tiap orang. Harga itu sudah termasuk fasilitas lengkap. Lama perjalanan dari jalur darat menuju pulau berkisar 3-4 jam saja

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Medan yang Paling Hits

Lokasi: Bogak, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batu Bara.

3. Miniatur Singapore Land

Miniatur Singapore Land

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Dilihat dari namanya saja sudah dapat ditebak. Kalau semua area ini mengadopsi wisata yang ada di Singapura. Contohnya saja sky park, merlion park, dan lainnya. Berbagai jenis wahana air unik tersedia. Anda akan menikmati kolam ombak, kolam renang, lazy river, superbowl.

Deretan fasilitas menarik keluarga juga hadir seperti family side, atv, mobil golf, family karaoke, top hill resto dan cafe, dan banyak lagi. Meskipun fasilitas menawan, biaya masuk terjangkau. Tiket masuk untuk anak-anak antara 20 ribu-35 ribu. Sedangkan kategori remaja dan dewasa harganya 35 ribu-50 ribu.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera No.KM 141, Perkebunan Sei Balai, Kec. Sei Balai, Kab. Batu Bara.

4. Pantai Bunga

Pantai Bunga

Image Credit: Anthonynh.blogspot.com

Letak destinasi wisata batu bara memang berada di area pesisir. Maka tidak heran kalau wisata pantai banyak ditemukan. Salah satunya pantai bunga, yang keindahannya dapat dinikmati ketika pasang. Jika surut maka pemandangan berupa air berlumpur jelas terlihat.

Tiap orang yang datang ke pantai ini akan dikenakan biaya 5000 rupiah belum termasuk parkir. Fasilitasnya berupa pondok kecil sebagai tempat santai, tempat kuliner, toilet. Kalau mau ke lokasi ini pengunjung cukup pakai kendaraan roda 4 atau 2.

Lokasi: Bandar Rahmat, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batu Bara.

5. Pantai Galuh Indah

Pantai Galuh Indah

Image Credit: Facebook.com @Pantaigip

Pantai ini masih tergolong baru, namun keindahannya tiada duanya. Pasir putih yang terhampar rapi seimbang dengan hutan mangrove yang teduh. Selain itu beberapa titik unik sengaja dibangun pengelola sebagai media untuk foto selfie. Pengunjung tidak akan merasa bosan saat berada di sana. Satu hal lagi terkait tiket masuk. Pihak pengelola Pantai Galuh hanya membebankan tiket 10 ribu rupiah saja.

Lokasi: Guntung,Bagan Arya, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batu Bara.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Gunungsitoli Terbaru & Terhits Dikunjungi

6. Pulau Pandang

Pulau Pandang

Image Credit: Twitter.com @Genpisumut_

Salah satu destinasi wisata yang masih dalam satu wilayah dengan pulau salah namo ternyata begitu cantik. Pengunjung yang memakai jasa open trip, umumnya mengunjungi pulau ini juga. Karena masih dalam satu paket dengan pulau salah namo. Lama perjalanannya hanya 1,5 jam dari pulau salah namo. Fasilitas penginapan juga ada di sana, tetapi penyuka snorkling harus hati-hati. Karena bulu babi banyak hidup di perairan pulau pandang.

Keadaan pulau pandang indahnya tiada duanya. Ketika kondisi pasang telah tiba warna air tampak berkilau indah dengan deretan gradasi yang mengagumkan.Spot paling menarik terletak di gardu pandang. Anda bebas menikmati indahnya panorama.

Lokasi: Bogak, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batubara.

7. Danau Laut Tador

Danau Laut Tador

Image Credit: Eksisnews.com

Daerah batu bara ternyata mempunyuai danau yang luas. Airnya yang jernih dan tenang serta deretan pepohonan berpadu menjadi satu. Meskipun begitu pengunjung danau ini tidaklah ramai. Sehingga tidak ada biaya tiket masuk alias gratis. Kalau ingin ke lokasi ini baiknya memakai kendaraan roda 2. Karena kondisi jalan tidak memungkinkan dilewati mobil.

Lokasi: Laut Tador, Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara.

8. Dogi Park Waterboom Indrapura

Dogi Park Waterboom Indrapura

Image Credit: Travelingmedan.com

Tempat wisata menarik untuk keluarga cuma ada di Dogi Park. Meskipun tema utama dari tempat ini berupa wahana air. Akan tetapi Anda dapat menikmati spot menarik lainnya. Bagi pengunjung yang gemar melakukan foto.

Lokasi ini penuh dengan tempat dan miniatur unik bertemakan bangunan ikonik berbagai negara. Contohnya saja patung liberty, Hollywood, rumah hobit, rumah terbalik dan masih banyak lagi. Setiap pengunjung yang masuk ke tempat ini dikenakan biaya senilai 13 ribu rupiah, dengan biaya parkir terpisah.

Lokasi: Jl. H. Barus Siregar Desa Tanjung Kubah, Indrapura, Kec. Air Putih, Kab. Batu Bara.

9. Pantai Jono atau Perjuangan

Pantai Jono atau Perjuangan

Image Credit: Vyfyabrahmanasworld.blogspot.com

Pantai ini mempunyai eksotika luar biasa. Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk sekedar menikmati pemandangan. Selain itu, kondisi angin sepoi-sepoi ditambah dengan suara ombak yang bersahabat semakin membuat betah oengunjung. Apalagi pondok kecil banyak tersedia di sana dilengkapi dengan aneka tempat kuliner seafood. Maka semakin lengkaplah saat santai bersama keluarga.

BACA JUGA:  20 Oleh-Oleh Khas Medan yang Paling Populer

Suasana paling menarik lagi kalau dapat menyaksikan matahari terbit atau tenggelam. Pesonanya susah untuk dilupakan. Ditambah lagi biaya yang super murah, cukup dengan 5 ribu rupiah saja. Pengunjung bebas menikmati pantai Jono.

Lokasi: Lalang, Kec. Medang Deras, Kab. Batu Bara.

10. Masjid Jamik Indrapura

Masjid Jamik Indrapura

Image Credit: Gpswisataindonesia.wordpress.com

Bagi Anda penggemar wisata religi jangan lupa untuk singgah di masjid jamik indrapura. Desain arsitektur yang khas ditambah dengan kokohnya bangunan. Membuat masjid ini punya keistimewaan. Meskipun telah berdiri beberapa abad lalu. Masjid jamik mulai digunakan sejak tahun 1920. Tentu saja ciri klasik tetap menonjol. Jaman memang telah berganti tetapi masjid masih megah, tak terpengaruh oleh waktu.

Lokasi: Tanah Merah, Kec. Air Putih, Kab. Batu Bara.

11. Pemandian Air Panas Sumber Padi

Pemandian Air Panas Sumber Padi

Image Credit: Metrokampung.com

Lokasi ini menjadi favorit pengunjung saat berada di batu bara. Maklum saja deretan kolam bersih dengan air panasnya menjadi daya tarik tersendiri. Sensasi relaksasi dapat dirasakan tiap pengunjung. Anak-anak pun merasa betah bermain air di sana, karena tidak dingin. Pihak pengelola membuka pemandian sampai malam hari dengan harga tiket terbilang murah. Semua pengunjung hanya dikenakan biaya 5 ribu rupiah saja. Lokasinya mudah dilalui kendaraan roda 2 dan 4.

Lokasi: Sumber Padi, Kec. Limapuluh, Kab. Batu Bara.

12. Istana Niat Lima Laras

Istana Niat Lima Laras

Image Credit: Detikepri.com

Kerajaan Melayu pernah ada dan berjaya pada masanya. Bahkan di daerah batu bara ini berdiri istana peninggalan kejayaan masa lalu yang masih ada sampai sekarang. Lokasinya dekat dengan pusat pemerintahan, tepatnya di ibukota batu bara. Bangunan klasik yang telah usang menjadi daya tarik sendiri. Meskipun demikian pengunjung bebas keuar masuk istana tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Lokasi: Jl. istana desa, Lima Laras, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batu Bara.

Itulah 12 tempat wisata menarik di Batu Bara yang dapat dikunjungi saat ingin mendapat liburan berkualitas. Semua destinasi tersebut menawarkan keindahan masing-masing. Spot foto juga dapat dilakukan di setiap lokasi tersebut. Pastinya hemat biaya untuk sebuah perjalanan wisata menarik.