Bengkulu

15 Tempat Wisata di Belitung Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Terbaik & Favorit di Belitung, Bangka Belitung. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan Saat Liburan atau pun Akhir Pekan.

Indonesia merupakan salah satu negara yang menyimpan berbagai lokasi cantik yang wajib untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Belitung. Keindahan alam yang dimiliki oleh pulau yang satu ini memang tidak ada habisnya ketika dibicarakan. Pulau Belitung menyimpan berbagai keindahan alam yang luar biasa dan tepat untuk dijadikan sebagai tujuan untuk menghabiskan liburan.

Keunikan dan keindahan daerahnya dapat memanjakan mata wisatawan, dan terdapat pula lokasi wisata menarik dari bekas lahan pertambangan di pulau yang satu ini. Tidak hanya menarik perhatian wisatawan dalam negeri saja, pesona Pulau Belitung juga sukses menarik perhatian wisatawan mancanegara. Berikut ulasan 15 tempat wisata di Belitung yang patut Anda kunjungi.

1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Image Credit: Pegipegi.com

Pulau Lengkuas merupakan primadona dari Belitung. Daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Lengkuas ini adalah bangunan mercusuar rua yang menjadi petunjuk lalulintas kapal yang melintas di lautan. Anda bisa menikmati berbagai pesona alam yang indah. Pulai ini jangan sampai terlewatkan jika Anda berkunjung ke pulau Belitung.

Lokasi: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

2. SD Laskar Pelangi

SD Laskar Pelangi

Image Credit: Pesona.travel

Siapa sih yang tidak tahu Film Laskar Pelangi? Ya Film yang laris manis ini berlatar di Pulau Belitung sehingga lokasi syutingnya pun diambil di pulau indah dengan pesona alam yang eksotis. Salah satu tempat wisata populer dari pulau ini adalah replika SD Muhammadiyah Gantong atau yang lebih akrab disapa SD Laskar Pelangi oleh para wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini.

Disinilah tempat dikisahkannya sepuluh siswa dengan semangat yang tinggi dalam mengenyam pendidikan meskipun memiliki banyak keterbatasan. Oleh sebab itu kehadiran SD Laskar Pelangi ini pun banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang memang menonton film yang populer ini.

Lokasi: Lenggang, Kec. Gantung, Kab. Belitung Timur.

3. Danau Kaolin

Danau Kaolin

Image Credit: Idntimes.com

Jika Anda ingin pergi ke tempat wisata lain selain pantai, maka Danau Kaolin adalah jawabannya. Tempat wisata yang satu ini tidak dikenai biaya masuk. Danau Kaolin juga cocok untuk digunakan sebagai tempat untuk berswafoto dengan latar pemandangan yang sangat indah.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi danau Kaolin ini adalah pukul 09.00 hingga 11.00 sebelum matahari terik. Karena jika mengunjunginya di atas jam 11.00 Anda harus siap menghadapi cuaca yang sangat panas di sekitar danau ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bengkulu Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Perawas, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

4. Desa Nelayan

Image Credit: Traverse.id

Desa Nelayan merupakan salah satu desa yang populer di Belitung yang terletak di Tanjung Binga. Disebut sebagai desa nelayan karena seluruh penduduk desa yang satu ini memiliki pekerjaan sebaai nelayan. Dari desa ini Anda juga bisa menyebrang dengan menggunakan kapal motor untuk bisa mengunjungi Pulau Lengkuas. Di tempat ini Anda bisa menemukan banyak jenis ikan asin.

Suasana desa di sore hari hamu bisa melihat banyak anak-anak yang bermain-main di tepi pantai. Anda pun bisa ikut bermain bersama anak-anak asli desa tersebut dan melakukan berbagai aktivtas yang menyenangkan bersama-sama. Di sini Anda juga bisa membeli ikan laut yang masih segar langsung dari nelayan yang tinggal di Desa Nelayan ini. rasakan sensasi liburan yang berbeda dengan mengunjungi desa yang satu ini.

Lokasi: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

5. Sungai Batu Mentas

Sungai batu Mentas merupakan salah satu jenis objek wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan juga anak-anak. Hal tersebut dikarenakan di tempat ini terdapat berbagai macam permainan edukasi yang menyenangkan. Destinasi wisata yang satu ini terletak di daerah Badau. Hal istimewa dari tempat wisata yang satu ini adalah Anda bisa melihat Tarsius.

Selain itu, Sungai Batu Mentas juga menyediakan tempat berkemah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Anda juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan lainnya seperti water tubbing yang mengharuskan para wisatawan untuk menyusuri sungai. Sungai ini memiliki air yang sangat jernih sehingga ketika melakukan water tubbing Anda bisa melihat ikan-ikan yang berseliweran di dalam air.

Lokasi: Kacang Butor, Kec. Badau, Kab. Belitung.

6. Bukit Peramun

Bukit Peramun

Image Credit: Berjalanterus.com

Bukit Paramount menjadi salah satu objek wisata yang populer di Belitung dan wajib untuk dieksplor. Bukit ini mulai dibuka untuk umum pada pukul 09.00 pagi. Tempat ini sangat cocok untuk digunakan dalam kegiatan outdoor yang menyenangkan seperti outbond yang bisa dilakukan dengan keluarga. Di bukit Paramount ini Anda bisa menyaksikan pemandangan yang begitu indah.

Tak perlu khawatir tersesat, karena di sini terdapat pemandu wisata yang siap mendampingi Anda untik menjelajahi bukit yang satu ini. yang unik dari Bukit Paramount ini adalah terdapat pepohonan yang diberikan laber QR Code yang bisa discan oleh para pengunjung. Tujuannya agar para pengunjung bisa tahu berbagai informasi menarik seputar pohon yang dijumpai di dalam area bukit.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lebong Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Desa Air Selumar, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

7. Gusong Bugis

Gusong Bugis

Image Credit: Pesona.travel

Gusong Bugis merupakan destinasi wisata menarik lainnya yang wajib untuk dikunjungi. Tempat ini adalah pantai yang lokasinya berada diseberang sungai Cerucuk. Hal menarik dari objek wisata yang satu ini adalah kehadiran pulau-pulau kecil di sekitarnya, pasir putih bersih dan juga halus, serta kehadiran pohon-pohon pinus semakin membuat suasananya di Gusong Bugis menjadi sangat sejuk. Di sini juga terdapat jembatan kayu yang dibuat sangat artistic sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto yang menarik.

Lokasi: Jl. Gusong Bugis, Juru Seberang, Kec. Tanjung Pandan. Kab. Belitung.

8. Open Pit

Open Pit

Image Credit: Gloob-online.com

Open Pit adalah tempat wisata yang berasal dari bekas lahan pertambangan timah yang sudah tidak terpakai lagi. Seiring berjalannya waktu Open Pit pun berubah fungsi sebagai tempat destinasi baru yang wajib untuk dikunjungi. Disini Anda bisa belajar mengenai sejarah pertambangan timah yang berkembang di Belitung.

Anda juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti menjelajahi gua bekas tambang serta melihat kawah buatan dari puncak bukit. Selain itu, Anda juga bisa melihat kondisi lokasi bawah tanah bekas pertambangan timah yang satu ini.

Lokasi: Desa Senyubuk Kec. Kelapa Kampit, Kab. Belitung Timur.

9. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Image Credit: Pertamag.blogspot.com

Pantai Tanjung Kelayang ini terletah di kecamatan Sijuk. Pantai yang satu ini terkenal dengan hamparan bebatuan raksasa yang bentuknya mirip dengan kepala burung garuda. Pantai ini sangat populer karena menjadi salah satu lokasi shooting pada film Laskar Pelangi yang telah ditonton jutaan penonton. Keindahan pantainya yang biru dan pasirnya yang putih juga menjadi daya tarik pantai ini.

Lokasi: Jl. Tanjung Kelayang, RT.05/RW.08, Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

10. Dermaga Kirana

Dermaga Kirana

Image Credit: Kataomed.com

Destinasi lainnya adalah Dermaga Kirana. Objek wisata yang terletak di Desa Lenggang ini menawarkan pemandangan danau yang cantik. Selain itu, suasananya yang begitu tenang juga membuat banyak wisatawan yang merasa betah untuk berlama-lama di tempat yang satu ini. Air danau yang jernih serta kondisi yang bersih terjaga juga menjadi daya tarik dari Dermaga Kirana.

Lokasi: Lenggang, Kec. Gantung, Kab. Belitung Timur.

11. Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar

Image Credit: Pegipegi.com

Pulau batu Belayar adalah destinasi bahari yang menarik Anda kunjungi. Jika dilihat dari atas, pulau ini hanya terlihar hamparan pasir yang dipenuhi oleh batu granit dengan ukuran besar. Hal itulah yang menjadi daya tarik dari Pulau Belayar ini. Pemandangan alami yang berasal dari hamparan bebatuan granit ini merupakan keistimewaan yang dimiliki oleh Pulau Batu Belayar ini.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Bengkulu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

12. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong

Image Credit: Indonesiakaya.com

Pantai Penyabong ini terletak di kawasan Membalong. Pantai yang satu ini memiliki hamparan bebatuan granit yang indah. Karakteristik dari pantai Penyabong ini adalah jalan tanah yang panjang dan berliku di pantai yang satu ini.

Pemandangannya yang asri pun semakin menambah keindahan pantai yang satu ini. Para wisatawan juga bisa melihat indahnya Batu Baginde yang tegak beridiri dengan kokoh di pinggir jalan saat menuju ke tempat wisata populer yang satu ini.

Lokasi: Padang Kandis, Kec. Membalong, Kab. Belitung.

13. Pulau Pasir Belitung

Pulau Pasir Belitung

Image Credit: Simphortour.com

Pulau yang satu ini lokasinya dekar dengan Pulau Lengkuas. Sehingga anda bisa mengunjungi Pulau Pasir Belitung ini dengan menggunakan kapal motor dari Pulau Lengkuas. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pulau yang satu ini adalah ketika air laut mulai surut. Hal tersebut dikarenakan saat air laut pasang sedang pasang atau sedang tinggi maka pulau pasir ini akan tertutupi oleh air laut yang berwarna biru jernih.

Lokasi: Pulau Pasir, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

14. Pantai Serdang

Pantai Serdang

Image Credit: Belitunginfo.com

Jika Anda menyukai kegiatan berswafoto, maka Anda wajib mengunjungi Pantai Serdang. Pantai ini memiliki pemandangan indah dengan pasir putihnya, dan memiliki spot foto menarik untuk dokumentasi Ana. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai hidangan kuliner yang menggugah selera dan juga menikmati kopi di sekitar pantai. Di sini Anda akan menemukan deretan perahu dengan warna yang bervariasi sehingga bagus sekali untuk diabadikan.

Lokasi: Baru, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur.

15. Pulau Leebong

Pulau Leebong

Image Credit: Ratnadewi.me

Terakhir adalah pemandangan laut yang indah dari Pulau Leebong. Saat berkunjung ke pulau ini, Anda akan disambut dengan pemadangan hutan mangrove yang indah berjajar di sepanjang sisi pelabuhan. Seperti berlibur di pulau pribadi, Pulau Leebong cocok untuk dikunjungi jika Anda tak ingin diganggu oleh hiruk pikuk kehidupan yang penuh kegaduhan.

Di sini Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti snorkeling, diving, bersepeda mengelilingi pulau, dan juga jetski.

Lokasi: Pegantungan, Kec. Badau, Kab. Belitung.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Belitung paling hits dikunjungi wisatawan. Menentukan tujuan wisata yang pas bisa memberikan pengalaman berbeda saat menghabiskan liburan Anda. Selamat Berlibur!