Riau

15 Tempat Wisata di Bengkalis Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Bengkalis, Provinsi Riau. Destinasi Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Bengkalis.

Akhir-akhir ini Bengkalis menjadi destinasi liburan yang sedang banyak dibacarakan oleh para wisatawan. Bengkalis menjadi destinasi wisata yang terkenal karena munculnya banyak objek wisata yang baru. Bengkalis yang merupakan salah satu kabupaten yang memilki julukan “Negeri Junjungan” di Provinsi Riau menawarkan destinasi wisata terbaik bernuansa alam terbuka sekaligus ditambah dengan panorama eksotis yang memilki ciri khas tersendiri.

Jika hendak mengunjungi kabupaten ini, berikut 15 tempat wisata terbaik di Bengkalis yang paling hits dikunjungi wisatawan saat liburan.

1. Telaga Suri Perdana

Telaga Suri Perdana

Image Credit: Attayaya.tumblr.com

Telaga Suri Perdana merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Bengkalis yang memiliki danau. Bahkan Telaga Suri Perdana merupakan satu-satunya danau yang ada di Bengkalis. Meskipun Telaga Suri Perdana merupakan sebuah danau buatan, namun tempat wisata di daerah ini mapu menyedot banyak perhatian pengunjung. Objek wisata ini juga menawarkan spot foto yang bagus dan sangat estestis.

Telaga Suri Perdana terletak di desa Sungai Pakning kecamatan Bukit Batu. Tempat wisata ini memberikan pelayanan rekreasi alam yang cocok untuk pembelajaran tentang alam. Air danaunya pun berwarna jernih kehijauan, serta pulau kecil di tengah danau juga akan membuat banyak orang terpana ketika melihatnya. Fasilitas yang lengkap menjadikan Telaga Suri Perdana menjadi destinasi favorit oleh banyak orang. Pengunjung pun tidak akan dimintai biaya untuk retribusi yaitu tiket masuk.

Lokasi: Sungai Pakning, Kec. Bukit Batu, Kab. Bengkalis.

2. Pantai Selat Baru

Pantai Selat Baru

Image Credit: Prokopim.bengkaliskab.go.id

Pantai Selat Baru adalah salah satu wisata di Bengkalis yang menawarkan pantai nan eksotik. Tentunya tempat wisata ini sangat cocok untuk orang senang menikmati pemandangan pantai serta berjemur di atas terik panasnya matahari. Pantai Selat Indah memiliki keasrian pantai di Bengkalis yang juga tak kalah indah dengan pantai yang ada di Bengkulu. Di tempat wisata ini, pengunjung bisa menikmati deburan ombak sembari duduk santai di atas pasir putih yang sangat indah.

Pantai Selat Baru ini juga memiliki pemandangan yang unik dan akan sangat cocok untuk fotografi. Bahkan kamu juga akan menemukan ayunan kayu yang dibuat persis di atas air laut yang memungkingkan pengambilan gambar menjadi terlihat lebih nyata dan mampu mengecoh seakan-akan kamu sedang berada di pantai yang ada di Bali.

Lokasi: Selat Baru, Bantan, Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kampar Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Taman Andam Dewi

Taman Andam Dewi

Image Credit: Selmawahida.blogspot.com

Letak lokasi dari destinasi wisata ini adalah di pinggir laut. Taman Andam Dewi menawarkan keindahan berbagai jenis tanaman hias yang mampu menghadirkan nuansa romantis. Bisa dipastikan jika Taman Andam Dewi meruapakan taman terindah yang ada di Bengkalis. Taman ini juga berada tidak jauh dari Hotel Pantai Marina yang jaraknya sekitar 80 meter.

Taman ini juga memilki atraksi air mancur yang mempesona serta efek lampu warna-warni yang akan menampilkan tontonan sangat indah di waktu malam hari. Di taman ini juga kalian bisa berfoto dengan latar belakang bertuliskan “I Love Kota Bengkalis.”

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Bengkalis Kota, Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis.

4. Pulau Beting Aceh

Pulau Beting Aceh

Image Credit: Ksmtour.com

Pulau Beting Aceh merupakah salah satu tempat menarik di Bengkalis yang populer dan terletak di bujur Utara Rupat. Di sini pengunjung akan langsung dimanjakan dengan fenomena pasir berbisik.

Pulau ini memilki luas sekitar 2 hektar dan memerlukan waktu kurang lebih 45 menit dari Desa Tanjung Medang, yang merupakan pulau tak berpenghuni dengan menaiki kapal speed boat. Setelah sampai disana, pengunjung akan menemukan pemandangan pasir putih indah yang akan terhembus angin ke arah laut.

Lokasi: Titi Akar, Kec. Rupat Utara, Kab. Bengkalis.

5. Hutan Lindung Bukit Batu

Hutan Lindung Bukit Batu

Image Credit: Kompasiana.com

Hutan Lindung Bukit Batu menawarkan petualangan perjalanan wisata alam yang bernuansa rimba belantara. Hutan ini adalah kawasan cagar alam yang juga menyimpan pesona dari lingkungan hijau yang asri serta ciri khas biosfer dari Pulau Sumatera.

Di cagar alam ini, para pengunjung bisa belajar banyak dari mengamati berbagai jenis tumbuhan endemik serta hewan yang hidup di lingkungan hutan tersebut.

Lokasi: Tenggayun, Kec. Bukit Batu, Kab. Bengkalis.

6. Duri Islamic Center & Masjid Agung Istiqomah

Duri Islamic Center & Masjid Agung Istiqoma

Image Credit: Singgahkemasjid.blogspot.com

D.I.C yang meruapakan singkatan dari Duri Islamic Center dianggap sebagai ikon wisata religi yang besar di kabupaten Bengkalis. Tempat wisata ini juga menawarkan pemandangan dan pengetahuan mengenai peradaban agama dan budaya di tanah Bengkalis, namun untuk saat ini kita belum bisa melihat tempat wisata ini karena sedang dalam pembangunan.

Disamping itu kota Bengkalis juga memilki objek wisata religi lainnya yaitu Masjid Agung Istiqomah. Masjid ini tidak hanya dipakai untuk ibadah, namun dijadikan destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Masjid Agung Istiqomah memilki kemegahan di bangunannya yang mampu membuat banyak orang dari luar berkunjung.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Dumai yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Patimura, Damon, Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis.

7.  Lapangan Pasir Bengkalis

Lapangan Pasir Bengkalis

Image Credit: Bengkaliskab.go.id

Lapangan Pasir Bengkalis memiliki laut yang indah dan pasir yang dapat berkilau. Bahkan sering dijumpai banyaknya anak muda yang nongkrong di pinggir laut dan bukan di cafe. Jadi bisa dikatakan bahwa Lapangan Pasir Bengkalis merupakan tempat berkumpulnya para anak-anak muda di daerah sekitar.

Destinasi wisata ini juga menyuguhkan pusat kuliner yang memiliki vibe yang nyaman. Di pantai ini para pengunjung bisa menikmati udara sejuk yang berhembus dari angin di laut sembari bercakap-cakap dengan teman ataupun keluarga.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.123, Bengkalis Kota, Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis.

8. Pantai Tenggayun

Pantai Tenggayun

Image Credit: Pekanbaru.tribunnews.com

Pantai tenggayun memiliki keunikan tersendiri untuk dijadikan destinasi tempat wisata. Para pengunjung yang mengunjungi Pantai Tenggayun bisa berbelanja di sepanjang bibir pantai karena di pantai ini akan ada banyak pedagang yang menjual berbagai macam jenis kebutuhan, seperti makanan dan aksesoris. Pantai Tenggayun terletak di kelurahan Tenggayung, Kecamatan Bukit Kota, Bengkalis, Riau dan untuk sampai ke pantai ini kita hanya perlu berjalan kaki 5 menit dari kota.

Pantai ini dekat dengan wisata dari Pakning dimana sering dijumpai para nelayan yang seringkali menurunkan hasil panen ikan mereka. Jadi pengunjung bisa membeli ikan dan makanan laut yang segar dengan kualitas terbaik disini.

Lokasi: Tenggayun, Kec. Bukit Batu, Kab. Bengkalis.

9. Taman Laut Prapat Tunggal

Taman Laut Prapat Tunggal

Image Credit: Tempatwisatayangadadiprovinsiriau.blogspot.com

Taman Laut Prapat Tunggal dapat dijadikan tujuan utama yang layak untuk direkomendasikan bagi para pengunjung penikmat senja. Adanya pemandangan sunset dengan siluet bangunan yang memilki bayangan langit biru mampu menjadikan tempat ini sebagai destinasi favorit. Biasanya ketika sore hari saat matahari mulai turun akan ada banyak orang yang ramai menunggu momen indah sunset sambil menikmati gelombang laut.

Taman Laut Prapat Tunggal ini terletak di Desa Mekom, sebelah utara kota Bengkalis. Bahkan taman laut ini dapat dinikmati secara gratis dan sering dipakai untuk foto prewedding karena panorama senja yang sangat bagus.

Lokasi: Meskom, Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis.

10. Pantai Tanjung Medang

Pantai Tanjung Medang

Image Credit: Riau.go.id

Pantai Tanjung Medang terletak di Teluk Rhu, Rupat Utara yang cukup populer di kawasan Riau. Pantai ini juga menawarkan pasir yang elok di sepanjang garis bibir pantai sekitar 16 kilometer dari area pelabuhan hingga ke Teluk Rhu. Para pengunjung bisa berenang atau berendam sembari merasakan air laut yang asin serta meminum air buah kelapa yang menyegarkan langsung dari pohonnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pelalawan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Pulau Beting Aceh, Kec. Rupat Utara, Kab. Bengkalis.

11. Mangrove Sebauk

Mangrove Sebauk

Image Credit: Metromedianews.co

Objek wisata ini memiliki tujuan untuk pelestarian lingkungan pesisir pulau. Terletak di Desa Sebauk, hutan mangrove yang ada di Bengkalis ini dikelola untuk rekreasi pendidikan. Dan pengunjung pun bisa melihat secara langsung hijaunya hutan bakau, serta ikan-ikan yang besar di kawasan rawa. Disini juga menyediakan jembatan yang melintang di atas pohon mangrove sehingga pengunjung bisa berfoto di dekat jembatan.

Lokasi: Sebauk, Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis.

12. Pantai Sepahat

Pantai Sepahat

Image Credit: Sepahat.desa.id

Pantai Sepahat memilki ciri khas dengan pasir hitamnya yang pekat dan cenderung tidak seramai dengan objek wisata lainnya. Untuk pengunjung yang tidak terlalu suka dengan keramaian dan senang menyendiri mungkin bisa menjadi destinasi wisata favorit. Panorama pasir hitam serta laut yang kecoklatan di pantai ini mampu memikat pengunjungnya.

Lokasi: Sepahat, Kec. Bukit Batu, Kab. Bengkalis.

13. Pantai Lapin

Pantai Lapin

Image Credit: Bengkaliskab.go.id

Aktivitas seru di Pantai Lapin ini, para pengunjung bisa bermain pasir serta berkeliling naik perahu pelayan. Bahkan pengunjung juga bisa berfoto di bawah puing-puing dermaga ketika air laut sedang surut. Lokasi dari Pantai Lapin ini berada di sekitaran wisata Rupat Utara di kelurahan Desa Tanjung Punak.

Lokasi: Jl. Tanjung Lapin, Tanjung Punak, Kec. Rupat Utara, Kab. Bengkali.

14. Pantai Bestari

Pantai Bestari

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Pantai Bestari merupakan tempat wisata yang ada di Bengkalis yang tak kalah dalam memanjakan pengunjung. Lokasinya terletak di dusun Pasir Putih, Desa Puteri Sembilan. Pantai Bestari menonjolkan photo both dan wahana baru yang lucu sehingga tempat wisata ini bisa menjadi terkenal seperti ini. Bisa disimpulkan bahwa pantai ini sangat cocok untuk pengunjung yang senang mencari bahan update untuk konten instagram.

Lokasi: Puteri Sembilan, Kec. Rupat Utara, Kab. Bengkalis.

15. Hutan Adat Kesumbo Ampai

Hutan Adat Kesumbo Ampai

Image Credit: Riauberdaulat.com

Tempat wisata terakhir yang ada di Bengkalis ini menjadi lebih seru dengan adanya Hutan Adat Kesumbo Ampai yang cocok sebagai penutup kunjungan. Hutan adat ini memiliki rumah adat tradisional serta suku Sakai yang sampai sekarang masih tinggal disana dan menjalankan tradisi lokal yang ada di sana.

Di sini pengunjung bisa menjelajahi dan menggali potensi yang ada di hutan adat. Para pengunjung bisa menemukan banyak tumbuhan obat tradisional yang masih sering digunakan oleh suku asli dari Bengkalis.

Lokasi: Kesumbu Ampai, Kec. Bathin Solapan, Kab. Bengkalis.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Bengkalis yang populer dan dapat menjadi pilihan terbaik bagi para kaum traveller yang ingin menjelajahi destinasi baru di daerah sekitar kabupaten selatan Provinsi Riau. Dengan banyaknya destinasi menarik di Bengkalis mampu menjadi dorongan yang kuat untuk segera membuat agenda.