Bengkulu

25 Tempat Wisata di Bengkulu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Menarik dan Populer di Kota Bengkulu. Destinasi Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Bengkulu.

Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang berada di barat daya pulau Sumatera. Ibukota dari provinsi Bengkulu sendiri yaitu kota Bengkulu. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berlibur ke Provinsi Bengkulu ini tidak perlu khawatir. Karena destinasi wisata yang ada di dalamnya sangat menarik.

Hal ini didukung dengan adanya alam yang indah yang dimiliki oleh daerah ini. Baik itu dari segi pantai maupun gunung-gunungnya. Gunung yang ada di provinsi Bengkulu ini juga ditumbuhi oleh bunga Rafflesia Arnoldii. Selain itu juga ada banyak tempat bersejarah yang ada di provinsi ini.

Jika Anda ingin berlibur yang menyenangkan, berikut ini 25 tempat wisata di Bengkulu yang memiliki keindahan alam yang memukau dan dapat Anda gunakan sebagai referensi.

1. Pantai Linau

Pantai Linau

Lokasi: Jl. Lintas Barat, Linau, Kec. Maje, Kab. Kau. – Imgae Credit by Ayookdolan.blogspot.com

Lokasi pantai ini berada di Kabupaten Kaur, Bengkulu. Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengunjungi wisata yang satu ini, karena tarif yang dikenakan hanya Rp5.000 saja. Pantai Linau buka selama 24 jam dari hari Senin-Minggu. Ada beberapa fasilitas yang disediakan di pantai Linau seperti rumah makan, kamar mandi, dan juga masjid. Pantai Linau ini memiliki perairan yang biru dan juga jernih dan pasir yang berwarna kecoklatan. Ombak nya sendiri yaitu sekitar 3 meteran. Kontur dari pantai yang satu ini landai. Sehingga sangat memungkinkan bagi para wisatawan yang berkunjung untuk bermain air di pinggir pantai.

Selain itu, keunikan yang ada di pantai Linau ini adalah para wisatawan dapat memancing ikan sendiri sehingga hasil pancingan tersebut bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Ciri khas dari pantai Linau yang ada di Bengkulu ini yaitu gurita kering atau yang masih segar hasil tangkapan dari para nelayan yang ada di situ. Yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi keluarga tercinta di rumah.

2. Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu

Lokasi: Jl. Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu. – Imgae Credit by Pegipegi.com

Pantai Panjang Bengkulu yaitu pantai yang berlokasi di Kota Bengkulu. Fasilitas yang disediakan di Pantai Panjang Bengkulu ini yaitu ada tempat makan, hotel, dan juga penginapan Sehingga para wisatawan yang berkunjung bisa bermalam di pantai tersebut sembari menikmati keindahan Pantai Panjang Bengkulu.

Sesuai dengan namanya, pantai ini merupakan salah satu pantai terpanjang yang ada di Indonesia yaitu panjangnya yang mencapai 7 km. Ombak Pantai Panjang Bengkulu ini tenang. Sehingga bagi para wisatawan yang berkunjung bisa bermain air di sepanjang pinggir pantai pantai. Panjang Bengkulu ini memiliki pasir putih yang indah dan pepohonan di sepanjang pantai. Menikmati sunset di pantai Panjang Bengkulu ini tidak kalah menarik keindahannya. Ditambah lagi dengan suasana pantai yang sangat mendukung.

3. Pantai Wisata Way Hawang atau Pantai Kaur

Pantai Wisata Way Hawang atau Pantai Kaur

Lokasi: Way Hawang, Kec. Maje, Kab. Kaur. – Imgae Credit by Bengkuluinteraktif.com

Wisata yang selanjutnya yaitu Pantai Wisata Way Hawang atau Pantai Kaur berlokasikan di Kabupaten Kaur, Bengkulu. Keunikan yang ada di pantai Kaur ini yaitu adanya mitos kutukan Si Pahit Lidah. Mitos tersebut yaitu konon katanya pada dahulu kala ada sebuah perahu yang sedang berlayar. Saat berlayar perahu tersebut didatangi oleh kakek Si Pahit Lidah yaitu untuk meminta api kepada pemilik perahu. Namun sayangnya panggilan dari kakek Si Pahit Lidah tersebut dihiraukan oleh pemilik Perahu. Karena murka kakek tersebut akhirnya mengutuk perahu menjadi batu. Kaka dengan sekejap perahu tersebut berubah menjadi batu.

4. Pantai Aluran Pandan

Pantai Aluran Pandan

Lokasi: Jl. Benteng, Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu. – Imgae Credit by Suara1996.blogspot.com

Lokasinya sama dengan pantai Kaur yaitu berada di Kaur, Bengkulu. Dibuka selamat 24 jam setiap hari. Pantai yang satu ini merupakan salah satu pantai yang ada di Bengkulu yang belum banyak di jamah oleh para wisatawan. Hal ini dikarenakan akses jalan menuju pantai yang belum memadai atau bisa dikatakan cukup sulit dilalui.

Terlepas dari hal tersebut, Pantai Aluran Pandan ini merupakan pantai yang masih asri dan terjaga keasliannya. Pasir pantainya yaitu pasir putih dan juga ada banyak pepohonan kelapa yang berjajar rapi di sepanjang pantai. Bebatuan dan juga karang-karang yang ada di pantai tersebut juga masih asri dan alami. Warna air dari pantai ini yaitu hijau menandakan bahwa pantai ini memang masih sangat minim dikunjungi oleh para wisatawan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kepahiang Terbaru & Terhits Dikunjungi

5. Pantai Pasar Bawah atau Pantai Duayu Sekundang

Pantai Pasar Bawah atau Pantai Duayu Sekundang

Lokasi: Duayu Sekundang, Pasar Bawah, Kec. Pasar Manna, Kab. Bengkulu Selatan. – Imgae Credit by Bengkuluinteraktif.com

Tiket masuk pantai ini yaitu Rp5.000. Untuk jam kunjung wisata yaitu 24 jam setiap harinya. Pantai Pasar Bawah ini berlokasi di Kabupaten Bengkulu Selatan. Pantai ini merupakan salah satu pantai dengan ombak menggelegar yang sangat mempesona.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Pasar Bawah ini yaitu adanya pondok-pondok di sepanjang pinggir pantai yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk beristirahat. Selain itu ada juga tempat makan yang menghadap ke laut memungkinkan para pengunjung bisa menikmati makanan yang lezat sembari menikmati pemandangan pantai yang indah.

6. Pantai Manula

Pantai Manula

Lokasi: Pantai Manula, Kec. Nasal, Kab. Kaur. – Imgae Credit by Bengkuluinteraktif.com

Pantai yang selanjutnya yaitu Pantai Manula yang terletak di Kabupaten Kaur. Dibuka selama 24 jam setiap harinya. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang berada di Provinsi Bengkulu yang masih terjaga keasliannya. Pantai ini memiliki begitu banyak tebing-tebing tinggi yang langsung menghadap ke ke Samudra Hindia. Yang jika dilihat sekilas mirip dengan pantai yang ada di Bali.

Keunikan yang ada dalam pantai ini yaitu di tengah tebing ada sebuah rongga yang mempercantik keindahan pantai. Selain itu ada juga tebing yang menjorok ke pantai atau bisa dikatakan juga dengan tebing yang terpisah oleh daratan yang mirip dengan yang ada di Tanah Lot di Bali. menawan.

7. Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah

Lokasi: Padang Betuah, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah. – Imgae Credit by 2Pos.asia

Destinasi wisata pantai yang selanjutnya yaitu Pantai Padang Betuah. Untuk memasuki kawasan wisata ini para pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000. Lokasinya berada di Kabupaten Bengkulu Tengah. Pantai Padang Betuah ini memiliki pasir putih yang membatasi antara pantai dengan danau alami yang ada di sebelahnya. Pemandangan menakjubkan ini akan membuat liburan Anda menjadi lebih mengesankan. Selain itu keunikan yang ada di Pantai Padang Betuah yaitu adanya celah-celah yang ada di karang-karang. Adanya hal tersebut dikarenakan abrasi secara kontinu.

Para wisatawan juga diperkenankan untuk memancing di kawasan wisata Pantai Padang Betuah ini. Yang tidak kalah menarik yaitu sumur yang memiliki kedalaman 20 m dan juga diameternya yang berukuran 90 m. Menjadi suatu Spot menarik yang berada di pantai tersebut. Sumur ini berbentuk menyerupai suatu terowongan yang mengalir ke Pantai Padang Betuah dengan 50 m panjangnya. Sehingga Anda akan menjumpai suatu pemandangan eksotis yaitu adanya air masuk melalui dinding-dinding sumur tersebut dan juga menyembur secara berkala.

8. Pantai Lentera Merah

Pantai Lentera Merah

Lokasi: Pulau Baai, Kec. Kampung Melayu, Kota Bengkulu. – Imgae Credit by Dutawarta.com

Pantai Lentera Merah merupakan salah satu pantai yang berada di Kota Bengkulu. Pantai ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena keunikannya yaitu adanya Lentera Merah. Ada sebuah lentera yang berada di pantai dengan tujuan untuk penuntun kapal barang dan nelayan yang melintasi pantai tersebut.

Lentera Merah tersebut merupakan suatu menara suar yang berwarna merah lengkap dengan lampu suar yang memiliki cahaya warna merah. Bagi para wisatawan yang berkunjung adanya menara suar ini menjadi suatu daya tarik atau Spot foto yang sangat instagramable. Cukup dengan Rp5.000 Anda sudah dapat memasuki pantai Lentera Merah ini.

9. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci

Lokasi: Pasar Pedati, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah. – Imgae Credit by Tobokito.com

Jika Anda pernah berkunjung ke Pantai Lot yang ada di Bali pantai Sungai Suci ini seperti kembaran dari pantai Lot tersebut. Yang membedakannya yaitu adanya suatu jembatan gantung kembar. Jembatan tersebut dikelola oleh masyarakat setempat yang digunakan oleh masyarakat untuk menyebrangi sisi lain dari pantai ini. Panjangnya yaitu mencapai 10 m. Bagi para wisatawan untuk dapat menyeberangi jembatan Kembar ini akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 untuk orangnya. Jembatan gantung kembar ini bisa dilalui mulai pukul jam 07. 01-18. 01.

10. Pantai Jakat

Pantai Jakat

Lokasi: Jl. Bencoolen RT. 09 / RW. 03, Bajak, Kec. Tlk. Segara, Kota Bengkulu. – Imgae Credit by Pedomanbengkulu.com

Pantai Jakat yang terletak di kecamatan Teluk Segara kota Bengkulu merupakan salah satu pantai yang memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Diantaranya yaitu adanya penyewaan ban renang dan juga jaket pelampung. Bagi Anda yang ingin bermain banana boat dan jet sky juga bisa dilakukan di Pantai Jakat ini. Wisatawan yang berkunjung juga bisa melakukan kegiatan Outbound di sekitar area Pantai Jakat.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bengkulu Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tidak perlu khawatir bagi Anda pecinta kuliner karena di Pantai Jakat ini telah disediakan jajanan kuliner dan juga Hotel maupun penginapan dengan fasilitas yang sudah baik. Pantai Jakat merupakan salah satu Spot menarik bagi para wisatawan yang datang ke Bengkulu untuk menikmati matahari terbit dan juga tenggelam. Dengan suasana pantai deburan ombak dan juga semilir angin pantai yang sangat menyejukkan. Bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai ini cukup mengeluarkan Rp5.000 untuk tiket masuk nya. Pantai Jakat ini buka selama 24 jam dari Senin sampai Minggu.

11. Pantai Bengkenang

Pantai Bengkenang

Lokasi: Tanjung Besar, Kec. Manna, Kab. Bengkulu Selatan. – Imgae Credit by Kompasiana.com

Pantai Bengkenang yang terletak di Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan salah satu pantai dengan banyak pohon kelapa di sepanjang pantai nya. Fasilitas yang ada di pantai Benfmenang ini adalah 2 pondok khas dari Bengkulu Selatan. Serta ada begitu banyak tempat duduk bagi para wisatawan yang berkunjung. Di pantai ini juga disediakan spot spot foto menarik yang sangat instagramable.

12. Danau Tes

Danau Tes

Lokasi: Kutai Donok Kec. Lebong Selatan, Kab. Lebong. – Imgae Credit by Ksmtour.com

Danau Tes merupakan danau terbesar yang ada di provinsi Bengkulu Danau ini membentang antara dua buah Dusun adat Suku Rejang yaitu Dusun adat Kutai Dono yang biasa disebut sebagai Desa Tengah dan juga Dusun ada tes sekitaran Danau ini merupakan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat bagi Anda yang berkunjung ke danau ini akan disuguhkan dengan pemandangan bukit hijau dan juga bentangan sawah selain itu jika Anda datang ke danau terbesar yang ada di provinsi Bengkulu ini Anda bisa saja beruntung melihat beberapa burung langka Bengkulu yang terbang di sekitaran danau fasilitas yang disediakan seperti ada penginapan dan hotel selain itu ada juga restoran juga rest area bagi para wisatawan

13. Danau Suro

Danau Suro

Lokasi: Suro Ilir, Kec. Ujan MAS, Kab. Kepahiang. – Imgae Credit by Curupekspress.com

Wisata yang yang selanjutnya yaitu Danau Suro yang terletak di Kabupaten Kepahiang. Danau Suro buka mulai pukul 8 pagi sampai jam 6 sore. Danau ini digunakan untuk keperluan PLTA yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air. Selain itu oleh masyarakat sekitar Danau Suro juga digunakan untuk keramba ikan.

14. Danau Nibung

Danau Nibung

Lokasi: Bandar Ratu, Kec. Kota Mukomuko, Kab. Mukomuko. – Imgae Credit by Backpackerjakarta.com

Danau Nibung merupakan salah satu danau yang berada di Kabupaten Mukomuko. Tiket masuk wisata ini yaitu Rp5.000. Fasilitas yang disediakan di danau Nibung yaitu berupa area parkir, MCK, dinding pembatas dan juga ada Gazebo. Selain itu bagi wisatawan yang datang berkunjung tidak perlu khawatir ketika merasa lapar karena disitu sudah disediakan kantin dan juga ada mushola untuk tempat ibadah.

Anak-anak yang yang ikut berwisata juga dapat menikmati beberapa wahana air yang tersedia. Bagi Anda yang hobi selfie juga disediakan berbagai spot foto keren dan juga menarik. Danau Nibung ini dulunya merupakan sebuah rawa sehingga airnya berwarna hitam.

15. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough

Lokasi: Jl. Benteng, Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu. – Imgae Credit by Wikipedia.org

Benteng ini merupakan salah satu situs bersejarah peninggalan zaman penjajahan saat melawan Inggris yang pernah berada wilayah Bengkulu. Desain benteng ini sangat kuat dan kokoh, bahkan dulunya pernah ditetapkan sebagai benteng kedua terkuat di wilayah timur Kawasan Asia. Sehingga, meski pernah dirusak dan coba dibakar benteng ini masih tetap kokoh berdiri sampai saat ini.

Selain komposisi bangunannya yang kuat, desain arsitektur benteng ini juga sangat menarik dan memberikah ciri khas tertentu pada desain-desain ala vintage di era penjajahan. Spot wisata ini sangat cocok bagi Anda yang gemar dan hobi berburu foto instagramable.

16. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat

Lokasi: Jl. Bengawan Solo No.RT 10, Ulak Surung, Kec. Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau. – Imgae Credit by Sites.google.com

Sama halnya dengan Way Kambas, Lampung, Bengkulu juga mempunyai tempat untuk reservasi Gajah. Tempat ini disebut sebagai Pusat Pelatihan Gajah (PPG) Seblat yang merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Mukomuko Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tidak hanya sebagai tempat pelestarian dan konservasi saja, melainkan sama seperti namanya yaitu sebagai tempat pelatihan gajah agar memiliki keterampilan dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Beberapa jenis Gajah dapat Anda temui secara langsung dan terbuka di alam bebas, seperti misalnya Gajah yang telah terlatih untuk bermain berbagai macam atraksi dan permainan.

17. Goa Kacamata

Goa Kacamata

Lokasi: Lebong Tambang, Kec. Lebong Utara, Kab. Lebong. – Imgae Credit by Pesona.travel

Destinasi wisata yang satu ini bisa dibilang cukup unik dikarenakan dua lubang yang hampir menyerupai kacamata, sehingga disebut sebagai Goa Kacamata. Terletak di tebing berbatu terjal yang dahulu digunakan ebagai tambang emas pada masa penjajahan Belanda. Sehingga, dua lubang menyerupai kaca mata ini diduga sebagai bekas adanya penambangan emas yang dulu pernah dilakukan.

Sangat disarankan bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini pada pagi hari, dikarenakan saat matahari mulai muncul maka akan muncul pula cahaya yang masuk melalui lubang-lubang gua. Sehingga suasana dalam gua menjadi lebih terang berkat pencahayaan alami.

18. Kebun Teh Kabawetan

Kebun Teh Kabawetan

Lokasi: Jl. Kabawetan, Tangsi Baru, Kec. Kaba Wetan, Kab. Kepahiang. – Imgae Credit by Pesona.travel

Kebun Teh ini berlokasi di daerah Kebahiang, Bengkulu. Hamparan hijaunya mebun teh ini masih terjaga keasriannya, ditambah lagi deretan pohon sengon di sekitarnya yang tumbuh berjajar rapi. Disamping suasana yang hijau dan menyejukkan, Anda juga bisa menikmati berbagai macam oleh-oleh khas Bengkulu yang banyak dijual disepanjang jalan menuju Kebun Teh ini.

19. Arung Jeram Arus Ketahun

Arung Jeram Arus Ketahun

Lokasi: Talang Ratu, Kec. Rimbo Pengadang, Kab. Lebong. – Imgae Credit by Facebook.com@ Rafting bengkulu

Obyek wisata ini mulai dibuka dan diresmikan pada tahun 2017 lalu. Sesuai dengan namanya, wahana arung jeram ini melalui Sungai Arus Ketahun.Meski belum lama dibuka, akan tetapi destinasi wisata ini sudah mampu menarik banyak wisarawan untuk datang ke tempat ini. Hal ini dikarenakan keunikan yang dimiliki Sungai Arus Ketahun yaitu kelok tebing yang menyerupai Green Canyon. Dengan demikian, wisata ini sangat unik karena tidak jarang-jarang bisa arung jeram di antara kelokan Green Canyon yang mengagumkan.

20. Lubuk Sepit Kancing

Lubuk Sepit Kancing

Lokasi: Kancing, Kec. Karang Tinggi, Kab. Bengkulu Tengah. – Imgae Credit by Ksmtour.com

Wisata ini menyajikan aliran sungai yang terjebak dianatar dua tebing berbatu sehingga membentuk menyerupai sebuah kubangan dengan air yang sangat jernih dan alami. Akses menuju tempat ini sangatlah menantang, karena Anda harus berjalan selama kurang lebih satu setengah jam dari lokasi loket dan parkiran. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena di tempat ini juga terdapat jasa ojek trail yang bisa mengantar Anda sampai ke Lubuk Sempit Kancing dengan biaya sekitar Rp.100.000. Disamping itu, bagi Anda yang menyukai tantangan, bisa dicoba jump cliff dari atas batu sungai yang kerap juga dilakukan oeh kebanyakan pengunjung.

21. Pulau Enggano

Pulau Enggano

Lokasi: Pulau Enggano, Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utar. – Imgae Credit by Pedomanbengkulu.com

Pulau Enggano merupakan pulau kecil yang masuk dalam wikayah administratif Provinsi Bengkulu. Walaupun termasuk sebagai salah satu pulau terluar di Indonesia, Enggano termasuk salah satu pulau yang berpenghuni. Dibandingkan dengan pulau-pulau lain yang ada di Bengkulu, Enggano memiliki pesona alam yang tidak kalah menarik. Seperti misalnya deretan pantai dengan pasir putih yang masih asri dan alami, danau air tawar dan manis serta taman burung.

Di pantai ini juga bisa dilakukan snorkeling dan surfing. Akses yang diperlukan untuk sampai ke tempat ini adalah menyebrang selat dengan ferry selama kurang lebih 12 jam atau menaiki pesawat perintis jika ingin lebih cepat.

22. Pulau Tikus

Pulau Tikus

Lokasi: Indian Ocean, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu. – Imgae Credit by Ksmtour.com

Berbeda dengan Enggano, karena Pulau Tikus ini tidak berpenghuni, memiliki luas sekitar 1,5 hektare. Untuk menuju Pulau ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 40 menit dari Pelabuhan Pulau Baai. Berkat kejernihan air dan keindahan pesona alam bawah lautnya, maka pulau ini juga menyediakan wahana snorkeling. Disamping itu, terdapat pula menara mercusuar yang dapat Anda naiki untuk melihat panorama keindahan suasana pantai dan sekitarnya.

23. Hutan Mangrove Pulau Baai

Hutan Mangrove Pulau Baai

Lokasi: Padang Serai, Kec. Kampung Melayu, Kota Bengkulu. – Imgae Credit by Oliviasheilla.blogspot.com

Bengkulu merupakan kawasan yang banyak memiliki hutan mangrove diseoanjang pantai dan pulaunya, salah satu diantaranya yaitu hutan mangrove yang berada di Pulau Baai. hutan ini berada di sekitar kawasan pantai pulai Baai yang juga menyediakan menara mersucuar yang bernama Lentera Merah. Untuk menyusuri sepanjang hutan mangrove Anda bisa menyewa kapal-kapal kecil yang telah tersedia.

24. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno

Lokasi: Anggut Atas, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu. – Imgae Credit by Triptrus.com

Rumah ini dulunya merupakan Rumah milik Tjang Tjeng Kwat, Seorang pedagang keturunan Tionghoa di Bengkulu yang digunakan sebagai tempat tinggal Bung Karno semasa pengasingan pada tahun 1928-1942. Kini Rumah ini dijadikan sebagai Museum sekaligus obyek wisata sejarah di Bengkulu. Bahkan pada tahun 2018 lalu, obyek wisata ini mendapat penghargaan sebagai salah satu nominasi situs wisata sejarah terpopuler di Indonesia eh Anugrah Pesona Indonesia atau API.

Dalam Rumah ini Anda bisa menemukan berbagai peninggalan seperti ranjang besi bekas tempat tidur, buku-buku dengan bahasa BelAnda bahkan surat cinta Bung Karno kepada Fatmawati yang kini tersimpan di bagian ruang tamu.

25. Rumah Fatmawati

Rumah Fatmawati

Lokasi: Jl. Fatmawati, Penurunan, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu. – Imgae Credit by Viva.co.id

Salah satu hal yang menarik dari destinasi wisata ini adalah lokasinya yang berada di Jantung Kota Bengkulu atau Pusat Kota, sehingga akses yang ditempuh untuk menuju tempat ini juga bisa terbilang mudah. Rumah ini merupakan prninggan Ibu Fatmawati selaku istri ketiga Presiden Sukarno yang dibangun dengan desain rumah adat Bengkulu dengan bahan utama berupa kayu.

Dalam Rumah ini menyimpan banyak sejarah yang ditinggalkan oleh Ibu Fatmawati seperti foto-fotonya bersama dengan Sukarno bahkan mesin jahit yang dahulu digunakan untuk menjahit bendera Merah Putih pertama yang dikibarkan saat Proklamasi 17 Agustus 1945.

Itulah 25 rekomendasi tempat wisata di Bengkulu yang menarik untuk dikunjungi. wisata tersebut mulai dari wisata alam wisata keluarga tempat bersejarah sampai dengan wisata pendidikan. Anda bisa menyesuaikan tempat wisata tersebut sesuai dengan budget yang dimiliki dan selera dan kebutuhan.