Bengkulu

15 Tempat Wisata di Bengkulu Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bengkulu Selatan memiliki wilayah yang luas dan indah. Banyak tempat menarik yang akan membuat aktivitas liburan menjadi lebih menyenangkan. Beragam keindahan tersebut tidak hanya air atau gunung saja namun juga ada beberapa situs sejarah yang dapat memberikan pengalaman menarik. Anda tidak hanya bisa santai dan menikmati alam saja namun juga bisa merenung dan belajar mengenai budaya.

Alam Bengkulu Selatan memang memiliki pesona yang berbeda dari deretan alam Sumatera lainnya. Dengan ciri khas itulah, banyak pelancong yang ingin memijakkan kaki di wilayah Bengkulu Selatan ini. Berikut ini ulasan 15 tempat wisata di Bengkulu Selatan yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan liburan yang menyenangkan.

1. Lubuk Supit

Lubuk Supit

Image Credit: Arkarentalmobil.com

Sebuah lubuk ialah bagian sungai yang agak dalam atau sebuah cekungan dari sungai. Tidak heran jika Lubuk Supit ini juga memiliki himpitan dari dua tebing batu yang indah. Sesuai dengan namanya, lubuk ini juga memiliki bagian cekung yang sama indahnya.

Banyak pengunjung yang suka dengan bagian dalam ini karena cukup unik. Pada bagian pinggir batu juga ada lumut hijau yang membuat pesona alam menjadi lebih indah. Belum lagi tumbuhan hijau yang ada di sekitar lubuk, sangat cantik dan asri.

Lokasi: Desa Sukarami, Kec. Air Nipis, Kab. Bengkulu Selatan.

2. Pantai Pasar Bawah

Pantai Pasar Bawah

Image Credit: Sunflowords.com

Pesona alam yang ada di pantai ini sangat indah dan menyenangkan. Banyak pemandangan indah yang akan memanjakan mata antara lain, laut yang biru, pohon kelapa hijau dan langit yang cerah. Para pengunjung biasanya lebih menyukai pemandangan alam pada sore hari karena suasananya nampak lebih romantis dan manis.

Letaknya yang dekat dengan pusat kota membuat pantai ini selalu ramai pengunjung. Terlebih, fasilitasnya lumayan lengkap seperti payung dan tempat duduk yang nyaman persis di bibir pantai. Sehingga saat duduk santai maka ombak yang datang akan lebih terasa.

Lokasi: Pasar Bawah, Kec. Pasar Manna, Kab. Bengkulu Selatan.

3. Sungai Manna

Image Credit: Fahryalamsyah.blogspot.com

Image Credit: Fahryalamsyah.blogspot.com

Penduduk lokal sudah memanfaatkan alam dengan sangat baik, selain digunakan untuk irigasi dan keperluan lain sungai ini juga dimanfaatkan untuk wisata. Terutama untuk kegiatan arung jeram. Banyak pengunjung yang datang ke sungai Manna ini khusus hanya untuk menikmati derasnya aliran sungai dengan menaikki perahu karet. Kegiatan ini biasanya disebut dengan arung jeram.

Bagi yang belum pernah mungkin akan merasa kesulitan saat melakukan, namun bagi yang sudah terbiasa pastinya akan ketagihan karena kegiatan ini sangat seru dan menyenangkan.

Lokasi: Desa Tanjung Saung, Kec. Pino, Kab. Bengkulu Selatan.

4. Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Tiga Tingkat

Image Credit: Wisato.id

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memang memiliki tiga tingkatan yang masing-masing tingkatan memiliki pesona tersendiri. Hanya saja tingkatan ini bukan berada pada satu jalur namun ada pada satu deret atau satu baris yang sejajar. Dapat dikatakan mirip dengan tiga mata sumber air. Kemudian ada tebing batu cantik yang membuat pesona nampak lebih memikat.

Tiap tingkat sumber air tersebut memiliki ukuran berbeda yakni 10 meter, 20 meter dan 30 meter. Semacam anak tangga yang memiliki ukuran berbeda pada tiap tingkatnya. Bagaimana? Cukup menarik bukan. Tentu Anda akan lebih takjub lagi ketika melihat sendiri.

Lokasi: Desa Air Telam, Kec. Ulu Manna, Kab. Bengkulu Selatan.

5. Meriam Honisuit

Meriam Honisuit

Image Credit: Wisato.id

Sebuah meriam besar peninggalan Inggris yang pernah menduduki kota Manna dalam waktu yang cukup sebentar saja. Meski hanya sekejap mata namun pada masa itu keadaan cukup sulit, tidak seperti sekarang yang sudah merdeka ini. Ukuran panjang laras ada sekitar 3,4 meter, kemudian memiliki lebar 90 cm dan ukuran dapur mesiu sekitar 2,5 meter. Dapat dikatakan meriam ini sangat besar dan panjang.

Bagi Anda yang suka dengan sejarah tentu akan merasa takjub melihat meriam dengan ukuran semacam ini. Sangat memiliki makna besar terhadap sejarah. Sungguh, perjuangan untuk merdeka itu sangat menyedihkan dan cukup sulit.

Lokasi: Pagar Dewa, Kec. Kota Manna, Kab. Bengkulu Selatan.

6. Bendungan Air Nipis

Bendungan Air Nipis

Image Credit: Multimeraharapan.co.id

Sesuai dengan namanya, bendungan besar ini terletak di Sungai Nipis. Sebuah sungai indah yang menjadi sumber irigasi pertanian dan sawah yang ada di Wilayah Air Nipis. Sejak tahun 1986 bendungan ini terus aktif dan memberikan manfaat luar biasa yang hingga sekarang membuat penduduk lokal merasa senang karena lebih sejahtera.

Kini keberadaan bendungan ini menjadi salah satu objek wisata yang disukai karena memiliki pesona tersediri. Daya tarik utama dari tempat ini tentu saja view dan latar yang sebagian besar masih hijau. Para pengunjung akan merasa sejuk karena berada di tempat ini dalam waktu yang cukup lama.

Lokasi: Desa Sukarami, Kec. Air Nipis, Kab. Bengkulu Selatan.

7. Air Terjun Geluguran

Air Terjun Geluguran

Image Credit:Tempatwisata.pro

Sebuah air terjun yang memiliki pesona tersendiri untuk para pengunjung. Dapat dikatan air terjun cukup mini dan landai karena tidak terlalu curam. Debit air juga cukup bagus dan sehingga aman untuk mandi di bawahnya. Area kolam air memiliki kedalaman sekitar 2 meter saja.

Jarak untuk melalui rute air terjun cukup mudah dan sederhana. Anda hanya cukup berjalan beberapa meter saja dari arah pinggir hutan. Jika dari arah kota, Anda hanya butuh waktu sekitar 45 menit. Suhu yang ada di air terjun ini sesuai dengan sinar matahari yang masuk ke dalam hutan. Jika sedang panas ya akan terasa sejuk karena banyak pohon yang ada di sekitar air terjun.

Lokasi: Desa Pino, Kec. Ulu Manna, Kab. Bengkulu Selatan.

8. Pantai Muara Kedurang

Image Credit: Herry-marlboro.blogspot.com

Objek wisata yang satu ini persis berada di jalur simpang tiga antara Bengkulu Selatan, Jalur Lintas Sumatera dan Wilayah Kedurang. Karena berada di jalur lintas yang sangat padat tidak heran jika pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Romansa air laut yang ada di sepanjang bibir pantai juga memiliki atmosfer tersendiri bagi para pengunjung.

Lokasi: Tanjung Aur, Kec. Bunga MAS, Kab. Bengkulu Selatan.

9. Gua Suruman Kedurang

Gua Suruman Kedurang

Image Credit: Berita.baca.co.id

Sesuai dengan namanya, gua ini memang terletak di Wilayah Kedurang, persisnya terletak di hulu sungai Kedurang. Panorama gua ini cukup indah dan memukau. Meski terletak di pinggir desa namun memiliki pengunjung yang cukup banyak. Terutama pada akhir pekan banyak pengunjung yang datang dari berbagai penjuru.

Apabila Anda datang menggunakan kendaraan umum maka bisa berhenti di Desa Ampar yang kemudian bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki. Lokasinya memang agak dalam namun tetap asik dengan rute yang mudah. Cocok juga jika Anda membawa anak kecil karena rutenya tidak terlalu bahaya.

Lokasi: Desa Batu Ampar, Kec. Kedurang, Kab. Bengkuulu Selatan.

10. Tebat Rukis

Image Credit: Pariwisataku.com

Hal isitmewa dari tempat ini tentu saja bangunan indah dan spot yang menarik untuk foto. Tempat ini sangat instable, jadi bagi Anda yang suka dengan fotografi tentu layak mendapat view yang indah seperti Tebat Rukis ini. Sayang jika Anda melewatkan tempat yang sedang hits ini. Banyak pengunjung yang sudah mengabadikan tempat dan spot yang menarik dari tempat ini.

Lokasi: Tanjung Mulia, Kec. Pasar Manna, Kab. Bengkulu Selatan.

11. Pantai Bengkenang

Pantai Bengkenang

Image Credit: Holamigo.id

Hal berbeda dari pantai ini ialah ada taman bermain yang cukup luas. Uniknya, bagian bawah taman ini bukan berupa pasir namun sebuah tanah yang subur nan hijau. Penuh dengan rumput dan tanaman hijau yang sejuk. Cocok dijadikan sebagai destinasi liburan untuk seluruh keluarga, terutama bagi Anda yang masih membawa balita.

Terdapat fasilitas bermain seperti ayunan, perosotan dan jungkat-jungkit. Berada di tempat ini akan membuat rasa aman dan damai karena bisa mengawasi anak sambil melihat laut biru yang indah.

Lokasi: Tanjung Besar, Kec. Manna, Kab. Bengkulu Selatan.

12. Pantai Tumbuk Tebing

Pantai Tumbuk Tebing

Image Credit: Ariecsrc002.blogspot.com

Sebuah pantai yang indah dan sejuk ini memiliki pesona yang berbeda dari tempat lainnya. Suasana di pantai ini akan berbeda terutama pada sore hari karena akan terdengar suara burung yang beterbangan di angkasa. Burung tersebut kembali dari rutinitasnya mencari makan. Tentu menjadi pemandangan yang tidak biasa jika Anda tingga di sebuah kota yang tidak ada lahan hijau seperti Tumbuk Tebing ini.

Lokasi: Tumbuk Tebing, Kec. Bunga MAS, Kab. Bengkulu Selatan.

13. Danau Kwutan Serunting

Danau Kwutan Serunting

Image Credit: Pariwisataku.com

Danau yang memiliki luas 30 hektar ini memiliki pesona alam yang tidak biasa. Di dekat danau ada sebuah hutan yang hijau nan sejuk. Setidaknya ada puluhan flora dan fauna yang akan membuat suasana di danau menjadi berbeda.

Jika beruntung, Anda akan melihat seekor binatang liar lewat atau sekedar mendengar suara yang berasal dari dalam hutan. Lokasinya cukup dekat ibukota yakni bisa ditempuh dengan waktu 40 menit saja dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Lokasi: Muara Danau, Kec. Seginim, Kab. Bengkulu Selatan.

14. Lubuk Nik Dayu

Lubuk Nik Dayu

Image Credit: Bengkuluinteraktif.com

Meski panorama yang ada di lubuk ini tidak seindah Lubuk Supit namun keindahnya tidak dapat diremehkan begitu saja. Ada banyak spot menarik yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bermain atau berenang. Hanya saja harus memperhatikan musim karena saat musim kemarau tiba, sungai akan surut dan tidak ada air sama sekali.

Lokasi: Desa Darat Sawah, Kec. Seginim, Kab. Bengkulu Selatan.

15. The Badas

The Badas

Image Credit: Youtube.com (Dewa 117 Inc)

Destinasi wisata yang satu ini merupakan surga bagi para pecinta kuliner karena banyak menu lezat yang sesuai dengan lidah Indonesia. Terlebih menu yang ada di sini penuh dengan racikan segar orang Sumatera.

Lokasi: Padang Serasan, Kec. Pinoraya, Kab. Bengkulu Selatan.

Itulah 15 tempat wisata di Bengkulu Selatan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi liburan Anda selanjutnya. Liburan menjadi sangat menyenangkan jika Anda dapat menikmati alam bersama orang tercinta.