15 Tempat Wisata di Berastagi Karo Terbaru & Terhits Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Berastagi Karo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Berastagi merupakan salah satu kecamatan yang ada di Karo, Sumatera Utara. Di daerah ini potensi wisata yang ada cukup besar. Anda bisa menemukan banyak tempat wisata alami ataupun buatan yang dikelola dengan baik. Jarak tempuh antar objek wisata juga tidak terlalu jauh, membuat aktivitas berwisata menjadi lebih menyenangkan.

Perjalanan menuju lokasi juga tidak kalah asiknya, pemandangan yang akan Anda temukan sepanjang perjalanan akan membantu Anda melepas penat dari kesibukan kerja. Anda bisa berkunjung bersama teman, pasangan, keluarga atau melakukan solo travelling secara mandiri.

Jika ingin ke kecamatan ini untuk berwisata dalam waktu dekat, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat menarik yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa memasukkan tempat wisata di Berastagi Karo ke dalam destinasi list wisata wajib yang harus didatangi.

1. Funland Mikie Holiday

Funland Mikie Holiday
Image Credit: Google Maps Mikie Funland

Sesuai namanya, objek wisata ini merupakan taman bermain yang sedang naik daun di Berastagi Karo. Ada banyak permainan menarik yang bisa dimainkan, dari flying fish, butter fly, hingga bon voyage.

Anda bisa datang berkunjung ke Funland Mikie Land bersama dengan keluarga atau teman agar pengalaman berwisata menjadi lebih seru. Jangan khawatir, fasilitas yang ada di taman bermain ini cukup lengkap, dari tempat makan, toilet, hingga gazebo untuk istirahat.

Tempat wisata buatan ini merupakan destinasi wisata favorit anak muda Karo. Kunjungi Funland Mikie Holiday di hari kerja jika tidak ingin antri panjang di akhir pekan. Anda juga bisa mensiasatinya dengan datang lebih awal untuk mendapatkan antrian tiket dan masuk ke dalamnya.

Harga Tiket: Rp 105.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

2. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling
Image Credit: Twitter Bunda Cantika Cahyani

Anda yang menyukai wisata alam, tidak ada salahnya berkunjung ke Bukit Gundaling. Destinasi alam yang menarik ini memiliki ketinggian yang cocok untuk aktivitas hiking ringan, yakni 1,575 mdpl. Ketinggian ini memberikan akses trek hiking yang bisa dilakukan oleh pemula.

Pemandangan indah dan menarik bisa ditemukan di Bukit Gundaling, Anda juga bisa mendapatkan berbagai foto dengan spot yang estetik. Akses menuju Bukit Gundaling tidak sulit, namun Anda disarankan menggunakan kendaraan pribadi, sebab tidak ada kendaraan umum yang lewat jalur masuknya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gundaling I, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

3. Desa Peceren

Desa Peceren
Image Credit: Twitter Cipta Ginting

Selanjutnya adalah Desa Peceran, desa ini adalah desa wisata yang terkenal karena memegang teguh tradisi dan adat budaya dari Suku Karo. Disana Anda bisa melihat berbagai rumah adat dan aktivitas masyarakat tradisional. Sampai saat ini, Desa Peceren hanya dihuni sekitar 700 orang saja.

Salah satu spot menarik di Desa Peceren adalah rumah adat yang sudah berumur lebih dari 100 tahun. Rumah adat tersebut merupakan bukti bahwa masyarakat Karo memang sudah lama tinggal disana. Desa ini juga hanya berisi masyarakat lokal saja, tidak ada suku asing, yang membuat keturunannya terjaga dengan baik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

4. Pagoda Taman Lumbini

Pagoda Taman Lumbini
Image Credit: Google Maps Yusrizal Kurniawan

Jika masih kurang puas dengan rekomendasi wisata sebelumnya, Anda bisa mengunjungi Pagoda Taman Lumbini. Disana Anda bisa menemukan tempat ibadah masyarakat Budha yang tinggal di sekitar Medan dan Berastagi Karo. Dulunya tempat ibadah ini tertutup, namun sekarang dibuka untuk umum.

Hal yang menarik dari Pagoda Taman Lumbini adalah arsitekturnya yang megah dan unik. Perpaduan antara gaya masyarakat Karo dengan kebudayaan asing terasa kental di setiap sudutnya, membuat Pagoda Taman Lumbini menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Dolat Rayat, Kab. Karo, Sumatera Utara.

5. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini
Image Credit: Twitter Barry Kusuma

Selain pagoda, Anda juga bisa berkunjung ke Taman Alam Lumbini yang ada di dekatnya. Taman ini ramai dikunjungi di akhir pekan karena lokasinya yang indah dan menawan. Untuk berfoto di Taman Alam Lumbini, Anda harus membayar tiket, jangan khawatir, harganya ramah di kantong.

Jika ingin mendapatkan spot foto yang indah tanpa mengantri, Anda bisa berkunjung ke Taman Alam Lumbini di hari kerja. Sebab di akhir pekan banyak wisatawan lokal yang datang untuk melepas penat dan berwisata disana, membuat aktivitas fotografi kurang maksimal.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Barusjahe, Kec. Dolat Rayat, Kab. Karo, Sumatera Utara.

6. Museum Pusaka Karo

Museum Pusaka Karo
Image Credit: Twitter Jalan Wisata

Wisata sejarah yang menambah pengetahuan juga bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Museum Pusaka Karo. Disana terdapat banyak benda pusaka yang dulunya digunakan oleh masyarakat lokal Suku Karo. Semua senjata dan barang barang tradisional dijaga dan dikelola dengan baik.

Beberapa senjata yang disimpan di Museum Pusaka Karo adalah pisau tumbuk khas Karo yang digunakan untuk menumbuk lada, tutu tutu dan untai untai yang digunakan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Ada juga labu kering berumur tua yang sudah diawetkan di museum ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Perwira, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

7. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak
Image Credit: Google Maps Hans Leonardo

Tidak hanya Bukit Gundaling, Anda juga bisa mengunjungi Gunung SIbayak untuk menikmati wisata alam disana. Gunung ini disebut sebagai gunung raja dan pernah meletus di tahun 1881. Untuk Anda yang menyukai aktivitas outdoor seperti fotografi, hiking ataupun pendakian, maka Gunung Sibayak wajib masuk list destinasi wisata.

Sebagai destinasi wisata alam, tentunya Gunung Sibayak menyimpan potensi yang menarik. Anda bisa melakukan camping di tempat ini dengan mematuhi berbagai izin yang telah ditetapkan oleh petugas dan pengelola tempat wisata.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

8. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk

Permandian Air Panas Lau Sidebuk
Image Credit: Google Maps hari kusmanto

Ingin melepas lelah setelah seminggu penuh bekerja? Maka pemandian air panas yang terletak di Lau Sidebuk bisa menjadi pilihan tempa wisata. Sesuai namanya, tempat ini merupakan pemandian air panas yang mengandung belerang. Selain membuat tubuh rileks, mandi air panas disana memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan.

Dulunya tempat ini merupakan cagar alam, untuk meningkatkan pendapatan daerah, cagar alam ini kemudian diubah menjadi taman wisata di tahun 1980. Di dalamnya, selain mandi air panas, Anda juga bisa menikmati berbagai keindahan alam khas pegunungan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Daulu, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

9. Gunung Sinabung

Gunung Sinabung
Image Credit: Google Maps Huniyady Hu

Di Karo, memang terdapat beberapa bukit dan gunung yang menjadi tempat wisata dan bisa dikunjungi secara bebas oleh wisatawan. Gunung Sinabung adalah salah satunya, gunung ini merupakan gunung berapi aktif yang masih sering meletus selama satu dekade terakhir.

Meski demikian, Anda harus berhati hati ketika mengunjungi Gunung Sinabung, sebab gunung ini terlihat sering mengeluarkan berbagai material panas yang membahayakan. Selalu patuhi berbagai aturan yang sudah diberikan oleh pengelola dan pengawas tempat wisata guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta Gugung, Kec. Naman Teran, Kab. Karo, Sumatera Utara.

10. Desa Lingga

Desa Lingga
Image Credit: Google Maps arifuddin julianda

Selain Desa Peceren, ada desa wisata lain di Karo yang bisa Anda kunjungi, yakni Desa Lingga. Desa ini memiliki kebudayaan Karo yang kental, jadi Anda bisa belajar sekaligus mengetahui apa saja kegiatan masyarakat lokal. Terdapat museum mini yang bisa Anda kunjungi ketika mampir di Desa Lingga, berisi peninggalan sejarah Kerajaan Karo seabad sebelumnya.

Desa Lingga memang cukup jauh jaraknya dari pusat kota, namun Anda tidak akan menyesal meluangkan waktu untuk berkunjung dan berwisata disana. Selain bisa mempelajari budaya dan adat Karo langsung dari dekat, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan menawan sepanjang perjalanan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Simpang Empat, Kab. Karo, Sumatera Utara.

11. Bukit Kubu

Bukit Kubu
Image Credit: Google Maps Sen Kok

Bukit Kubu juga menjadi destinasi wisata menarik yang bisa Anda datangi di Berastagi. Disana ada banyak fasilitas bermain selain trek pendakian dan pemandangan alam yang indah. Beberapa fasilitasnya adalah flying fox, mobile remote control, bahkan penginapan mewah.

Dengan fasilitas tersebut, Anda tidak perlu khawatir bosan jika berlibur disana. Lokasinya memang cukup eksklusif, membuat wisatawan bisa lebih nyaman dalam menikmati liburan di destinasi wisata alam ini. Terdapat pula bumi perkemahan yang bisa disewa untuk berbagai kegiatan.

Harga tiket masuk di tempat wisata alam ini sebenarnya tidak begitu mahal, sehingga Anda tetap bisa mengunjunginya di akhir pekan. Namun permainan dan fasilitas yang tersedia harus Anda bayar sebelum digunakan.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

12. Panatapan

Panatapan
Image Credit: Twitter Ali Topan

Ketika mengunjungi Karo, rasanya tidak lengkap jika tidak melakukan wisata kuliner. Inilah kenapa Anda wajib datang dan makan di Panatapan. Panatapan merupakan wisata yang belakangan populer di Karo, sebab menawarkan banyak makanan lokal atau nasional yang menggoyang lidah.

Selain makan, Anda juga bisa duduk dan menikmati pemandangan indah yang ada di sekelilingnya. Wisatawan juga bisa mengambil foto selagi makan, sebab spot foto yang menarik bisa ditemukan dengan mudah disana. Harga makanan yang disediakan juga tidak terlalu mahal, sehingga ramah dan aman di kantong.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Daulu, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

13. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap
Image Credit: Twitter detikTravel

Wisata alam memang menjadi daya tarik utama di Berastagi. Salah satunya adalah Air Terjun Sikulikap, yang menjadi tempat wisata favorit masyarakat Karo. Pemandangan alam yang indah, akses wisata yang mudah dan nuansa pegunungan yang khas membuat tempat wisata ini menarik dikunjungi.

Ada berbagai spot foto menarik yang bisa Anda gunakan sebagai tempat selfie. Anda juga bisa bermain air ataupun sekedar duduk santai menikmati pemandangan di sekitar air terjun. Jika lapar, Anda bisa makan dan menikmati hidangan lokal yang disediakan oleh penduduk setempat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Doulu Kabupaten Tanah Berastagi, Martelu, Kec. Sibolangit, Kab. Karo, Sumatera Utara.

14. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar
Image Credit: Twitter Pariwisata Sumut Net

Jika sebelumnya adalah Air Terjun Sikulap, di Karo Anda juga bisa menemukan Danau Sikulap. Danau ini terkenal karena pemandangan alamnya yang indah dan menjadi spot camping favorit anak muda Karo. Selain camping, Anda juga bisa melakukan aktivitas outdoor seperti outbond ataupun api unggun.

Dari pusat kota, Danau Lau Kawar bisa ditempuh hanya dalam waktu singkat, kurang dari satu jam. Tempat ini tidak pernah sepi, jadi jika tidak ingin tempat terlalu penuh, Anda bisa datang dan berkunjung di hari kerja alih alih hari libur nasional ataupun tanggal merah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta Gugung, Kec. Naman Teran, Kab. Karo, Sumatera Utara.

15. Pasar Buah Berastagi

Pasar Buah Berastagi
Image Credit: Google Maps Ad0a0m Smithy

Berastagi merupakan dataran tinggi yang menyimpan banyak pesona, salah satunya kuantitas buah yang berlimpah sepanjang tahun. Anda yang ingin membawa oleh oleh berupa buah kepada keluarga, tidak ada salahnya mampir ke Pasar Buah.

Disana Anda bisa menemukan berbagai jenis buah yang dijual dengan harga terjangkau. Semua buah tersebut diproduksi dan dipanen langsung di sekitar kecamatan ini, sehingga kualitasnya tidak perlu Anda pertanyakan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gundaling, Tambak Lau Mulgap I, Kec. Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Banyak bukan rekomendasi tempat wisata menarik yang ada di Berastagi, Karo? Anda bisa memilih yang mana saja sesuai dengan preferensi yang disukai. Jangan lupa siapkan kesehatan tubuh yang prima sebelum berwisata, sehingga pengalaman melakukan liburan lebih menyenangkan untuk dinikmati.