Sumatra Utara

10 Tempat Wisata di Binjai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Apa Saja Destinasi Menarik di Binjai? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Binjai, Sumatera Utara. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Binjai merupakan salah satu kota yang terletak di wilayah Sumatera Utara. Tempat ini memiliki luas lebih dari 92 Km persegi yang menyimpan pemandangan daratan dan laut yang sangat indah. Kota ini dekat dengan kota Medan karena hanya berjarak 22 Km saja.

Aneka kuliner yang ada di kota ini sangat enak dan lezat. Bukan hanya itu saja, banyak juga objek wisata menarik yang bisa Anda temukan di daerah ini. Tentu saja tidak hanya berupa pantai, laut atau sungai. Masih ada situs peninggalan sejarah dan beberapa tempat modern yang akan memanjakan mata.

Untuk lebih jelasnya, berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Binjai yang harus Anda kunjungi ketika berlibur.

1. Kolam Abadi Langkat

Kolam Abadi Langkat

Disebut dengan kolam abadi mungkin karena areanya yang sangat damai dan sejuk. Tidak hanya itu saja, sebenarnya kolam ini sebuah sungai dengan pesona berbeda. Airnya bewarna hijau kebiruan mirip dengan danau yang ada di sekitar kawah. Selain itu, aliran air yang deras dan dalam membuat kolam ini juga cukup menakutkan.

Untuk dapat menikmati tempat ini Anda butuh melakukan perjalanan yang cukup panjang, yakni sekitar 28 Km dari arah kota. Kondisi jalan yang dilalui juga tidak begitu bagus sehingga jika menggunakan kendaraan bermotor akan terasa kurang nyaman. Letak lokasi juga cukup tersembunyi sehingga Anda harus melakukan perjalanan trekking dengan alur yang menantang.

Lokasi: Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat.

2. Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman

Image Credit: Indozone.id

Destinasi wisata yang satu memiliki nama yang cukup unik. Ini memang sesuai dengan keunikan yang hadir di tempat ini, apabila masuk musim kemarau maka air terjun ini tidak akan ada. Sebaliknya, jika sudah masuk musim hujan maka akan banyak pemandangan unik yang bisa Anda saksikan. Pepohonan hijau dan udara yang ada di sekitar air terjun juga sangat sejuk sehingga sangat pas jika melalui hari dengan santai.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Langkat yang Paling Populer

Bila Anda suka berendam di bawah air terjun maka tubuh akan terasa segar karena airnya cukup dingin. Lokasinya cukup jauh dari arah kota yakni sekitar 30 Km dan rutenya juga sangat sulit. Belum banyak orang yang tahu akan destinasi wisata satu ini sehingga masih sangat sepi.

Lokasi: Garunggang, Kec. Kuala, Kab. Langkat.

3. Namu Sira-Sira

Namu Sira-Sira

Image Credit: Dlhkotabinjai.wordpress.com

Objek wisata alam berikutnya ada sebuah sungai lebar dengan air yang bersih dan jernih. Penduduk sekitar menamai tempat ini dengan nama Pantai Pangkal. Mungkin karena ukuran dan luasnya sungai tidak seperti ukuran sungai pada umumnya.

Pemerintah setempat sudah membuka objek wisata ini secara resmi sehingga ada tarif masuk sebesar Rp. 5.000,- dan ada tarif parkirnya. Lengkap dengan fasilitas ruang ganti, toilet dan mushola kecil untuk sholat. Tempat ini juga menyewakan ban atau pelampung agar pengunjung bisa lebih nyaman. Walau sebenarnya sungai ini tidak terlalu dalam dan cocok untuk anak kecil yang masih di bawah umur.

Lokasi: Durian Lingga, Belinteng, Kec. Sei Bingai Belinteng Sei Bingai, Kab. Langkat.

4. Pantai Florida

Pantai Florida

Image Credit: Idntimes.com

Meski namanya mirip dengan nama pantai yang ada di luar negeri namun ini asli dari Indonesia. Dan lagi, tempat ini sebenarnya adalah sebuah air terjun tersembunyi dengan aliran air yang berasal dari bebatuan. Jika diamati lebih dalam maka tempat ini tidak seperti pantai, hanya saja penduduk lokal lebih suka menamai tempat ini sebagai pantai. Terutama susunan batu hitam yang sangat rapi membuat pemdangan yang ada di sekitar makin menyejukkan. Namun biaya masuknya agak mahal karena tarifnya per kendaraan, yakni Rp. 20.000,- untuk motor sedangkan untuk mobil menjadi Rp. 40.000,-

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Toba Samosir Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Namu Ukur, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat.

5. Tugu Perjuangan 1945

Tugu Perjuangan 1945

Image Credit: Tripelaketoba.com

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Binjai tanpa menikmati dan berfoto di bawah tugu perjuangan ini. Tugu ini berdiri sangat kokoh dan kuat di pusat Kota Binjai. Akan lebih indah jika berkunjung pada malam hari karena ada lampu malam yang akan memancarkan pesona yang indah dan memukau. Terletak di pinggir Jl. Sukarno-Hatta.

Lokasi: Jl. Soekarno- Hatta No.11, Tanah Tinggi, Kec. Binjai Timur, Kota Binjai.

6. Kampung Kuliner Binjai

Kampung Kuliner Binjai

Image Credit: Wisato.id

Bagi Anda yang suka dengan wisata kuliner maka liburan ke lokasi yang satu ini sangat asik dan menarik. Meja yang disedikan untuk makan juga dipenuhi dengan nama yang unik dan menarik. Aneka menu yang tersaji di tempat ini antara lain mie, bakso, kopi, nasi goreng dan aneka minuman segar. Buka dari jam 11 siang hingga jam 11 malam, jadi jika Anda mencari menu sarapan di tempat ini agak kurang cocok karena pada jam sarapan belum buka.

Lokasi: Jl. Medan – Banda Aceh, Tanah Tinggi, Kec. Binjai Timur, Kota Binjai.

7. Pasar Kaget Binjai

Pasar Kaget Binjai

Image Credit: Travelingyuk.com

Ada lagi dengan destinasi wisata kuliner di Kota Binjai yang tak kalah menarik dibanding Kampung Kuliner. Adapun aneka menu yang hadir di tempat ini antara lain martabak, gorengan, nasi goreng dan aneka menu ekstrem. Bagi Anda yang suka dengan menu tidak biasa seperti sate katak, tongseng ular atau olahan babi maka akan sangat tepat berkunjung ke lokasi ini. Hanya saja jam buka mulai dari jam 6 sore hingga pukul 4 pagi. Jadi bagi Anda yang tidak suka jalan malam kurang pas rasanya.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.172, Pekan Binjai, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai.

8. Taman Merdeka Binjai

Taman Merdeka Binjai

Image Credit: Dlhkotabinjai.wordpress.com

Kota ini memang menawarkan beragam destinasi yang membuat kita lebih nasionalis. Selain Tugu Kemerdekaan rupanya kota ini juga memiliki taman dengan mengusung tema yang sama. Luas taman ini mencapai 1,5 hektar dengan tata letak yang sangat bagus dan strategis. Banyak bunga dan aneka spot yang bisa digunakan untuk duduk santai bersama keluarga.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tapanuli Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Di sekitar taman juga terdapat beberapa kuliner lokal, baik itu modern atau tradisional. Aneka menu modern antara lain burger, kebab, dan mie goreng. Sedangkan untuk menu trasional, Anda akan mendapatkan soto, mpek-empek atau bakso.

Lokasi: Tangsi, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai.

9. Taman Selfie

Taman Selfie

Image Credit: Topwisata.info

Sebuah konsep cafe yang unik dan menarik hadir di Kota Binjai yang indah ini. Terdapat beberapa spot menarik untuk dapat mengabadikan gambar dalam bentuk digital. Tiap sudut taman ini memberikan kesan tersendiri bagi mereka yang suka selfie. Bukan hanya tempat saja yang menjadi andalan cafe ini, namun aneka menu yang disajikan juga tidak kalah menarik dengan nuansa yang dihadirkan. Coba saja icipi roti kreak atau mie terbang yang ada di cafe. Anda pasti terkejut dengan bentuk dan rasanya.

Lokasi: Jl. MT Haryono No.2, Kebun Lada, Kec. Binjai Utara, Kota Binjai.

10. Taman Balita Kota Binjai

Taman Balita Kota Binjai

Image Credit: Wanderingindonesia.wordpress.com

Jika Yogyakarta memiliki Taman Pintar untuk anak kecil maka Kota Binjai juga memiliki Taman Balita yang sangat menarik. Banyak permainan yang dapat menghibur para pengunjung dengan beragam fasilitas yang terawat. Taman ini sengaja dibuat untuk menyenangkan para balita yang kurang memiliki lahan untuk bermain. Aneka permaianan tersebut antara lain rumah-rumahan, ayunan, prosotan dan terowongan.

Selain itu, tersedia juga gazebo yang tersebar di beberapa tempat agar ketika lelah bisa duduk atau meletakkan bayi yang sedang tertidur. Terdapat beberapa spot menarik yang bisa digunakan untuk berfoto bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Veteran, Tangsi, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai.

Itulah 10 tempat wisata di Binjai yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan. Beragam wisata alam yang menawarkan pemandangan yang memukau menjadikan Indonesia memang menjadi surga bagi wisatawan Asing.