Kepulauan Riau

15 Tempat Wisata di Bintan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Bintan? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Bintan, Kepulauan Riau. Destinasi Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Cocok untuk Anda Kunjungi Ketika Liburan.

Bintan adalah satu kabupaten yang ada di Kepulauan Riau. Meski luasnya hanya sekitar 60 km  persegi namun keindahan alam yang ada di pulau ini sangat eksotis. Anda bukan hanya bisa merasakan kemewahan resort mahal yang ada di pulau ini, namun beragam pemadangan layaknya di luar negeri akan Anda dapatkan dengan mudah.

Menjelajahi tempat dengan keindahan alam yang mempesona di Kabupaten Bintan memang memiliki tantangan tersendiri. Oleh sebab itu, berikut ada 15 rekomendasi tempat wisata di Bintan yang hits dan bisa Anda coba saat berkunjung ke sana.

1. Gurun Pasir Busung

Gurun Pasir Busung

Image Credit by Dakatour.com

Ini bukan seperti nama penyakit seperti busung lapar. Gurun ini memang sangat indah dan memukau. Sekali Anda berkunjung pasti ingin rasanya untuk kembali. Karena pasirnya bewarna putih sangat berkilau saat terkena sinar matahari. Wilayahnya juga sangat luas dan berbukit jadi seperti berada di Arab.

Lokasi ini awalnya merupakan penambangan bauksit kemudian secara berkala menjadi sebuah gurun yang sangat asik. Tempatnya sangat jauh dari jalan raya sehingga tidak dapat dijangkau dengan kendaraan umum. Jika Anda ingin datang silakan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi.

Lokasi: Jl. Raya Busung, Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kab. Bintan.

2. Pelabuhan Bandar Bentan Telani

Pelabuhan Bandar Bentan Telani

Image Credit by Batamtoday.com

Sebuah pelabuhan modern yang menyimpan berjuta cerita sejarah panjang. Di pelabuhan ini terdapat kapal besar bernama MV Doulos Phos. Dulunya kapal ini bernama SS-Medina pada tahun 1914 karena dibuat setelah 2 tahun tenggelamnya Titanic. Barulah pada akhir tahun 1977 nama kapal diubah agar lebih mudah.

Kapal ini pernah membawa misi kemanusiaan dengan membawa buku-buku. Kemudian beralih fungsi menjadi boutiqe hotel di tahun 2009 karena dijual. Kini kabarnya kapal ini akan menjadi salah satu penghuni resort apung akan yang segera launcing.

Lokasi: Jl. Raja Haji Teluk Sebong, Kec.Teluk Sebong, Kab. Bintan.

3. Danau Biru Kawal

Danau Biru Kawal

Image Credit by Bintantravel.co.id

Sesuai dengan namanya, danau ini memang memiliki air yang biru syahdu seperti birunya warna cangkang telur bebek. Meski cuaca mendung atau hujan, warna air yang ada di danau ini tetap tidak berubah. Inilah yang menjadi salah satu pesona dari indahnya danau ini.

Di sekitar danau terdapat pasir putih yang terbentang sehingga mampu menghipnotis para pengunjung yang datang. Danau ini merupakan danau buatan yang terbentuk tanpa sengaja. Terdapat penambang aktif yang hingga sekarang masih beroperasi.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Kawal, Kec. Gunungkijang, Kab. Bintan.

4. Rumah Arang

Rumah Arang

Image Credit by Udaindra.blogspot.com

Disebut dengan rumah arang karena dulunya bangunan ini menjadi dapur utama dari warga Suku Laut yang membuat arang. Semenjak pembuatan arang dilarang maka rumah tersebut menjadi terbengkalai. Aktivitas suku laut sudah tidak nampak lagi di sekitar bangunan ini.

Bentuk rumah arang ini sangat besar dan luas, sekilas mirip igloo yang ada di kutub utara. Namun tentu saja bangunan ini tidak sedingin es meski bentuknya mirip dengan tumpukan es. Cobalah datang untuk sekedar berfoto dan mengabadikan moment bersama orang tersayang.

Lokasi: Kuala Sempang, Kec. Bintan Utara, Kab. Bintan.

5. White Sands Island

White Sands Island

Image Credit by Bintantravel.co.id

Sesuai dengan namanya, pulau ini memang penuh dengan pesona pasir putih yang sangat menawan. Sebenarnya ini adalah pulau pribadi yang dikelola untuk sebuah resort mewah. Orang biasa menyebutnya dengan pulau surga. Dan memang, fasilitas dan nuanasa yang diberikan memang mirip dengan surga dunia. Tentu saja sangat indah dan memukau.

Di Pulau Pasir Putih, Anda dapat bermain air sepuasnya, snorkeling atau sekedar naik perahu dayung bersama keluarga. Di sekitar pulau juga terdapat beberapa spot menarik untuk mengabadikan lewat foto atau video.

Lokasi: Teluk Bakau, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

6. Air Adventure Flying Club Bintan

Air Adventure Flying Club Bintan

Image Credit by Traverse.id

Untuk dapat menikmati keindahan alam dari sudut pandang yang berbeda, agaknya Anda harus merogoh kocek lebih dalam agar dapat menikmati terbang di atas kokpit. Berbekal pengalaman yang sudah cukup lama, komunitas ini membangun sebuah hiburan bagi para pengunjung yang ingin terbang. Hanya saja harga yang ditawarkan cukup mahal yakni sekitar Rp. 1.200.000,- sudah dapat berkeliling di sekitar Bintan. Jika Anda menambah dengan biaya Rp. 350.000,- maka langsung bisa merekam video dengan bebas.

Lokasi: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan.

7. Gunung Bintan

Gunung Bintan

Image Credit by Trepelin.com

Rupanya, Siak juga memiliki destinasi wisata alam berupa gunung indah yang sangat tinggi. Anda dapat melakukan perjalanan yang luar biasa selama pendakian gunung. Tidak hanya bertemu dengan satwa dan tumbuhan liar saja, namun Anda juga akan menemukan air terjun indah yang sangat sejuk. Udara yang ada yang di sekitar gunung juga sangat bersih sehingga cocok untuk Anda yang ingin merasakan oksigen.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kepulauan Anambas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ketinggian gunung mencapai 340 meter di atas permukaan laut. Apabila beruntung, Anda juga dapat memetik buah manggis dan pisang yang ada di gunung tersebut. Lokasi ini sangat terawat sehingga tidak perlu khawatir selama perjalanan karena sangat aman. Untuk sampai di puncak biasanya butuh waktu 2-4 jam sesuai dengan kemampuan tiap orang.

Lokasi: Gunung Kijang, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

8. Vihara Patung 1000 Wajah

Vihara Patung 1000 Wajah

Image Credit by Pegipegi.com

Ini adalah salah satu tempat wisata yang paling populer karena menyimpan sejuta makna yang sangat mendalam. Terutama bagi penganut agama Khonghuchu yang sudah berdoa di tempat ini selama puluhan tahun. Arsitek bangunan ini sangat mirip dengan kuil yang ada di China, memang sesuai dengan budaya yang ada di Kota Bintan.

Penduduk Bintan memang sebagian besar berasal dari China sehingga tidak heran jika kota ini tumbuh dengan budaya yang sangat luar biasa ini. Setidaknya Anda akan melihat 500 patung dengan beragam ekspresi sehingga nama wihara ini disebut dengan patung 1000 wajah.

Lokasi: Batu IX, Kec. Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang.

9. Aroma River Spa

Aroma River Spa

Image Credit by Sejarah-negara.com

Tempat spa ini memang sangat indah sekaligus memanjakan. Tidak hanya lokasinya yang ada di dekat hutan bakau, namun pelayan yang diberikan juga sangat luar biasa. Anda dapat menghabiskan waktu sambil spa alami dengan para terapis ahli. Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas lain seperti menyusuri sungai dengan perahu dayung.

Lokasi: Malang Rapat, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

10. Tasik Divers Bintan

Tasik Divers Bintan

Image Credit by Diveclub.ru

Ini adalah surganya para pecinta diving yang ingin menghabiskan waktu di bawah laut. Banyak spot menarik untuk melihat pemandangan laut yang indah. Aneka terumbu karang dan biota laut dapat Anda lihat dengan jelas. Aneka ikan bewarna juga turut menyemarakkan pesona alam yang eksotis. Dengan berbekal kemampuan berenang, Anda dapat menyewa peralatan diving sebesar Rp. 250.000,-

Lokasi: Teluk Bakau, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

11. Pantai Trikora

Pantai Trikora

Image Credit by Anekatempatwisata.com

Nama pantai ini tidak ada hubungannya dengan nama perjanjian trikora yang pernah ada. Sebutannya memang cukup unik karena di pantai terdapat beberapa pulau hingga 4 pulau. Untuk lebih memudahkan maka orang menyebutnya dengan nama Pantai Trikora.

Pada saat musim kemarau, air yang ada di pantai ini menjadi lebih bersih sehingga akan cocok dijadikan lokasi snorkeling. Jika musim hujan tiba maka pemandangan pasir putih yang ada di sekitar pantai juga sudah sangat menghibur. Jika memungkinkan, cobalah untuk menaiki perahu kemudian berkeliling ke pulau satu, dua, tiga dan empat. Rasakan sensasi emosi yang berbeda.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Batam yang Paling Populer

Lokasi: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

12. Pantai Impian

Pantai Impian

Image Credit by Infoanekawisata.blogspot.com

Selain pantai Trikora, Bintan juga masih memiliki pantai lain seperti Pantai Impian. Meski pemandangan yang ada di pantai ini tidak seindah Pantai Trikora namun fasilitas yang dihadirkan tidak kalah menarik. Banyak rumah makan dan resort mewah yang bisa memanjakan Anda ketika liburan ke pantai ini.

Lokasi: Jl. Pantai Impian no. 1, Kampung Baru, Kec.Tanjung Pinang Barat, Kota Tanjung Pinang.

13. Pantai Senggiling

Pantai Senggiling

Image Credit by Robbihafzan.wordpress.com

Lokasi pantai ini agak sulit dicapai sehingga belum terlalu populer. Meski demikian Anda akan cukup terhibur dengan pamandangan pasir putih yang ada di sekitar pantai. Beragam batuan besar dengan ukuran tertentu juga dapat menambah suasana hati. Cobalah untuk duduk di atas batu kemudian berbaring sebentar maka Anda akan mendapat nuansa alam yang berbeda.

Lokasi: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan.

14. Ria Bintan Golf Club

Ria Bintan Golf Club

Image Credit by Teetimesaver.com

Bila Anda pecinta golf tentu akan sangat menyukai tempat wisata yang satu ini. Selain menawarkan pemadangan yang sangat indah, tempat ini juga menyediakan lapangan golf yang sangat luas dan terawat. Banyak orang menganggap bahwa golf merupakan olahraga mewah yang hanya bisa dilakukan oleh orang kaya, namun di tempat ini Anda dapat menyewa alat golf dengan harga yang cukup terjangkau. Bagi pemula, tidak perlu khawatir karena ada 18 lubang yang bisa Anda jadikan sebagai tempat latihan. Bila jenuh, cobalah berkeliling sebentar untuk melepas lelah sambil menikmati Laut China Selatan yang eksotis.

Lokasi: Jl. Perigi Raja, Sebong Lagoi, Kec. Lagoi North Bintan, Kab. Bintan.

15. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat

Image Credit by Yopiefranz.com

Nama pulau ini memang agak nyentrik, sesuai dengan panorama alam yang dihadirkan juga sangat neyntrik. Banyak pemandangan asri nan sejuk seperti pantai, dan hutan mini. Disebut dengan hutan mini karena luasnya hutan yang tidak terlalu rimbun. Di pulau ini terdapat masjid besar yang sangat bersejarah namanya Masjid Raya Sultan Riau.

Dahulu, pulau ini berdiri sebuah kerajaan kecil bernama Kerajaan Sultan Riau pada abad ke 18. Sesuai dengan cerita sejarah tersebut rupanya banyak tokoh penting di kerajaan ini yang ikut dalam perjuangan di Indonesia.

Lokasi: Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Bintan yang akan membuat Anda ingin kembali berkunjung ke sana. Pesona alam yang ada di Bintan memang sangat indah dan beragam. Anda tidak hanya terpuaskan dengan alam yang perawan, namun juga beragam wisata alam buatan akan menambah wawasan Anda tentang Indonesia. Yuk segera realisasikan berlibur ke Bintan. Selamat bersenang-senang.