Jambi

15 Tempat Wisata di Bungo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Terbaik di Bungo, Jambi. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Kabupaten Bungo merupakan salah satu wilayah hasil pemekaran Kabupaten Bungo Tebo yang dibentuk pada tahun 1999 di Provinsi Jambi. Kabupaten Bungo memiliki luas wilayah lebih dari 4.500 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 335 ribu jiwa. Kabupaten ini memiliki ibu kota yang terletak di Muara Bungo dengan 17 kecamatan. Kabupaten Bungo memiliki kekayaan alam yang melimpah yang dihasilkan dari perkebunan karet, kelapa sawit. Sedangkan pada sektor pertambangan, Kabupaten Bungo memiliki tambang batu bara yang luas.

Kabupaten Bungo juga terkenal sebagai salah satu daerah penghasil emas di Provinsi Jambi. Tak ketinggalan, Kabupaten Bungo juga memiliki panorama alam yang luar biasa indahnya dan tentunya patut Anda kunjungi ketika mampir di Provinsi Jambi. Berikut ini 15 tempat wisata di Kabupaten Bungo paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Air Terjun Tegan Kiri

Air Terjun Tegan Kiri

Image Credit: Wisataterbaru.ne

Air Terjun Tegan Kiri ini berjarak sekitar 31 km dari pusat Kota Muara Bungo tepatnya di Dusun Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo. Air Terjun ini memiliki ketinggian 26 meter dan lokasi wisatanya bersih sehingga nyaman untuk dikunjungi. Air Terjun Tegan Kiri ini juga masih sangat alami karena jarang terjamah tangan manusia.

Sesampainya di Air Terjun Tegan Kiri, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Bebatuan besar mengelilingi aliran Air Terjun Tegan Kiri. Ditambah air yang dingin, udara yang sejuk serta rindang pepohonan di sekitarnya. Dulunya, Air Terjun Tegan Kiri ini ditemukan oleh Suku Anak Dalam (SAD). Banyak orang menyebut Air Terjun Tegan Kiri memiliki cerita mistis karena suara gemericik Air Terjun Tegan Kiri mirip suara tangisan air

Lokasi: Rantau Pandan, Kec. Rantau Pandan, Kab. Bungo.

2. Taman Kota Muara Bungo

Taman Kota Muara Bungo

Image Credit: Djangki.wordpress.com

Taman Kota Muara Bungo ini terletak pusat kota tepatnya di Bungo Barat, Muara Bungo, Jambi. Taman Kota ini dilengkapi fasilitas jogging track yang luas dan dikelilingi oleh rimbunan pepohonan sehingga udaranya menjadi sejuk dan tentunya cocok untuk berolahraga di pagi hari maupun sore hari.

Taman Kota Muara Bungo juga cocok dijadikan lokasi piknik bersama keluarga sembari menikmati makanan bekal rumah yang dibawa, duduk di alas tikar, dan menikmati semilir angin sejuk di Taman Kota Muara Bungo.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sarolangun Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Baharudin, Jaya Setia, Kec. Pasar Muara Bungo, Kab. Bungo.

3. Air Terjun Telago Jando

Air Terjun Telago Jando

Image Credit: Kompasiana.com

Air Terjun Telago Jando berlokasi di Desa Buat, Kabupaten Bungo. Air Terjun Telago Jando ini memiliki 7 tingkatan air terjun yang indah dan memiliki keunikannya tersendiri pada setiap tingkatannya.

Air Terjun Telago Jando seakan menjadi magnet tersendiri untuk wisata alam di Kabupaten Bungo. Untuk menuju ke Air Terjun ini Anda harus menempuh jarak sekitar 60 km dari Kota Muaro Bungo atau sekitar 1 jam berkendara motor.

Lokasi: Muara Buat, Kec. Bathin III Ulu, Kab. Bungo.

4. Semagi Water Park

Semagi Water Park

Image Credit :Wikimapia.org

Jika Anda mencari wisata air selain air terjun di Kabupaten Bungo, maka datang saja ke Semagi Water Park. Di wisata air ini Anda bisa mencoba banyak wahan air menarik seperti rollercoaster, ombak buatan hingga perosotan raksasa. Tentunya wisata Semagi Water Park Semagi Water Park ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga dengan mengajak anak dan keluarga.

Untuk tiket masuk wisata air Semagi Water Park ini Anda hanya perlu membayar Rp50.000,- per orang. Selain wisata air, di sini juga tersedia warung makan, dan peminjaman ban sehingga Anda tak perlu takut kelaparan.

Lokasi: Sungai Mengkuang Rimbo Tengah, Kec. Sungai Mengkuang, Kab. Bungo.

5. Taman Pusparagam

Taman Pusparagam

Image Credit: Infoanekawisata.blogspot.com

Taman Pusparagam menawarkan kesejukan dan kesegaran untuk Anda yang hobi rekreasi atau joging di sore dan pagi hari. Taman Pusparagam ini terbagi menjadi beberapa taman yang indah untuk dijelajahi.

Lokasi Taman Pusparagam Muara Bungo berdekatan dengan taman-taman lainnya seperti Taman Hijau yang bisa diakses dengan berjalan kaki sejauh 400 meter. Taman Pusparagam Muara Bungo berada di tengah pusat kota sehingga bisa dijadikan alternatif rekreasi murah dan terjangkau.

Lokasi: Jl. Baharudin, Jaya Setia, Kec. Pasar Muara Bungo, Kab. Bungo.

6. Dam Semagi

Dam Semagi

Image Credit: Eksplorejambi.blogspot.com

Dam Semagi berada di Kecamatan Tanah Tumbuh. Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 40 km dari ibu kota Kabupaten Bungo menggunakan motor atau mobil. Dam ini merupakan aliran sungai pegunungan dengan bebatuan besar yang indah.

Dam Semagi berada di tengah hutan dan dikelilingi perbukitan serta dihiasi oleh pepohonan rindang. Sayangnya, fasilitas di Dam Semagi termasuk kurang sehingga apabila dirawat lebih baik lagi Dam ini bisa menjadi aset wisata yang menguntungkan.

Lokasi: Pelayang, Kec. Bathin II Pelayang, Kab. Bungo.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kerinci Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

7. Taman Hijau Muara Bungo

Taman Hijau Muara Bungo

Image Credit: Infoanekawisata.blogspot.com

Taman kota yang satu ini letaknya sekitar 400 meter dari Taman Pusparagam. Bedanya, Taman Hijau Muara Bungo dilengkapi dengan jogging track, permainan anak-anak dan beberapa fasilitas olahraga sehingga cocok untuk Anda yang ingin menjaga kebugaran dengan bertandang ke Taman Hijau Muara Bungo.

Selain itu, Taman Hijau Muara Bungo dikelilingi oleh pohon-pohon besar dan rindang yang sejuk sehingga menjadi tempat yang pas untuk bersantai.

Lokasi: Bungo Barat, Kec. Pasar Muara Bungo, Kab. Bungo.

8. Air Terjun Punjung Empat

Air Terjun Punjung Empat

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Air Terjun Pujung Empat ini berada di Bukit Punjung dan memiliki puncak air terjun yang tinggi dan bertingkat. Air Terjun ini terletak di Rantau Keloyang Kecamatan Pelepat. Untuk sampai ke Air Terjun Pujung Empat, Anda harus berkendara sejauh 26 km dari pusat kota kemudian dilanjutkan dangan 4 km berjalan kaki.

Meski cukup jauh, selama perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan dan melewati 3 gua alam yang sekaligus bisa Anda kunjungi.

Lokasi: Desa Rantau Keloyang, Kec. Pelepat, Kab. Bungo.

9. Lubuk Beringin

Lubuk Beringin

Image Credit: Galerijambi.com

Lubuk Beringin adalah tempat pemandian alam yang jadi andalan di Kabupaten Bungo. Setiap akhir pekan, Lubuk Beringin selalu ramai dikunjungi wisatawan. Lubuk Beringin ini berlokasi sekitar 50 km dari pusat Kota Muaro Bungo.

Sesampainya di Lubuk Beringin, Anda akan menyaksikan keindahan alam sungai dengan bebatuan dan air yang jernih. Terdapat fasilitas berupa homestay untuk Anda yang berniat menginap di Lubuk Beringin.

Lokasi: Lubuk Beringin, Kec. Bathin III Ulu, Kab. Bungo.

10. Dam Tapus Tanah Tumbuh

Dam Tapus Tanah Tumbuh

Image Credit: Indolah.com

Dam Tapus Tanah Tumbuh adalah situs sejarah yang berada di Kecamatan Tanah tumbuh, Desa Batang Uleh. Dari pusat Kota Muara Bungo, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 60 km.

Dam Tapus Tanah Tumbuh ditemukan pada tahun 1787 M dan terletak di Desa Batang Uleh, Kotojayo, Tanah Tumbuh. Dam ini disinyalir ditemukan ketika jaman penjajahan Belanda.

Lokasi: Tebing Tinggi Uleh, Kec. Tanah Tumbuh, Kab. Bungo.

11. Batu Tapak Sembilan

Batu Tapak Sembilan

Image Credit: Facebook.com @AnakMelayuJambi

Apabila Anda mencari wisata sejarah di Bathin III Ulu, maka Batu Tapak Sembilan adalah tujuan yang tepat. Batu Tapak Sembilan merupakan situs purbakala yang berlokasi di Desa Senemat Ulu.

Disebut Batu Tapak Sembilan karena batu tersebut terdapat cetakan telapak kaki manusia purba dan hewan pada masa purbakala. Situs purbakala ini menjadi bukti adanya kehidupan di zaman prasejarah di Jambi.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tebo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Senamat Ulu, Kec. Bathin III, Kab. Bungo.

12. Masjid Al Falah Empelu

Masjid Al Falah Empelu

Image Credit: Facebook.com @Empelu

Masjid Al Falah Empelu berlokasi di Desa Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas. Masjid berusia ratusan tahun ini memiliki desain melayu yang khas. Untuk bisa berbentuk megah seperti sekarang, Masjid Al Falah Desa Empelu melewati banyak renovasi bangunan.

Menurut cerita tokoh masyarakat setempat, Masjid Al Falah di Desa Empelu dipimpin oleh Rio Agung Niat Tuanku Kitab. Ia mengajak masyarakat setempat untuk bergotong royong membangun masjid. Hal tersebut dilakukan atas permintaan Pangeran Anom.

Lokasi: Empelu, Kec. Tanah Sepenggal, Kab. Bungo.

13. Gua Alam

Gua Alam

Image Credit: Jambi.antaranews.com

Gua Alam terletak di Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, dan di Desa Sungai Beringin, Kecamatan Pelepat. Gua ini berjarak sekitar 31 km dari ibu kota Kabupaten Bungo. Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 31 km atau 40 menit untuk sampai di Gua Alam. Gua Alam ini dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai Gua Kelelawar. Hal ini dikarenakan ribuan kelelawar hidup di gua. Tontonan ribuan kelelawar yang terbang menuju dan dari Gua Alam ini menjadi fenomena unik yang hanya bisa Anda temui di Gua Alam.

Ketika Anda memasuki gua, Anda akan menemukan berbagai stalaktit dan stalakmit yang bergantungan di langit-langit serta dasar gua yang indah. Saat terkena sinar matahari stalaktit dan stalakmit tersebut akan berpendar menghasilkan kilauan yang cantik.

Lokasi: Rantau Pandan, Kec. Rantau Pandan, Kab. Bungo.

14. Bunga Bangkai Rafflesia Arnoldii

Bunga Bangkai Rafflesia Arnoldii

Image Credit: Eurekoi.org

Bunga bangkai ini mudah ditemukan di Desa Rantau Pandan. Lokasi Bunga Bangkai ini berjarak sekitar 34 km dari ibu kota Kabupaten Bungo. Sedikitnya ada 2 jenis Bunga Bangkai yang tumbuh segar di kawasan tersebut yakni Amorphophallus Titanum & Rafflesia Arnoldi. Bunga bangkai jenis Amorphophallus Titanum memiliki ukuran yang lebih melebar dibandingkan jenis Rafflesia Arnoldi.

Lokasi: Jorong Data Simpang Dingin, Kec. Nagari Paninjauan, Kab. Agam.

15. Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar

Image Credit: Trepelin.com

Air Terjun Renah Sungai Besar ini beralamat di Renah Sungai Besar, Limbur Lubuk Mengkuang. Air Terjun ini memiliki ketinggian mencapai 30 meter dengan debit air yang cukup deras namun airnya berubah tenang ketika mencapai dasar. Sehingga banyak orang berenang di bagian dasar air terjun. Dari Kabupaten Bungo, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 80 km atau 1,5 jam untuk mencapai ke lokasi.

Lokasi: Renah Sungai Besar, Kec. Limbur Lubuk Mengkuang, Kab. Bungo.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Bungo yang dapat Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan maupun akhir pekan. Semoga bermanfaat!