Sumatra Utara

10 Tempat Wisata di Dairi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Beragam Tempat Wisata Favorit di Dairi, Sumatera Utara. Objek Wisata Alam & Bahari Terbaru, Kekinian, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Selama ini Sumatera Utara hanya tersohor dengan keindahan alam Danau Toba yang mendunia. Tidak dipungkiri, pesona alam Danau Toba memang selalu menjadi primadona wisata di Sumatera Utara. Namun siapa sangka, selain Danau Toba, Sumatera Utara juga menyimpan keindahan alam yang menantang untuk dijelajahi.

Jika berkunjung ke Sumatera Utara sempatkanlah mampir di Kabupaten Dairi. Daerah ini mempunyai beberapa objek wisata andalan yang tentunya akan membuat kunjungan Anda di Sumatera Utara semakin berkesan. Berikut kami rangkum 10 tempat wisata di Dairi yang patut Anda kunjungi saat berlibur.

1. Rumah Adat Pakpak

Rumah Adat Pakpak

Image Credit: Steemit.com

Bagi Anda pecinta wisata budaya, Anda dapat mengunjungi rumah adat pakpak. Rumah adat khas ini tidak jauh berbeda dengan rumah adat Bolon suku Batak, hanya saja orang-orang yang mendiami rumah ini berasal dari suku pakpak.

Berkunjung ke rumah ada ini Anda dapat belajar banyak hal, mulai dari kehidupan masa lampau masyarakat adat pakpak, nilai budaya leluhur yang tertanam hingga tradisi dan adat istiadatnya yang unik. Anda juga bisa berfoto dengan latar rumah adat pakpak ini, tentunya akan sangat menarik dan fotogenik.

Lokasi: Pakpak, Kec. Sumbul, Kab. Dairi.

2. Danau Sicike-Cike

Danau Sicike-Cike

Image Credit: Gomstm.weebly.com

Danau ini terletak di kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi. Anda dapat melakukan berbagai aktifitas disini, mulai dari berkemah bersama teman-teman maupun sekedar mencari spot foto yang menarik. Dengan pemandangan jernihnya air danau dan hijaunya pepohonan yang mengitari kawasan danau ini, dijamin stress Anda akan hilang.

Lokasi Danau Sicike-Cike ini sangat recommended bagi Anda yang ingin menepi dari hiruk pikuk nya kehidupan perkotaan. Waktu yang disarankan untuk mengunjungi danau ini adalah saat weekend. Namun jangan khawatir, Anda dapat mengunjungi danau ini setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Gunungsitoli Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Lae Hole, Kec. Parbuluan, Kab. Dairi.

3. Pemandian Lau Timah

Pemandian Lau Timah

Image Credit: Explorewisata.com

Wisata air lain yang dapat Anda kunjungi di Dairi adalah pemandian Lau Timah. Di sini Anda dapat berenang-renang maupun berendam santai bersama teman ataupun keluarga yang menjadi partner travelling anda. Suasana sejuk dan teduh sangat terasa di lokasi ini karena disekitar kolam terdapat pepohonan yang rindang. Walaupun bersuhu dingin, namun air yang berasal dari celah-celah batuan di tempat pemandian ini banyak mengandung belerang (sulfur), sehingga menghasilkan air yang berwarna eksotis, yaitu biru terang.

Berendam di kolam mini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tiket masuk wisata ini adalah gratis, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 5000 rupiah. Pemandian ini penuh pengunjung pada saat weekend.

Lokasi: Renun, Kec. Tanah Pinem, Kab. Dairi.

4. Tao Silalahi

Tao Silalahi

Image Credit: Triptrus.com

Tao Silalahi merupakan tempat yang sangat asik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Di tempat ini Anda dapat melakukan berbagai kegiatan, mulai dari berkemah, duduk-duduk santai maupun berenang. Selain itu, Anda juga dapat mengelilingi danau dengan menggunakan perahu yang disediakan oleh pengelola wisata.

Bagi Anda penggemar fotografi Anda juga dapat hunting foto di tempat ini, terutama pada saat matahari terbenam atau sunset. Anda akan disuguhi panorama lembayung senja yang begitu mempesona.

Lokasi: Silalahi, Kec. Silahi Sabungan, Kab. Dairi.

5. Bukit Siadtaratas

Bukit Siadtaratas

Image Credit: Siantaradventure.wordpress.com

Untuk Anda yang gemar olah raga tracking, Anda wajib mengunjungi bukit Sidtaratas. Bukit yang berlokasi di Desa Paropo ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam Danau Toba. Dari atas bukit Anda dapat memandangi panorama lanskap perumahan warga Silalahi. Dari kejauhan Anda juga dapat memandang Tugu Silalahi yang terkenal. Anda juga dapat menikamati indahnya sunset dari atas bukit ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Nias Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Paropo, Kec. Silahi Sabungan, Kab. Dairi.

6. Tigalingga

Tigalingga

Image Credit: Abdiprocel.blogspot.com

Tigalingga merupakan surganya bagi pecinta buah durian, bahkan ada ungkapan belum makan durian jika belum makan durian Tigalingga. Pasalnya wilayah Tigalingga merupakan salah satu tempat penghasil durian Dairi yang begitu istimewa. Kelebihan buah durian ini terletak pada dagingnya yang tebal, dan bijinya yang kecil. Biasanya, produksi buah durian khas Kabupaten Dairi ini berlangsung dari awal bulan Desember hingga pertengahan bulan Januari.

Kecamatan Tigalingga berjarak sekitar 180 km dari kota Medan atau sekitar 5 jam perjalanan. Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang banyak tersedia di kota Medan dengan tujuan kota Tigalingga. Jadi jangan lupa untuk mencicipi durian Tigalingga ketika berkunjung ke Sumatera Utara.

Lokasi: Sumbul Karo, Palding Jaya Sumbul, Kec. Tigalingga, Kab. Dairi.

7. Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat

Image Credit: Masihbaru.com

Puncak sidangkat merupakan kawasan wisata yang popular dikalangan anak muda Kabupaten Dairi. Di sini sengaja disediakan spot foto berupa sarang burung raksasa yang fotogenik cocok untuk kaum milenial yang hobi berburu destinasi wisata yang instagramable. Kawasan wisata ini terletak persis di wilayah hutan tropis sehingga memiliki suhu udara yang sejuk ditambah lagi Anda dapat menghilangkan penat dengan menghirup udara fresh.

Kalau ingin mencicipi kuliner khas Pakpak, Anda dapat mampir di restoran yang berada di sekitar puncak Sidiangkat. Berbagai makanan tradisional lezat mulai dari Pelleng hingga pecal dapat Anda jumpai disana.

Lokasi: Jl. Subulussalam – Sidikalang No.171, Sidiangkat, Kec. Sidikalang, Kab. Dairi.

8. Taman Wisata Iman Sitinjo

Taman Wisata Iman Sitinjo

Image Credit: Imada13.blogspot.com

Taman wisata yang membentang di lahan seluas 30 ribu hektar ini menjadi refleksi kerukunan umat beragama di Indonesia. Taman ini mulai dibangun sejak tahun 2005 dan sampai sekarang masih terus diperbaiki agar menarik minat para wisatawan. Di kawasan ini Anda dapat melihat bangunan 6 rumah ibadah dari agama-agama yang diakui di Indonesia. Terdapat patung yesus dengan ukuran yang cukup besar di taman ini. Terdapat pula Taman Firdaus, yang berisikan wahana berupa ruang painting tiga dimensi dan juga ruang laser.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Nias Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat wisata Iman Sitinjo ini banyak dikunjungi karena memang menjadi tempat religi sekaligus bisa menjadi tempat yang pas berlibur bersama dengan keluarga. Anda dapat mengunjungi taman ini setiap hari dari Pukul 06.00 sampai dengan Pukul 18.00. Harga tiket masuk yang harus Anda bayarkan adalah sebesar 5 ribu rupiah untuk anak-anak dan 10 ribu untuk orang dewasa.

Lokasi: Sitinjo, Kec. Sitinjo, Kab. Dairi.

9. Sungai Lau Renun

Sungai Lau Renun

Image Credit: Indomedia.co

Wisata selanjutnya yang harus Anda kunjungi di Dairi adalah Sungai Lau Renun. Sungai terpanjang di Kabupaten Dairi ini memiliki arus yang cukup deras, sehingga sering dimanfaatkan oleh para pecinta olahraga air yang menantang adrenalin, yaitu arung jeram. Anda dapat berarung jeram sambil menikmati indahnya pemandangan alam sekitar sungai ditemani nyiur melabai-lambai di bibir sungai.

Lokasi: Mangan Molih, Kec. Tanah Pinem, Kab. Dairi.

10. Parhonasan ‘Daihonas’ Lae Parira

Parhonasan ‘Daihonas’ Lae Parira

Image Credit: Edisilaban.blogspot.com

Mengusung konsep agrowisata, tempat ini menawarkan sensasi tersendiri bagi para traveller. Berwisata alam sambil menikmati segarnya buah nanas dapat Anda lakukan di sini. Anda dapat memilih langsung buah nanas yang ingin Anda cicipi, pengelola akan memetikkan dan mengupaskannya untuk anda.

Pengelola juga menyediakan beberapa spot foto yang instagramable khusus untuk menarik minat kaum milenial agar mengunjungi tempat ini. Pilihan wisata ini sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga tercinta atau teman-teman dekat.

Lokasi: Sempung Polling, Kec. Lae Parira, Kab. Dairi.

Itulah 10 tempat wisata di Kabupaten Dairi yang bisa menambah referensi Anda untuk merencanakan liburan. Jadi, apakah Anda masih ragu untuk berwisata di Dairi? Semoga artikel ini dapat memupuskan keraguan Anda untuk memulai pengalaman berbeda dengan berkunjung ke Dairi ketika liburan tiba. Selamat berlibur!