Sumatra Utara

12 Tempat Wisata di Deli Serdang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Beragam Tempat Wisata Favorit di Deli Serdang, Sumatera Utara. Objek Wisata Alam & Bahari Terbaru, Kekinian, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat ingin Menghabiskan Liburan.

Bicara tentang Deli Serdang tidak pernah lepas dari kondisi alam yang menjanjikan dan nilai budaya tinggi. Keadaan alam daerah ini sangat menakjubkan hingga muncul potensi wisata menarik. Selain itu, peninggalan budaya masih ada sampai sekarang. Maklum saja sebelum Indonesia merdeka daerah ini termasuk bagian dari kesultanan Deli dan Serdang. Itulah mengapa banyak wisatawan mengunjungi tempat ini.

Jadi, apa saja yang dapat dilakukan saat berkunjung? Berikut ada 12 rekomendasi tempat wisata di Deli Serdang yang sering dikunjungi wisatawan.

1. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Air terjun ini memang unik terdiri dua warna yakni biru dan putih. Perbedaan warna tersebut turut mendasari karakteristik airnya. Kalau air yang berwarna dingin mempunyai sifat dingin. Sekelilingnya berupa tebing berlumut hijau. Sedangkan sisi lainnya warna air cenderung putih dengan sifat airnya yang hangat. Sekilas memandang memang terpisah, namun dibatasi oleh air terjun kecil sebagai pemanis dari tebing di sana.

Uniknya lagi, air terjun ini terjadi sebagai akibat dari letusan gunung sibayak. Meskipun begitu air tidak berbau belerang sama sekali. Lokasi destinasi wisata ini letaknya tepat di hutan hujan tropis. Sehingga atmosfer area tersebut sangat menyejukkan.

Lokasi: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang.

2. Pemandian Alam Sembahe

Pemandian Alam Sembahe

Image Credit: Deliserdangmall.com

Berkunjung ke pemandian ini tidaklah rugi. Kondisi airnya segar dan bening. Batu besar, tanaman hijau dan air yang bersih menjadi magnet utama untuk pengunjung. Nuansa seperti itu mampu menyegarkan pikiran pengunjung. Suasana asri memang menjadi tujuan utama. Demi melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan dan kejenuhan saat bekerja. Pemandian ini juga mempunyai tiket ekonomis. Cukup dengan uang tidak lebih dari 10 ribu rupiah saja. Anda bebas menikmati kemolekan tempat ini.

Lokasi: Jl. Jamin Ginting No.61, Rumah Sumbul, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Mandailing Natal Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Pulau Siba

Pulau Siba

Image Credit: Deliserdangmall.com

Destinasi wisata ini berupa sebuah pulau yang begitu eksotik. Dulunya memang tidak berpenghuni, namun potensi alam yang luar biasa membuat pihak tertentu mengelolanya. Hingga terbentuklah sebuah resort dengan fasilitas lengkap. Serta mendirikan beberapa spot penting untuk memancing dan hutan bakau.

Nah, kalau Anda ingin mengunjungi area mangrove bisa menyewa speed boat. Suasana elok di daerah ini membuat wisatawan bermalam dI sana. Resort cantik dengan banyak kamar serta restorant dengan sajian andalan seafood siap memanjakan tamu.

Lokasi: Hamparan Perak, Kec. Hamparan Perak, Kab. Deli Serdang.

4. Green Hill City

Green Hill City

Image Credit: Facebook.com @HillparkSibolangit

Lokasi ini memang dikhususkan untuk wisata keluarga. Bagi tamu yang sudah mempunyai keluarga kecil. Area ini siap memanjakan mereka. Arena permainan seru tersedia di sana dengan taraf internasional. Contohnya saja Roller Coaster, Bioskop 4D, dan masih ada yang lainnya.

Tidak cukup area bermain saja, spot taman hijau juga tersedia di sana. Anda yang ingin menikmati waktu lama di green hill city. Maka Anda bisa duduk santai di area taman. Banyak traveler yang bilang kalau tempat ini mirip dengan Ancol Jakarta.

Lokasi: Sikeben, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang.

5. Danau Linting

Danau Linting

Image Credit: Deliserdangmall.com

Danau ini mempunyai landscape yang sangat indah. Warna airnya hijau tosca dengan aneka tumbuhan rimbun disekelilingnya memberikan daya tarik tersendiri. Hal spesial lainnya yakni suhu air panas serta mengandung belerang. Karakter danau dapat seperti itu karena dulunya daerah situ berupa puncak bukit berukuran kecil. Hingga suatu malam terjadi ledakan, yang akhirnya danau terbentuk. Apapun asal usulnya keindahan yang tercipta begitu sempurna.

Lokasi: Durian IV Mbelang, Kec. sinembah Tanjung Muda, Kab. Deli serdang.

6. Air Terjun Sempuran Putih

Air Terjun Sempuran Putih

Image Credit: Dutamedan.com

Air terjun mempunyai warna putih dengan ketinggian 3 meter. Hal istimewa berupa susunan air terjun yang terdiri dari 7 tingkat. Namun cuma 1 tingkat dapat dinikmati wisatawan. Bagaimana dengan lainnya? 6 tingkat lainnya masih terhalang oleh bebatuan. Air terjun ini mempunyai keistimewaan. Saat wisatawan akan memasuki daerah tersebut. Mereka dapat menempuh perjalanan darat dari kota Medan. Waktu tempuhnya hanya 2 jam saja. Setelah itu dilanjutkan dengan jalan kaki 30 menit. Saat momen berjalan ini Anda bebas menikmati asrinya hutan yang mengelilingi lokasi air terjun.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Langkat yang Paling Enak

Lokasi: Negri Gugung, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang.

7. Lembah Loknya

Lembah Loknya

Image Credit: Atmosferwisata.blogspot.com

Lembah ini berisikan pemandangan indah dan menenangkan. Anda akan disuguhi dengan air terjun yang mengalir bebas ke area sungai kecil dibawahnya. Bebatuan berukuran besar semakin menegaskan eloknya daerah ini. Air tersebut sangat bersih tiada campuran kaporit dan belerang. Siapapun yang ingin merasakan sensasi jernihnya air dapat mandi di sana. Anda akan merasakan manfaat ganda, kesegaran jasmani dan pikiran dapat diterima secara penuh.

Lokasi: Martelu, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang.

8. Pemandian Alam Lau Sigembur

Pemandian Alam Sembahe

Image Credit: Facebook.com @Ithoenkdoe

Sesuai dengan namanya pemandian ini langsung dikelilingi oleh alam. Hutan yang masih alami serta aliran sungai jernihnya membuat siapa saja ingin segera menceburkan diri ke pemandian. Rasa lelah hilang dalam sekejap, diikuti dengan segarnya air yang merasuk langsung dalam organ tubuh. Hal itu membuat Anda merasakan nikmatnya berendam di pemandian alam lau walaupun hanya beberapa saat saja.

Lokasi: Simada-mada, Kec. STM Hilir, Kab. Deli Serdang.

9. Gua dan Air Panas Panen

Gua dan Air Panas Panen

Image Credit: Jurnalasia.com

Destinasi ini terdiri dari empat buah gua asli dari alam dengan bentuk yang unik. Pengunjung dibuat terpana ketika dilihat gua ini bentuknya mirip kerang. Ukuran mulut gua terbilang lebar yakni 10 hingga 25 meter. Dari tampilan luarnya memang memukau tidak ada yang menyamai. Sedangkan tempat wisata air panas juga tidak kalah menarik. Banyak wisatawan datang untuk berendam dan mandi di air panas panen. Mereka ingin memperoleh khasiat belerang bagi peremajaan kulit.

Lokasi: Penungkiren, Kec. Sinembah Tanjung Muda Hilir, Kab. Deli Serdang.

10. Martabe Golf

Martabe Golf

Image Credit: Wikimapia.org

Lokasi wisata ini berada di dataran tinggi dengan jarak 24 km dari kota Medan. Moda transportasi menuju ke lokasi tersebut sangatlah mudah. Apapun pilihan transportasinya tidaklah masalah, semua akan mengantarkan pengunjung dengan aman dan tepat. Ketika sampai pada lokasi pengunjung akan disapa dengan keindahan lembah nan hijau.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Labuhanbatu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Sekeliling tempat olahraga golf bermandikan tumbuhan hijau yang tertata rapi. Sehingga kualitas udara dari daerah ini sangat segar dan bebas unsur polusi. Anda bebas bermain golf sambil bersantai pada spot yang tersedia.

Lokasi: Jl. Let. Jend. Djamin Ginting Km. 22, Uruk Gedang, Kec. Namorambe, Kab. Deli Serdang.

11. Taman Rekreasi Dewi Sibolangit

Taman Rekreasi

Image Credit: Eksisnews.com

Jika Anda mengajak serta anak dan pasangan saat ke Deli Serdang. Maka mampirlah ke objek wisata alam yang dikemas dalam balutan bangunan unik penuh dengan unsur edukasinya. Setiap bangunan mempunyai ciri khas tersendiri. Karena pengelola taman wisata ini terilhami oleh bangunan atau tempat penuh pesona dari dalam dan luar negeri.

Upaya pengelola maupun pemiliknya memang menjadikan taman bermain ini menyenangkan di berbagai usia. Sehingga keunikannya tidak dimiliki tempat lain, apalagi konsep utama berupa lingkungan hidup.

Lokasi: Jl. Jamin Ginting No.RT. 02, Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang.

12. Taman Pramuka

Taman Pramuka

Image Credit: MedanMerdeka.com

Taman ini memang dikhususkan bagi mereka yang ingin menikmati alam seutuhnya. Mereka umumnya bermalam dI sini. Peralatan sewaktu pramuka dulu turut digunakan untuk membuat perkemahan sederhana. Saat pengunjung bermalam, sensasi luar biasa mampu mereka rasakan. Pesona alam taman pramuka berpadu dengan dengungan hewan malam yang jinak. Namun saat pagi menjelang kicauan burung, sejuknya dan bersihnya udara dapat dirasakan. Anda akan terbuai dengan pemandangan sekitar.

Lokasi: Jl. Karya Jasa No.9, Tanjung Garbus Kampung, Kec. Lubuk Pakam, Kab. Deli Serdang.

Bagaimana Deli Serdang tiada duanya bukan? Kalau Anda merencanakan liburan di sana, sertakan beberapa 10 tempat wisata di Deli Serdang yang telah dijelaskan di atas. Dengan begitu suasana liburan tidak akan percuma keceriaan selalu hadir menemani Anda dan keluarga.