Sumatra Barat

15 Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Sumatera Barat? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Menarik & Populer di Bukittinggi Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Mendapatkan Liburan yang Lebih Berkesan.

Setiap wilayah pasti memiliki objek wisata yang menarik dan instagramable sehingga harus dikunjungi, salah satuya di Kabupaten Bukittinggi, Sumatera Barat. Walaupun sebagian orang menganggp Bukittinggi minim objek wisata, padahal wilayah tersebut menyimpan beragam destinasi wisata yang unik dan terhits loh. Bahkan dikunjungi wisatawan lokal maupun manacengara karena keunikan dan keindahan yang memukan dimilikinya.

Sejatinya, tempat wisata di Bukittinggi memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi daya tarik. Untuk itulah anda bebas memilih destinasi wisata sesuai kesepakatan rombongan ataupun keluarga, dengan begitu selama liburan akan bahagia dan bebas menjeljahi keindahan wisata yang dituju.:

Jika ingin mendapatkan liburan yang berkualitas, berikut 15 rekomendasi tempat wisata di Bukittinggi yang paling popular dan dapat dijadikan pilihan liburan anda.

1. Lembah Ngarai Sianok

Lembah Ngarai Sianok

Image Credit by Pegipegi.com

Siapa sangka, objek wisata lembah Ngarai Sianok terbentuk akibat gempa bumi yang terbentuk menjadi lembah. Menariknya lagi lembah tersebut sangat luas, yaitu terbentang Nagari Sianok enak suku utara sampai ke Nagari kota Gadang sisi selatan. Tempat wisata tersebut cocok untuk menghilangkan kepenatan karena sangat sejuk dan masih alami, bahkan menjadi spot selfy yang instargamable loh.

Tak ayal banyak pengantin baru atau sepasang kekasih bersama teman-teman yang mengunjungi objek wisata tersebut, dijamin kepenatan anda cepat hilang. Tentunya tergantikan dengan semagat dan ide-ide kreatif sehingga kinerja bekerja kembali maksimal.

Lokasi: Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kab. Agam.

2. Taman Margasatwa Budaya Kinantan

Taman Margasatwa Budaya Kinantan

Image Credit by Khairunnisa627.wordpress.com

Objek wisata Taman Margasatwa menjadi incaran wisata mayoritas orang karena menyuguhkan berbagai hal, selain menyuguhkan banyak jenis hewan, juga menyuguhkan edukasi kebudayaan daerah setempat. Khususnya kebudayaan Kinantan yang membuat banyak orang penasaran, menariknya lagi saat baru menjajakan kaki, pengunjung akan disambut dengan kandang gajah dan kemudian rumah adat Baanjuang. Perlu diketahui, rumah adat tersebut menyimpan berbagai budaya Minangkabau sehingga memberikan edukasi yang lengkap bagi pengunjung.

Lokasi: Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

3. Museum Rumah Bung Hatta

Museum Rumah Bung Hatta

Image Credit by Kemlu.go.id

Bung Hatta adalah salah satu presiden Indonesia yang sangat berpengaruh untuk bangsa Indonesia karena perjuangannya sangat besar, khususnya melawan penjajah agar Indonesia dapat merdeka. Tak ayal museumnya menjadi perburuan masyarakat diberbagai daerah karena diresmikan menjadi objek wisata. Anda bebas menjelajahi museum yang luasnya 1000 m2 yang menampilkan kebudayaan seni, budaya Bukittinggi.

BACA JUGA:  7 Tempat Wisata di Lima Puluh Kota Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Menariknya lagi, museum tersebut sering dikunjungi oleh jajaran pendidikan loh. Menjadi tujuan wisata edukasi atau study tour baik anak TK, SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi karena memberikan adukasi yang kompleks dan maksimal.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.37, Campago Ipuh, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi.

4. Taman Panorama Bukittinggi

Taman Panorama Bukittinggi

Image Credit by 1001Malam.com

Anda ingin menikmati keindahan Ngarai Sianok yang menawan? Cukup mendatangi taman panorama Bukittinggi yang dijadikan sebagai destinasi wisata andalan masyarakat. Sepanjang jalan akan disuguhi pemandangan pepohonan yang rindang sehingga udaranya selalu sejuk walaupun saat terik matahari.

Apalagi terdapat faslitas gazebo sehingga anda dapat beristihat, tentunya mendukung pengunjung yang membawa anak kecil atau balita. Hebatnya lagi terdapat spot menarik yang instagramable loh, yaitu gardu pandang agar pengunjung dapat menikmati keindahan taman dari ketinggian. Pastinya lengkap dengan toko souvenir yang menjadi incaran pengunjung karena dapat membeli lukisan khas Bukittinggi, kaos dan souvenir lainnya.

Lokasi: Jl. Panorama, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

5. Janjang Ampek Puluah

Janjang Ampek Puluah

Image Credit by Heikaku.com

Janjang Ampek Puluah termasuk objek wisata unik di Kabupaten Bukittinggi karena memiliki tangga yang jumlahnya mencapai 40 anak tangga, pengunjung harus melalui 40 anak tangga agar menjangkau pasar yang letaknya diatasnya. Walaupun terkesan melelahkan tetapi membuat pengunjung penasaran loh, alhasil selalu ramai dikunjungi sehingga suasananya semakin menarik.

Anda dapat mengabadikan perjuangan menaiki anak tangga pada smartphone maupun kamera yang anda bawa, tujuannya agar menjadi pengalaman indah yang tak terlupakan. Usahakan memilih jadwal yang tepat ya agar tidak hujan sehingga aman menaiki anak tangga.

Lokasi: Aur Tajungkang Tengah Sawah, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

6. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai

Image Credit by Pegipegi.com

Jangan salah loh, Bukittinggi memiliki destinasi wisata air terjun yang sangat indah. Belum lagi pemandangan sekitarnya berupa pegunungan sehingga membuat wisata tersebut semakin sejuk dan alami, dijamin anda betah berlama-lama dikawasan air terjun tersebut dan tidak ingin melewatkan setiap moment yang tercipta.

Tempat wisata tersebut cocok untuk membuat pikiran rilkes sehingga usai liburan kembali semangat, tentunya semua masalah cepat selesai karena anda memiliki jalan keluar tanpa masalah. Tentunya didapat dari liburan yang menyenangkan sehingga pikiran selalu tenang.

Lokasi: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar.

7. The Great Wall Of Koto Gadang

The Great Wall Of Koto Gadang

Image Credit by Travel.dream.co.id

Perlu diketahui, objek wisata tersebut adalah bagian dari Janjang Saribu, namun seiring berjalannya waktu membuat pemerintah membuat tembok besar dengan nama yang unik. Tujuannya agar pengunjung penasaran karena menghubungkan kota Bukittinggi dan Goa Jepang di pintu 3. Tak ayal seiring berjalannya waktu selalu ramai dikunjungi karena memiliki keunikan tersendiri.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pasaman Barat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

8. Taman Bunga Raflesia

Taman Bunga Raflesia

Image Credit by Kompas.com

Sejatinya, bunga raflesia arnoldi adalah bunga langka di dunia yang dikenal dengan bunga bangkai. Mengingat keberadaan bunga tersebut selalu viral karena membuat masyarakat penasaran, Bukittinggi menyuguhkan tempat wisata berupa taman bunga Raflesia Arnoldi. Benar saja, tempat wisata tersebut selalu ramai dikunjungi karena masyarakat ingin melihat bunga bangkai tersebut secara langsung, namun terdapat aturan yang harus dipatuhi pengunjung. Diantaranya adalah tidak menyentuh bunga, tidak terlalu dekat dengan bunga, dilarang menginjak dan duduk di inang bunga.

Lokasi: Gadut, Kec. Tilatang Kamang, Kab. Agam.

9. Pantai Caroline

Pantai Caroline

Image Credit by Gotravelly.com

Pantai Caroline wajib dikunjungi saat liburan ke Bukittinggi karena memiliki pasir putih yang sangat bersih dan halus, pastinya lengkap dengan air laut yang berwarna biru sehingga memanjakan mata wisatawan. Jangan salah loh, pantai tersebut cocok dijadikan lokasi menikmati sunset dan sunrise karena pemandangan mataharinya yang sempurna dan sangat indah.

Lokasi: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

10. Lobang Jepang

Lobang Jepang

Image Credit by Travel.dream.co.id

Destinasi wisata Lobang Jepang terletak di Jalan Panorama di bukit Cangang, tepatnya di Kayu Ramang, Guguk Panjang. Yaitu di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat yang menyuguhkan keunikan tersendiri berupa lansap layaknya zaman Jepang. Dengan begitu pengunjung merasakan suasana layakanya zaman Jepang disertai seperti apa kehidupan dahulu saat masa penjajahan.

Lokasi: Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

11. Benteng Fort De Kock

Benteng Fort De Kock

Image Credit by Infosumbar.net

Benteng Fort De Kock termasuk objek wisata sejarah di Bukittinggi yang harus dikunjungi karena menyimpan sejarah Bukittinggi dan sekitarnya saat masa penjajahan. Apalagi benteng tersebut adalah peninggalan Belanda yang terletak di pusat kota Bukittinggi, tepatnya dikawasan Jam Gadang sehingga wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata lebih dari satu.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

12. Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu

Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu

Image Credit by Wisato.id

Rumah adat Baanjuang Puti Bungsu termasuk bangunan yang bersejarah peninggalan penjajah karena dibangun pada tahun 1935, bangunan terseut di bangun oleh Mondelar Countroller. Anda yang ingin mengunjungi bangunan tersebut cukup menuju kawasan Taman Marga satwa dan budaya kinantan karena letaknya di situ.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Pariaman Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat wisata tersebut membuat pengunjung takjub karena material pembangunan zaman dahulu masih sangat kokoh dan selalu terawat. Belum lagi desainnya yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri sehingga membuat masyarakat penasaran ingin melihatnya secara langsung.

Lokasi: Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

13. Taman Ngarai Maaram

Taman Ngarai Maaram

Image Credit by Facebook.com @Taman.Ngarai.Maaram

Jangan salah loh, teman Ngarai Maaram Bukittinggi adalah taman terbaru sehingga selalu ramai dipadati pengunjung lokal maupun mancanegara, sementara letaknya di belakang Rumah sakit Umum Daerah DR. Ahmad Mochtar Bukittinggi. Walaupun taman tersebut masih baru dan sudah ramai dikunjungi, tetapi seiring berjalannya waktu akan ditambah faslitas dan hal penting lainnya agar pengunjung puas berlibur ke taman tersebut.

Dengan begitu pengunjung dapat mengajak anak-anak maupun anggota keluarga menikmati keindahan taman Ngarai Maaram. Pastikan anda mencari waktu liburan yang tepat ya agar liburan tidak mengalami halangan.

Lokasi: Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

14. Danau Maninjau

Danau Maninjau

Image Credit by Infofotografi.com

Masyarakat pasti sudah mengenal betul objek wisata alam danau maninjau karena sudah populer di kalangan masyarakat, hal tersebut karena memiliki keindahan yang fantastis sehingga selalu ramai dikunjungi. Ditambah lagi udaranya sangat sejuk dan asri sehingga membuat pikiran anda rilkes, alhasil tepat dikunjungi saat weekend maupun hari libur agar saat bekerja kembali semangat.

Menariknya lagi, pengunjung akan melihat jalan yang viral, yaitu kelok 44 yang disebut sebagai kelok ampek puluh ampek yang populer di kalangan masyarakat di berbagai daerah. Usahakan anda membawa kamera dengan kualitas bagus ya agar setiap moment dapat diabadikan, sementara perbekalan makanan dan minumannya harus lengkap dan bergizi agar stamina menjelajahi objek wisata selalu semangat.

Lokasi: Danau Maninjau, Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam.

15. Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh

Image Credit by Wikipedia.org

Mayoritas orang pasti menganggap jembatan adalah hal biasa karena di setiap jalan yang sungai memiliki jembatan, namun Jembatan Limpapeh di Bukittinggi sangat berbeda sehingga dijadikan sebagai objek wisata. Apalagi jembatan tersebut dibangun tahun 1995 namun masih kokoh dan aman di lalui karena dibuat dari baja, alhasil terlihat warna kuning dan merah pada permukaan jembatan. Bahkan jembatan tersebut menghubungkan objek wisata Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan beserta benteng Fort De kock.

Pengunjung dapat menyaksikan keindahan jembatan dari jarak dekat maupun jauh. Pastinya selama melewati jembatan akan aman karena dibangun menggunakan material yang sangat kuat.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.77-117, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Sebenarnya masih banyak loh destinasi menarik di Bukittinggi yang wajib dikunjungi, namun 15 tempat wisata diatas dapat dijadikan referensi agar tepat memilih objek wisata. Pastikan membawa perlengkapan lengkap dan waktu yang tepat ya agar liburan lebih seru dan berkesan.