30 Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru & Terhits Dikunjungi

30 Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Sumatera Barat? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Menarik & Populer di Bukittinggi Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Mendapatkan Liburan yang Lebih Berkesan.

Setiap wilayah pasti memiliki objek wisata yang menarik dan instagramable sehingga harus dikunjungi, salah satuya di Kabupaten Bukittinggi, Sumatera Barat. Walaupun sebagian orang menganggp Bukittinggi minim objek wisata, padahal wilayah tersebut menyimpan beragam destinasi wisata yang unik dan terhits loh. Bahkan dikunjungi wisatawan lokal maupun manacengara karena keunikan dan keindahan yang memukan dimilikinya.

Sejatinya, tempat wisata di Bukittinggi memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi daya tarik. Untuk itulah anda bebas memilih destinasi wisata sesuai kesepakatan rombongan ataupun keluarga, dengan begitu selama liburan akan bahagia dan bebas menjeljahi keindahan wisata yang dituju.:

Jika ingin mendapatkan liburan yang berkualitas, berikut 30 rekomendasi tempat wisata di Bukittinggi yang paling popular dan dapat dijadikan pilihan liburan anda.

1. Taman Monumen Bung Hatta

Taman Monumen Bung Hatta
Image Credit: Google Maps (Nate_Ina)

Dari pusat kota anda menuju ke Istana Bung Hatta, letaknya tepat di sebelah bangunan sejarah tersebut. Lebih akurat persis di depan pertigaan gedung DPRPD Kota Bukittingi. Di pintu masuk anda bisa menjumpai papan nama yang colorful. Biasanya spot ini menarik minat pengunjung yang ingin berswafoto. Dibaliknya terdapat taman mini yang ditumbuhi bunga yang tertata rapi.

Ciri khas dari taman ini ialah keberadaan Patung Perunggu Bung Hatta, yang berdiri tegak dengan peci dan berkaca mata. Ukuran patung tersebut kira-kira dua kali tinggi orang dewasa dan menjadi ikon wisata Bukittingi. Di bagian bawah monumen terdapat prasasti yang terbuat dari keramik. Di dalam prasasti terdapat beberapa pesan Bung Hatta yang mampu membakar semangat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

2. Lembah Ngarai Sianok

Lembah Ngarai Sianok
Image Credit: Pegipegi.com

Siapa sangka, objek wisata lembah Ngarai Sianok terbentuk akibat gempa bumi yang terbentuk menjadi lembah. Menariknya lagi lembah tersebut sangat luas, yaitu terbentang Nagari Sianok enak suku utara sampai ke Nagari kota Gadang sisi selatan. Tempat wisata tersebut cocok untuk menghilangkan kepenatan karena sangat sejuk dan masih alami, bahkan menjadi spot selfy yang instargamable loh.

Tak ayal banyak pengantin baru atau sepasang kekasih bersama teman-teman yang mengunjungi objek wisata tersebut, dijamin kepenatan anda cepat hilang. Tentunya tergantikan dengan semagat dan ide-ide kreatif sehingga kinerja bekerja kembali maksimal.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kab. Agam, Sumatera Barat.

3. Jam Gadang

Jam Gadang
Image Credit: Instagram.com @sumbarpict

Bangunan peninggalan era Hindia Belanda ini merupakan simbol dari kota Bukittinggi. Didirikan atas perintah dari Ratu Wilhelmia sebagai hadiah untuk sang controleur, yaitu HR Rookmaaker. Konstruksi menara jam ini didesain oleh arsitek asli Minangkabau bernama Jazid Rajo Mangkuto Sutan Gigih Ameh. Pembangunannya sendiri resmi selesai pada tahun 1926.

Monumen setinggi 26 meter ini berdiri di tengah Taman Sabai Nan Aluih. Menara Jam Gadang dinobatkan sebagai patokan titik nol Kota Bukittinggi. Keunikannya terletak pada bahan bangunan yang terbuat dari campuran batu kapur, putih telur, dan pasir. Selain itu, angka jam menggunakan sistem penomoran Romawi yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

4. Taman Margasatwa Budaya Kinantan

Taman Margasatwa Budaya Kinantan
Image Credit: Khairunnisa627.wordpress.com

Objek wisata Taman Margasatwa menjadi incaran wisata mayoritas orang karena menyuguhkan berbagai hal, selain menyuguhkan banyak jenis hewan, juga menyuguhkan edukasi kebudayaan daerah setempat. Khususnya kebudayaan Kinantan yang membuat banyak orang penasaran, menariknya lagi saat baru menjajakan kaki, pengunjung akan disambut dengan kandang gajah dan kemudian rumah adat Baanjuang. Perlu diketahui, rumah adat tersebut menyimpan berbagai budaya Minangkabau sehingga memberikan edukasi yang lengkap bagi pengunjung.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

5. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan
Image Credit: Google Maps (Reza Chanigaro)

Salah satu daya tarik dari wisata ini terletak pada usianya yang sudah mencapai lebih dari satu abad. Pembangunan margasatwa diawali sekitar tahun 1900, kala itu baru diisi dengan kebun bunga. Kemudian pada tahun 1929 mulai dilengkapi dengan satwa-satwa, meskipun belum padat seperti sekarang. Namun sudah beralih menjadi kebun binatang favorit untuk liburan keluarga.

Taman margasatwa ini terkenal dengan keberadaan Rumah Gadang, yang letaknya masih dalam satu kawasan. Rumat adat tersebut sudah berdiri sekitar tahun 1935 dan sekarang difungsikan sebagai museum budaya. Di dalamnya terdapat beberapa peninggalan koleksi sejarah, seperti pakaian hingga alat-alat kesenian khas Minang.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cindua Mato, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

6. Museum Rumah Bung Hatta

Museum Rumah Bung Hatta
Image Credit: Kemlu.go.id

Bung Hatta adalah salah satu presiden Indonesia yang sangat berpengaruh untuk bangsa Indonesia karena perjuangannya sangat besar, khususnya melawan penjajah agar Indonesia dapat merdeka. Tak ayal museumnya menjadi perburuan masyarakat diberbagai daerah karena diresmikan menjadi objek wisata. Anda bebas menjelajahi museum yang luasnya 1000 m2 yang menampilkan kebudayaan seni, budaya Bukittinggi.

Menariknya lagi, museum tersebut sering dikunjungi oleh jajaran pendidikan loh. Menjadi tujuan wisata edukasi atau study tour baik anak TK, SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi karena memberikan adukasi yang kompleks dan maksimal.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.37, Campago Ipuh, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

7. Rumah Pohon Inyiak

Rumah Pohon Inyiak
Image Credit: Google Maps (Nita KUsmawati)

Berwisata ke Ngarai Sianok wajib masuk dalam daftar kunjungan saat ke Bukittinggi. Bukan hanya panorama hamparan sungai yang berliku di dasar lembah, tetapi ada spot Rumah Pohon Inyiak. Meskipun tergolong wisata baru namun sudah menjadi buah bibir para wisatawan. Menyuguhkan destinasi yang cocok untuk refreshing pikiran dan melepas penat.

Untuk menuju lokasi wisata anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil melewati jalur pendakian. Di atas lahan kurang lebih satu hektar ini anda bisa menikmati beberapa wahana. Diantaranya rumah rumput, konservasi fauna, rumah adat, dan fasilitas pendukung lain. Bahkan di area rumah pohon anda bisa berkemah di camping ground atau menikmati Lapau Inyiak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

8. Taman Panorama Bukittinggi

Taman Panorama Bukittinggi
Image Credit: 1001Malam.com

Anda ingin menikmati keindahan Ngarai Sianok yang menawan? Cukup mendatangi taman panorama Bukittinggi yang dijadikan sebagai destinasi wisata andalan masyarakat. Sepanjang jalan akan disuguhi pemandangan pepohonan yang rindang sehingga udaranya selalu sejuk walaupun saat terik matahari.

Apalagi terdapat faslitas gazebo sehingga anda dapat beristihat, tentunya mendukung pengunjung yang membawa anak kecil atau balita. Hebatnya lagi terdapat spot menarik yang instagramable loh, yaitu gardu pandang agar pengunjung dapat menikmati keindahan taman dari ketinggian. Pastinya lengkap dengan toko souvenir yang menjadi incaran pengunjung karena dapat membeli lukisan khas Bukittinggi, kaos dan souvenir lainnya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panorama, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

9. Tabiang Takuruang

Tabiang Takuruang
Image Credit: Google Maps (Lilisa Murni)

Letak wisata sekitar 30 menit dari pusat kota Bukittingi, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor. Anda akan mendapati bukit yang menjulang, dengan sungai yang airnya sangat jernih. Objek wisata ini memiliki latar belakang Puncak Singgalang, sehingga pesona alamnya mengagumkan. Hamparan permadani hijau nan asri menjadi magnet utama bagi para wisatawan.

Paduan alam yang memukau ini digandrungi para fotografer, tak heran jika selalu menjadi target untuk mengambil foto bertema alam. Udara sekitar Tabiang Takuruang sejuk karena berada di dataran tinggi. Sehingga suasananya asyik untuk berlibur sambil bercengkrama bersama partner traveling. Anda juga bisa berenang di jernihnya sungai dan membuat tubuh lebih segar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sianok Anam Suku, Kec. Iv Koto, Kab. Agam, Sumatera Barat.

10. Janjang Ampek Puluah

Janjang Ampek Puluah
Image Credit: Heikaku.com

Janjang Ampek Puluah termasuk objek wisata unik di Kabupaten Bukittinggi karena memiliki tangga yang jumlahnya mencapai 40 anak tangga, pengunjung harus melalui 40 anak tangga agar menjangkau pasar yang letaknya diatasnya. Walaupun terkesan melelahkan tetapi membuat pengunjung penasaran loh, alhasil selalu ramai dikunjungi sehingga suasananya semakin menarik.

Anda dapat mengabadikan perjuangan menaiki anak tangga pada smartphone maupun kamera yang anda bawa, tujuannya agar menjadi pengalaman indah yang tak terlupakan. Usahakan memilih jadwal yang tepat ya agar tidak hujan sehingga aman menaiki anak tangga.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aur Tajungkang Tengah Sawah, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

11. Istana Bung Hatta

Istana Bung Hatta
Image Credit: Google Maps (Om Boodhi)

Bangunan ini dikenal dengan sebutan Gedung Negara Tri Raga, letaknya tepat di depan taman Jam Gadang. Pada masa pemerintahan Jepang gedung dimanfaatkan untuk kediaman Panglima Pertahanan Jepang. Kemudian pada tahun 1947 digunakan untuk Pusat Pemerintahan Darurat RI. Bagian halaman depan cukup luas dan memiliki dua bangunan utama.

Arsitektur gedung didominasi oleh ciri khas bangunan kolonial, dengan 12 ruang kamar yang luas. Bangunan pertama berupa rumah gadang, sedangkan bangunan kedua berbentuk rumah yang memanjang. Di bagian depan dan samping istana terdapat patung Bung Hatta, bedanya di samping tingginya sekitar 2 meter. Sekarang Istana Bung Hatta berfungsi sebagai tempat seminar dan wisata sejarah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

12. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai
Image Credit: Pegipegi.com

Jangan salah loh, Bukittinggi memiliki destinasi wisata air terjun yang sangat indah. Belum lagi pemandangan sekitarnya berupa pegunungan sehingga membuat wisata tersebut semakin sejuk dan alami, dijamin anda betah berlama-lama dikawasan air terjun tersebut dan tidak ingin melewatkan setiap moment yang tercipta.

Tempat wisata tersebut cocok untuk membuat pikiran rilkes sehingga usai liburan kembali semangat, tentunya semua masalah cepat selesai karena anda memiliki jalan keluar tanpa masalah. Tentunya didapat dari liburan yang menyenangkan sehingga pikiran selalu tenang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

13. Museum Tridaya Eka Dharma

Museum Tridaya Eka Dharma
Image Credit: Google Maps (TEte Cirend)

Bagi anda yang ingin berwisata sejarah di Bukittingi, maka museum ini bisa anda kunjungi. Ada banyak koleksi yang berhubungan dengan zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Delapan koleksi diantaranya yang sering menjadi spot foto favorit bagi para wisatawan. Ada pesawat terbang AT 16 Harvard yang diterima dari Militer Belanda pada tahun 1950.

Selain itu ada pula koleksi senjata tradisional dan modern, seperti pedang milik Datuk Putih saat perang Paderi. Anda juga bisa melihat Maket Situjuah yang menggambarkan situasi pengepungan oleh Belanda saat Peristiwa Situjuah. Tidak ketinggalan relief di dinding bagian depan museum, yang menceritakan perjuangan rakyat Sumbar dan Riau dari sebelum kemerdekaan hingga orde baru.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panorama No.24, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

14. The Great Wall Of Koto Gadang

The Great Wall Of Koto Gadang
Image Credit: Travel.dream.co.id

Perlu diketahui, objek wisata tersebut adalah bagian dari Janjang Saribu, namun seiring berjalannya waktu membuat pemerintah membuat tembok besar dengan nama yang unik. Tujuannya agar pengunjung penasaran karena menghubungkan kota Bukittinggi dan Goa Jepang di pintu 3. Tak ayal seiring berjalannya waktu selalu ramai dikunjungi karena memiliki keunikan tersendiri.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

15. Danau Singkarak

Danau Singkarak
Image Credit: Instagram.com @jejak_sumbar

Destinasi alam ini merupakan danau terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba. Setiap satu tahun sekali ada event berkelas internasional, yaitu Tour de Singkarak berupa ajang lomba balap sepeda. Luas danau sekitar 11.200 hektar dan memiliki kedalaman kisaran 268 meter. Meskipun begitu spesies ikan disini cukup terbatas, salah satu endemiknya ialah Ikan Bilih.

Anda bisa menikmati keindahan Singkarak dari Puncak Gobah, yang terletak di Desa Nagari Aripan. Dari ketinggian bukit anda dapat melihat betapa luasnya danau secara keseluruhan. Wisatawan juga dapat mengelilingi area danau dengan menyewa perahu motor milik penduduk. Bisa juga menggunakan kereta api wisata yang dioperasikan PT KAI, dengan rute Solok-Sawahlunto-Batubal.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok, Sumatera Barat.

16. Taman Bunga Raflesia

Taman Bunga Raflesia
Image Credit: Kompas.com

Sejatinya, bunga raflesia arnoldi adalah bunga langka di dunia yang dikenal dengan bunga bangkai. Mengingat keberadaan bunga tersebut selalu viral karena membuat masyarakat penasaran, Bukittinggi menyuguhkan tempat wisata berupa taman bunga Raflesia Arnoldi. Benar saja, tempat wisata tersebut selalu ramai dikunjungi karena masyarakat ingin melihat bunga bangkai tersebut secara langsung, namun terdapat aturan yang harus dipatuhi pengunjung. Diantaranya adalah tidak menyentuh bunga, tidak terlalu dekat dengan bunga, dilarang menginjak dan duduk di inang bunga.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gadut, Kec. Tilatang Kamang, Kab. Agam, Sumatera Barat.

17. Taman Tirtasari: .

Taman Tirtasari
Image Credit: Google Maps (Rahma Marsanti)

Dulunya kawasan wisata ini berupa rawa-rawa yang tidak terawat, tetapi lahannya bermanfaat bagi masyarakat Jorong Sonsang. Setiap tahunnya masyarakat mendapatkan hasil panen ikan yang hidup di dalam rawa-rawa. Itulah mengapa banyak wisatawan yang datang karena penasaran dengan spot memancing disini.

Taman Tirtasari memiliki panorama alam hijau dan udara khas pegunungan yang segar. Selain memancing, aktivitas sepeda air turut menjadi favorit para pengunjung. Sebab bisa menikmati berkeliling area rawa-rawa sambil bersantai. Salah satu objek yang menarik perhatian dan menjadi spot foto ialah keberadaan rumah kurcaci, yang beratapkan rumput ijuk dan rumbia.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Koto Tangah, Kec. Tilatang Kamang, Kab. Agam, Sumatera Barat.

18. Pantai Caroline

Pantai Caroline
Image Credit: Gotravelly.com

Pantai Caroline wajib dikunjungi saat liburan ke Bukittinggi karena memiliki pasir putih yang sangat bersih dan halus, pastinya lengkap dengan air laut yang berwarna biru sehingga memanjakan mata wisatawan. Jangan salah loh, pantai tersebut cocok dijadikan lokasi menikmati sunset dan sunrise karena pemandangan mataharinya yang sempurna dan sangat indah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

19. Jembatan Gantung Guguak

Jembatan Gantung Guguak
Image Credit: Google Maps (Ihsan Nurhakim)

Awalnya jembatan ini berfungsi sebagai penghubung antara Jorong Guguak Randah dan Jorong Guguak Tinggi. Namun seiring waktu berjalan area jembatan menjadi spot favorit bagi penggemar fotografi. Di sisi kanan dan kiri jembatan terbentang jurang yang menganga, di dasarnya mengalir sungai kecil. Kicau burung mengalun merdu cocok untuk melepas penat di sore hari.

Harga Tiket: Rp Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Guguak Tabek Sarojo, Kec. Iv Koto, Kab. Agam, Sumatera Barat.

20. Lobang Jepang

Lobang Jepang
Image Credit: Travel.dream.co.id

Destinasi wisata Lobang Jepang terletak di Jalan Panorama di bukit Cangang, tepatnya di Kayu Ramang, Guguk Panjang. Yaitu di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat yang menyuguhkan keunikan tersendiri berupa lansap layaknya zaman Jepang. Dengan begitu pengunjung merasakan suasana layakanya zaman Jepang disertai seperti apa kehidupan dahulu saat masa penjajahan.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

21. Balaikota Bukittinggi

Balaikota Bukittinggi
Image Credit: Google Maps (Redha Andika Ahdi)

Bangunan ini mempunyai bentuk berupa rumah adat Gadang, dengan arsitektur yang lebih modern. Di dalamnya terdapat beberapa titik yang menarik perhatian masyarakat. Anda bisa berkunjung di pelataran balaikota saat sore hari. Biasanya pengunjung yang datang mengambil banyak foto disini, sebab beberapa spot yang disajikan lumayan estetik di bidikan kamera.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kesuma Bhakti No. 1, Kubu Gulai Bancah, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

22. Benteng Fort De Kock

Benteng Fort De Kock
Image Credit: Infosumbar.net

Benteng Fort De Kock termasuk objek wisata sejarah di Bukittinggi yang harus dikunjungi karena menyimpan sejarah Bukittinggi dan sekitarnya saat masa penjajahan. Apalagi benteng tersebut adalah peninggalan Belanda yang terletak di pusat kota Bukittinggi, tepatnya dikawasan Jam Gadang sehingga wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata lebih dari satu.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Yos Sudarso, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

23. Janjang 40

Janjang 40
Image Credit: Google Maps (FDLN)

Janjang Ampek Puluah dibangun pada tahun 1908 atas perintah Asisten Residen Belanda Louis Constant Westenenk. Jadi tak heran apabila sebagian besar bangunan bergaya kolonial, serta memiliki kisah sejarah dibaliknya. Kemudian pada tahun 2017 pemerintah setempat melakukan sedikit perubahan, yang mencolok perubahannya pada bagian gapura.

Sekarang sudah ada gerbang bagian bawah dengan empat tiang, serta bagian atap berbentuk segitiga dengan plang nama wisata. Di samping gapura terdapat prasasti yang menceritakan kisah sejarah keberadaan Janjang di masa lampau. Daya tariknya terletak di bagian anak-anak tangga, yang mana lantainya diganti dengan taman-taman dan pencahayaan bagus.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Aur Tajungkang  Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

24. Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu

Rumah Adat Baanjuang Puti Bungsu
Image Credit: Bukittinggiminangkabau.blogspot.com

Rumah adat Baanjuang Puti Bungsu termasuk bangunan yang bersejarah peninggalan penjajah karena dibangun pada tahun 1935, bangunan terseut di bangun oleh Mondelar Countroller. Anda yang ingin mengunjungi bangunan tersebut cukup menuju kawasan Taman Marga satwa dan budaya kinantan karena letaknya di situ.

Tempat wisata tersebut membuat pengunjung takjub karena material pembangunan zaman dahulu masih sangat kokoh dan selalu terawat. Belum lagi desainnya yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri sehingga membuat masyarakat penasaran ingin melihatnya secara langsung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

25. Puncak Lawang

Puncak Lawang
Image Credit: Google Maps (IndoTurki Life)

Berada di ketinggian sekitar 1.210 mdpl membuat Puncak Lawang menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan Danau Maninjau. Wisatawan bisa merasakan wahana paralayang dengan terbang di atas luasnya danau. Ketika berada di puncak anda akan melihat suasana berkabut yang cukup menyeramkan, namun justru memberikan kesan liburan tak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lawang, Kec. Matur, Kab. Agam, Sumatera Barat.

26. Taman Ngarai Maaram

Taman Ngarai Maaram
Image Credit: Facebook.com @Taman.Ngarai.Maaram

Jangan salah loh, teman Ngarai Maaram Bukittinggi adalah taman terbaru sehingga selalu ramai dipadati pengunjung lokal maupun mancanegara, sementara letaknya di belakang Rumah sakit Umum Daerah DR. Ahmad Mochtar Bukittinggi. Walaupun taman tersebut masih baru dan sudah ramai dikunjungi, tetapi seiring berjalannya waktu akan ditambah faslitas dan hal penting lainnya agar pengunjung puas berlibur ke taman tersebut.

Dengan begitu pengunjung dapat mengajak anak-anak maupun anggota keluarga menikmati keindahan taman Ngarai Maaram. Pastikan anda mencari waktu liburan yang tepat ya agar liburan tidak mengalami halangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

27. Taruko Cafe

Taruko Cafe
Image Credit: Google Maps (TARUKO Caferesto)

Jika anda ingin menikmati seduhan kopi dengan pemandangan alam, maka wajib berkunjung kesini. Pengunjung dapat menyesap secangkir kopi sambil merasakan udara perbukitan yang sejuk. Konsep bangunan cafe bersifat outdoor dengan bangunan utama berbentuk rumah adat Minangkabau. Selain kopi anda bisa mencicipi sajian makanan lezat yang dibanderol harga terjangkau.

Untuk menuju lokasi wisata ini anda perlu menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari pusat kota. Akses jalannya sedikit berkelok-kelok karena Taruko Cafe berada di kawasan lembah, gugusan dari Ngarai Sianok dan Tabiang Takuruang. Tempat nongkrong ini bisa anda kunjungi bersama keluarga atau teman, tapi disarankan reservasi terlebih dahulu jika tak mau antri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Binuang, Sianok Anam Suku, Kec. Ampek Koto, Kab. Agam, Sumatera Barat.

28. Danau Maninjau

Danau Maninjau
Image Credit: Infofotografi.com

Masyarakat pasti sudah mengenal betul objek wisata alam danau maninjau karena sudah populer di kalangan masyarakat, hal tersebut karena memiliki keindahan yang fantastis sehingga selalu ramai dikunjungi. Ditambah lagi udaranya sangat sejuk dan asri sehingga membuat pikiran anda rilkes, alhasil tepat dikunjungi saat weekend maupun hari libur agar saat bekerja kembali semangat.

Menariknya lagi, pengunjung akan melihat jalan yang viral, yaitu kelok 44 yang disebut sebagai kelok ampek puluh ampek yang populer di kalangan masyarakat di berbagai daerah. Usahakan anda membawa kamera dengan kualitas bagus ya agar setiap moment dapat diabadikan, sementara perbekalan makanan dan minumannya harus lengkap dan bergizi agar stamina menjelajahi objek wisata selalu semangat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Danau Maninjau, Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam, Sumatera Barat.

29. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps (Happy Wijaya)

Objek wisata ini menyajikan pemandangan alam yang eksotis, jadi tak heran jika volume pengunjungnya selalu meningkat. Dari bibir pantai anda bisa melihat kapal-kapal yang berlabuh, menampilkan pesona tersendiri. Waktu senja merupakan momen yang paling ditunggu, karena menghasilkan siluet pohon-pohon di tepi pantai yang cantik untuk mengambil foto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Padang – Painan, Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

30. Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh
Image Credit: Wikipedia.org

Mayoritas orang pasti menganggap jembatan adalah hal biasa karena di setiap jalan yang sungai memiliki jembatan, namun Jembatan Limpapeh di Bukittinggi sangat berbeda sehingga dijadikan sebagai objek wisata. Apalagi jembatan tersebut dibangun tahun 1995 namun masih kokoh dan aman di lalui karena dibuat dari baja, alhasil terlihat warna kuning dan merah pada permukaan jembatan. Bahkan jembatan tersebut menghubungkan objek wisata Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan beserta benteng Fort De kock.

Pengunjung dapat menyaksikan keindahan jembatan dari jarak dekat maupun jauh. Pastinya selama melewati jembatan akan aman karena dibangun menggunakan material yang sangat kuat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ahmad Yani No.77-117, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Sebenarnya masih banyak loh destinasi menarik di Bukittinggi yang wajib dikunjungi, namun 30 tempat wisata diatas dapat dijadikan referensi agar tepat memilih objek wisata. Pastikan membawa perlengkapan lengkap dan waktu yang tepat ya agar liburan lebih seru dan berkesan.