20 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Dumai

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Dumai, Provinsi Riau. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Memiliki Pesona Wisata Menarik yang Pas Dijadikan Tujuan Liburan Anda.

Berwisata memang hal yang menyenangkan. Waktu libur menjadi salah satu waktu pilihan banyak orang untuk mengunjungi tempat wisata. Bagi Anda yang ingin berwisata selain di kota besar, Anda bisa memilih Dumai. Dumai sendiri emang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik perhatian.

Untuk Anda yang ingin wisata seorang diri atau berwisata keluarga Dumai adalah pilihan yang sangat tepat. Banyak objek wisata yang akan membuat Anda senang selama berada di tempat wisata di Dumai. Jika Anda memang memiliki niatan ke Dumai, Anda jangan sampai lupa mengunjungi 20 rekomendasi tempat wisata dari Dumai berikut ini.

1. Kampung Teratai

Kampung Teratai
Image Credit: Google Maps (Bagus Nugroho)

Objek wisata ini berlokasi di Bagan Besar dan suasananya asyik untuk tempat berlibur. Pemandangan hijau dan udara sejuk di sekitar wisata membuat agenda liburan tidak membosankan. Anda  bisa datang kesini setelah pulang kerja dan butuh tempat untuk melepas penat. Maka disarankan pergi ke Kampung Teratai, dijamin lelah serta jenuh langsung hilang seketika.

Pengunjung bisa duduk santai di pinggir kolam kecil, sambil menggelar tikar dan menyantap bekal dari rumah. Anda  juga boleh memberi makan ikan-ikan yang hidup di dalam kolam, tinggal membelinya saat melewati pintu masuk. Sayangnya pengunjung tidak diizinkan memancing maupun berenang disini. Pengunjung cukup melihat dan menikmati jajaran teratai yang cantik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bagan Besar, Kec. Bukit Kapur, Kota Dumai, Riau.

2. Pantai Purnama

Pantai Purnama
Image Credit: Ayojalanjalan.com

Jika Anda berkunjung ke Dumai, maka tak lengkap rasanya jika tidak mengunjugi pantai purnama. Pantai bisa menjadi pilihan yang aman untuk Anda yang tidak ingin mengambil resiko dengan mencoba berkunjung ke tempat wisata baru yang belum tentu indah. Pantai yang satu ini menawarkan banyak pesona yang seolah taka da habisnya.

Ketika menjelang sore di saat matahari mulai tenggelam, pantai ini memancarkan kecantikan yang luar biasa. Untuk Anda yang ingin merasakan ketenangan maka mengunjungi pantai purnama juga tidak ada salahnya. Suara deburan ombak dan pemandangan pantai yang cantik mampu untuk menghipnotis ana. Jadi pastikan Anda mengunjungi pantai purnama.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purnama, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai, Riau.

3. Pantai Medang Kampai

Pantai Medang Kampai
Image Credit: Detak60.com

Wisata ini terletak di jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai dan aksesnya mudah dilewati. Anda  akan mendapati hamparan pasir putih yang kurang luas. Gelombang airnya cenderung tenang tapi Anda  tetap waspada saat berenang, terutama saat air sedang pasang. Kombinasi antara hiruk pikuk jalan tol dengan tempat wisata, seolah menjadi magnet untuk menarik pengunjung.

Jika bosan berkeliling area pantai Anda  dapat berkunjung ke Pangai Teluk Makmur, Pantai Puak hingga Pantai Koneng. Di pinggir pantai terdapat pondok-pondok yang bisa Anda  manfaatkan untuk bersantai. Anda  bisa mengambil banyak foto dengan lanskap alam berupa pegunungan. Jangan lewatkan momen matahari terbenam yang membuat panoramanya elok.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau.

4. Pantai Teluk Makmur

Pantai Teluk Makmur
Image Credit: Cakaplah.com

Bagi Anda yang sudah pernah ke pantai purnama dan ingin mencoba menjelajah ke pantai laian yang juga tak kalah indahnya, maka Anda wajib sekali mengujungii pantai makmur.

Disini Anda bisa berfoto dengan setiap spot di kawasa pantai. Spot terbaik untuk berfoto mungkin di area bebatuan yang indah. Anda bisa diduk semabari berpose dengan latar belakang birunya laut yang cantik.

Disini, Anda bisa melakukan banyak hal selain hanya untuk berfoto. Anda bisa bermain pasir pantai, melakukan olahraga pantai bersama rombongan Anda atau berjemur dan berenang di sekitar bibir pantai. Anda tidak akan bosan selama mengunjungi pantai teluk makmur.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Datuk Hakim. Tlk. Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai.

5. Pelabuhan TPI Purnama

Pelabuhan TPI Purnama
Image Credit: Google Maps (Don Kardono)

Objek wisata ini merupakan kawasan milik pemerintah, yang pembangunannya memakan waktu lama. Tiba di tempat Anda  diajak melihat aktivitas pelabuhan yang dipadati kapal. Pengunjung bisa menyaksikan kapal-kapal yang datang dan pergi, atau para nelayan yang sedang menurunkan ikan. Dari lalu lalangnya kehidupan pelabuhan, Anda  akan banyak belajar tentang realitas kehidupan.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Rokan Hulu yang Murah & Enak

Pelabuhan TPI Purnama memang cukup megah, dengan dua ponton untuk tempat sandar kapal. Anda  bisa memancing di area sekitar dermaga, tapi lumayan berbahaya karena pelabuhannya berayun-ayun. Namun di luar dari kondisi tersebut, memancing disini bisa berpotensi dapat ikan besar. Anda  bisa membawa hasil tangkapan pulang atau minta diolah oleh penjaja warung sekitar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. TPI, Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai, Riau.

6. Hutan Wisata Dumai

Hutan Wisata Dumai
Image Credit: Menyapariau.com

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi selama di Dumai adalah hutan wisata. Seperti namanya, Anda memang akan mengunjungi hutan. Namun, tak perlu khawatir karena hutan disini memang di khususkan untuk wisata. Anda bisa lo piknik bersama keluarga di hutan wisata yang satu ini. Bercerita tentang banyak hal sembari makan bekal piknik adalah cara terbaik bagi Anda yang ingin memiliki kedekatan dengan keluarga.

Anda juga bisa ko foto di area hutan wisata Dumai. Banyak spot yang bisa dijadikan tempat mengambil foto yang canti. Jika Anda datang bersama keluarga jangan lupa untuk foto bersama.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Timah, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai, Riau.

7. Pesanggrahan Putri Tujuh

Pesanggrahan Putri Tujuh
Image Credit: Facebook.com @dodi.t.cat.5

Lokasi wisata Pesanggrahan Putri Tujuh terletak di kawasan kilang PT Pertamina RU II Dumai. Menurut cerita yang beredar, pesanggrahan ini merupakan tempat persembunyian Putri Tujuh dari Kerajaan Sri Bunga Tanjung. Para puteri tersebut disembunyikan oleh Ratu Sima, yang mana saat itu wilayahnya diserbu oleh Kerajaan Tamian Aceh.

Tragisnya tujuh puteri beserta dayang dan inang pengasuhnya tertimbun runtuhan pasca diserbu oleh musuh. Itulah mengapa didirkan situs ini sebagai bentuk peninggalan sejarah di masa lalu. Anda  bisa berlibur kesini sekaligus berziarah untuk menghormati mendiang putri tujuh. Suasana sekitar pesanggrahan benar-benar damai dan cocok untuk tempat mencari ketenangan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Palas, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau.

8. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Dumai
Image Credit: Riaumagz.com

Wisata yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melihat sesuatu yang sangat jarang untuk Anda temui. Hutan mangrove adalah sebuah pemandangan yang bisa jadi tidak pernah Anda lihat sebelumnya. Disini, Anda bisa melihat hutan mangrove, bukan hanya meihat keindahannya tapi juga melihat betapa penting peran mangrove untuk lingkungan dan untuk fauna sekitar.Wisata ini akan meninggalkan kesan yang cukup dalam untuk Anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ratu Sima, Kec. Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau.

9. Pantai Pulai Bungkuk Indah

Pantai Pulai Bungkuk Indah
Image Credit: Instagram.com @pantai_pulai_bungkuk_indah

Destinasi alam ini bisa Anda  temukan di Kecamatan Medang Kampai, tepatnya di wilayah Kelurahan Mundam. Keunikan pantai terletak pada warna pasir hitam, yang terbentuk karena dilapisi sesai. Sesai ialah seprihan kayu bakau yang hanyut terbawa arus pasang. Inilah alasanya mengapa pasir pantai berwarna hitam seperti arang tetapi tidak lengket di tangan.

Nama pantai bermula saat salah satu warga menemukan pohon pulai di tepi pantai. Dahannya membungkuk ke arah laut dan tercetuslah nama Pulai Bungkuk. Sisi menarik pantai karena adanya spot-spot foto menarik dan ayunan di bibir pantai. Pengunjung juag bisa berenang, snorkeling, atau bermain sepeda air di kawasan wisata ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pulai Bungkuk, Kec. Mundam, Kota Dumai, Riau.

10. Danau Bunga Tujuh

Danau Bunga Tujuh
Image Credit: Menyapariau.com

Tempat wisata yang juga wajib Anda kunjungi jika berkunjung ke Dumai adalah dnau bunga tujuh. Danau yang satu ini menyimpan keindahan yang bergitu mempesona. Anda akan disambut keindahan tersebut saat Anda masuk ke area danau tujuh bunga.

Tempat wisata yang satu ini memiliki luas 27 hektar, dengan luas danau seperti itu Anda bisa menatap keindahannya dari ujung ke ujung. Mengagumi setiap pemandangan di danau yang satu ini. Danau bunga tujuh sendiri sudah sangat terkenal di Dumai. Banyak wisatawan luar daerah maupun warna Dumai yang mengunjungi danau nan cantik yang satu ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Rokan Hulu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ketika musim libur, tempat wisata yang satu ini akan dipadati jumlah pengunjung yang banyak. Jika Anda ingin suasana yang tak berisik, lebih baik Anda berkunjung di hari biasa.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Batrem, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau.

11. Resto Rumah Pohon Miaki

Resto Rumah Pohon Miaki
Image Credit: Google Maps (Rsto Rumah Pohon Miaki)

Bukan sekedar tempat makan saja, Anda  bisa merasakan serunya bermain di area outbond yang tersedia. Di arena flying fox Anda  dapat meluncur dari ketinggian tertentu dan merasa bebas, tentunya dengan keamanan tinggi. Selain itu pengunjung diajak seru-seruan di arena water ball, serta bermain di meja apung. Setelah perut lapar Anda  bisa langsung menuju ke area restoran.

Sesuai dengan namanya, pengelola restoran menyuguhkan konsep rumah pohon untuk tempat duduk. Konsep kekinian tersebut disambut senang hati, terlihat dari euforia pengunjung yang tak ada habisnya. Untuk sajian menunya Anda  ditawari berbagai masakan yang cocok di lidah orang Indonesia. Di rumah pohon Anda  bisa menyantap makanan sambil menikmati lanskap alamnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Inpres, Bagan Besar, Kec. Bukit Kapur, Kota Dumai, Riau.

12. Taman Bukit Gelanggang

Taman Bukit Gelanggang
Image Credit: Facebook.com @Bukitgelanggang

Tempat wisata yang satu ini cocok sekali untuk Anda yang sedang malas pergi jauh dan hanya ingin bersantai. Taman bukit gelanggang sendiri cukup banyak di kelilingi pohon jadi Anda akan merasa nyaman ketika bersantai. Untuk Anda yang ingin lebih sehat, Anda bisa olahraga dengan berlari kecil. Wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasa di sore hari. Anda bisa duduk sembari melihat keindahan taman dan sesekali mengambil foto dengan pose yang bagus. Sore hari akan menjadi waktu yang lebih nyaman karena cuaca yang sudah tak lagi panas.

Anda juga bias mengakses internet secara gratis karena di taman bukit geleanggang terdapat wifi yang secara bebas digunakan oleh siapapun.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tlk. Binjai, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau.

13. Taman Putri Zara

Taman Putri Zara
Image Credit: Google Maps (Ferdinan Dumai)

Tidak seperti taman kota pada umumnya, di wisata ini Anda  dapat menikmati pemandangan elok dan ciamik. Area taman dikelilingi pepohonan hijau dan aneka tanaman seperti tulip dan bunga matahari. Ada beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk duduk bersantai di pinggir taman. Anda  boleh mengadakan piknik atau arisan keluarga di sekitar area wisata ini.

Biasanya para pengunjung suka menanti waktu sunset, karena semburat senjanya memberi efek siluet pada foto. Didukung oleh atmosfernya yang romantis dan instagenik, dijamin Anda  betah berlama-lama disini. Terdapat zona restoran yang berhadapan dengan danau kecil. Sehingga suasana makan terasa menyenangkan dan berkesan, ditambah lagi sajiannya sungguh menggugah selera.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Palas, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau.

14. Tugu Lancang Kuning

Tugu Lancang Kuning
Image Credit: Twitter.com @dumailamaa

Jika Anda ingin meilhat symbol yang ada di Dumai, maka Anda wajib melihat tugu lancing kuning. Anda bisa mengambil beberapa foto disini. Ingat jangan sampai mengotori tugu apalagi naik ke atas tugu ya. Anda cukup berfoto dari samping tugu ini juga sudah sangat bagus ko.

Tugu lancing sendiri ada di sekitar taman bukit gelanggang, Anda bisa mengunjunginya ketika sedang berada di area taman untuk melihat secara langsung tugu tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tj. Palas, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau.

15. Tapak Harimau Sakti

Tapak Harimau Sakti
Image Credit: Facebook.com @KotaDumaiUpdate

Konon cerita Tapak Harimau Sakti merupakan jejak harimau asuhan Datuk Pawang Leon. Masyarakat setempat percaya bahwa binatang ini memiliki kesaktian yang luar biasa. Bahkan mampu mengusir musuh hanya dengan sekali hentakan di atas batu tersebut. Hingga kini bekas tapakannya masih membekas dan menjadi situs sejarah yang dicari oleh wisatawan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kuantan Singingi Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Jika Anda  penasaran seperti apa rupa batunya, Anda  bisa mengunjungi Keluharan Pelintung. Dari pusat kota Dumai perlu menempuh perjalanan sekitar 25 km, lalu menuju ke Kecamatan Medang. Selanjutnya masuk kawasan hutan dengan berjalan kaki, tidak terlalu jauh dari area lahan parkir. Pepohonan rimbun dan hawa khas hutan belantara menjadi paduan yang menenangkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pelintung, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau.

16. Goa Pelintung

Goa Pelintung
Image Credit: Situsbudaya.id

Jika nada ingin wisata yang berbeda Anda bisa mengunjungi gua pelintung. Selain guanya yang memang indah, pemandangan di sekitar pun akan membuat Anda betah. Anda tak hanya datang untuk melihat gua, tapi juga melihat keindahan alam sekitar yang taka da habisnya.

Jika Anda yang bosan dengan wisata yang itu-itu saja maka gua pelintung bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda. Jadi pastikan Anda mengunjungi gua yang satu ini saat berada di Dumai ya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pelintung, Kec. Medang, Kab. Dumai.

17. Pantai Koneng

Pantai Koneng
Image Credit: Google Maps (Yulia Agnis)

Untuk mencapai kawasan pantai Anda  perlu berkendara sekitar 20 menit dari jantung kota Dumai. Akses jalan menuju lokasi sudah beraspal, sayangnya tidak dilewati angkutan umum jadi harus menggunakan kendaraan pribadi. Tempat ini menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu di sore hari dan akhir pekan.

Dulunya Pantai Koneng merupakan pelabuhan bongkar muat sawit, pada tahun 2007 pemerintah setempat menyulapnya jadi tempat rekreasi. Pemandangan alam destinasi alam ini cukup mengagumkan. Sangat cocok bagi Anda  yang gemar fotografi karena lanskap alamnya mendukung. Namun pengunjung tidak diperbolehkan berenang kecuali saat air sedang surut.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Makmur, Kec. Medang Kampai, Jakarta Utara, Riau.

18. Pantai Marina Indah Pulak

Pantai Marina Indah Pulak
Image Credit: Riauberita.com

Bagi Anda yang sangat menyukai destinasi wisata pantai, maka berkunjung ke Dumai adalah hal yang paling tepat. Disini, Anda bisa berkunjung ke banyak pantai yang menyimpan beragam pesona yang mengaggumkan. Salah satu pantai yang akan memikat Anda adalah pantai marina pulak. Pantai yang satu ini tidak kalah indahnya dengan pantai yang sudah dibahas sebelumnya.

Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan pantai, Anda bisa berkunjung saat matahari terbit lalu melihat keindahan yang mempesona pada malam hari. Anda akan terpesona dengan pemandangan yang eksotis ini.  Jadi jangan lewatkan pantai marina indah pulak dari daftar tempat wisata Anda di Dumai ya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tlk. Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau.

19. Taman Telaga Tirta Patra

Taman Telaga Tirta Patra
Image Credit: Google Maps (Rahmada Maulana)

Letak wisata berada di sekitar wilayah Dumai Selatan, jaraknya lumayan jauh dari pusat kota. Pengunjung disajikan oleh pemandangan telaga yang menarik, dengan air jernih dan dikelilingi pohon-pohon hijau. Suasana area teaga ini cukup asri dan nyaman untuk tempat melepas penat. Anda  bisa bersantai sambil piknik dengan keluarga, atau sekedar jalan-jalan berkeliling kawasan telaga.

Tidak banyak wahana yang disediakan pengelola, tapi Anda  bisa menikmati sensasi gowes bebek air di atas telaga. Mengelilingi hamparan air yang cukup luas, sambil menikmati nuansa liburan yang tenang. Anda  disarankan berkunjung saat sinar matahari tidak terlalu terik. Karena cahaya yang sedikit redup justru memberi efek background yang bagus di jepretan kamera.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cilacap Umum, Bukit Datuk, Kec. Dumai Selatan, Kota Dumai, Riau.

20. Masjid Raya Al-Manan

Masjid Raya Al-Manan
Image Credit: Ayojalanjalan.com

Jika ingin wisata religi, berkunjung ke Dumai tanpa mampir ke Masjid Raya Al Manan untuk beribadah pasti akan terasa kurang lengkap. Anda bisa beribadah dengan nyaman di masjid yang satu ini. Jadi pastikan Anda menyempatkan waktu untuk berkunjung ya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bagan Besar, Kec. Bukit Kapur, Kota Dumai, Riau.

Itulah 20 rekomendasi tempat wisata terhits di Dumai yang wajib Anda kunjungi. Destinasi yang menyimpan beragam pesona keindahan yang memukau sangat pas untuk liburan Bersama keluarga dan teman-teman.