Sumatra Selatan

10 Tempat Wisata di Empat Lawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Terbaik & Populer di Empat Lawang, Sumatera Selatan. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan Saat Liburan atau pun Akhir Pekan.

Empat Lawang merupakan kabupaten hasil pemekaran dari kabupaten Lahat di Sumatera Selatan. Nama Empat Lawang artinya empat pahlawan, yaitu empat orang yang memimpin daerah saat itu. Meskipun termasuk kabupaten baru, Empat Lawang memiliki beragam destinasi wisata yang menarik perhatian dan wajib Anda kunjungi disaat liburan.

Jika sempat berkunjung ke kabupaten ini, berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Empat Lawang yang favorit dikunjungi wisatawan.

1. Air Panas Penantian

Air Panas Penantian

Image Credit: Globalplanet.news

Air panas penantian adalah salah watu destinasi wisata alami yang tak hanya dikunjungi wisatawan, namun juga warga sekitar. Air panas yang ada di kawasan ini terkenal memiliki khasiat menyembuhkan penyakit. Air panas penantian terletak di Kecamatan Pasemahan Air Keruh atau Paiker, tepatnya di desa Penantian. Anda bisa mengakses lokasi dengan kendaraan umum atau pribadi.

Untuk biaya tiket masuk kawasan air panas Penantian sekitar Rp.5.000 rupiah. Untuk lokasinya buka selama 24 jam. Setelah mencoba sensasi mandi air panas di sini, Anda juga bisa menikmati pemandangan air terjun yang juga berada di sekitar lokasi.

Lokasi: Desa Penantian, Kec. Pasemah Air Keruh (Paiker), Kab. Empat Lawang.

2. Air Terjun Tujuh Panggung

Air Terjun Tujuh Panggung

Image Credit: Infotaktiktuk.blogspot.com

Air Terjung Tujuh Panggung terletak di bawah gunung Dempo, Kecamatan Lintang Kanan tepatnya di Desa Tanjung Alam. Destinasi wisata ini juga menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga dengan keindahan alam yang memikat.

Berada diketinggian 1200 meter DPL (di atas permukaan laut), air terjun Tujuh Panggung menawarkan nuansa alam pegunungan yang segar. Apalagi keberadaannya diantara deretan Bukit Barisan, membuat kompleks wisata ini memeiliki tujuh tingkat, seperti namanya.

Di tingkat pertama, terdapat enam deret air mancur dengan tinggi berkisar dua meter. Di tingkat kedua dan selanjutnya air terjun memiliki ketinggian sekitar lima sampai empat belas meter. Ditingkat paling atas terdapat sumber air yang memiliki pusaran air cukup kuat. Jika Anda berada dipaling atas, perlu sangat hati-hati meskipun sebanding dengan keindahan yang akan dilihat.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Prabumulih yang Populer

Akses menuju Air Terjun Tujuh Panggung cukup jauh, sekitar 2.5 jam dari Tebing Tinggi. Setelah itu Anda juga perlu berjalan kaki untuk sampai ke lokasi. Meski waktu tempuh cukup lama, namun semua akan terbayar dengan keindahan alami yang dimiliki destinasi wisata ini.

Lokasi: Desa Tanjung Alam, Kec. Lintang Kanan, Kab. Empat Lawang.

3. Arung Jeram Ulu Musi

Arung Jeram Ulu Musi

Image Credit: Anterosumsel.com

Wisata Arung Jeram Ulu Musi mulai dikenal sejak tahun 2011 pada momen festival Musi Triboatton. Anda dapat menguji keberanian dan adrenaline dengan mencoba aktivitas arung jeram di sini dengan ditemani pemandangan panorama desa dan pepohonan rindang nan cantik.

Selain wisata, secara rutin daerah ini juga sering mengadakan kompetisi arung jeram dengan banyak peminat dari berbagai daerah. Lokasi tempat ini ada di Desa Ranjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Empat Lawang. Rute yang disediakan sepanjang 29 km dengan memiliki tiga tingkat kesulitan.

Lokasi: Ulu Musi, Kab. Empat Lawang.

4. Tugu Emas

Tugu Emas

Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Berada di pusat kota, Anda dapat menemukan tugu Emas yang merupakan lambang dan ikonik dari kabupaten Empat Lawang. Lokasi tugu ini banyak didatangi pengunjung untuk dapat melihat panorama kota Tebing Tinggi dari mulai keramaian jalannya, hingga jembatan kereta api dan jembatan Jalintengsum yang bersebelahan atau sering disebut jembatan Gandeng. Berkunjung ke tempat ini memberikan pemandangan cantik sebab kedua jembatan tersebut melintang langsung di atas sungai Musi.

Anda bisa berkunjung saat sore hari untuk mendapatkan pemandangan yang mengasyikan dan bersantai di lokasi ini. Selain itu Anda juga bisa berada di puncak tebing belakang Tugu Emas untuk menikmati keindahan sore hari di Kota Tebing Tinggi.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Muara Enim yang Paling Populer

Lokasi: Tebing Benteng, Pasar Tebing Tinggi, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Empatlawang

5. Air Terjun Kemangmanis

Air Terjun Kemangmanis

Image Credit: Tribunnews.com

Kemangmanis adalah desa yang terletak di Kecamatan Tebing Tinggi yang memiliki tiga air terjun di tiga lokasi yang berbeda yaitu air terjun Curug Bengkuang, air terjun Taman Jodoh, dan air terjun Batu Jambat Akar.

Masing-masing air terjun memiliki ciri has masing masing, dengan ketinggian dari 20-25 meter dengan kolam dan dikeliling batu-batuan. Anda dapat sampai ke lokasi dengan berjalan kaki sekitar 1.5 km dari pemukiman warga dan sekitar 3,5 km dari ibukota Kabupaten Empat Lawang.

Lokasi: Desa Kemang Manis, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Empat Lawang.

6. Jembatan Musi

Jembatan Musi

Image Credit: Globalplanet.news

Jika Anda melancong ke Empat Lawang, sempatkan untuk berkunjung ke Jembatan Musi yang terletak di Tebing Tinggi. Lokasinya ada di pusat kota sekitar sepuluh menit dari dari arah pasar Tebingtinggi dan area perkantoran Empat Lawang.

Tidak hanya jembatan kokoh yang ikonik, Anda dapat datang ke taman Musi II yang berada di bawah samping jembatan. Pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan sungai Musi dan perbukitan hijau. Anda juga bisa melakukan kegiatan memancing. Selain itu secara berkala digelar acara perlombaan balap perahu atau arung jeram di lokasi ini.

Lokasi: Kec. Tebing Tinggi, Kab. Empat Lawang.

7. Air Terjun Sangeh

Air Terjun Sangeh

Image Credit: iNews.id

Salah satu destinasi wisata menarik di Empat Lawang adalah air terjun Sangeh, yang memiliki keindahan tak kalah dibandingkan air terjun yang lain. Aliran airnya berasal dari sungai Sangeh yang mengalir dari bukit barisan dengan air yang jernih.

Pengunjung dapat berenang di air terjun ini sambil menikmati keindahan panorama yang cantik. Untuk akses ke lokasi juga tidak terlalu sulit, sekitar 7 km dari kota Tebing Tinggi, tepatnya di Desa Terusanbaru. Anda dapat menumpang ojek gandeng atau bentor yang banyak tersedia untuk mencapai lokasi.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Lahat yang Populer

Lokasi: Terusan Baru, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Empat Lawang.

8. Air Terjun Batu Betiang

Image Credit: Okezone.com

Jika Anda menyukai wisata yang cukup menantang, wisata air terjun Batu Betiang ini patut dikunjungi. Beralamat di Desa Ulakdabuk kecamatan Talangpadang, Anda akan menemukan air terjun dengan panorama yang indah.

Namun memang untuk mencapai lokasi, Anda harus menempuh jalan yang cukup terjal dengan medan tebing dan harus membelah hutan. Namun dengan melewati sedikit tantangan tersebut, Anda dapat menikmati suguhan pemandangan istimewa yang sebanding dengan perjalanannya.

Lokasi: Desa Ulakdabuk, Kec. Talangpadang, Kab. Empat Lawang.

9. Ayek Lintang

Ayek Lintang

Image Credit: Notrafaizan84.wordpress.com

Tak hanya bisa menikmati pemandangan sungai Musi, Anda juga dapat menemui Ayek Lintang yang tak kalah indah. Anda bisa melakukan beragam aktivitas seperti rafting, susur sungai dengan perahu karet, berendam, atau sekedar bermain air.

Berwisata di Ayek lintang akan memanjakan mata Anda sebab suguhan panorama yang ada sangat indah dengan perbukitan dan pepohonan yang cantik. Lokasi ini cocok untuk berwisata dengan keluarga. Jangan sampai terlewat untuk kunjungan liburan Anda.

Lokasi: Kec. Pendopo, Kab. Empat Lawang.

10. Pantai Terusan

Pantai Terusan

Image Credit: Seputarempatlawang.com

Pantai Terusan terletak dipinggir sungai Musi, tepatnya di Desa Terusan lama di Tebing Tinggi. Jika dari pusat kota Tebing Tinggi Anda harus menempuh sekitar 7 km. Wisata ini sangat cocok untuk keluarga sebab banyak fasilitas penunjang dan memiliki pemandangan indah yang menenangkan.

Anda dapat menikmati pemandangan sungai Musi dengan latar belakang hamparan bukit dan hutan dikejauhan. Untuk mendapatkan pemandangan yang terbaik Anda sebaiknya datang antara jam 15.00-18.00.

Lokasi: Terusan Lama, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Empat Lawang.

Itulah 10 tempat wisata di kabupaten Empat Lawang yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Semua pantas untuk masuk ke daftar tujuan liburan Anda selanjutnya. Selamat menikmati kota Empat Lawang!