Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Gunungsitoli Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Gunungsitoli, Sumatera Utara. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Sumatera Utara memang seolah tidak ada habisnya menyajikan berbagai pemandangan yang sangat memukau mata. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah Kota Gunungsitoli. Daerah yang satu ini tidak kalah hebatnya dalam menyajikan pemandangan yang begitu apik dan memesona.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan, Anda bisa mengunjungi Gunungsitoli karena ada berbagai destinasi wisata yang sangat luar biasa di sini. Penasaran? Berikut ulasan 15 tempat wisata di Gunungsitoli yang paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Taman Ya’ahowu

Taman Ya’ahowu

Image Credit: Pesona.travel

Rekomendasi tempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi selama berada di Gunungsitoli adalah taman Ya’ahowu. Taman yang satu ini bukanlah taman biasa seperti yang selama ini Anda lihat sebelumnya. Taman yang satu ini memiliki daya Tarik yang sangat berbeda. Taman ya’ahowo sendiri merupakan sebuah taman yang berisi timbunan dari berbagai puing bekas gempa yang terjadi di Nias beberapa tahun lalu.

Warga sekitar tidak membiarkan tempat ini begitu saja, tempat yang satu ini bisa dibilang merupakan pengingat mereka akan gempa yang pernah terjadi di masa silam. Banyak orang mengunjungi tempat yang satu ini karena dinilai menarik. Jika Anda penasan Anda bisa berkunjung langsung ke taman tersebut.

Lokasi: Saombo, Gn. Sitoli, Kab. Gunungsitoli.

2. Museum Pusaka Nias

Museum Pusaka Nias

Image Credit: Museum-nias.org

Jika Anda berniat wisata sekaligus mencari pengetahuan baru, maka museum pusaka nias adalah tempat yang tepat. Disini, Anda bisa mempelajari berbagai hal menarik seputar benda bersejarah dari nias. Jika selama ini Anda hanya melihat dan mengetahuinya dari buku maupun sekolah, Anda bisa melihatnya secara langsung.

Bagi Anda yang tertarik dengan berbagai benda peninggalan yang tentunya memiliki nilai sejarah di dalamnya makan Anda wajib mengunjungi museum pusaka nias. Anda bukan hanya akan di perlihatkan berbagai benda bersejarah, tapi Anda juga akan melihat hal menarik lainnya seperti tanaman untuk obat bahkan berbagai hewan yang telah di awetkan. Wisata ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk Anda yang haus akan ilmu pengetahuan.

Lokasi: JL. Yos Sudarso, No. 134-A, P.O. Box 16, Iraonogeba, Kab. Gunungsitoli.

3. Pantai Miga

Pantai Miga

Image Credit: Tripjalanjalan.com

Berkunjung ke Gunungsitoli tak lengkap rasanya jika Anda tak menghampiri pantai miga. Pantai yang satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang tengah lelah dan stress dari berbagai tekanan termasuk pekerjaan. Anda akan diperlihatkan lautan yang biru dan bersih, pasir pantai yang hangat serta indahnya pemandangan di saat sunset maupun mata hari terbit.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Medan yang Murah & Enak

Disini, Anda bisa memanjakan diri dengan bermain di bibir pantai dengan teman ataupun keluarga. Anda bisa membangun istana pasir, atau bermain hal lain yang tentunya sangat seru. Berkunjung ke pantai memang tidak akan pernah membosankan. Anda bisa melupakan semua pekerjaan Anda dan menikmati suasana pantai yang menyenangkan.

Lokasi: Desa Miga, Kec. Gunungsitoli, Kab. Gunungsitoli.

4. Goa Togi Ndrawa

Goa Togi Ndrawa

Image Credit: Wisatasia.com

Bagi Anda yang bosan liburan ke pantai atau berkunjung ke tempat rekreasi maupun pusat perbelanjaan dan ingin suasana liburan yang berbeda, maka Anda bisa mengunjungi Goa Togi Ndrawa. Bagi Anda yang selama ini hidup diperkotaan tentu tidak pernah melihat goa sebelumnya bukan? Kini, taka da salahnya jika Anda menjajal melakukan wisata goa tersebut.

Anda bukan hanya akan disuguhi pemandangan indah dan menawan dari gua yang satu ini tapi juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitarnya. Menuju gua tersebut tentu tidak mudah, tapi sesampainya Anda di sana Anda akan merasa puas akan apa yang sedang Anda saksikan. Bagi Anda yang penasaran, Anda bisa langsung mengunjungi goa tersebut.

Lokasi: Desa Lolowonu Niko’otano, Kec. Gunungsitoli, Kab. Gunungsitoli.

5. Taman Doa Bunda Maria

Taman Doa Bunda Maria

Image Credit: Mytrip.co.id

Bagi Anda umat kristiani yang tidak ingin pergi hanya sekedar berwisata tapi juga bisa menjadi ibadah, maka Anda bisa berkunjung ke Taman Doa Bunda Maria. Anda bisa bercerita apapun kepada sang maha pencipta di lokasi yang satu ini. Tempat ini memang sering dijadikan untuk tempat berdoa dan sangat tepat untuk Anda yang ingin menenangkan diri.

Tidak ada salahnya jika Anda menjajal untuk berdoa di taman doa bunda maria. Dan yang unik dari tempat ini adalah Anda bisa mendengar gaungan suara Anda. Terasa seperti berada di dalam gua bukan? Tempat yang satu ini juga terdapat berbagai patung rohani loh.

Lokasi: Jl. Raya Pelud Binaka No.KM. 6,5, Fodo, Gunungsitoli Selatan, Kab. Gunungsitoli.

6. Pantai Laowomaru

Pantai Laowomaru

Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi selama di Gunungsitoli adalah pantai laowomaru. Pantai yang satu ini bukan hanya menyajikan panorama yang indah dari biru dan jernihnya laut tapi juga gugusan karangnya. Anda akan terpesona saat menginjakan kaki di pantai yang satu ini. Anda juga bisa melakukan banyak hal selama di pantai termasuk melakukan voly pantai tentunya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tapanuli Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Anda bosan, Anda bisa mengunjungi goa yang tidak jauh dari lokasi pantai. Goa tersebut juga sangat indah. Anda bisa mengunjungi dua tempat sekaligus, sangat menarik bukan?

Lokasi: Desa Fodo, Kab. Gunungsitoli.

7. Muara Indah

Muara Indah

Image Credit: Kompasiana.com

Seperti namanya, tempat yang satu ini memang begitu indah, Anda akan terpesona dan takjub atas keindahan danau yang membentang di depan mata Anda. Bukan hanya melihat indahnya danau tapi Anda juga akan melihat tanaman bakau yang mengelilingi muara indah. Tempat yang satu ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan.

Jika Anda ingin merasakan ketenangan, maka muara indah adalah tempat yang tepat. Alam di Muara Indah juga masih sangat asri, Anda bukan hanya tenang tapi juga merasakan kesejukan udara yang jauh dari polusi yang tentu saja bisa menyehatkan paru-paru Anda. Tidak heran jika banyak orang memilih untuk berkunjung di Muara Indah.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No. 6, Ps. Gunungsitoli, Kec. Gunungsitoli, Kab. Gunungsitoli.

8. Pantai Hoya

Pantai Hoya

Image Credit: Kompasiana.com

Bagi Anda penikmat pantai, maka Anda akan sangat senang karena telah berkunjung ke Gunungsitoli. Pasalnya, di wilayah yang satu ini terdapat berbagai pantai yang sangat indah salah satunya adalah Pantai Hoya. Pantai yang satu ini bukan hanya menyajikan keindahan pantai yang biru tapi juga pasir putihnya.

Keunggulan dari pantai yang satu ini adalah kebersihan. Anda akan merasa nyaman serama berada di pantai hoya karena pantai ini bersih akan sampah. Anda tentu malas mengunjungi tempat wisata yang kotor bukan? Disini, Anda tak perlu khawatir karena pantainya jauh akan sampah dan tentu saja sangat bersih.

Lokasi: Teluk Belukar, Gunungsitoli Utara, Kab. Gunungsitoli.

9. Air Terjun Humogo

Air Terjun Humogo

Image Credit: Gunungsitolikota.go.id

Bagi Anda yang malas mengunjungi pantai, Anda bisa menjajal berkunjung ke Air Terjun Humogo. Anda bukan hanya merasakan ketenangan namun perasaan lebih dekat dengan alam. Ditambah lagi suara air terjun dan segarnya mata airnya. Anda bisa melepas lelah selama perjalanan dengan berendam di air terjun yang satu ini. Bukan hanya itu, pemandangan alam disekitar Air Terjun Humogo juga sangat indah. Anda tidak akan kecewa karena telah mengunjunginya.

Lokasi: Jl. Tola Maera, Desa Fadoro, Dahana, Gunungsitoli Idanoi, Kab. Gunungsitoli.

10. Air Terjun Baho Ndra

Air Terjun Baho Ndra

Image Credit: Instagram.com @goniastour

Wisata air lain yang bisa Anda temukan di Gunungsitoli adalah Air Terjun Baho Ndra. Air terjun yang satu ini memang terkenal akan keindahaannya. Anda bisa mengunjungi tempat yang satu ini untuk menyaksikan keindahannya secara langsung. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan tersebut dengan ponsel atau camera Anda.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Batu Bara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Simanaere, Gunungsitoli Idanoi, Kab. Gunungsitoli.

11. Pemukiman Rumah Adat Tradisional

Pemukiman Rumah Adat Tradisional

Image Credit: Pesona.travel

Wisata ini sangat menarik untuk Anda kunjungi jika Anda sedang berada di Gunungsitoli. Mengapa menarik? Karena Anda akan di ajak untuk melihat secara langsung bagaimana rumah tradisional yang selama ini hanya Anda lihat diberbagai buku. Hal spesial dari rumah tradisional yang satu ini adalah pada konstruksi bangunannya. Bangunannya di buat untuk tahan terhadap gempa. Anda mungkin bisa mencoba mengaplikasikannya pada rumah Anda.

Lokasi: Desa Tumori, Gunungsitoli Barat, Kab. Gunungsitoli.

12. Pegunungan Soarowiga

Pegunungan Soarowiga

Image Credit: Hetanews.com

Bagi Anda yang ingin melihat betapa cantiknya pemandangan yang nias punya pada satu tempat saja, maka Anda bisa mengunjungi pegunungan soarowiga. Bukan hanya bisa melihat keindahan gunung tersebut maupun keindahan alam sekitarnya, tapi Anda juga akan melihat betapa indahnya nias dari atas puncak gunung yang satu ini. Anda tak perlu mengunjungi banyak tempat untuk melihat betapa undahnya nias karena Anda bisa melihatnya disini.

Lokasi: Desa Hilinakhe, Kec. Gunungsitoli Barat, Kab. Gunungsitoli.

13. Air Terjun Boho

Air Terjun Boho

Image Credit: Pariwisatagunungsitoli.blogspot.com

Alam nias memang seolah tidak ada habisnya untuk menyajikan berbagai pemandangan indah yang tentu saja menawan. Anda bisa menyaksikan keindahan tersebut dengan berkunjung ke air terjun boho. Air terjun yang satu ini juga banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Wajar saja, mengingat tempat yang satu ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Air terjun boho bisa membuat tubuh Anda kemabali lebih segar.

Lokasi: Desa Hiligodu Ombolata, Gunungsitoli Selatan, Kab. Gunungsitoli.

14. Wisata Rohani

Wisata Rohani

Image Credit: Okezone.com

Bagi Anda yang ingin berkunjung untuk menenagkan batin dan berdoa maupun ingin merasa lebih dekat dengan tuhan, Anda bisa berkunjung ke wisata rohani. Disini Anda bukan hanya berdoa, tapi Anda juga akan melihat gereja pertama yang ada di kepulauan nias.

Lokasi: Fodo, Gunungsitoli Selatan, Kab. Gunungsitoli.

15. Air Terjun Baho Gamira

Air Terjun Baho Gamira

Image Credit: Kompas.com

Jika Anda berkunjung di Gunungsitoli, maka tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi air terjun yang satu ini. Air terjun ini juga menyimpan pemandangan yang begitu memukau. Anda bisa menjadikan air terjun baho gamira di daftar liburan Anda.

Lokasi: Desa Fadoro Hilimbowo, Kec. Gunungsitoli Alo’oa, Kab. Gunungsitoli.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Gunungsitoli yang bisa Anda kunjungi saat liburan tiba. Keindahan alam daerah ini bisa Anda rasakan semakin berkesan dan seru ketika berkunjung Bersama keluarga dan teman-teman.