Sumatra Utara

10 Tempat Wisata di Humbang Hasundutan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Destinasi Wisata Alam Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Wilayah Humbang Hasundutan sangat luas dan asri, penuh dengan objek wisata yang mengagumkan. Luas area sekitar 2.335 km2 ini terdapat banyak panorama indah nan memukau seperti air terjun, danau dan area persawahan. Kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara ini sejuk dan penuh dengan perbukitan juga dapat dijadikan rute trekking yang menantang.

Banyak turis asing yang singgah sejenak guna melihat indahnya Danau Toba. Tentu saja tidak ketinggalan juga beberapa penduduk lokal dan pelancong yang menghabiskan waktu di wilayah ini untuk rehat sejenak dari kepenatan. Berikut ini ada 10 rekomendasi tempat wisata di Humbang Hasundan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

1. Tugu Salak Pakkat

Tugu Salak Pakkat

Image Credit: Catatanwisatawan.blogspot.com

Bangunan tugu ini menjadi cerminan nyata dari suburnya wilayah perbukitan ini. Dengan iklim yang sejuk memang pantas jika kota ini penuh dengan tanaman salak. Dari tahun ke tahun kota ini selalu dapat menghasilkan salak yang manis dan berkualitas. Dagingnya tebal, sedangkan isinya sangat kecil. Sangat pas dikonsumsi saat tubuh lelah karena salak ini memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak.

Namun saat ini pohon salak sudah mulai berkurang karena kurangnya penanaman kembali, padahal hal ini yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Jl. Sisingamangaraja No. 29.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja No.29, Pakkat Hauagong, Kec. Pakkat, Kab. Humbang Hasundutan.

2. Air Terjun Simolap

Air Terjun Simolap

Image Credit: Pidii.info

Jika Anda pernah melihat air terjun bertingkat yang ada dalam dunia fantasi, maka ini adalah aslinya. Air Terjun Simolap ini memang memiliki pemandangan yang sangat luar biasa. Terdapat 7 air terjun bertingkat dengan wilayah yang masih perawan. Sangat indah sekaligus nampak ajaib.

Di sekitar air terjun Simolap terdapat hutan hijau yang lebat dan asri. Akan lebih indah jika Anda melihatnya dari ketinggian karena pemandangannya akan semakin indah. Penuh dengan keajaiban yang jarang ditemui tempat lain meski itu berupa wisata sejenis. Destinasi yang satu ini terletak di Daerah Sibongkare, Tara Bintang.

BACA JUGA:  8 Tempat Wisata di Labuhanbatu Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Sibongkare, Kec. Tara bintang, Kab. Humbang Hasundutan.

3. Air Terjun Pollung

Air Terjun Pollung

Image Credit: Tempatberliburwisata.blogspot.com

Berikutnya masih ada lagi air terjun perawan yang jernih. Meski tidak seindah Air Terjun Simolap namun air terjun ini memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik. Air Terjunnya tidak terlalu tinggi, kemudian lingkungan yang ada di sekitar juga cukup terjaga.

Rute untuk sampai ke tempat wisata ini cukup sulit karena harus berjalan kaki terlebih dahulu. Lokasinya tidak dapat dijangkau menggunakan motor atau mobil. Destinasi wisata yang satu ini terletak di daerah Purba Baringin, Pakkat.

Lokasi: Purba Baringin, Kec. Pakkat, Kab. Humbang Hasundutan.

4. Air Terjun Simamora

Air Terjun Simamora

Image Credit: Mapio.net

Masih dengan wisata air terjun. Namun kali ini, view dan hiburannya agak sedikit berbeda. Air terjun ini memiliki 4 tingkatan air dengan kolam yang cukup luas untuk berenang. Tiap bagian kolam memiliki air yang cukup tenang sehingga dapat digunakan untuk berendam dalam jangka waktu yang lama.

Gemuruh air pada tiap turunan juga memberikan irama tersendiri yang sangat indah. Sungguh alam eksotis dengan pesona yang manis. Akan lebih baik jika Anda berkunjung ke tempat ini bersama keluarga atau orang terdekat. Destinasi wisata yang satu ini terletak di daerah Tipang, Bakti Raja.

Lokasi: Simamora, Kec. Bakti Raja, Kab. Humbang Hasundutan.

5. Air Terjun Janji

Air Terjun Janji

Image Credit: Tourtoba.com

Konon, tempat ini dijadikan sebagai salah satu lokasi untuk pengikat sebuah janji. Tidak heran jika pada akhir pekan selalu ada saja pasangan yang datang untuk mengikat janji. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung karena memiliki pemandangan yang sangat luar biasa.

Apabila ingin bersantai cobalah duduk sambil mencicipi kopi atau ikan bakar yang ada di warung terdekat. Menu lainnya juga tidak kalah menarik seperti mie goreng, bakso atau soto. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan buah mangga khas yang sangat enak. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Marbun Toruan.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Jambi yang Paling Enak

Lokasi: Marbun Toruan, Kec. Baktiraja, Kab. Humbang Hasundutan.

6. Wisata Sipinsur

Wisata Sipinsur

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Tempat ini merupakan wisata favorit yang sangat dicari. Pasalnya, terdapat fasilitas yang lengkap plus dengan view yang menyenangkan. Dari tempat ini Anda dapat menikmati indahnya Danau Toba, Pulau Sibandang dan Desa Muara. Selain itu, Anda juga dapat menikmati indahnya hutan pinus untuk sekalian melakukan outbond.

Sungguh sangat menarik bukan? Terlebih lagi, fasilitas yang ada juga sangat lengkap dan terawat seperti toilet, tempat duduk, dan tempat berteduh. Tersedia juga sewa tikar jika Anda hendak melakukan piknik sederhana bersama keluarga. Aneka makanan yang tersaji juga sangat lezat seperti ikan bakar, nasi rames, mie goreng dan aneka minuman. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Daerah Parulohan, Lintong Nihuta.

Lokasi: Parulohan, Kec. Paranginan, Kab. Humbang Hasundutan.

7. Tombak Sulusulu

Tombak Sulusulu

Image Credit: Travelingmedan.com

Salah satu senjata tradisional yang ada di tempat ini ialah Tombak Sulusulu. Wisata yang satu ini tidak hanya menghadirkan pameran dan tempat penyimpanan pusaka saja. Namun juga menghadirkan view yang sangat luar biasa.

Dari sini, Anda dapat menyaksikan keindahan Danau Toba, sungai di sekitar persawahan dan Bukit Kapur. Semuanya memiliki pesona tersendiri yang tidak dapat dibandingkan begitu saja. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Simamora.

Lokasi: Marbun Tonga Marbun Dolok, Kec. Baktiraja, Kab. Humbang Hasundutan.

8. Istana Sisingamangaraja

Istana Sisingamangaraja

Image Credit: Wisato.id

Meskipun istana ini hanyalah replika dari istana asli yang sudah dibakar Belanda namun tetap saja indah dan memukau. Sebuah rumah adat khas minang yang dipenuhi dengan pernak-pernik istana masa lampau. Berkunjung ke tempat ini seolah memberikan atmosfer tersendiri agar terus mempelajari sejarah dengan lebih baik. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Daerah Bakti Raja.

BACA JUGA:  30 Tempat Wisata di Medan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Simamora, Kec. Bakti Raja, Kab. Humbang Hasundutan.

9. Pemandian Aek Sitio-tio

Pemandian Aek Sitio-tio

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Terdapat sebuah pemandian air dingin dengan penataan yang sangat baik. Tiap kolam berada di ruang tertutup agar tidak mengganggu privasi pengunjung yang lain. Airnya berasal dari mata air pegunungan yang terus mengalir tiap detik kemudian mengalir lagi ke sungai lepas.

Fasilitas di pemandian ini juga cukup lengkap dan terawat. Sangat cocok dijadikan destinasi wisata bersama keluarga. Terutama bagi anak kecil yang suka dengan air karena airnya sangat bersih dan jernih. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Daerah Bakti Raja

Lokasi: Sitio-Tio, Siunong Unong Julu, Kec. Bakti Raja, Kab. Humbang Hasundutan.

10. Aek Sipangolu Bakkara

Aek Sipangolu Bakkara

Image Credit: Travelingkuy.com

Air Terjun yang satu ini menawarkan wisata yang tidak biasa. Pasalnya, pengunjung hanya boleh mandi dan minum air yang ada di sungai ini. Konon, air yang ada di sungai ini dapat menyembuhkan beragam penyakit. Tidak heran jika banyak sesaji berupa bunga dan menyan di sekitar sungai.

Airnya yang sangat bersih dan jernih memang langsung dapat diminum tanpa proses masak terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Daerah Bakti Raja.

Lokasi: Simangulampe, Kec. Bakti Raja, Kab. Humbang Hasundutan.

Itulah 10 tempat wisata di Humbang Hasundan yang populer dikunjungi wisatawan. Ajaklah keluarga atau orang terdekat untuk berkunjung ke beberapa destinasi tersebut. Pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Meluangkan waktu sejenak untuk berlibur memang dapat menambah semangat saat kembali lagi ke rutinitas. Baik itu berupa pekerjaan, sekolah atau aktivitas harian lainnya. Melakukan beberapa aktivitas yang sama dalam waktu lama memang dapat mengundang sebuah kejenuhan. Untuk itulah perlu adanya hiburan agar otak dan tubuh lebih refresh.