Riau

10 Tempat Wisata di Indragiri Hilir Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan di Indragiri? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Indragiri Hilir merupakan sebuah kabupaten yang terletak di kepulauan Riau. Daerah ini ini menawarkan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam seperti hutan, pantai, gunung, wisata kebudayaan seperti sampan leper, hingga wisata religi.

Bagi anda para penggemar wisata Alam, seperti waduk, air terjun, maupun pantai, Kabupaten Indragiri Hilir menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Untuk sekedar berlibur menghilangkan penat, ataupun untuk mendokumentasikan momen-momen yang tidak ingin anda lupakan. Berikut ulasan 10 tempat Wisata di Kabupaten Indragiri Hilir yang favorit dikunjungi saat liburan.

1. Air Terjun 86

Air Terjun 86

Image Credit: Ksmtour.com

Bagi anda para penggemar wisata air terjun yang masih asri, air terjun 86 ini merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa anda kunjungi ketika berkunjung ke Indragiri Hilir, Air terjun yang memiliki sudut kemiringan mendekati 90 derajat ini bahkan dapat anda rasakan keberadaannya 10 meter sebelum anda sampai di tempat ini.

Objek wisata yang terletak di Desa Selensen Kecamatan Indragiri Hilir, air terjun yang bermuara di Sungai Nderlang ini memiliki ketinggian mencapai 20 meter, suasana yang asri, air yang segar, dapat membantu anda membersihkan penat anda sejenak.

Lokasi: Selensen, Kec. Indragiri Hilir, Kab. Indragiri Hilir.

2. Pantai Solop

Pantai Solop

Image Credit: Ksmtour.com

Anda penggemar wisata pantai, dan kebetulan anda berada di daerah Indragiri Hilir, cobalah untuk berkunjung ke pantai Solop. Pantai indah yang terletak di Kecamatan Mandah, Pulau Cawan ini sangat mudah untuk diakses. Selain itu, pantai Solop memiliki beberapa hal yang unik dibanding pantai lainnya, seperti hamparan pasir putih alami yang disebut oleh warga setempat sebagai pasir sirsak.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Rokan Hulu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Warna air laut yang berwarna kecoklatan, dan jajaran hutan mangrove yang dijuluki sebagai hutan bakau terindah yang ada di Indonesia, namun uniknya semua hal ini bukanlah buatan atau rekayasa manusia, melainkan semua hal ini hadir secara alami.

Lokasi: Pulau Cawan, Kec. Mandah, Kab. Indragiri Hilir.

3. Telaga Mablu

Telaga Mablu

Image Credit: Riauonline.id

Air yang hijau dan tenang, suasana yang hening, dan hamparan tanaman-tanaman yang ada disekitar menambah suasana asri dari objek wisata yang satu ini. Telaga Mablu terletak di daerah Indragiri Hilir ini memiliki suasana alam yang luar biasa asri dan tentunya masih alami. Pemerintah setempat juga berusaha menjaga tempat ini agar tidak dirusak, karena tempatnya yang masih asri, masih banyak terdapat hewan-hewan yang hidup di daerah telaga ini.

Lokasi: Sungai Bela, Kec. Kuala Indragiri, Kab. Indragiri Hilir.

5. Agrowisata Kelapa

Agrowisata Kelapa

Image Credit: Inhilnanmolek.com

Anda penggemar buah kelapa, dan anda ingin mengetahui seperti apa tempat penghasil kelapa terbesar yang ada di Riau? Jika iya, maka anda bisa berkunjung ke Agrowisata Kelapa yang berbatasan dengan provinsi Jambi, bukan tanpa alasan tempat wisata yang juga satu daerah dengan pantai Solop ini bernama agrowisata kelapa, karena daerah ini merupakan salah satu penyumbang kelapa terbesar pada produksi kelapa Indonesia, di tahun 2016 tercatat 18,3 ton kelapa yang diproduksi Indonesia.

Lokasi: Tanjung Pidada, Kec. Tempuling, Kab. Indragiri Hilir.

6. Rawa Gambut Pulau Cawan

Rawa Gambut Pulau Cawan

Image Credit: Riaulink.com

Jika anda penggemar olahraga bersepeda, dan anda sangat menyukai lintasan yang dapat memacu adrenalin anda, maka objek wisata yang satu ini merupakan wisata alam unik yang bisa anda nikmati ketika anda sedang berkunjung ke daerah Indragiri Hilir, Riau.

Disini anda dapat bersepeda menyusuri pinggiran rawa gambut, menyusuri hutan mangroove yang memiliki berbagai rintangan titian kayu, hingga anda perlu memacu sepeda anda untuk melewati lima buah sungai yang ada di pulau Cawan tersebut, dan lintasan tersebut akan diakhiri di area berpasir pantai Solop.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Siak Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Pulau Cawan, Kec. Mandah, Kab. Indragiri Hilir.

7. Wisata Alam Danau Raja

Wisata Alam Danau Raja

Image Credit: Menyapariau.com

Jika anda ingin berwisata ke tempat yang memiliki taman bermain untuk anak-anak namun juga memiliki pemandangan alam dan suasana yang dapat menghilangkan penat anda sehari-hari, maka Wisata Alam Danau Raja merupakan objek wisata yang tepat untuk anda datangi. Danau yang terletak di Kota Rengat ini sudah memiliki standar nasional sebagai destinasi wisata alam, jadi anda tidak perlu khawatir tentang kebersihan, keamanan dan juga kenyamanan fasilitas yang disediakan.

Jika anda berangkat dari Kota Pekanbaru, maka anda perlu menempuh perjalanan sejauh 5 jam, dan saat anda tiba di gerbang yang bertuliskan kota Rengat, anda bisa segera menoleh kearah kiri dari gerbang tersebut, seketika anda akan menjumpai tulisan Danau Raja. Danau ini berada dekat dengan jalan raya, sehingga anda dapat dengan mudah menuju tempat wisata ini dengan mudah. Danau ini memiliki diameter 200 meter, dengan bentuk lingkaran yang tidak beraturan, untuk kedalamannya sendiri masih belum ada yang dapat memastikan.

Lokasi: Sekip Hilir, Kec. Rengat, Kab. Indragiri Hulu.

8. Sungai Rukam

Image Credit: Riaupos.jawapos.com

Image Credit: Riaupos.jawapos.com

Bagi anda penggemar wisata air, seperti menyusuri sungai, Sungai Rukam menjadi tujuan yang menarik. Terletak di salah satu desa yang terletak di kecamatan Enok, Indragiri Hilir, Riau. Sungai yang tenang dan berada dekat dengan pemukiman warga ini, dapat memanjakan diri anda sejenak sambil melihat aktifitas warga di daerah tersebut, sambil menikmati jajaran-jajaran tanaman yang ada. Seperti berbagai tumbuhan air dan lain-lain, kelokan dari sungai yang masih alami ini akan menambah suasana alam yang menyenangkan untuk liburan anda.

BACA JUGA:  8 Tempat Wisata di Rokan Hilir Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Sungai Rukam, Kec. Enok, Kab. Indragiri Hilir.

9. Bukit Berbunga

Bukit Berbunga

Image Credit: Andresaputra7.blogspot.com

Bagi anda yang sedang berada di Indragiri hilir, dan anda ingin mendaki, namun anda tidak memiliki waktu yang lama untuk berlibur, Bukit Berbunga bisa menjadi salah satu pilihan wisata yang dapat anda kunjungi, karena bukit ini memiliki ketinggian 150 mdpl, cukup menantang untuk pendakian dan pastinya tidak perlu memakan waktu dan tenaga yang terlalu banyak.

Walaupun begitu medan yang perlu anda lalui untuk mencapai puncak pun tidak semudah yang dibayangkan, karena anda perlu menyusuri jalan setapak yang memiliki dua buah aliran sungai.  Disepanjang jalan setapak yang akan anda susuri untuk mencapai puncak dari Bukit Berbunga Indragiri Hilir, anda akan disuguhi hamparan bunga kantong semar yang memiliki wangi yang khas, selain wangi bunga ini juga memanjakan indra pengelihatan anda dengan beragam warna-warna yang indah.

Lokasi: Batu Ampar, Kec. Keritang, Kab. Indragiri Hilir.

10. Air Terjun Tembulun Rusa

Air Terjun Tembulun Rusa

Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Bagi anda penggemar wisata air, air terjun Tembulun Rusa merupakan salah satu pilihan wisata menarik di Indragiri hilir yang bisa anda kunjungi ketika sedang berada di Riau. Air terjun yang memiliki kedalaman hingga 1,5 meter dan ketinggian 10 meter  ini memiliki beberapa keunikan tersendiri yang ada disekitarnya. Salah satu keunikan alam yang terdapat di air terjun ini adalah anak tangga alami yang berada disekitar air terjun Tembulun Rusa.

Air yang mengalir di air terjun Tembulun Rusa berasal dari sungai Ngibul dan bermuara di sungai Reteh. Air terjun ini memiliki sudut kemiringan sebesar 30 derajat, dan 1 kolam air alami untuk menampung aliran air dari atas.

Lokasi: Pangkalan Kasai, Kec. Seberida, Kab. Indragiri Hulu.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Indragiri Hilir yang paling hits dikunjungi wisatawan ketika liburan. Menikmati liburan bersama keluarga dan teman dekat menjadi lebih berkesan dan memberi pengalaman berbeda, utamanya ketika berkunjung ke Indragiri Hilir. Semoga bermanfaat!