Riau

10 Tempat Wisata di Indragiri Hulu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Apa Saja Destinasi Menarik di Indragiri? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Tiba.

Inhu atau Indragiri Hulu adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Daerah ini memang belum se-terkenal kabupaten lain yang ada di Riau, karena kabupaten satu ini letaknya di kelilingi oleh daratan membuatnya tidak memiliki wisata bahari seperti pantai, pualau dan semacamnya.

Namun jangan khawatir, masih banyak wisata keren yang ditawarkan kabupaten ini yang bisa Anda kunjung ketika liburan tiba. Berikut ulasan 10 tempat wisata keren di Indragiri Hulu yang lagi hits dikunjungi wisatawan.

1. Air Terjun Denalo

Air Terjun Denalo

Image Credit: Portaldadangjsn.blogspot.com

Meskin tidak memiliki daerah pantai dan laut, wisata alam seperti air terjun bisa jadi pengganti yang manjur. Seperti Air Terjun Denalo, yang berlokasi di dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Letaknya yang masih benar- benar berada di dalam hutan membuat suasa menjadi sunyi dan menenangkan.

Air terjun satu ini memang tidak terlalu tinggi namun dirasa cukup untuk menghilangkan stres. Airnya juga sangat segar dan jernih, karena memang sumber air masih terjaga keasriannya.

Lokasi: Alim, Kec. Batang Cenaku, Kab. Indragiri Hulu.

2. Air Terjun Tualang

Image Credit: Wisato.id

Selanjutnya ada Air Terjun Tualang yang berlokasi di Desa Rantau Langsat, Bayang Gansal. Letak air terjun satu ini juga masih di dalam hutan yang lebat dan rindang. Untuk bisa sampai saja Anda harus melewati perjalanan yang melelahkan terlebih dahulu.

Keunikan dari air terjun satu ini adalah saat suara air yang jatuh dari ketinggian tidak langsung jatuh ke bawah, melainkan terlebih dahulu melewati beberapa undakan. Sehingga Anda akan mendengar suara gemericik air yang sangat menenangkan.

Suasana di air terjun ini juga masih sangat damai dan sunyi, cocok untuk tempat menenangkan pikiran dan menepi sejenak dari hingar bingar urusan pekerjaan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Rantau Langsat, Kec. Bayang Gansal, Kab. Indragiri Hulu.

3. Replika Istana Indragiri

Replika Istana Indragiri

Image Credit: Danaurajarengat.wordpress.com

Tak banyak yang tahu, jika terdapat istana di Riau, objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi adalah Replika Istana Indragiri. Memang hanya replika saja, tapi bentuknya sudah hamper menyerupai aslinya. Sama dengan istana pada umumnya, di dalam istana ini juga terdapat barang-barang yang cantik dan mewah. Benda- benda ini tentu saja tergolong benda antik yang tidak banyak Anda temukan di tempat lain. Nah kalau berkunjungi kesini, Anda akan menemukan banyak spot foto keren, karena sekeliling istana ini juga mempunyai pemandangan yang indah dan masih asri.

Lokasi: Kampung Dagang, Kec. Rengat, Kab. Indragiri Hulu.

4. Makam Raja Indragiri

Makam Raja Indragiri

Image Credit: Armansyah.my.id

Riau juga merupakan daerah yang dahulunya banyak terdapat kerjaan-kerajaan Nusantara, seperti halnya di kawasan Desa Kota Lama. Dahulunya desa ini adalah tempat berdirinya kerajaan yang bernama Indragiri. Untuk menandai lokasi kekuasaannya, para pendahulu kerajaan berpesan untuk memakamkan jasadnya di daerah ini juga sampai pada penerus terakhir.

Akhirnya makam-makam raja Indragiri saat ini sudah menjadi sebuah kawasan cagar budaya di Riau yang wajib Anda kunjungi untuk lebih mengenal sejarah.

Lokasi: Kota Lama, Kec. Rengat Barat, Kab. Indragiri Hulu.

5. Air Terjun Sultan Limbayang

Air Terjun Sultan Limbayang

Image Credit: Suarapekanbaru.com

Selanjutya masih ada lagi wisata air terjun di Inhu yang bisa membuat Anda terpesona. Keindahan alam dari Air Terjun Sultan Limbayang sayang sekali untuk dilewatkan. Pasalnya air terjun satu ini memiliki keindahan alam yang berbeda dengan air terjun lainnya.

Selain air yang tentunya masih segar dan jernih sekali, di sekeliling air terjun juga memiliki pemandangan alam dengan batuan besar yang menutupi area air terjun, sehingga berada di air terjun ini serasa milik sendiri. Lokasi air terjun satu ini berada di dalam kawasan taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Paling Populer

Lokasi: Rantau Langsat, Kec. Batang Gansal, Kab. Indragiri Hulu.

6. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Image Credit: Instanbooking.id

Kalau kawasan satu ini bisa jadi destinasi wajibmu ketika berkunjung ke Indragiri Hulu, karena satu Kawasan ini memiliki banyak tawaran destinasi wisata lain. Dalam kawasan taman ini memang masih terdapat beberapa destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Kawasan hutan ini masih sangat rindang dan alami. Anda bisa menemukan udara yang segar di sini. Anda bisa menikmati pengalaman tak terlupakan jika datang ke tempat ini.

Lokasi: Rantau Langsat, Kec. Batang Gangsal, Kab. Indragiri Hulu.

7. Danau Meduyan

Danau Meduyan

Image Credit: Facebook.com @DanauMeduyan

Danau Meduyan bisa menjadi penawar yang sepadan bagi Anda penikmat wisata bahari. Jika Anda sedang mencari ketenangan, Anda bisa berkunjung ke danau ini. Danau yang masih menyimpan keindahan yang memukau dan suasana yang menyejukkan.

Selain itu, danau ini juga menjadi habitat bagi ikan air tawar, sehingga tidak heran jika Anda datang ke sini saat weekend dan melihat banyak orang sedang memancing. Masyarakat sekitar memang bayak menghabiskan waktu di sini sekedar untuk menghabiskan waktu untuk aktivitas seru atau bersenda gurau bersama masyarakat lain.

Lokasi: Kota Lama, Kec. Rengat Barat, Kab. Indragiri Hulu.

8. Kawah Biru

Kawah Biru

Image Credit: Wisato.id

Tempat ini tergolong obejk wisata yang sudah lama ada, namun sayangnya karena kurang perhatian dari pemerintah, objek satu ini tidak mendapat pengembangan yang seperti seharusnya. Padahal Kawah Biru di Indragiri Hulu ini memiliki pemandangan yang indah sekali. Air yang berada di dalam danau memang berwarna biru jika terkena sinar matahari, bukan hijau seperti yang terlihat pada danau-danau umumnya.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Siak yang Murah & Enak

Bukit-bukit hijau yang mengelilingi danau juga menambah keindahan Kawah Biru ini. Untuk bisa sampai ke sini Anda juga harus melalui perjalanan yang cukup melelahkan, memiliki akses jalan yang masih sulit untuk di lalui, namun semua akan terbayar jika Anda sudah sampai ke tujuan.

Lokasi: Rantau Langsat, Kec. Batang Gangsal, Kab. Indragiri Hulu.

9. Air Terjun Tembulun

Air Terjun Tembulun

Image Credit: Riaupotenza.com

Selanjutnya ada wisata Air Terjun Tembulun yang bakal membuatmu betah berlama-lama disana. Berlokasi di Desa Pejangki, Batang Cenaku, air terjun ini memang masih tergolong wisata baru di Indragiri Hulu, namun sudah banyak menarik minat para wisatawan lokal maupun luar daerah Inhu.

Air Terjun Tembulun mempunyai pemandangan visual yang fotogenik sekali. Jika Anda berkunjung di saat yang tepat yaitu saat volume air sedang bagus, Anda akan melihat pemandangan alam yang menyejukkan mata. Di kanan kiri air terjun utama terdapat pula beberapa aliran kecil yang menambah keindahan air terjun. Pemandangan sekitar juga masih berupa hutan hijau nan asri.

Lokasi: Pangkalan Kasai, Kec. Seberida, Kab. Indragiri Hulu.

10. Danau Raja

Danau Raja

Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Terakhir Anda bisa mencoba berkunjung ke Danau Raja yang berada di daerah Rengat. Danau ini tergolong luas dan memberikan suasana yang menenangkan. Anda bisa menghabiskan waktu di sini sembari membaca buku atau piknik singkat dengan keluarga atau orang terkasihmu.

Di samping danau terdapat beberapa kursi yang bisa Anda jadikan tempat bersantai menunggu matahari tenggelam, karena tergolong masih sepi jadi bawa barang secukupnya saja agar aman dan tidak merepotkan diri sendiri.

Lokasi: Sekip Hilir, Kec. Rengat, Kab. Indragiri Hulu.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Indragiri Hulu yang favorit dan bisa dijadikan referensi tujuan liburan Anda selanjutnya. Selain daftar tempat menarik di atas, Indragiri Hulu juga memiliki wisata kuliner khas yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Nikmati liburan Anda ke tempat wisata yang tepat untuk mendapatkan liburan yang berkesan. Semoga bermanfaat!