Jambi

20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Jambi? Jangan Lupa Anda Kunjungi Tempat Wisata Terbaik di Kota Jambi Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits untuk Mendapatkan Liburan yang Lebih Berkesan.

Destinasi wisata di daerah Sumatera menyediakan banyak sekali jenis sehingga setiap wisatawan dapat menikmatinya dengan cara berbeda. Di Jambi ragam wisata ini akan disediakan beragam objek wisata dengan genre wisata alam, sejarah dan wisata buatan yang modern, beberapa di antara pilihan tempat wisata ini jauh lebih menarik daripada tempat lain dan memiliki kemiripan dengan sejumlah tempat wisata terkenal di daerah lain.

Sejumlah tempat wisata yang paling terkenal pada saat ini sudah mulai ramai dikunjungi dan telah menjadi tempat kunjungan rutin akhir pekan oleh berbagai masyarakat lokal. Menemukan keramaian ketika mengunjungi daerah wisata ini tidaklah mengherankan, tapi tentu saja tempat wisata terbaik akan tetap menyenangkan. 20 diantara tempat wisata terbaik tersebut akan dibahas di sini.

1. Gentala Arasy

Gentala Arasy

Lokasi: Kasang, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi. – Image Credit by Pegipegi.com

Gentala Arasy merupakan salah satu museum yang bersejarah di kota Jambi. Museum ini secara khusus menyimpan sejarah perkembangan Islam di kota ini dan menyimpan berbagai macam benda bersejarah dan artefak yang ditampilkan dalam sejumlah koleksi pajangan museum. Koleksi ini bisa berupa hasil dari hibah, pembelian ataupun peminjaman sehingga dapat juga dikatakan sebagai benda-benda berharga.

Setelah puas melihat perjalanan Islam di Jambi pelancong bisa bergerak ke sebuah jembatan yang dibuat dengan anggaran 88 milyar. Jembatan Gentala Arasy ini memiliki pemandangan yang sangat bagus dengan berbagai lampu dan disain jembatan yang unik. Pemandangan jembatan dapat dinikmati di atas jembatan atau di bawah jembatan dengan sampan.

Tempat wisata ini terletak di daerah Arab Melayu Pelayangan. Anak-anak akan dikenakan biaya Rp 1.500 dan orang dewasa akan dikenakan biaya 2000 rupiah. Tempat wisata akan beroperasi setiap weekdays pada jam 8 pagi sampai jam 4 sore, kemudian di hari Sabtu dan Minggu akan beroperasi dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang.

2. Tugu Juang

Tugu Juang

Lokasi: Jl. HOS. Cokroaminoto No.4, Selamat, Kec. Telanaipura, Kota Jambi. – Image Credit by Jambi-independent.co.id

Tugu juang ini merupakan symbol yang dibuat untuk menunjukkan perjuangan masyarakat Jambi pada saat itu melawan Agresi Militer Belanda jilid 2 yang dilakukan di berbagai daerah strategis. Jambi merupakan salah satu tempat yang dilalui oleh perjalanan agresi dan masyarakat Jambi tidak membiarkan Belanda begitu saja melewati tanah air mereka tanpa mendaratkan cidera yang berat.

Cerita lengkap mengenai sejarah perjuangan rakyat Jambi pada perang di masa itu dapat dilihat langsung di bagian bawah tugu. Tempat ini sudah menjadi bagian dari sejarah Jambi dan merupakan tempat yang sangat bagus untuk berfoto.

3. Tugu Pers

Tugu Pers

Lokasi: Jl. Sultan Agung, Lb. Bandung, Kec. Pasar Jambi, Kota Jambi. – Image Credit by Dialekito.com

Tugu ini merupakan tugu unik yang memang sengaja dibuat untuk memperingati kebebasan pers pada tahun 2012. Tugu ini sebenarnya hanya memiliki tujuan sebagai penanda daerah wisata baru yang kemudian diisi oleh berbagai penjaja makanan yang mendapatkan tempat di sekeliling tugu. Nikmati wisata ke tempat ini sambil menjajal berbagai makanan khas yang ada di sekitar tugu dan melihat-lihat pemandangan kota Jambi.

4. Jambi Paradise

Jambi Paradise

Lokasi: Simpang Acai, Kb. IX, Kec. Sungai Gelam, Kota Jambi. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Sebuah tempat wisata dengan bentuk taman air selalu dapat dijadikan sebagai kunjungan wisata favorit yang menyenangkan. Pada saat memasuki tempat ini akan ada berbagai pemandangan indah yang dibuat dengan konsep taman yang menarik dengan ulasan ciri khas kebudayaan Jambi.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Merangin Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Kemudian terdapat pula tempat bermain air yang dapat dinikmati bersama keluarga. Berbagai tipe liburan santai bisa dinikmati di tempat yang sangat bagus ini. Untuk memasuki Jambi Paradise satu orang pelancong harus merogoh kocek sedalam 20 ribu rupiah di hari biasa dan 30 ribu rupiah di hari libur. Tempat wisata ini baru buka pada jam 10. Dianjurkan datang pada hari kerja karena di hari libur semua oaring dari Jambi dan luar kota akan datang ke sini.

5. Pasar Keramik Sitimang

Pasar Keramik Sitimang

Lokasi: Jl. Doktor Wahidin, Pasar Jambi, Kec. Pasar Jambi, Kota Jambi. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Pasar keramik merupakan salah satu jenis wisata pasar tradisional yang luar biasa. Konsep Pasar Sitimang dibuat dengan sangat bagus dengan dilengkapi sejumlah pengrajin yang sangat cakap membuat karya keramik terbaik. Berbagai karya keramik dengan berbagai bentuk dan fungsi akan disediakan di sini. Beberapa tempat memberikan jasa pengiriman langsung ke rumah pembeli sehingga berbelanja menjadi sangat mudah. Lokasi pasar terletak di Jalan Doktor Wahidin Jambi.

6. Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sigerincing

Lokasi: Tuo, Kec. Lembah Masurai, Kab. Merangin. – Image Credit by Waterwaterfall.blogspot.com

Wisata air terjun selalu memberikan kesan yang unik bagi setiap orang. Wisata Air Terjun Sigerincing dapat memberikan sebuah objek wisata air terjun yang sangat menyenangkan. Air akan jatuh dari lokasi yang cukup tinggi sehingga derasnya air akan menghapus semua kejenuhan dan tekanan yang dirasakan jiwa pada saat itu. Di tempat ini terdapat kesempatan untuk berenang atau bermain air. Lokasi ini sangat terkenal dan sangat ramah untuk digunakan sebagai tempat liburan keluarga. Air terjun ini terletak di daerah Tuo, Lembah Masurai.

7. Museum Siginjai

Museum Siginjai

Lokasi: Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Kec. Telanaipura, Kota Jambi. – Image Credit by Indonesiatripnews.com

Museum jarang sekali menjadi sebuah tempat wisata yang populer. Pada saat liburan Museum Siginjei akan dipenuhi oleh orang. Di dalam museum terangkum berbagai kebudayaan Jambi yang diabadikan dengan baik agar dapat dipelajari oleh semua generasi. Museum ini didirikan oleh Gubernur Jambi pada tahun 1981 bernama Masjchun Syofwan.

Dalam museum dapat ditemukan berbagai koleksi yang berhubungan dengan arkeologi dan geologi di Jambi. Museum ini terletak di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri. Museum dibuka pada jam setengah 8 pagi di hari kerja dan tutup pada jam 4 sore. Sedangkan di hari libur museum akan tutup pada jam 12 siang. Biaya untuk memasuki museum ini adalah 5000 rupiah.

8. Air Terjun Arai Indah

Air Terjun Arai Indah

Lokasi: Mukai Pintu, Kec. Siulak, Kab. Kerinci. – Image Credit by Ksmtour.com

Air terjun yang satu ini memiliki pemandangan luar biasa. Dengan bantuan musim hujan air yang jatuh dari ketinggian akan menjadi lebih besar dan banyak sehingga berbagai kegiatan bermain air menjadi dapat dilakukan di sini. Nikmati pemandangan sekitar di daerah ini pada cuaca yang cerah karena sebagian besar daerah ini bisa tertutup kabut. Temukan air terjun ini di daerah Mukai Pontu Siulak. Yang lebih menarik lagi biaya masuk ke tempat ini gratis dan pengunjung bisa mendatangi tempat ini tanpa batas.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kerinci Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

9. Hiking di Gunung Kerinci

Hiking di Gunung Kerinci

Lokasi: Batang Sangir, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci. – Image Credit by Superadventure.co.id

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di kedua di Indonesia setelah gunung Jaya Wijaya di Papua. Untuk ukuran sumatera jelas gunung ini merupakan gunung tertinggi. Mendaki gunung akan memberikan suasana yang sangat sejuk dengan pemandangan pagi hari terbaik.

Sebaiknya kunjungi gunung pada saat yang tepat sehingga pemandangan matahari terbit dapat dilihat dari puncak gunung. Hal ini akan menjadi pengalaman terbaik pada saat berwisata ke daerah Jambi. Pahami juga rute yang sudah disediakan untuk para pendaki.

10. Air Terjun Sungai Medang

Air Terjun Sungai Medang

Lokasi: Sungai Medang, Kec. Air Hangat Timur, Kab. Kerinci. – Image Credit by Wisatasia.com

Jika ingin bermain di lokasi air terjun yang lebih bersahabat pelancong dapat mengunjungi air terjun di Sungai Medang. Air terjun ini tidak terlalu tinggi dan merupakan bagian dari aliran air Sungai Medang. Terdapat kesan yang menyenangkan ketika mengunjungi sungai ini dengan keluarga, teman atau keluarga. Efek relaksasi segera dirasakan ketika menyusuri hutan dalam perjalanan menuju kesana. Lokasi Sungai Medang terletak di daerah Air Hangat Timur. Tidak ada biaya masuk dan jam operasional di tempat wisata ini.

11. Air Terjun Kolam Jodoh

Air Terjun Kolam Jodoh

Lokasi: Biuku Tanjung, Kec. Bangko Barat, Kab. Merangin. – Image Credit by Tokopedia.com

Sesuai dengan namanya air terjun ini menjanjikan hal yang sama dengan yang bisa diberikan berbagai kolam tempat pemandian atau air terjun lain yang tersebar di seluruh Indonesia. Mandi di air terjun ini akan membuat seseorang menjadi semakin dekat dengan jodoh. Bagi yang sudah menemukan jodohnya akan dapat menikmati pemandangan sekitar dan penampilan air terjun yang memang sangat unik.

Air terjun ini terletak di Geopark Jambi, Kabupaten Merangin. Pengunjung bisa saja harus melewati jalan setapak yang licin ketika menuju lokasi air terjun jadi gunakan pakaian yang sesuai dengan medan dan cuaca.

12. Telaga Biru

Telaga Biru

Lokasi: Selamat, Kec. Telanaipura, Kota Jambi. – Image Credit by Wisatameranginblog.wordpress.com

Daerah wisata ini memiliki bentuk yang istimewa. Semua orang yang mengunjungi tempat ini akan merasakan beragam jenis perasaan. Kesan mistis dan rasa takjub akan keindahan danau kecil ini akan bercampur dalam perasaan setiap orang. Danau kecil yang berwarna biru ini termasuk tempat yang cukup sering dikunjungi untuk berbagai alasan. Terdapat di daerah Tanjung Alam, Sungai Tenang dalam perlindungan hutan yang ada di daerah tersebut. Mengunjungi daerah ini tidak melibatkan medan yang sulit tapi akan sangat baik memiliki pemandu karena hutan dapat membuat pengunjung menjadi tersasar.

13. Taman Telun Berasap

Taman Telun Berasap

Lokasi: Telun Berasap, Gunung Tujuh, Kab. Kerinci. – Image Credit by Ksmtour.com

Taman ini merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci yang merupakan daerah dilindungi di sekitar Gunung Kerinci. Taman ini memiliki banyak hal yang bisa dilihat. Berbagai tempat berfoto juga dapat ditemukan diaeral taman. Belum lagi melihat air terjun dengan ketinggian mencapai 50 meter yang tentu saja akan dihiasi pecahan air yang jatuh ke tanah dari ketinggian tersebut dalam bentuk asap embun di sekitar area air terjun.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sarolangun Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Kunjungi tempat ini dengan perlengkapan yang tepat. Dinginnya air yang di percikan air terjun sanggup mendinginkan hati dan jiwa apalagi pada saat musim hujan. Terletak di Desa Telun Berasap Kecamatan Kayu Aro. Beroperasi dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore dengan harga tiket 10 ribu rupiah.

14. Candi Tinggi

Candi Tinggi

Lokasi: Muaro Jambi, Kec. Maro Sebo, Kab. Muaro Jambi. – Image Credit by Kajanglako.com

Walaupun memiliki nama tinggi tapi candi ini sebenarnya tidak terlalu tinggi. Dengan ketinggian

7,6 meter candi ini memiliki desain yang sedikit berbeda daripada candi pada umumnya. Posisi candi terletak di daerah ketinggian. Tempat wisata dijamin sepi karena banyak orang yang malas naik keatas karena harus mendaki.

Candi ini merupakan bagian dari kompleks percandian di daerah Muaro Jambi. Area Candi akan beroperasi dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Para pengunjung akan ditarik biaya sebesar 5000 untuk orang dewasa dan 3000 untuk anak-anak.

15. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi

Lokasi: muara jambi, Kec. Maro Sebo, Kab. Muaro Jambi. – Image Credit by Pesona.travel

Candi Muaro merujuk kepada bangunan utama candi di daerah Desa Muaro. Candi ini merupakan bangunan utama dari kompleks candi di daerah ini. Ukuran candi cukup besar dan tempat ini merupakan tempat pertemuan utama jika ingin mengunjungi berbagai candi di kompleks candi ini. Lokasi candi sama dengan lokasi Candi Tinggi. Jam operasional candi mulai dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Orang dewasa akan dikenakan biaya 5000 dan anak-anak akan dikenakan biaya 3000 rupiah.

16. Hesti’s Garden

Hesti’s Garden

Lokasi: Muara Manderas, Kec. Jangkat, Kab. Merangin. – Image Credit by Detik.com

Area taman ini merupakan tempat khusus untuk mencari spot foto bagus. Para pemburu foto dapat menemukan banyak sekali spot foto yang sangat bagus di daerah ini. Banyak area dan situasi yang bisa dijadikan latar belakang foto yang bagus. Tidak jarang pada waktu liburan orang-orang akan memenuhi tempat ini untuk mencari spot foto terbaik dan menikmati pemandangan taman yang bagus ini. Sedikit eksplorasi akan menghasilkan banyak sekali pilihan tempat berfoto dengan latar-latar yang sangat menarik. Taman akan dibuka dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore. Semua pelancong bisa mengunjungi tempat ini tanpa biaya.

17. Danau Biru Muara Tembesi

Danau Biru Muara Tembesi

Lokasi: Kebun Baru, Kec. Muara Tembesi, Kab. Batang Hari. – Image Credit by Travelingyuk.com

Danau biru ini terjadi karena hasil penggalian tanah untuk membuat batu bata. Danau ini memiliki area yang cukup luas dan semua orang dapat memasuki danau untuk menikmati airnya. Warna air danau biru kehijauan dan dikellingi oleh pemandangan alam yang sangat menarik. Sedikit keahlian ndalam embuat foto dan video akan menghasilkan efek yang dengan kesan seperti sebuah daerah di negara lain. Danau akan ditemukan jika mengunjungi Desa Kebun Baru Muara Tembesi.

18. Danau Belibis

Danau Belibis

Lokasi: Giri Mulyo, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci. – Image Credit by Linknewsjambi.blogspot.com

Danau ini memiliki area yang sanat luas dengan posisi di ketinggian. Di sekitar danau akan ditemukan banyak sekali burung belibis yang memang bersarang di sekitar tempat ini. Lokasi danau masih termasuk ke dalam kawasan Gunung Kerinci. Danau ini memiliki pesona yang sangat menawan dan bisa membuat semua orang betah di sana. Disarankan untuk tidak mengunjungi tempat ini terlebih dahulu jika ingin mendaki Kerinci karena pendakian akan terasa lebih berat karena rasa malas.

19. Danau Lingkat

Danau Lingkat

Lokasi: Lempur Hilir, Kec. Gunung Raya, Kab. Kerinci. – Image Credit by Wisatakita.com

Danau Lingkat adalah danau lain yang terdapat di area Kerinci. Danau ini terbentuk sebagai hasil dari aktifitas gunung berapi sehingga terkadang bisa berbahaya untuk dikunjungi. Danau Lingkat memiliki area yang luas dengan dikelilingi hutan sehingga spot berfoto mungkin akan memiliki latar belakang pepohonan. Daerah wisata ini terletak di Lempur Hilir Gunung Raya. Kesulitan untuk mencapai daerah ini minimal dan memungkinkan untuk mengajak anak atau keluarga ke tempat ini.

20. Danau Kumbang

Danau Kumbang

Lokasi: Tuo, Kec. Lembah Masurai, Kab. Merangin. – Image Credit by Travelingyuk.com

Danau ini merupakan salah satu spot favorit para pendaki yang berkunjung ke daerah Gunung Masurai.berlokasi di Kabupaten Merangin gunung dengan ketinggian dan medan yang lebih ringan ini sering dijadikan tempat rekreasi pendaki gunung pemula ataupun yang telah biasa mendaki gunung. Lokasi danau lebih disukai karena sudah dekat ke puncak gunung dan area danau yang menyediakan banyak lapangan untuk mendirikan tenda dan berkumpul bersama para pendaki.

Dari sekian banyak pilihan, 20 rekomendasi tempat wisata di Jambi yang diulas di atas merupakan yang paling populer dikunjungi wisatawan. Beberapa dari objek wisata yang tidak disebutkan tidak begitu jauh dari objek wisata yang lebih terkenal. Banyak tempat wisata di daerah ini yang masih belum dipersiapkan dengan baik untuk semua jenis pengunjung karena mempertahankan kesan alami dari objek wisata tersebut.