20 Tempat Wisata di Kampar Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Kampar

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Terbaik di Kampar, Provinsi Riau. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Terhits untuk Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan.

Provinsi Riau memang selalu menyimpan pesoana yang tidak ada habisnya. Salah satu wilayah di Bumi Sarimadu ini yang wajib Anda kunjungi adalah Kabupaten Kampar. Tempat yang satu ini akan membawa Anda menjelajah berbagai pengalaman wisata yang sangat seru. Bagi Anda yang selama ini bosan dan stress akbiat pekerjaan, Anda wajib untuk berkunjung ke Kampar. Bukan hanya dapat menghilangkan stress dan beban yang terus menumpuk dipikiran, Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang sangat menyenagkan selama ada di temapat yang satu ini.

BUkan hanya satu objek wisata, Anda bahkan bisa menjelajah Kampar untuk mengunjungi berbagai objek wisata menarik yang seolah tidak pernah ada habisnya. Penasaran? Berikut 20 rekomendasi tempat wisata di Kampar yang wajib Anda kunjungi.

1. Taman Agro Nadiin

Taman Agro Nadiin
Image Credit: Google Maps (Beni Afriyansyah)

Destinasi wisata alam terakhir yang dapat Anda kunjungi selama berada di Kampar adalah Taman Agro Nadiin. Kawasan wisata satu ini masih tergolong baru, meskipun begitu tempat ini sudah sangat ramai dan dikenal banyak orang. Taman wisata ini menghadirkan berbagai hal atau aktivitas yang dapat Anda lakukan. Mulai dari berolahraga, berfoto, berkuda, bernyanyi, berenang, memancing, dan masih banyak hal seru lainnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuapan, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

2. Puncak Mahligai Indah

Puncak Mahligai Indah
Image Credit: Nyero.id

Seperti namanya tempat yang satu ini memang menyimpan banyak keindahan. Anda bisa melihat keindahan Kampar dari atas puncak. Hijaunya pepohonan dengan gugusan pulau yang sangat memikat. Bagi Anda yang senang berfoto, Anda sangat wajib untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Tempatnya sangat indah dan menarik. Pemandangannya juga amat memukau. Tempat yang satu ini memang sangat pas untuk dijadikan spot foto.

Dijamin, foto hasil jepretan Anda akan sangat apik berkat pemandangan Puncak Mahligai Indah yang sangat memesona. Untuk Anda yang ingin berkunjung pastikan batrai ponsel atau kamera Anda dalam keadaan full, agar Anda bisa puas saat mengambil berbagai spot foto yang menarik di puncak ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

3. Stanum Bangkinang

Stanum Bangkinang
Image Credit: Google Maps (Angga Napitupulu)

Stanum Bangkinang adalah salah satu destinasi wisata alam yang sudah sangat terkenal dan populer. Kawasan wisata satu ini memiliki berbagai wahana permainan yang sangat lengkap. Mulai dari kolam renang dengan berbagai ukuran, arena skateboard, gedung pertemuan, penginapan, dan restoran. Yang mana dapat digunakan oleh para pengunjungnya. Sehingga akan membuat Anda merasa nyaman dan betah disini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Langgini, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau.

4. Puncak Kompe

Puncak Kompe
Image Credit: Instagram.com @mdwiputraaa_

Wisata yang satu ini juga sangat cocok untuk Anda yang hobi berfoto. Berbagai spot yang instagramable pasti akan memenuhi berbagai galeri foto Anda.

Pemandangan di puncak kompe juga sangat indah, Anda pastinya akan sangat dimanjakan dengan pemandangan yang begitu memukau. Berkunjung ke tempat yang satu ini tidak akan membuat Anda menyesal. Anda bisa berkunjung dengan teman Anda yang juga memiliki hobi berfoto sehingga kamian bisa bergantian untuk saling memotret.

Bagi Anda yang ingin bersantai juga sangat cocok, duduk sembari menatap pemandangan di depan mata adalah hal yang akan membuat pikiran Anda menjadi jauh lebih damai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Sumbar, Koto Mesjid, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar.

5. Hutan Pinus Kampar

Hutan Pinus Kampar
Image Credit: Google Maps (Nurul Wahyudi)

Ingin menikmati keindahan alam pada sebuah bukit di Kabupaten Kampar, maka Anda wajib untuk menyempatkan waktu berkunjung di Hutan Pinus Kampar. Lokasi wisata satu ini terbilang sangat strategis. Sehingga akan memberikan kemudahan bagi para pengunjung atau wisatawan yang tertarik untuk datang dan melihat keindahan panorama alamnya. Bahkan tempat ini sudah sangat ramai pengunjung.

Berada di atas perbukitan, hutan pinus ini mampu menghadirkan sebuah pemandangan alam yang sangat asri dan alami. Terlebih lagi para pengunjungnya kerap menjadikan lokasi ini sebagai spot untuk berfoto. Tak heran, apabila para pengunjung atau wisatawan datang hanya sekedar untuk berfoto dan mengabaikan moment. Namun, Anda tak perlu ragu dikarenakan fasilitas yang ada di sana sudah terbilang lengkap.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Rokan Hulu yang Paling Populer
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Langgini, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau.

6. Puncak Pukatan

Puncak Pukatan
Image Credit: Mediacenter.riau.go.id

Kampar memang sepertinya akan menjadi tempat terbaik yang sangat cocok untuk berfoto ria. Ada akan dimanjakan dengan berbagai spot indah yang tentu sangat instagramable untuk di unggah diberbagai media Instagram.

Untuk Anda yang ingin berfoto dengan spot yang cantik dengan pemandangan alam yang memukau maka puncak pukat adalah jawabannya.

Disini, terdapat berbagai spot menarik yang sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang anti kuno. Anda pasti akan mendapatkan banyak like di media social berkat spot di puncak pukat yang mengagumkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangkinang – Payakumbuh, Batu Bersurat, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar

7. Rumah Lontiok

Rumah Lontiok
Image Credit: Instagram.com @embunkedjora

Objek wisata selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan adalah Rumah Lontiok. Kawasan rumah satu ini merupakan salah satu ciri khas dari Kabupaten Kampar ini. Yang mana pada setiap bangunan rumahnya memiliki nilai dan simbolik sendiri-sendiri. Bahkan pada rumah ini, di setiap bagiannya memiliki makna dan artinya. Sehingga saat berkunjung ke tempat ini, Anda akan mendapatkan sebuah bimbingan.

Terkenal dengan berbagai keunikan dan ciri khasnya, rumah satu ini menjadi salah satu incaran para wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Kampar. Nantinya, para pengunjung dan wisatawan dapat menyaksikan secara langsung. Bahkan Anda juga dapat mengabadikan moment dari setiap inci di rumah khas Kampar ini. Selain itu, pemandangan alam disekitarnya menjadi perpaduan yang sangat menawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pulau Belimbing Kuok, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar, Riau.

8. Ulu Kasok

Ulu Kasok
Image Credit: Bisniswisata.co.id

Bagi Anda yang sangat menyukai pemandangan alam maka Anda akan sangat gembira ketika sudah tiba di ulu kasok. Bukan hanya menyimpan keindahan tapi tempat yang satu ini akan membuat Anda menjadi lebih tenang. Anda bisa menjernihkan pikiran dan memnenangkan batin Anda akibat banyaknya berbagai tekaan pekerjaan yang seolah tidak ada habisnya.

Bagi Anda yang selama ini tiggal di daerah perkotaan dengan pemandangan bangunan tinggi yang mengaggumkan, Anda akan sangat terkejut meilhat pesona ulu kasok yang tidk Anda duanya. Jika Anda berkunjung ke Kampar, maka ulu kasok adalah tempat yang wajib ada pada daftar wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

9. Air Terjun Panisan

Air Terjun Panisan
Image Credit: Instagram.com @muhitiawann

Tertarik untuk menikmati keindahan salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Kampar? Anda dapat menyempatkan waktu untuk berkunjung dan menyaksikan secara langsung keindahan panorama alamnya, yakni Air Terjun Panisan. Menjadi salah satu objek wisata yang sudah sangat terkenal bahkan favorit di kalangan para wisatawan lokal atau luar daerahnya, dikarenakan pemandangan yang menakjubkan.

Tempat wisata ini akan menyuguhkan sensasi sedang berada di tempat pribadi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan lokasinya yang terbilang sangat sepi. Yang mana nantinya Anda akan mendapatkan sensasi yang sangat menenangkan. Bahkan tak jarang banyak orang yang datang hanya sekedar untuk melepaskan perasaan penat dan lelah, dikarenakan suntuknya nuansa di perkotaan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Anjung, Kec. Koto Kampar Hulu, Kab. Kampar, Riau.

10. Green Canyon Gumalo

Green Canyon Gumalo
Image Credit: Merahputih.com

Tempat wisata yang satu ini akan memberikan pengalaman yang tidak akan Anda lupakan. Jika berkun jung ke pantai sudah terlalu biasa, maka Anda wajib mengunjungi green canyon Gumalo. Wisata yang satu ini seolah akan mendekatkan Anda dengan alam. Anda bisa menyururi sungai gumalo dengan perahu. Anda akan melewati bebatuan yang mengaggumkan, pemandangan yang seolah tidak ada habisnya.

Berkunjung ke Green Canyin Gumalo akan membawa Anda pada pengalaman wisata yang pasti akan sulit Anda lupakan. Anda mungkin akanmengunjungi tempat wisata ini lagi jika suatu hari akan kembali ke Kampar. Ajak teman Anda untuk seru-seruan bersama.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Siak Terbaru & Terhits Dikunjungi
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangkinang – Payakumbuh, Batu Bersurat, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

11. Pulau Cinta

Pulau Cinta
Image Credit: Facebook.com @(Muhammad ALi)

Berada di Kabupaten Kampar, akan terasa tidak lengkap bilang tidak berkunjung di salah satu tempat wisatanya. Kabupaten ini sudah sangat terkenal dengan berbagai macam jenis wisatanya, salah satunya adalah Pulau Cinta. Tempat wisata satu ini sangat terkenal di telinga para wisatawan. Sehingga tak heran apabila kawasan wisata ini sangat ramai dikunjungi, terlebih lagi saat datangnya musim liburan.

Meskipun tempat wisata ini masih tergolong sangat baru. Namun, tempat ini sudah mampu menghadirkan sebuah keindahan dan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjungnya. Terlebih lagi, di pulau ini nantinya Anda dapat melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas yang sangat seru. Mulai dari bermain air, berenang, dan menikmati seluruh wahana permainan yang telah disediakan oleh pihak pengelolahnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

12. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus
Image Credit: Batiqa.com

Jika selama ini Anda hanya tahu Candi Borobudur dan Candi Prambanan, maka sudah saatnya Anda ke Kampar untuk melihat candi muara takut. Wisata yang satu ini bisa menjadi wisata budaya yang tentu memiliki banyak nilai yang bisa and ambil. Anda juga akan melihat keindahan candi dan mengambil beberapa foto menarik selama di Candi Muara Takus ini.

Bagi Anda yang ingin berwisata sejarah maka candi muara adalah jawabannya. Anda bisa mengaggumi keindahan dari candi yang selama ini jarang Anda temui.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Muara Takus, Kec. XIII Koto, Kab. Kampar, Riau.

13. Sungai Hijau

Sungai Hijau
Image Credit: Google Maps (Robi Sumarso)

Tertarik mengunjungi sebuah sungai di Kampar, yang mana dijadikan sebagai salah satu objek wisata unggulan. Maka Anda dapat mencoba untuk menyempatkan waktu datang di Sungai Hijau. Yang mana kawasan wisata satu ini menawarkan sebuah tempat wisata yang sangat cocok untuk family friendly. Bahkan ada yang mengatakan bahwa, akan terasa kurang lengkap bila tidak datang di wisata Kampar ini.

Sesuai dengan nama yang dimiliki oleh objek wisata satu ini, merupakan tempat yang menawarkan sebuah air sungai dengan warna hijau. Bahkan air yang ada di sungai ini terkenal sangat sejuk dengan pasir putih dan beberapa bebatuan kokoh, yang mana menambah kesan keindahan tersendiri bagi wisata ini. Lokasi ini sangat cocok digunakan untuk berenang dan bermain bagi anak-anak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangkinang, Salo, Kec. Kampar, Kab. Kampar, Riau.

14. Desa Buluh Cina

Desa Buluh Cina
Image Credit: Riaumagz.com

Wisata yang satu ini kini sangat popular lo di Kampar hal ini dikarenakan banyaknya spot yang cocok untuk berfoto. Anak-anak muda sering menghabiskan waktu dengan mengambil berbagai foto di desa buluh cina, bagi Anda yang juga senang mengunggah foto di media soaial maka Anda bisa berkundung ke destinasi wisata yang satu ini.

Bukan hanya itu, Anda juga akan menjumpai berbagai macam jenis flora dan fauna yang hidup di sekitar tempat wisata ini. Anda bisa mengedukasi anak Anda mengenai flora dan fauna juga tentang alam.

Wisata ini bisa menjadi aket yang sangat lengkap, Anda bisa melepas penat, mendapatkan foto yang menarik serta mengajarkan berbagai hal mengenai lingkungan pada anak Anda selama berada di desa buluh cina tersebut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Buluh Cina, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

15. Rimbang Baling

Rimbang Baling
Image Credit: Google Maps (Zuki Rama)

Destinasi wisata selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan adalah Rimbang Baling. Tempat ini merupakan salah satu kawasan suaka margasatwa yang ada di Riau, tepatnya terletak di Kabupaten Kampar. Wisata satu ini menawarkan sebuah keindahan alam yang sangat eksotik dan terlihat alami. Pesona alam yang ditawarkan inilah yang membuat banyak pengunjung atau wisatawan tertarik untuk datang.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Indragiri Hulu Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Banyak dari pengunjung yang menyebutkan bahwa tempat ini adalah surga tersembunyi. Nantinya selama berada di kawasan wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai keindahan alamnya yang segar dan hijau. Anda dapat melihat sekitar dan bahkan berkeliling untuk melihat keindahannya dengan menggunakan perahu masyarakat sekitar. Dengan begitu, Anda akan merasakan nyaman di kawasan wisata ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kota Lama, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

16. Teluk Jering

Teluk Jering
Image Credit: Riau.go.id

Seperti namanya, wisata yang satu ini juga akan memanjakan Anda karena pemandangan teluknya yang sangat memesona. Teluk di sini juga memiliki air yang biru dan jernih, Anda tidak akan bosan meski Anda hanya duduk santai semabari menatap pemandangan yang mengagumkan.

Anda juga bisa bermain air di bibir teluk. Kegiatan tersebut tentu akan sangat menyenagkan. Anda juga bisa menggunakan banana bot untuk menyusuri lebih jauh teluk yang satu ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Cinta Teluk Jering, Teluk Kenidai, Tambang, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

17. Jembatan Water Front City Bangkinang

Jembatan Water Front City Bangkinang
Image Credit: Instagram.com @seputarkampar

Ingin berkunjung di tempat wisata yang berbeda dari lainnya? Maka wajib untuk datang dan berkunjung di objek wisata Kampar satu ini, yakni Jembatan Water Front City Bangkinang. Kawasan wisata ini merupakan salah satu tempat yang akan membuat Anda merasakan keindahan dan keunikannya tersendiri. Jembatan ini memiliki posisi yang menjorok hingga sekitar 100 meter.

Tempat wisata satu ini, kerap dikunjungi banyak orang karena menawarkan sebuah keindahan nuansa senja yang sangat romantis. Saat menjelang malam, jembatan satu ini akan diterangi dengan deretan lampu yang kerlap-kerlip. Spot menarik dari tempat ini adalah bagian bawah jembatannya. Yang mana Anda dapat menyaksikan secara langsung air sungai yang sangat bersih dan jernih.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pulau Lawas, Kec. Bangkinang Seberang, Kab. Kampar, Riau.

18. Bukit Naang Bangkinang

Bukit Naang Bangkinang
Image Credit: Travelingyuk.com

Wisata yang satu ini bukan tentang wisata alam meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa pemandangan yang disajikan begitu indah. Namun, wisata yang satu ini adalah wisata adrenalin. Anda bisa mencoba flying fox untuk menguji adrenalin Anda. Semabali menaiki flyong fox yang tentu tinggi dan menegangkan, Anda bisa melepas stress dengan triakan Anda lo. Tidak percaya? Coba saja sendiri.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Bangkinang Petapahan, Pasir Sialang, Kec. Bangkinang Seberang, Kab. Kampar, Riau.

19. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas
Image Credit: Instagram.com @exploresumbarriau

Objek wisata pertama yang dapat Anda kunjungi selama berada di Kabupaten Kampar adalah Air Terjun Batang Kapas. Kawasan wisata alam satu ini merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Sumatera Tengah. Yang mana air terjun ini terkenal dengan kecantikan dan kemegahannya. Tempat ini mempunyai ketinggian sekitar 150 meter, sehingga membuat air terjun ini memiliki debit air yang kuat.

Para pengunjung yang ada di kawasan ini, umumnya sering melakukan bermain air di pinggiran air terjunnya. Bahkan tak jarang wisatawan yang ada melakukan camping di sekitar tempat wisata ini. Hal ini dikarenakan tempat wisata satu ini sangat cocok dengan panorama pemandangan alamnya yang menakjubkan. Sehingga tak heran apabila banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahannya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batu Sasak, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

20. Lubang Kolam Kampar

Lubang kolam Kampar
Image Credit: Bestahumendala.blogspot.com

Wisata selanjutnya yang juga ada di Kampar adalah lubang kolam Kampar. Anda bisa mengambil bebrapa gambar di trowongan yang satu ini. Pemandangan sekitarnya juga cukup indah ko. Anda bisa berfoto membelakangi gua atau berpose lainnya. Foto yang Anda ambil dengan latar belakang treowongan ini akan membuat hasil foto mu terlihat lebih klasik dan tentu saja menarik. Bagi Anda yang hobi berfoto, Anda wajib mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bangkinang – Payakumbuh, Merangin, Kec. Kuok, Kab. Kampar, Riau.