Sumatra Utara

15 Tempat Wisata di Karo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Tempat Wisata Terbaik di Karo, Sumatera Utara. Objek Wisata Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan Saat Liburan atau pun Akhir Pekan.

Kota Karo ialah salah satu wilayah yang ada di Sumatera Utara. Tempat ini memiliki iklim yang sejuk dan asri. Tidak heran jika Berastagi Karo menjadi salah satu penghasil buah dan sayur yang hasilnya bisa dijual hingga ke luar negeri. Malaysia dan Singapura menjadi tujuan eksport terbesar.

Bila berkunjung ke Karo akan ada objek wisata yang indah nan eksotis, Anda tidak perlu bingung mencari destinasi wisata tujuan karena pilihannya sangat banyak. Mulai dari air terjun, danau hingga gunung menjadi objek yang sangat menarik.

Belum ada wisata modern yang penuh dengan fasilitas lengkap. Makin penasaran? Berikut ini ada 15 tempat wisata di Karo yang akan membuat Anda terpukau.

1. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling

Image Credit: Triptrus.com

Sebuah bukit indah yang dikelilingi dengan hutan pinus ini bisa dijadikan destinasi wisata pilihan bagi Anda yang suka dengan tantangan. Pasalnya, bukit ini memiliki ketinggian yang cukup menantang yakni sekitar 1,575 mdpl. Dengan ketinggian yang demikian tentu akan lebih seru ketika sudah sampai di puncak. Banyak pemandangan menarik yang bisa dijadikan latar untuk berfoto, misalnya sambil membawa bendera merah putih atau berfoto seadanya.

Akses untuk dapat mencapai lokasi ini sebenarnya mudah, hanya saja tidak ada kendaraan umum yang lewat sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi. Jaraknya yang hanya 3 km saja sebenarnya bisa naik ojek saja karena tarif juga akan terjangkau. Adapun tarif masuknya sebesar Rp. 2.000,- sedangkan tarif parkir motor sebesar Rp. 3.000,- untuk mobil sebesar Rp. 5.000,-

Lokasi: Jl. Jamin Ginting, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kab. Karo.

2. Desa Peceren

Desa Peceren

Image Credit: Pariwisata.karokab.go.id

Ini adalah salah satu desa tradisional yang dihuni oleh Suku Karo. Suku ini sudah hidup ratusan tahun di tempat ini dengan aman dan damai. Nama lain desa ini ialah Desa Sempajaya, orang lebih mengenalnya karena nama ini sudah digunakan sejak lama. Di desa ini terdapat beberapa rumah adat yang sudah berdiri cukup lama yakni lebih dari 120 tahun.

Dari beberapa rumah adat tersebut setidaknya ada 700 kepala keluarga yang menghuni. Dalam satu rumah adat biasanya ada sekitar 8-10 kepala kelurga beserta anak cucunya. Tidak heran jika desa tradisional ini terus berkembang dan terus berjaya hingga sekarang. Dengan akses yang mudah maka tidak heran jika desa ini menjadi destinasi wisata pilihan bagi banyak orang. Untuk akses paling mudah yakni lewat Jl. Lintas Medan-Berastagi.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Gunungsitoli Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Peceren, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo.

3. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini

Image Credit: Tobasatu.com

Meski dinamakan taman alam namun objek wisata terbesar ialah sebuah Vihara yang besar dan megah sebagai tempat ibadah penganut Budha. Tiap akhir pekan, tempat ini selalu ramai pengunjung karena lokasinya sangat indah dan menawan. Arsitek bangunan juga mirip dengan kuil yang ada di Thailand. Baik bentuk dan warna catnya sangat mirip sekali. Bahkan ada pagoda emas yang nempel di atas vihara. Sungguh sangat indah.

Tidak heran jika pengunjung yang datang akan selalu menyempatkan diri berfoto di Taman Alam Lumbini. Nuansa dan harmoni yang tercipta memang sangat luar biasa. Tiket masuk ke vihara sebesar Rp. 5.000,- per orang. Sedangkan biaya parkir mobil Rp. 5.000,- dan motor Rp. 3.000,- Jika Anda hanya menikmati taman yang ada di vihara maka tidak dikenakan biaya.

Lokasi: Barus Jahe, Brastagi, Dolat Rayat, Kec. Kabanjahe, Kab. Karo.

4. Museum Pusaka Karo

Museum Pusaka Karo

Image Credit: Tempatwisataunik.com

Destinasi wisata yang satu ini berupa peninggalan budaya suku Karo. Terdapat beberapa pusaka bersejarah seperti pisau tumbuk lada, tutu-tutu dan untai-untai. Selain itu, Anda juga dapat melihat tabu-tabu irawang yang dulunya digunakan untuk menyimpan bubuk mesiu. Terbuat dari labu tua yang kering namun sudah dikeluarkan isinya.

Lokasi: Jl. Perwira, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kab. Karo.

5. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk

Image Credit: Merahputih.com

Tempat wisata yang satu ini menawarkan pesona Karo dari sisi yang berbeda, yakni sebuah pemandian air panas yang penuh dengan belerang. Namun, aroma belarang yang ada di pemandian ini tidak begitu kentara jadi cukup aman bagi Anda yang tidak suka dengan aroma tersebut. Dulunya, tempat ini sebuah cagar alam yang kemudian berubah menjadi taman wisata pada tahun 1980 dengan luas hampir 7 ha.

Kini lokasi ini menjadi tempat pemandian air panas yang sangat disukai oleh banyak orang. Tiket masuk untuk hari biasa sekitar Rp. 15.000,- namun pada akhir pekan menjadi Rp. 20.000,- Meskipun tergolong mahal namun fasilitas yang diberikan cukup lengkap. Anda tidak akan merasa tertipu dengan nilai yang hanya sekian rupiah karena fasilitasnya dapat dikatakan lebih dari itu. Sedangkan untuk tarif parkir tetap standar yakni Rp. 3.000,- untuk motor sedangkan mobil Rp. 5.000,-

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Medan yang Paling Enak

Lokasi: Jl. Letjend Jamin Ginting, Lau Gumba, Kec. Berastagi, Kab. Karo.

6. Funland Mickey Holiday

Funland Mickey Holiday

Image Credit: Youtube.com (Arif Tri Handoko)

Berikutnya ada surganya wahana permainan air yang sangat asik dan menarik. Setidaknya Anda akan disuguhkan dengan beragam permainan modern seperti tornado, roller coster, peluncur air dan air mancur. Beragam permainan tersebut bisa Anda mainkan secara bebas karena sudah membayar tiket masuk sebesar Rp. 120.000,- Destinasi wisata yang satu ini terletak di Jl. Letjen Jamin Ginting.

Lokasi: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo.

7. Bukit Kubu

Bukit Kubu

Image Credit: Gobatak.com

Anda akan sangat terpukau dengan wisata alam yang satu ini. Meski dikatakan wisata alam namun penataan Bukit Kubu cukup modern dan profesional. Terbukti dengan tempatnya yang memiliki fasilitas lengkap seperti flying fox, naik kuda, remote control berupa mobil dan area perkemahan mewah. Dikatakan mewah karena memang lokasinya cukup ekslusif.

Berbeda dengan bumi perkemahan lain, wisata ini justru menghadirkan lokasi perkemahan yang mirip dengan belahan Eropa pada musim panas. Di sekitar bukit juga terdapat beberapa penginapan dengan tarif yang bervariasi. Hanya saja tiket masuk cukup mahal yakni Rp. 15.000,- tanpa kendaraan.

Jika menggunakan kendaraan maka akan dikenakan tarif secara kelompok, yakni Rp. 30.000,- untuk roda dua dan Rp. 100.000,- untuk roda empat. Tentunya tarif akan berbeda lagi jika menggunakan kendaraan roda enam. Destinasi wisata ini terletak di Jl. Letjen Jamin Ginting, Gundaling II.

Lokasi: Jl. Letjen jamin Ginting, Gundaling II, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo.

8. Panatapan

Panatapan

Image Credit: Tribunnews.com

Jika Jogja memiliki wisata malam berupa bukit bintang maka kota Karo juga memiliki wisata tersendiri berupa Panatapan. Lokasi ini menawarkan beragam menu menarik seperti mie rebus dan jagung bakar. Ada juga menu lain berupa aneka kopi dan susu. Biasanya tempat ini menjadi tempat nongkrong gratis yang menarik karena hanya membayar makanan saja.

Lokasi: Doulu, Kec. Berastagi, Kab. Karo.

9. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar

Image Credit: Kirani.id

Sebuah danau indah yang cocok dijadikan tempat camping. Tentu akan menjadi pengalaman menarik jika Anda dapat menghabiskan waktu sambil bermalam bersama api unggun. Bersama sahabat atau keluarga sambil membakar ayam, jagung atau ubi. Tempatnya yang unik dan menarik membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota karena bisa ditempuh hanya dengan 50 menit saja.

Lokasi: Kuta Gugung, Kec. Naman Teran, Kab. Karo.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Langkat Terbaru & Terhits Dikunjungi

10. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap

Image Credit: Tempatwisata.pro

Pemandangan yang dihadirkan tempat ini sangat indah dan nyata. Anda tidak hanya bisa melihat air terjun namun juga beragam tumbuhan hijau dapat menambah keindahan. Belum lagi adanya Monyet Gibon yang membuat suasana menjadi lebih meriah.

Fasilitas yang ada di tempat ini cukup lengkap yakni ada toilet, ruang parkir yang luas, tempat ibadah dan sebagainya. Bagi Anda yang ingin berkunjung tidak usah khawatir karena biaya masuknya gratis.

Lokasi: Martelu, Kec. Sibolangit, Kab. Karo.

11. Gundaling Farm Berastagi

Gundaling Farm Berastagi

Image Credit: Tripadvisor.com

Sebuah peternakan sapi modern yang dikelola dengan sangat profesional oleh perusahaan ternama di Indonesia. Anda dapat menimati susu segar yang baru diperah. Susu hangat yang baru diperah biasanya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih baik karena fresh. Selain itu ada juga dapat menikmati olahan susu berupa yogurt atau keju.

Lokasi: Jl. Pendidikan, Jaranguda, Kec. Simpang pelawi, Kab. Karo.

12. Kebun Raya Tongkoh

Kebun Raya Tongkoh

Image Credit: Topmetro.news

Tidak hanya Bogor saja yang memiliki kebun raya namun Kota Karo juga memiliki wisata serupa yang menjadi kebanggaan. Di tempat ini Anda dapat menikmati buah segar dengan kualitas super berupa jeruk madu, markisa dan stroberi.

Lokasi: Gundaling II, Kec. Berastagi, kab. Karo.

13. Desa Lingga

Desa Lingga

Image Credit: Silima-merga.blogspot.com

Masih ada lagi desa budaya yang masih terdapat Suku Karo. Hanya saja, rumah adat yang ada di tempat ini lebih tua dibanding rumah adat yang ada di Desa Peceren. Terlebih lagi ada bangunan tua lain berupa museum, Jambur Geliten dan Sapo Page. Tiap rumah adat biasanya dihuni oleh 10 kepala keluarga.

Lokasi: Lingga, Kec. Simpang Empat, Kab. Karo.

14. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Gunung ini memiliki rute pendakian yang mudah dan menyenangkan. Bagi pemula mungkin butuh waktu 2-3 jam, namun bagi mereka yang sudah sering melakukan pendakian maka hanya butuh waktu kurang dari 2 jam.

Fasilitas yang ada di gunung ini juga cukup lengkap yakni berupa toilet, kuliner dan tempat parkir yang aman. Apabila menggunakan kendaraan pribadi di tempat ini tidak perlu khawatir karena lokasinya cukup aman.

Lokasi: Sempajaya, Kec. Berastagi, Kab. Karo.

15. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna

Image Credit: Hetanews.com

Berikutnya ada wisata berupa air terjun yang memiliki air dan pemandangan yang sangat menarik. Air terjun dengan ketinggian sekitar 75 meter ini tentu memiliki aliran air yang cukup deras. Destinasi wisata ini terletak di Kawasan Perkemahan Sibolangit.

Lokasi: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang.

Itulah 15 tempat wisata di Karo yang akan membuat Anda terpukau dan terpesona. Liburan akan lebih berkesan dengan melihat langsung keindahan alam Bersama keluarga atau teman sejawat. Semoga bermanfaat!