Bengkulu

10 Tempat Wisata di Kaur Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Kaur, Provinsi Bengkulu. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits yang Kaya Pesona, Wajib Anda Eksplor Saat Memilih Liburan ke Kaur.

Kaur adalah salah satu Kabupaten yang ada di Bengkulu. Wilayah ini hanya memiliki luas sekitar 2.370 Km2 saja namun memiliki panorama yang indah dan juga populer. Banyak destinasi wisata cantik yang bisa Anda kunjungi bersama sahabat atau keluarga. Wilayah Kaur yang luas juga penuh dengan jumlah penduduk yang padat. Setidaknya ada sekitar 298.176 jiwa yang tinggal dan menetap di kota ini.

Kabupaten ini juga menyimpan pesona keindahan alam yang patut Anda kunjungi. Berikut ini ada 10 tempat wisata di Kaur yang akan membuat Anda terpukau.

1. Pantai Way Hawang

Pantai Way Hawang

Image Credit: Beachbeacho.blogspot.com

Sebuah pantai indah dengan deburan pasir putih yang indah. Bibir pantai ini cukup asik dan menarik plus dengan pesona tumbuhan hijau yang menarik. Pantai ini tidak melulu menjadi tempat yang panas. Masih ada beberapa tumbuhan hijau yang akan membuat Anda bebas duduk santai bersama sahabat atau keluarga.

Berada di pantai yang indah ini akan membuat Anda rileks sejenak dan bisa melepas kejenuhan begitu saja. Destinasi wisata ini terletak di Desa Way Hawang dengan jarak sekitar 15 km dari Kota Bintuhan. Dengan jarak yang cukup dekat kota maka tidak heran jika destinasi wisata yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Desa Way Hawang, Kec. Maje, Kab. Kaur.

2. Pantai Sulau

Pantai Sulau

Image Credit: Erlinaindrawathie.com

Hal menarik dari pantai ini tentu saja beberapa batu koral yang unik dan menarik. Beragam batu koral ini agak berbeda dengan batu koral yang biasa ada di pantai. Tidak heran jika banyak pengunjung yang datang untuk melihat batu koral indah di pantai ini.

Selain itu, Anda juga dapat melihat hasil tangkap para nelayan yang mencari ikan karena pantai ini sebagai salah satu tempat transit para nelayan. Tidak heran jika pada pagi hari, pantai ini selalu ramai pengunjung karena ingin segera mendapat ikan yang segar plus dengan harga murah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Mukomuko Terbaru & Terhits Dikunjungi

Jika Anda suka dengan hasil matang maka bisa menelusuri tiap rumah makan yang ada di sekitar pantai. Banyak rumah makan lezat yang akan membuat lidah tidak berhenti bergoyang.

Lokasi: Pantai Sulau, Kec. Tanjung Kemuning, Kab. Kaur.

3. Pantai Bunga Karang

Pantai Bunga Karang

Image Credit: Wisata-kaur-bengkulu.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, daya tarik dari pantai ini tentu saja bunga karang yang sangat indah dan cukup langka. Jika Anda beruntung maka bisa melihat bunga karang yang tumbuh di sekitar bebatuan tersebut. Terutama pada musim tertentu maka panorama yang ada di pantai menjadi sangat menarik. Cobalah datang ke pantai ini hingga senja datang tentu Anda akan melihat view menarik yang jarang Anda temui di pantai lain.

Lokasi: Desa Bakal Makmur, Kec. Maje, Kab. Kaur.

4. Sungai Padang Guci

Image Credit: Walhibengkulu.org

Sebuah sungai panjang dengan air jernih yang cukup banyak. Debit air ini selalu ada banyak tiap musim, terutama saat musim hujan tiba. Di dekat sungai ada sebuah batuan tebing yang tidak terlalu tinggi namun tetap indah dan menarik. Sungai ini memiliki panjang sekitar 30 km dengan kedalaman hanya sekitar 1-2 meter saja.

Dengan kedalaman yang bisa dipandang dengan mata ini biasanya para pengunjung lebih memilih untuk duduk di pinggir sungai sambil ngobrol dan bermain air. Sebagian lagi memilih untuk mengambil foto dengan spot tertentu agar bisa dijadikan sebuah kenangan indah saat waktu senggang nanti. Destinasi wisata ini terletak di perbukitan Ulu Ayi Cancap.

Lokasi: Guru Agung II, Kec. Kaur Utara, Kab. Kaur.

5. Air Terjun Batu Rigis

Air Terjun Batu Rigis

Image Credit: Wisato.id

Hal menarik dari air terjun ini tentu saja lengkungan air terjun yang tidak seperti air terjun pada umumnya. Biasanya, air terjun terjun bebas dengan garis yang lurus. Namun air terjun yang satu ini cukup berbeda karena memiliki garis sungai yang seperti melingkar.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Bengkulu yang Murah & Enak

Entah bagaimana dulu terbentuknya, yang jelas dasar dari aliran air terjun ini adalah sebuah tebing batu. Air terjun ini berada di ketinggian 600 mdpl. Pesona yang hadir di sekitar air terjun juga cukup indah. Anda dapat menikmati keindahan tersebut sambil duduk santai bersama orang tercinta.

Lokasi: Desa Bungin Tambun III, Kec. Padang Guci Hulu, Kab. Kaur.

6. Air Terjun Napalan

Air Terjun Napalan

Image Credit: Inibengkulu.com

Berbeda dari air terjun Batu Rigis, air terjun memiliki tingkatan unik dan menarik. Bentuknya mirip seperti gerigi yang tiap tingkat bisa dinaiki seperti anak tangga. Tinggi sebenarnya dari air terjun ini bisa mencapai 7 meter hanya saja tidak akan nampak sangat tinggi karena tiap tingkatan memiliki jarak yang berbeda. Sekilas hanya nampak seperti air sungai biasa, namun jika diperhatikan mirip dengan air terjun yang ada di luar negri.

Lokasi: Desa Cokoh Enau, Kec. Kaur Utara, Kab. Kaur.

7. Gunung Patah

Gunung Patah

Image Credit: Gunungbagging.com

Disebut dengan gunung patah karena kondisi gunung ini seperti sebuah patahan. Sebenarnya, keberadaan gunung ini masih diragukan dan masih dalam penelitian. Karena itu, ada jarak atau batas tertentu yang tidak boleh dijangkau oleh pengunjung karena kawah yang ada di gunung seperti ada namun kadang juga menghilang.

Misteri mengenai Gunung Patah ini terus saja menjadi pembicaraan apakan sudah masuk sebagai gunung purba atau masih berupa gunung aktif.

Lokasi: Bungin Tambun III, Kec. Padang Guci Hulu, Kab. Kaur.

8. Benteng Linau

Benteng Linau

Image Credit: Jelajahsitus.blogspot.com

Sebuah situs sejarah yang kini menjadi salah satu objek wisata ini tetap bagus dan terawat. Meski sudah ada kerusakan pada beberapa bagian karena sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Situs ini tentu menjadi destinasi wisata yang asik dan menarik karena dekat dengan cagar budaya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Belitung Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ada kemungkinan situs ini masih jadi satu dengan kawasan cagar budaya tersebut. Ada sebuah pantai dan barisan tumbuhan hijau yang indah. Plus dengan taburan pasir putih membuat tempat ini menjadi lebih indah dan menarik.

Lokasi: Desa Benteng Harapan, Kec. Maje, Kab. Kaur.

9. Lapangan Merdeka Bintuhan

Image Credit: Bengkuluekspress.com

Sebuah tanah lapang luas yang memiliki beragam aktivitas seperti sepakbola, bermain layangan dan bersepeda. Selain itu, Anda juga dapat melihat asiknya pemandangan hijau yang ada di sekitar lapangan.

Biasanya, para pengunjung duduk di pinggir lapangan sambil menikmati aneka kuliner yang ada di dekat lapangan. Sebagian lagi memilih mengambil foto dengan spot menarik agar bisa dijadikan latar yang bagus untuk status media sosial.

Lokasi: Pasar Baru, Kec. Kaur Selatan, Kab. Kaur.

10. Bukit Raje Mandare

Bukit Raje Mandare

Image Credit: Pokdarwiskaur.blogspot.com

Sebuah bukit yang indah dan asri ini cocok bagi Anda yang suka dengan aktivitas pendakian. Dengan beragam view yang asik, Anda dapat menikmati alam asri ini secara gratis karena tidak ada biaya masuknya. Banyak flora langka yang ada di bukit ini antara lain kantong semar, bunga raflesia arnoldi dan anggrek.

Kemudian pada batas tertentu, Anda dapat melihat kawanan gajah, beruang madu dan rusa dari jarak tertentu. Bukit ini merupakan salah satu garis batas cagar alam yang ada di Kabupaten Kaur. Jadi, sebaiknya Anda tetap waspada jika berjalan di area bukit ini karena bisa saja ada binatang buas yang lepas.

Lokasi: Desa Sumber Urip, Kec. Padang Guci Hulu, Kab. Kaur.

Itulah 10 tempat wisata di Kaur yang populer dan dapat membuat Anda terpukau. Beragam destinasi wisata tersebut akan lebih indah dan menantang jika datang bersama orang tersayang. Tentu saja, dengan aktivitas yang begitu banyak Anda tidak dapat melewatkan akhir pekan dengan mudah. Untuk itu, perlu menjadwal sebuah liburan agar masa libur menjadi lebih menyenangkan.