Kepulauan Riau

10 Tempat Wisata di Kepulauan Anambas Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Seru? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Kepulauan Anambas, Kep. Riau. Destinasi Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Cocok untuk Anda Kunjungi Ketika Liburan.

Pernahkan Anda mendengar kata Anambas? Anambas merupakan nama kabupaten yang berada di sekitar Laut Cina Selatan. Anambas sendiri merupakan hasil pemekaran kabupaten Natuna dan kini menjadi anggota dari Kepulauan Riau. Hingga kini, Anambas dinobatkan sebagai pulau terindah di Asia. Pengakuan inilah yang membuat wisatawan tergerak untuk datang dan berlibur di Anambas.

Berbeda dengan pulau Bali yang mudah untuk diakses, Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk datang ke Anambas. Meskipun sulit untuk dijangkau, pulau Anambas memiliki pemandangan alam yang tak kalah mempesonanya dengan Bali.

Ada banyak lokasi wisata di kepulauan Anambas yang populer dan tersaji dengan pemandangan alam yang mempesona. Berikut ulasan 10 tempat wisata di Kepulauan Anabas yang paling populer dikunjungi wisatawan.

1. Pantai Arung Hijau

Pantai Arung Hijau

Image Credit: Blog.gogonesia.com

Pantai Arung Hijau merupakan lokasi wisata alam pertama yang berada di kepulauan Anambas. Pantai yang berada di kecamatan Siantan Selatan ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Setiap akhir pekannya, pantai Arung Hijau selalu dipenuhi oleh pengunjung.

Tujuan utama wisatawan berkunjung ke pantai tersebut adalah untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang sempurna dan memiliki kesan romatis yang menawan. Untuk penggemar aktivitas memancing disini juga ada banyak spot memancing.

Lokasi: Taingau, Kec. Siantan, Kab. Kepulauan Anambas

2. Pulau Pasir Busung

Pulau Pasir Busung

Image Credit: Tripzilla.id

Daratan berpasir yang berada di tengah laut menjadi pemandangan alam yang tak biasa. Jika Anda berkunjung ke pulau Pasir Busung, Anda dapat melihat pemandangan kumpulan pasir yang berada di tengah laut.

Berbeda dengan pulau lainnya, pulau Pasir Busung hanya dapat muncul pada waktu-waktu tertentu. Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat keberadaan pulau Pasir Busung.

Lokasi: Tiangau, Kec. Siantan Timur, Kab. Kepulauan Anambas.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Bintan yang Murah & Enak

3. Pulau Bawah

Pulau Bawah

Image Credit: Superadventure.co.id

Pulau dengan keindahan alam yang tak biasa dan berlokasi di kepulauan Anambas lainnya adalah pulau Bawah. Pulau Bawah merupakan primadona bagi para wisatawan yang berkunjung ke Anambas. Secara garis besar, pulau Bawah menjadi cerminan kesempurnaan pulau tropis dunia. Pendapat tersebut dikuatkan dengan gelar pulau terindah di kawasan Asia oleh beberapa pihak.

Keindahan alam yang dimiliki oleh pulau Bawah bahkan mampu mengalahkan keindahan alam yang dimiliki oleh Similand Island, Langkawi, Koh Cang dan Teluk Halong.

Lokasi: Kiabu, Kec. Siantan Selatan, Kab. Kepulauan Anambas.

4. Air Terjun Temburun

Air Terjun Temburun

Image Credit: Detik.com

Tidak hanya dipenuhi dengan gugusan pulau-pulau, Anambas juga menyajikan keindahan alam lainnya berupa air terjun Temburun. Keindahan alam yang dimiliki oleh lokasi wisata ini dijamin dapat menghilangkan penat dengan seketika. Dengan pemandangan alam yang dimiliki oleh air terjun Temburun, Anda tak perlu ragu untuk datang ke tempat tersebut.

Lokasi: Tarempa Timur, Kec. Siantan, Kab. Kepulauan Anambas.

5. Pulau Durai

Pulau Durai

Image Credit: Zackamega.com

Menjadi gugusan kepulauan, tak mengherankan jika Anda banyak menemukan lokasi wisata pulau di Anambas. Pulau Durai sendiri menjadi pilihan lokasi wisata Anambas yang dipenuhi dengan satwa-satwa langka. Pada saat berada di pulau Durai, Anda akan menemukan pemandangan alam pulau tropis. Penyu belimbing dan penyu sisik menjadi hewan khas pulau Durai dapat Anda temukan.

Pulau Durai memiliki pasir yang berwarna putih. Selama berada di lokasi ini, Anda dapat melakukan olahraga pantai atau sekedar bermain di pinggiran pantai. Tidak hanya memiliki pasir yang berwarna putih, pulau Durai memiliki air laut yang berwarna jernih. Dengan kejernihan air laut yang ada, banyak wisatawan yang tergoda untuk berenang di sekitar pulau.

Lokasi: Pulau Durai, Kec. Palmatak, Kab. Kepulauan Anambas.

6. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Image Credit: Ivacanza.co

Jika Anda ingin menemukan pemandangan alam yang tak biasa di Anambas, Anda dapat berkunjung ke pantai Pasir Panjang. Di tempat tersebut, Anda akan menemukan garis pantai dengan ukuran yang panjang. Panjang garis pantai inilah yang membuat pantai dinamakan dengan pantai Pasir Panjang. Di pantai ini, Anda dapat menemukan pantai dan pulau yang tak kalah kerennya. Pantai Musuh, pulau Nawan, pantai Teluk Yang dan pulau Semersak menjadi lokasi wisata alam yang dapat Anda temukan di sekitar pantai Pasir Panjang.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Dengan garis pesisir yang berukuran panjang, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan di pulau Pasir Panjang. Di pinggiran pulau, Anda dapat menemukan deretan pohon kelapa yang melambung tinggi. Anda dapat memanfaatkan pohon kelapa tersebut untuk berteduh dari paparan sinar matahari.

Lokasi: Desa Landak, Kec. Jemaja, Kab. Kepulauan Anambas.

7. Pantai Tanjung Momong

Pantai Tanjung Momong

Image Credit: Pesona.travel

Pantai eksotis yang berada di Anambas adalah pantai Tanjung Momong. Di tempat ini, Anda dapat melihat kebesaran Tuhan yang tak biasa. Bagaimana tidak? Pantai Tanjung Momong tidak hanya memanjakan Anda dengan keindahan alam saja melainkan juga keindahan laut dan hamparan pasir berwarna putih.

Di pantai Tanjung Momong, karang-karang yang berada di sana masih terjaga dengan baik. Kawasan dermaga pantai Tanjung Momong merupakan lokasi yang paling banyak dipenuhi karena dapat dimanfaatkan untuk snorkeling.

Lokasi: Tarempa, Kec. Siantan, Kab. Kepulauan Anambas.

8. Pulau Temawan

Pulau Temawan

Image Credit: Tempatwisata.pro

Berkunjung ke kepulauan Anambas terasa kurang lengkap jika Anda belum datang ke pulau Temawan. Keindahan alam yang berada di darat dan bawah laut disajikan dengan lengkap oleh pulau Temawan. Dengan pemandangan alam yang ada, pulau Temawan menjadi lokasi paling tepat untuk bersantai dan berlibur. Air laur yang jernih membuat Anda dapat melihat keindahan alam bawah laut dengan jelas.

Ada banyak biota laut yang dapat Anda lihak di pulau Temawan. Untuk menikmati pemandangan alam bawah laut, ada baiknya bagi Anda untuk membawa kamera underwater. Anda dapat mengabadikan keindahan bawah laut yang dimiliki oleh pulau Temawan. Ikan dengan warna yang berbeda dapat Anda temukan di perairan dangkal pulau yang berada di Anambas ini.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Bintan yang Paling Enak

Lokasi: Air Asuk, Kec. Siantan Tengah, Kab. Kepulauan Anambas.

9. Pantai Kusik

Pantai Kusik

Image Credit: Nusantaramaritimenews.id

Jika Anda ingin berlibur dengan suasana yang damai, pantai Kusik menjadi lokasi liburan yang tepat untuk dipilih. Pantai yang berada di kepulauan Anambas ini merupakan karya Tuhan yang sangat luar biasa. Disajikan dengan pemandangan alam mempesona, pantai Kusik tersaji dengan suasana yang damai. Ombak laut yang sangat tenang menambah kesan damai bagi wisatawan yang datang ke pantai Kusik.

Jika Anda lihat dengan baik, pantai Kusik merupakan pantai tropis yang sempurna. Di pesisir pantai, Anda dapat melihat jajaran pohon kelapa. Meskipun tidak memiliki garis pantai yang berukuran panjang, pemandangan alam yang dimiliki oleh pantai Kusik tak perlu untuk diragukan lagi. Anda akan semakin merasa nyaman akibat keramahan penduduk lokal yang tinggal di sekitar pantai.

Lokasi: Rewak, Kec. Jemaja, Kab. Kepulauan Anambas.

10. Penjalin

Penjalin

Image Credit: Maringetrip.com

Berkunjung ke pulau-pulau populer yang ada di Anambas menjadi hal wajib bagi Anda yang ingin mengetahui keindahan alam dan keunikan lokasi wisata. Penjalin menjadi tempat wisata di kepulauan Anambas yang tersaji dengan panaroma alam mempesona. Lanskap pulau Penjalin tergolong lengkap dan layak untuk dinikmati. Pasir putih yang lembut menjadi salah satu daya pesona yang dimiliki oleh pulau Penjalin.

Di sudut pantai Penjalin, Anda dapat menemukan batuan granit. Batuan granit tersebut dapat menyempurnakan keindahan alam yang dimiliki oleh pulau Penjalin. Dengan air laut yang berwarna jernih, Penjalin menjadi lokasi pilihan wisatawan yang gemar melakukan snorkeling dan berenang.

Lokasi: Ladan, Kec. Palmatak, Kab. Kepulauan Anambas.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Kepulauan Anambas yang bisa Anda kunjungi ketika liburan tiba. Meski butuh waktu untuk sampai ke kabupaten ini, tapi dijamin pesona keindahan alamnya siap memanjakan mata Anda.