Sumatra Barat

8 Tempat Wisata di Kepulauan Mentawai Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Menarik di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Paling Hits untuk Membuat Liburan lebih Berkesan.

Berbicara mengenai wisata mengingatkan kekayaan sumber daya yang dimiliki Indonesia. Bentangan wilayah dari Sambang sampai Merauke. Ribuan pulau dengan 5 pulau besar yang menyimpan begitu banyak keindahan. Salah satu yang sekarang kerap dibicarakan ialah keciamikan Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat. Sampai-sampai kawasan Mentawai populer di mata internasional karena anugerah alamnya super cantik.

Kepulauan ini mempunyai pilihan pantai dengan ombak besar yang sering kali dijajal oleh pecinta surfing dari manca negara. Indonesia memiliki kesempatan luar biasa untuk memperkenalkan diri pada dunia. Bahkan langkah ini terus dilakukan pemerintah dalam menunjang kemajuan di bidang pariwisata.

Sama seperti tempat indah lain di Indonesia. Kepulauan Mentawai juga menyediakan beberapa pilihan destinasi yang bisa buat Anda rela berlama-lama didalamnya. Variasi ini sangat cocok bagi para pekerja dengan kesibukan menumpuk. Berikut ulasan 8 tempat wisata di Kepulauan Mentawai yang wajib Anda kunjungi:

1. Pantai Siruso

Pantai Siruso

Image Credit: Eksotikamentawai2017.wordpress.com

Primadona pertama bernama Pantai Siruso. Bagi para pecinta olah raga air pantai yang satu ini wajib dikunjungi. Tepat, disini Anda akan melihat gulungan ombak dalam volume besar. Belum lagi air laut super bening dengan warna biru jernih. Membuat Anda dengan mudah melihat terumbu karang yang berada di pinggiran pantai. Belum lagi pasir putih terbentang begitu saja. Sedangkan untuk kalian yang tidak suka surfing ataupun kegiatan air lainnya. Masih bisa menikmati keindahan dengan duduk di tepian pantai. Menunggu matahari terbenam ditemani es kelapa muda.

Tidak hanya sampai disitu, karena disini Anda akan mendapat beberapa penawaran dari penyelenggara. Mulai dari alat renang sampai sajian kuliner khas lokal yang bercita rasa unik sekaligus murah meriah. Pemandangan sekitar pantai juga masih terjaga dengan baik. Anda bisa dengan mudah melihat burung-burung beterbangan dari satu pohon menuju pohon lainnya. Ketika senja sudah mulai mendekat. Berikutnya, menikmati angin pantai bersama api unggun. Percayalah ini bukan hanya liburan untuk merefresh pikiran. Namun, kembali meningkatkan empati dan kedekatan pada Sang Pencipta.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanah Datar Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tidak terlal sulit dijangkau. Bahkan dari kawasan perkotaan Anda sudah dengan mudah mendapat transportasi menuju lokasi. Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan akomodasi bisa dipilih sesuai keinginan.

Lokasi: Kec. Sikakap, Kab. Kepulauan Mentawai.

2. Pantai Pokai

Image Credit: Sarjanakata.com

Seakan tak lelah menyapa manusia dengan keindahannya. Kepulauan Mentawai kembali menyediakan pilihan pantai cantik tiada dua. Kali ini bernama Pantai Pokai dengan bungkusan pasir coklat nan lembut. Tidak jauh berbeda dari Pantai Siruso yang populer akan ombak besarnya. Disini wisatawan juga akan mendapat pemandangan super mewah dari gelombak ombak air pantai. Pohon-pohon kepala tersebar di pinggiran pantai membuat suasana nyama langsung menyergap para pengunjung dengan cintanya. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari surfing, olah raga air, ataupun hanya duduk manis menikmati setiap lukisan alam yang begitu nyata.

Termasuk salah satu lokasi yang mudah dijangkau untuk berbagai kendaraan. Sedangkan bagi wisatawan luar bisa langsung memilih transpot sesuai keinginan. Untuk fasilitas sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Sebab, disini tidak hanya menyediakan alat-alat bermain air. Namun, fasilitas umum sekaligus pilihan kuliner bisa ditemukan dengan mudah. Lebih mengasikan jika perjalanan traveling ini dilakukan bersama orang-orang dekat ataupun teman.

Lokasi: Desa Simalegi, Kec. Siberut Utara, Kab. Kepulauan Mentawai.

3. Air Terjun Bat Soumang

Air Terjun Bat Soumang

Image Credit: Wisatasia.com

Keindahan juga terlihat dari tempat wisata yang satu ini. Namanya Air Terjun Bat Soumang dan kehadirannya telah membuat wisatawan lokal serta manca negara kalap tak mau pulang. Air terjun ini membelah bebatuan dengan deburan air berdebit tinggi. Mengalir begitu saja mengisi kolam-kolam kecil yang berada dibawahnya. Kondisi ini semakin menarik hati karena semua tersusun begitu cantik.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Payakumbuh yang Paling Enak

Begitu pula dengan pemandangan yang berada di sekeliling air terjun. Suasana ini membuat hawa dingin sekaligus nyaman langsung menyapa begitu saja.

Lokasi: Desa Bulasat berada, Kec. Pagai Selatan, Kab. Kepulauan Mentawai.

4. Pantai Katiet Bosua

Pantai Katiet Bosua

Image Credit: Mentawai.indonesia-tourism.com

Selanjutnya tempat wisata yang tak kalah menyenangkan ialah Pantai Katiet Bosua. Tak kalah dari jenis pantai keren sebelumnya. Disini para pecinta selancar juga akan dibuat tercenggang oleh keindahan ombak yang ia miliki. Sedangkan bagi wisatawan yang sudah terlalu lelah untuk bermain air. Tak ada salahnya menikmati semua keindahan pemandangan alam yang terbalut kejerniah air pantai.

Anda bisa menghabiskan waktu dengan duduk di tepian pantai. Menunggu matahari terbenam dan merasakan ketenangan tiada tara. Fenomena langka yang harus diabadikan dalam ingatan untuk kembali menuju rutinitas yang lebih mengasikan.

Termasuk kawasan populer yang ada di Kepulaun Mentawai. Sehingga mempermudah wisatawan untuk sampai menuju lokasi. Sedangkan untuk urusan kuliner dan akomodasi tak perlu dipermasalahkan. Sebab, sudah banyak pilihan yang tersedia.

Lokasi: Dusun Katiet, Desa Bosua, Kec. Sipora, Kab. Kepulauan Mentawai.

5. Danau Rua Oinan

Danau Rua Oinan

Image Credit: Foresteract.com

Selanjutnya pemandangan super magic juga terlihat dari Danau Rua Oinan. Danau cantik yang satu ini mempunyai pesona yang tak perlu dipertanyakan. Membentang luas membentuk lingkungan di sekitar bernuansa hijau. Tidak hanya itu karena penyelenggara menambah fasilitas umum sehingga membentuk tatanan indah yang tak terkalahkan.

Sama seperti tempat wisata lainnya, disini pengunjung tidak perlu khawatir dengan pilihan kuliner yang disajikan. Sebab, selain enak Anda akan mendapat penawaran harga murah. Hal yang sama juga bisa dirasakan pada pemilihan akomodasi.

Lokasi: Jl. Mapadegat, Tuapejat, Kec. Sipora Utara, Kab. Kepulauan Mentawai.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Terbaru & Terhits Dikunjungi

6. Air Terjun Kulu Kubuk

Air Terjun Kulu Kubuk

Image Credit: Sarjanakata.com

Air Terjun Kulu Kubuk mendominasi alam dengan derasnya debit air yang dikeluarkan. Ia mempunyai panjang aliran sekitar 70 meter. Percikan air beterbangan membuat siapapun yang berada di dekatnya merasakan kesejukan tiada tara. Belum lagi pemandangan cantik bisa dilihat dari lingkungan sekitar yang masih terjaga rapi.

Lokasi tersebut menjadi pusat dari deretan tempat keren yang berada di Kepulauan Mentawai. Sehingga, Anda harus menyediakan waktu khusus agar semua destinasi mampu terjamah tanpa sisa.

Lokasi: Desa Madobal, Kec. Siberut Selatan, Kab. Kepulauan Mentawai.

7. Pantai Awera

Pantai Awera

Image Credit: Pedomanwisata.com

Tak malah kalah dari lingkungan di sekitarnya. Keindahan yang juga terkenal dari Kepulauan Mentawai juga disuguhkan oleh Pantai Awera. Berada di Ibukota Tua Pejat membuatnya menjadi lokasi paling sering dikunjungi oleh wisatawan.

Selain letak strategis, pantai yang satu ini juga memikat oleh kejernihan air yang dimiliki. Sehingga terumbu karang cantik bisa dilihat dengan jelas tanpa harus menggunakan alat bantu selam. Tak hanya itu, karena disini Anda bisa merasakan sensasi diving super mewah oleh kolaborasi alam tak terkalahkan.

Lokasi: Tuapejat, Kec. Sipora Utara, Kab. Kepulauan Mentawai.

8. Pantai Nyanyang

Pantai Nyanyang

Image Credit: Medcom.id

Selanjutnya terdapat Pantai Nyanyanng yang berada di tengah Kepulauan Mentawai. Kecamatan Siberut Selatan. Pantai ini menjadi bintang utama bagi para pelancar dunia. Hal tersebut karena ia mempunyai ombak besar. Seakan belum cukup pantai ini juga membungkus diri dengan pemandangan alam super memesona. Dimana pohon-pohon masih terawat, subur, sekaligus menyejukan.

Lokasi: Kec. Siberut Barat Daya, Kab. Kepulauan Mentawai.

Itulah 8 rekomendasi tempat wisata di Mentawai yang paling hits dikunjungi wisatawan. Lakukan perjalanan wisata terbaik untuk liburan yang berkualitas ke Kepualauan Mentawai.